Terpikir untuk punya waralaba apotek Kimia Farma? Jangan langsung mengambil keputusan tanpa pertimbangan.

Tentu saja melihat banyaknya bisnis waralaba yang berkembang pesat mengakibatkan dunia farmasi juga terpengaruh dan terpancing untuk ikut berpartisipasi.

Penasaran dengan waralaba apotek ternama di Indonesia ini? Simak pembahasannya sebagai berikut:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Potensi Berkembangnya Bisnis Waralaba Farmasi

Sebagai seorang pebisnis, selalu banyak cara untuk membuka sebuah usaha. Tetapi bagaimana dengan nasib pebisnis pemula yang masih kebingungan untuk memulai usahanya?

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Jangan khawatir, kini hadir sebuah solusi bisnis yang praktis dan sederhana, yaitu WARALABA.

Kini bisnis waralaba semakin berkembang, termasuk ke dalam bisnis farmasi. Bisnis yang satu ini memang dipandang sangat prospektif, terutama pada tahun 2018 ini.

Potensi ini direfleksikan dari tahun 2017 silam, dimana Vidjongtius, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) mengungkapkan bahwa produk farmasi sudah menjadi kebutuhan yang pokok.

Mau Punya Waralaba Apotek Kimia Farma Cek Dulu Penjelasannya 02 Produk Kimia Farma - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Saat ditemui oleh Kontan.co.id di awal Januari 2018, Vidjongtius mengatakan:

“Oleh karena itu pasar biasanya relatif stabil.”

 

Hal ini juga didukung oleh penerapan program Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan (BPJS) oleh pemerintah. Tentunya hal ini menjadikan perusahaan farmasi memiliki pundi-pundi penghasilan yang konsisten tiap tahunnya.

Menurut Vidjongtius, program Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan (BPJS) ini yang menolong pasar farmasi sehingga tetap stabil di tahun 2018.

 

Selain adanya BPJS, perseroan melihat awal tahun yang terus dihiasi dengan musim penghujan akan mempengaruhi tingkat konsumsi obat-obatan.

Vidjongtius mengungkapkan:

“Produk vitamin biasanya (penjualan) bisa lebih membaik karena konsumen butuh tindakan preventif.”

 

Potensi ini tidak berhenti disini, perseroan juga tengah memperlebar sayap bisnisnya di pasar ekspor.

Sebelumnya KLBF sudah penetrasi pasar Filipina, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Obat non-resep pabrikan misalnya, dengan merek Mixagrip saat ini menjadi market leader di Myanmar.

Vidjongtius menyebutkan bahwa Asean masih menjadi market dominan perseroan, dimana KLBF ingin fokus di sana.

Sampai kuartal tiga 2017 penjualan ekspor berkontribusi sebesar 5,5% dari total penjualan KLBF yang senilai Rp15,08 triliun.

Penjualan ekspor yang sebesar Rp830 miliar tersebut naik 16% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu yaitu sebesar Rp713 miliar.

Vidjongtius mengungkapkan:

“Peluangnya (ekspor) bisa membaik di 2018 walaupun masing-masing negara di Asean masih ada peraturan-peraturan baru yang harus dilalui.”

 

Mau Punya Waralaba Apotek Kimia Farma Cek Dulu Penjelasannya 03 Obat Kimia farma - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Steven Setiawan, Direktur PT Pyridam Farma Tbk. (PYFA) juga menambahkan bahwa pasar farmasi dan obat-obatan dinilai masih belum banyak berubah.

Steven Setiawan mengatakan:

“Bisnis farmasi tahun 2018 diperkirakan tidak banyak berbeda dibanding tahun 2017. Di mana orang sakit tetap memerlukan pengobatan.”

 

Lebih lanjut Steven menerangkan bahwa Pyridam optimistis bisa mencapai pertumbuhan 5% sampai akhir tahun 2017. Itu artinya perseroan menargetkan penjualan bersih dikisaran Rp226 miliar, di mana di tahun lalu pendapatan tercatat Rp216 miliar.

Sementara itu, Direktur Utama PT Phapros Tbk. Barokah Sri Utami memandang obat generik masih menjadi penopang industri farmasi tahun ini. Adapun pendapatan Phapros sampai semester 2017 lalu didominasi oleh generik sebanyak 50%.

Selain pasar domestik perusahaannya juga melakukan pengembangan bisnis di luar negeri di 2018 seperti di Myanmar.

Mau Punya Waralaba Apotek Kimia Farma Cek Dulu Penjelasannya 04 Obat-Obatan - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Sri Utami menjelaskan:

Entry barrier untuk investasi farmasi di Myanmar tidak terlalu rumit. Ditambah, pemerintah setempat sedang getol menerima investasi asing.”

 

Dengan potensi luar biasa ini, tidak aneh bahwa bisnis farmasi ini telah menjamah bisnis waralaba. Salah satu contohnya adalah waralaba Kimia Farma.

Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan menjabarkan serba serbi mengenai waralaba Kimia Farma bagi Anda:

 

Mengenal Kimia Farma

Sebelum memutuskan untuk menjadi mitra Kimia Farma, yuk mengenal sepak terjangnya terlebih dahulu. Anda tentunya sudah familiar dengan apotek Kimia Farma bukan?

Kimia Farma merupakan perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1817. Pada awalnya Kimia Farma diberi nama NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co.

Namun karena kebijaksanaan nasionalisasi atas eks perusahaan Belanda di masa awal kemerdekaan, pada tahun 1958, Pemerintah Republik Indonesia melakukan peleburan sejumlah perusahaan farmasi menjadi PNF (Perusahaan Negara Farmasi) Bhinneka Kimia Farma.

Sejarah ini berlanjut pada tanggal 16 Agustus 1971, dimana bentuk badan hukum PNF diubah menjadi Perseroan Terbatas, sehingga nama perusahaan berubah menjadi PT Kimia Farma (Persero).

 

Pada tanggal 4 Juli 2001, PT Kimia Farma (Persero) kembali mengubah statusnya menjadi perusahaan publik, PT Kimia Farma (Persero) Tbk. Bersamaan dengan perubahan tersebut, PT Kimia Farma (Persero) Tbk telah dicatatkan pada Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya (sekarang kedua bursa telah merger dan kini bernama Bursa Efek Indonesia).

Berbekal pengalaman selama puluhan tahun, PT Kimia Farma (Persero) Tbk telah berkembang menjadi perusahaan dengan pelayanan kesehatan terintegrasi di Indonesia. Bahkan kini mulai melebarkan sayapnya ke dunia waralaba yang sedang menjamur di Indonesia.

Mau Punya Waralaba Apotek Kimia Farma Cek Dulu Penjelasannya 05 Kimia Farma - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

PT Kimia Farma (Persero) Tbk pun selalu berpegang teguh dan konsisten akan visi dan misinya seperti tercantum berikut ini:

VisiMisi

Menjadi perusahaan Healthcare pilihan utama yang terintegrasi dan menghasilkan nilai yang berkesinambungan.

  1. Melakukan aktivitas usaha di bidang-bidang industri kimia dan farmasi, perdagangan dan jaringan distribusi, ritel farmasi dan layanan kesehatan serta optimalisasi aset.
  2. Mengelola perusahaan secara Good Corporate Governance dan operational excellence didukung oleh Sumber Daya Manusia profesional (SDM) profesional.
  3. Memberikan nilai tambah dan manfaat bagi seluruh stakeholder.

 

Selain itu,  PT Kimia Farma (Persero) Tbk juga tetap mengutamakan nilai-nilai inti perusahaannya (corporate values). Nilai-nilai ini tercermin dalam budaya perusahaan mereka yaitu I C A R E.

Budaya perusahaan inilah yang menjadi acuan atau pedoman bagi PT Kimia Farma (Persero) Tbk dalam menjalankan usahanya, untuk berkarya meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.

Mau Punya Waralaba Apotek Kimia Farma Cek Dulu Penjelasannya 06 I Care - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Mengenal Bisnis Waralaba Indonesia yang Mendunia]

 

Adapun budaya perusahaan (corporate culture) PT Kimia Farma (Persero) Tbk merupakan akronim dari 5 nilai berikut ini:

  1. Innovative: Budaya berpikir out of the boxsmart dan kreatif untuk membangun produk unggulan.
  2. Customer First: Mengutamakan pelanggan sebagai mitra kerja.
  3. Accountable: Dengan senantiasa bertanggung jawab atas amanah yang dipercayakan oleh perusahaan dengan memegang teguh profesionalisme, integritas dan kerja sama.
  4. Responsible: Memiliki tanggung jawab pribadi untuk bekerja tepat waktu, tepat sasaran dan dapat diandalkan, serta senantiasa berusaha untuk tegar dan bijaksana dalam menghadapi setiap masalah.
  5. EcoFriendly: Menciptakan dan menyediakan baik produk maupun jasa layanan yang ramah lingkungan.

 

Peluang Waralaba Apotek Kimia Farma

Bagi Anda yang tertarik atau spesialis di bagian farmasi tentunya bahagia dengan kabar berikut ini.

PT Kimia Farma Tbk menawarkan sebuah sistem waralaba (franchise) bagi Anda para pebisnis yang berminat menjadi mitranya. Langkah ini dilakukan BUMN farmasi itu untuk mengajak masyarakat berbisnis di sektor kesehatan.

 

Anda akan memperoleh kemitraan untuk pembukaan toko apotek berlabel Kimia Farma. Keberadaan waralaba apotek Kimia Farma ini akan melengkapi sistem kerjasama operasional (KSO) apotek yang selama ini telah berjalan.

Imam Fathorrahman, Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, rencana perusahaannya mengembangkan usaha dengan melibatkan masyarakat karena pertumbuhan bisnis kesehatan yang cukup baik.

Imam menjelaskan sebagai berikut:

“Salah satu sektor bisnis kesehatan dengan pertumbuhan yang menarik adalah apotek, dimana di tahun 2012 pertumbuhan sektor ini yang lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional, yaitu mencapai 6,5 persen. Bisnis kesehatan terbukti terus melaju di tengah krisis. Ini bisa menjadi pilihan investasi yang baik.”

 

Imam Fathorrahman menambahkan:

“Seiring dengan akan diberlakukannya Undang-Undang BPJS per 1 Januari 2014, PT Kimia Farma Apotek telah mempersiapkan diri dengan menjadikan apotek sebagai sarana untuk melakukan pekerjaan kefarmasian dan menyediakan produk berkualitas, dikelola secara profesional dengan tenaga yang kompeten, dan terintegrasi dengan fasilitas layanan kesehatan lainnya.”

 

Dari segi biaya, Anda yang berminat sebaiknya mempersiapkan modal awal senilai Rp460 juta (tidak termasuk sewa tempat) khusus untuk pembukaan apotek baru. Sedangkan untuk apotek yang akan dikonversi (apotek lama) Anda hanya perlu menyediakan modal awal senilai Rp350 juta.

Disini pihak Kimia Farma mengenakan royalty fee sebesar 1,5% dari penjualan per bulan, dengan masa kerja sama waralaba yang ditawarkan adalah selama 6 tahun.

Mau Punya Waralaba Apotek Kimia Farma Cek Dulu Penjelasannya 07 Franchising - Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Selain mendapat stok obat sebesar Rp150 juta, Anda juga akan mendapat kelengkapan brand sign, perizinan, pembuatan rak, counter dan furnitur, point of sales dan sistem informasi, training SDM, peralatan apotek seperti AC, kulkas, TV, dan alat tulis kantor.

Direktur Utama Kimia Farma, Sjamsul Arifin dalam acara konferensi pers peluncuran franchise apotek di JCC Jakarta, Jumat (13/11/2009), mengatakan:

“Investasi sebesar Rp450 juta itu sebagian untuk stok (obat), komputer, software, termasuk training dan pegawai dan lainnya.”

 

Apotek Kimia Farma pun akan memberikan support penuh kepada mitra dalam menjalankan usahanya sedari awal hingga akhir kerja sama, antara lain ketika startup apotek, survei lokasi, desain apotek, pemilihan produk, hingga seleksi dan training pegawai sehingga memenuhi standar pelayanan apotek Kimia Farma.

 

Namun, jangan kaget dahulu akan modalnya yang lumayan besar. Kimia Farma menjamin tingkat pengembalian modal akan kembali dalam waktu 3-4 tahun semenjak dimulai investasi.   
Kimia Farma menargetkan bisa membuka gerai franchise apotek sebanyak 100 gerai usaha per tahunnya, sehingga akan memberikan kontribusi penjualan apotek per tahunnya hingga 20%.

Pada tahun 2008 lalu saat perseroan membukukan pendapatan Rp2,7 triliun kontribusi unit usaha apotek memberikan kontribusi hingga Rp1,3 triliun. 

Mau Punya Waralaba Apotek Kimia Farma Cek Dulu Penjelasannya 08 Gerai Kimia Farma - Finansialku

[Baca Juga: Ikuti Cara Cerdas Ini Dalam Mengembangkan Bisnis Waralaba]

 

Saat ini sendiri setidaknya sudah ada 370 apotek Kimia Farma yang tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya sebanyak 133 apotek hasil kerjasama operasional (KSO) binaan Kimia Farma. Dalam waktu lima tahun kedepan Kimia Farma menargetkan sebanyak 1000 outlet apotek yang telah dibuka termasuk dari KSO dan franchise.

Sjamsul menjelaskan:

“Kalau sistem franchise mitra usaha itu harus aktif mengelola apotek, kalau KSO yang mengelola itu Kimia Farma, itu yang membedakan antara tawaran franchise dengan KSO.”

 

Bagaimana, apakah Anda menjadi semakin tertarik untuk bermitra dengan apotek Kimia Farma?

Tunggu apa lagi? Kontak segera apotek Kimia Farma sekarang juga apabila Anda tertarik. Informasi waralaba dapat Anda peroleh lebih lanjut melalui kontak berikut:

PT Kimia Farma Apotek

Jl. Budi Utomo No.1 Jakarta Pusat 10710

 

Berminat dengan Waralaba Apotek Kimia Farma?

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membeli waralaba dan menjadi mitra apotek Kimia farma yang sudah melanglang buana di ranah nasional dengan pengalaman luar biasa selama puluhan tahun lamanya ini?

 

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis di bidang farmasi yang pastinya solid dan terjamin.

Share artikel ini melalui Whatsapp atau media sosial lainnya dengan meng-klik tombol share.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai waralaba apotek Kimia Farma lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Situs resmi Kimia Farma. Kimiafarma.co.id – https://goo.gl/WDmCD3
  • Situs resmi Kimia Farma. Kimiafarma.co.id – https://goo.gl/hoviCG
  • Admin. 01 Januari 2018. Bisnis Farmasi Berpeluang Tumbuh Tahun ini. Industri.kontan.co.id – https://goo.gl/u7Sdyh
  • Admin. 14 Nov 2009. Tawaran Waralaba Apotek dari Kimia Farma. Finance.detik.com – https://goo.gl/wcuAq8
  • Admin. 08 September 2013. Kimia Farma Tawarkan Waralaba Apotek. Industri.kontan.co.id – https://goo.gl/o5kCC2

 

Sumber Gambar:

  • Apoteker – https://goo.gl/uKJra5
  • Produk Kimia Farma – https://goo.gl/RDYqKQ
  • Obat Kimia Farma – https://goo.gl/GSA1pr
  • Obat-obatan – https://goo.gl/8omhmL
  • Kimia Farma – https://goo.gl/HPzbuL
  • I Care – https://goo.gl/bFjw4d
  • Franchising – https://goo.gl/9rpWD9
  • Gerai Kimia Farma – https://goo.gl/xDSzEa
Summary
Mau Punya Waralaba Apotek Kimia Farma? Cek Dulu Penjelasannya
Article Name
Mau Punya Waralaba Apotek Kimia Farma? Cek Dulu Penjelasannya
Description
Terpikir untuk punya waralaba apotek Kimia Farma? Jangan langsung mengambil keputusan tanpa pertimbangan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo