Golden Rules Komoditas: Bursa komoditas telah berlangsung sejak berabad-abad lalu. Seiring perkembangan zaman, ia juga makin berkembang dan menawarkan banyak pilihan produk dan instrumen dalam mencapai profit.

Semua trader dan investor tentu mendambakan profit konsisten, namun apakah sudah menemukan pedoman tepat bertransaksi?

Ketidaktahuan metode yang tepat, membuat trader membuang waktu, energi, dan uang untuk mencoba berbagai hal.

Mari kita simak golden rules teruji yang bisa diterapkan pada semua instrumen trading komoditas mulai dari futures, options bahkan fisik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Banyak Jalan, 1 Tujuan

Pribahasa mengatakan, “ Banyak jalan menuju Roma.” Yup! Tepat sekali, dalam meraih profit konsisten dalam trading komoditas juga ada banyak jalan yang bisa digunakan. Meski jalan tersebut berbeda-beda, bukan berarti satu dan lainnya salah lho.

Strategi trading bisa saja bermacam jenisnya, namun untuk menjadi trader profesional berprofit konsisten tentunya menggunakan golden rules ini:

 

#1 Dimulai dari Trading Plan yang Tepat

Tidak sedikit trader yang malas ataupun merasa trading plan hanyalah membuang-buang waktu.

Padahal trading plan sangatlah membantu trader untuk bertransaksi dengan sistematis alias rapi.

Seperti yang kita ketahui, pasar bergerak begitu cepat dan berbagai kemungkinan bisa terjadi. Trading plan membantu trader merumuskan kemungkinan yang hendak terjadi dan apa yang harus dilakukannya.

Golden Rules Penakluk Berbagai Pasar Komoditas 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Trading Saham dan Komoditas Berjangka]

 

Trading plan berisi rencana beli, jual bahkan area target profit dan cut loss. Kondisi market yang penuh kejutan bisa mendorong trader emosional (takut, serakah, panik, dan lain sebagainya).

Sebelum trading dimulai, trader bisa merumuskan terlebih dahulu secara objektif tentang apa yang akan dilakukan ketika pasar open.

Bagi trader pemula, sebaiknya uji coba terlebih dahulu trading plan di akun simulasi. Hal ini bertujuan untuk adaptasi dan latihan trading sebelum memulai dengan uang sungguhan.

 

#2 Perlakukan Trading Sebagai Bisnis

Untuk mencapai hasil trading yang serius, tentunya trader juga harus melakukan trading dengan serius.

Hindari memperlakukan trading sebagai hobi apalagi games untuk menguji peruntungan. Karena hal ini akan menghambat komitmen dan perjalanan trading seorang trader menjadi tidak stabil.

Layaknya bisnis, trading tentu juga melibatkan pengeluaran, kerugian, ketidakpastian, risiko, stres, dan lain sebagainya. Sebagai trader tentu kita perlu tekun mengikuti perkembangan pasar dan memaksimalkan potensi bisnis yang ada.

 

#3 Sederhanakan Trading Dengan Bantuan Teknologi

Dengan semakin berkembangnya online trading, saat ini bahkan trader bisa memantau posisi hanya dengan smartphone yang digunakannya.

Berbagai broker juga menyiapkan aplikasi smartphone untuk menunjang trading pada nasabah.

Yuk Ketahui, Apakah Prinsip Trading sama dengan Berjualan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor, Inilah Asal Usul Harga Komoditas Berjangka]

 

Dalam aplikasi tersebut, Anda bisa dengan cepat membuka atau menutup posisi. Selain itu lebih mudah pula untuk melihat grafik harga dan berbagai indikator.

Jika ingin mencari berita tentang komoditas, aplikasinya di telepon genggam juga bisa mengabarkan berita ekonomi dunia.

 

#4 Lindungi Modal

Menjaga modal bukan berarti trading 100% tanpa rugi lho. Kerugian yang terukur tidak mengancam kesehatan modal.

Pastikan rasio risk reward lebih besar untung daripada rasio kerugian. Dalam trading dan bisnis, rugi adalah bagian kehidupan yang tidak mungkin dihilangkan namun dapat dikendalikan.

 

#5 Selalu Belajar

Trading ibarat perjalanan yang tidak pernah berhenti. Seorang trader hanyalah sebaik trading berikutnya. Sebab trading berikutnya yang akan menentukan apakah perjalanan trading berlanjut atau tidak.

Seorang trader bisa saja profit konsisten di masa lalu, namun karirnya bisa berhenti jika pada transaksi berikutnya ia mengalami margin call ataupun modal terkuras.

Jangan salah, belajar tidak berarti senantiasa mengganti trading system lho. Belajar dari jurnal trading atas performa trading saat ini bisa jadi alternatif.

Performa trading tentu ada yang tepat maupun perlu ditingkatkan lagi. Inilah yang menjadi bahan perbaikan trader.

Langkah Membuat Trading System yang Sederhana dan Profitable 02 Forex - Finansialku

[Baca Juga: Mayoritas Trader Komoditas Merugi! Mitos atau Fakta?]

 

Belajar bisa jadi senantiasa mengikuti tren perkembangan pasar. Dari mempelajari perkembangan pasar bisa juga menambah inspirasi untuk semakin memaksimalkan trading system saat ini.

Fokus dan terus mempelajari perkembangan pasar memungkinkan trader semakin tajam analisis dan teknik trading-nya. Seperti yang kita ketahui, pasar senantiasa berubah dari waktu ke waktu.

Trading system bisa saja perlu diperbaiki. Namun sebelum memperbaiki atau bahkan menggantinya, pastikan Anda sudah mengevaluasi dalam waktu yang cukup. Misalnya 3-6 bulan.

 

#6 Trading dengan Uang Santai

Gunakanlah modal trading dengan uang simpanan dan bukan uang kebutuhan sehari-hari.

Ingatlah bahwa trading sangatlah tidak tepat jika dianggap sebagai jalan pintas menjadi kaya raya. Profit konsisten diperoleh dengan proses yang panjang serta ketekunan.

Sebaik apapun trading system Anda, selalu gunakanlah uang simpanan yang tidak Anda butuhkan dalam waktu dekat.

Trading dengan uang santai akan membebaskan psikologi trader dari beban dan ketakutan berlebih. Selain itu, jikalau mengalami kerugian di luar dugaan, tidak akan membuat seseorang “kapok” dan trauma dengan dunia trading.

Position Sizing Tips Membuat Porsi Trading Anti Ribet nan Profitable 01 - Finansialku

[Baca Juga: Komoditas vs Saham. Mana yang Cuannya Lebih “Greget”?]

 

#7 Gunakanlah Sabuk Pengaman

Dalam berkendara, sabuk pengaman menjaga pengendara dari bahaya kecelakaan sehingga meminimalisasi dampak kecelakaan. Bukan berarti menjamin atau menghilangkan kecelakaan lho.

Sama halnya dalam trading, stop loss berperan persis seperti sabuk pengaman. Ia merupakan sejumlah risiko yang telah diperhitungkan trader dalam tiap transaksi.

Stop loss memungkinkan trader hanya rugi sejumlah nilai yang telah ia tetapkan sebelumnya. Tanpa stop loss, besaran kerugian tidak terkendali.

Kadang kecil, kadang besar. hal ini membuat portofolio tidak sehat karena tidak bisa mengukur risiko yang sesuai dengan profit.

 

#9 Waktu Selesai Trading

Setelah trading dilakukan sesuai trading plan, berikan waktu bagi diri Anda untuk beristirahat.

Mungkin inilah waktunya untuk menikmati hasil profit yang telah Anda peroleh dan waktu memberikan hadiah bagi diri sendiri atas trading yang berjalan baik.

Atau bisa juga dilakukan untuk mengevaluasi dan memperbaiki trading system dengan kembali belajar.

Trading memang bisnis yang menjanjikan. Namun trader juga perlu menyeimbangkan kehidupannya selain kegiatan trading lhoo 😊.

Peluang baik dalam trading tidak hadir sepenuhnya selama jam operasional pasar. Hindari diri Anda dari over trade. Hal ini bisa membuat trader lelah dan kehilangan fokus sehingga sering kali justru mendorong terjadinya loss.

 

Perjalanan Panjang

Trading merupakan perjalanan panjang tiada henti bagi Anda yang ingin menjadi profesional trader.

Golden rules tersebut bisa digunakan pada berbagai instrumen komoditas dan masing-masing sangatlah penting bagi kesuksesan trading sehingga aturan tersebut bekerja maksimal jika digunakan sepenuhnya tanpa menghilangkan satu dan lainnya.

 

Meski sudah menggenggam golden rules tersebut, diharapkan trader senantiasa menentukan target profit yang realistis. Ingatlah, trading bukanlah jalan pintas menuju kekayaan melainkan jalan panjang nan berliku.

 

Sumber Referensi:

  • Jean Folger. 8 Mei 2019. Top 10 Rules For Successful Trading. Investopedia.com – https://bit.ly/2zrqQKn
  • Michael Seery. 6 November 2013. 5 Golden Rules of Commodity Trading. Moneyshow.com – https://bit.ly/2X62G0t

 

Sumber Gambar:

  • Golden Rules Komoditas 01 – https://bit.ly/2Nm2A5v
  • Golden Rules Komoditas 02 – https://bit.ly/2xjYLmq