Infografis Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Anak Muda (Mutual Fund)

Apakah teman-teman sudah pernah mendengar investasi reksa dana atau mutual fund? Biasanya anak-anak muda tahunya belanja online, tapi apakah Anda juga mengenal investasi online, seperti investasi reksa dana online?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengenai Investasi Reksa Dana (Mutual Fund) Online

Teman-teman mahasiswa/i tentunya sudah ahli donk berbelanja online, baik melalui social media, website perusahaan bahkan menggunakan e-commerce? Tahukah teman-teman ternyata hobi belanja bisa membuat seseorang bisa menjadi lebih kaya dan sejahtera? Tentunya barang yang Anda belanja tidak sama seperti barang-barang yang biasanya dibeli melalui online. Teman-teman dapat mulai berbelanja produk investasi, salah satunya reksa dana.

infografis-mengenal-reksa-dana-untuk-pemula-cover-finansialku

[Baca Juga: Benarkah Hobi Belanja dapat Membuat Menjadi Lebih Sejahtera?]

 

Yuk kita mengenal investasi reksa dana. Berikut ini sebuah infografis yang menggambarkan investasi reksa dana, mulai dari definisi, apa kelebihan dan kerugiannya, jenis-jenisnya, ilustrasi investasinya hingga apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum berinvestasi reksa dana.

infografis-mengenal-reksa-dana-untuk-pemula-finansialku

 

Tanya : Apa itu Investasi Reksa Dana?

Reksa dana adalah wadah yang bertujuan untuk tempat mengumpulkan dana dari berbagi investor yang dikelola oleh manajer investasi dan diinvestasikan dalam berbagai portofolio investasi, seperti deposito, obligasi, saham, pasar uang dan lain-lain.

 

Tanya : Apa saja manfaat dan risiko investasi reksa dana?

Seperti yang telah disebutkan dalam infografis di atas, banyak sekali manfaat dari investasi reksa dana, seperti:

  1. Mudah, karena Anda tidak perlu belajar melakukan analisis investasi seperti halnya Anda berinvestasi di saham. Anda cukup membeli produk reksa dana yang dikelola oleh manajer investasi.
  2. Investasinya murah, Anda dapat berinvestasi reksa dana hanya dengan Rp 100.000. Dalam investasi reksa dana, dikenal istilah lump sum (investasi sekaligus di depan) atau dollar cost averaging (melakukan pembelian reksa dana setiap bulan).
  3. Fleksibel karena, Anda dapat mengubah produk reksa dana disesuaikan dengan tujuan investasi Anda.
  4. Banyak pilihan, reksa dana di Indonesia jumlahnya mencapai 400 buah.
  5. Pencairan cepat, kurang lebih membutuhkan waktu maksimal 14 hari.
  6. Harga transparan, karena setiap hari harga ditampilkan dalam media cetak dan media elektronik.
  7. Hasil investasi tidak dikenai pajak penghasilan (tetapi Anda tetap harus melaporkan).

 

Iklan Bareksa 2 - 728x250 - Jangan Menunda Investasi Reksadana Online

 

Investasi reksa dana, tidak lepas dari risiko lho. Ada beberapa risiko yang harus Anda ketahui sebelum berinvestasi reksa dana yaitu:

  1. Modal dan hasil investasi reksa dana tidak dijamin.
  2. Risiko likuiditas, jika ternyata tidak bisa dicairkan dalam waktu segera.
  3. Risiko inflais yaitu hasil kinerja investasi reksa dana lebih rendah dibandingkan dengan inflasi.
  4. Risiko efek, terjadi jika ternyata perusahaan efek yang mengeluarkan saham atau obligasinya mengalami kebangkrutan.
  5. Risiko pencurian data nasabah.
  6. Risiko ketidak patuhan terhadap peraturan yang berlaku.
  7. Risiko manajer investasi yang menyalahi prosedur dalam berinvestasi reksa dana.

 

Tanya : Apa saja jenis-jenis reksa dana?

Setidaknya ada empat jenis reksa dana yang tradisional, yaitu reksa dana pasar uang (RDPU), reksa dana pendapatan tetap (RDPT), reksa dana campuran (RDC) dan reksa dana saham (RDS). Keempatnya memiliki perbedaan dalam strategi investasi (alokasi aset), tujuan investasi, jangka waktu investasi dan lain sebagainya. Sebaiknya sebelum berinvestasi, Anda lebih dulu mengenai tujuan investasi Anda. Contoh apakah Anda berinvestasi untuk jangka pendek (kurang dari 1 tahun), jangka menengah (1 – 5 tahun) atau jangka panjang (lebih dari 5 tahun).

Jangan Bingung Memilih Reksa Dana, Pilih yang Sesuai Tujuan Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jangan Bingung Pilih Reksa Dana, Sesuaikan Saja dengan Tujuan Investasi]

 

Tanya : Bagaimana simulasi investasi reksa dana?

Seperti contoh di atas, katakanlah Pak Ronald ingin berinverstasi reksa dana sebesar Rp 1.000.000. Saat Pak Ronald membeli, harga reksa dana berada di Rp 991,47 NAB / UP. Maka unit reksa dana yang didapat adalah:

Rp 1.000.000 / Rp 991,47 = 1.008,60 unit penyertaan

 

Jika Pak Ronald menjual seluruh unit penyertaan yang dimiliki, pada harga Rp 1.100.48 per unit, maka uang yang didapat adalah 1.008,60 x Rp 1.100,48 = 1.109.944,128 (dibulatkan menjadi 1.109.944).

 

Maka selisihnya adalah Rp 1.109.944 – Rp 1.000.000 = Rp 109.944 atau untung sebesar 10,99%

8-hal-yang-dapat-membuat-wanita-menjadi-sukses-finansialku

[Baca Juga: Studi Kasus, Menghitung Keuntungan Investasi Reksa Dana]

 

Tanya : Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum berinvestasi reksa dana?

Sebelum Anda berinvestasi reksa dana, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Miliki dana darurat dalam jumlah yang cukup, sebagai dana cadangan dan memenuhi kebutuhan yang bersifat mendadak. Jadi jika ada pengeluaran mendadak, Anda tidak perlu mencairkan investasi reksa dana Anda.
  2. Miliki proteksi kesehatan dan proteksi jiwa dalam jumlah yang cukup. Jangan sampai gara-gara sakit, Anda harus menjual seluruh investasi.
  3. Pastikan Anda sudah sehat secara keuangan, mulai dari surplus bulanan, kondisi utang dan lain sebagainya. Untuk melakukan pengecekan, silahkan cek di sini.
  4. Pastikan Anda memiliki rencana keuangan dan rencana investasi, agar Anda lebih memiliki kendali dan panduan dalam berinvestasi.
  5. Terakhir pelajari terlebih dahulu mengenai investasinya. Untuk panduan lebih lengkap mengenai reksa dana, silahkan cek di sini.

 

Apakah Anda sudah memiliki rencana keuangan? Silahkan gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda mengelola dan merencanakan keuangan.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Investasi Reksa Dana Online (Online Mutual Fund)

Reksa dana online pada dasarnya investasi yang dijual secara online. Di Indonesia ada beberapa website yang menawarkan investasi reksa dana secara online. Mereka bertindak sebagai agen penjual efek reksa dana (APERD), mereka bukan perusahaan manajer investasi yang mengelola uang Anda. Uang Anda tetapi dikelola oleh para professional. Untuk kemudahan Anda tetap dapat membeli atau berinvestasi reksa dana melalui online.

 

Apakah Anda sudah pernah berinvestasi reksa dana sebelumnya? Jika belum, apa saja alasan yang membuat Anda ragu dalam memutuskan berinvestasi reksa dana? 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download