Ingin Membeli Rumah? Cek Dulu Asuransi yang Harus Anda Persiapkan

Semua orang pasti pernah terbayang di dalam benak mereka untuk ingin membeli rumah dan ingin memiliki rumah.

Membeli rumah merupakan salah satu impian setiap orang di dalam hidupnya, karena dapat digunakan sebagai tempat tinggal maupun sebagai investasi.

Tetapi, jika kita ingin membeli rumah, tentunya kita tidak ingin agar cicilan kita gagal di dalam prosesnya oleh karena risiko-risiko kehidupan. Kalau begitu, asuransi apa saja yang harus kita persiapkan?

Simak rubrik berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Merencanakan Membeli Rumah

Membeli rumah memang bukan perkara sederhana, tetapi juga bukan perkara yang sulit.

Membeli rumah butuh perencanaan.

Seorang investor yang kaya raya pun membeli rumah dengan suatu perencanaan, yaitu bagaimana rumah tersebut dapat menghasilkan keuntungan lebih besar bagi mereka ketika mereka membeli rumah tersebut sebagai investasi.

Tetapi yang kita akan bahas disini adalah pada saat Anda membeli rumah untuk pertama kalinya.

Membeli rumah pertama kali, harus mempunyai persiapan dan perencanaan yang lebih matang daripada membeli rumah kedua kalinya.

Apalagi jika Anda membeli rumah tersebut sebagai tempat tinggal, tentu saja Anda tidak ingin ada suatu hal yang terjadi sehingga kita gagal memiliki rumah tersebut.

Anda butuh perencanaan dalam membeli rumah.

Ingin Membeli Rumah Cek Dulu Asuransi yang Harus Anda Persiapkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Strategi Membeli Rumah untuk Pasangan Muda? Coba Praktikkan Cara Ini!]

 

Sebagian besar orang akan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pada saat membeli rumah, sehingga mereka hanya perlu mempersiapkan uang mukanya saja dalam membeli rumah.

Setelah Anda menyiapkan uang mukanya, Anda juga harus memikirkan kemungkinan risiko yang mungkin terjadi di dalam proses Anda mencicil rumah tersebut. Oleh karena itu, ada hal-hal lain lagi yang harus dipersiapkan.

 

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan?

Hal-hal yang harus dipersiapkan agar proses membeli rumah Anda berjalan dengan baik adalah dana darurat dan asuransi jiwa.

Dana darurat akan membantu Anda untuk kebutuhan mendadak yang tidak dapat dipenuhi oleh asuransi jiwa atau yang tidak berhubungan dengan jiwa maupun kesehatan.

Sedangkan asuransi jiwa membantu Anda dalam mentransfer salah satu risiko yang berhubungan dengan jiwa Anda maupun kesehatan, yang mungkin terjadi pada saat Anda mencicil rumah Anda.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Manfaat Asuransi Jiwa

Biasanya ketika Anda menggunakan KPR untuk membeli rumah Anda, berarti Anda akan melakukan cicilan pembayaran kepada bank karena telah meminjamkan Anda sejumlah dana untuk membayar sisa harga rumah setelah dikurangi uang mukanya.

Biasanya fasilitas KPR sudah akan menghitung premi asuransi jiwa di dalamnya.

Asuransi jiwa di dalam KPR bermanfaat agar pada saat nasabah meninggal dunia, maka utang pinjaman dari bank untuk membeli rumah tersebut akan lunas dengan sendirinya.

Ini adalah salah satu manfaat asuransi jiwa.

Tetapi tentu saja risiko yang mungkin terjadi bukan hanya itu saja.

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Jiwa Jika Tertanggung Meninggal 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Jenis Asuransi Jiwa Sesuai Dengan Kebutuhan Anda]

 

Anda harus mempunyai asuransi jiwa pribadi, selain asuransi jiwa yang Anda dapatkan dari KPR.

Di dalam asuransi jiwa pribadi ini, Anda harus mempunyai manfaat meninggal, sakit kritis, manfaat kesehatan, dan manfaat cacat tetap dan total. Untuk apakah beberapa manfaat tersebut?

Penjelasan beberapa manfaat itu sebagai berikut:

 

#1 Manfaat Meninggal

Manfaat meninggal adalah manfaat uang pertanggungan yang akan diberikan kepada penerima manfaat (ahli waris) apabila tertanggung (sumber pencari nafkah) meninggal dunia.

Uang pertanggungan ini dapat berguna untuk membiayai uang balik nama rumah tersebut, biaya hidup kehidupan keluarga yang ditinggalkan, dan juga untuk keperluan lainnya.

Jadi, bukan saja rumah tersebut lunas, tetapi keluarga yang ditinggalkan dapat memperoleh dana untuk balik nama dan dana untuk hidup untuk tinggal di dalam rumah tersebut.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Banyak sekali kejadian, keluarga yang ditinggalkan menjual rumah yang sudah mereka miliki untuk melanjutkan hidup mereka.

Bukan hanya mereka tidak memiliki dana untuk melakukan balik nama kepemilikan rumah tersebut, tetapi mereka bahkan tidak memiliki dana untuk melanjutkan hidup.

Anda harus mempersiapkan asuransi jiwa.

Uang pertanggungan dari manfaat meninggal tersebut harus Anda hitung berapa besar yang Anda butuhkan, sehingga Anda dapat mempersiapkannya dengan baik sebelum membeli rumah.

 

#2 Manfaat Sakit Kritis

Manfaat sakit kritis adalah manfaat yang sangat penting apabila Anda ingin membeli rumah.

Berbeda dengan manfaat meninggal, ketika tertanggung meninggal dunia, maka rumah akan lunas dengan sendirinya. Tetapi, berbeda halnya ketika tertanggung dan sebagai pencari nafkah yang membayarkan cicilan rumah, mengalami sakit kritis.

Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa Apa Manfaatnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Perlukah Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?]

 

Jika terjadi sakit kritis, cicilan rumah tetap harus dilanjutkan, biaya pengobatan harus dipenuhi dan biaya hidup keluarga tetap terus berjalan.

Manfaat sakit kritislah yang akan memberikan sejumlah uang pertanggungan kepada Anda dan keluarga, apabila tertanggung mengalami sakit kritis. Anda harus mempersiapkan asuransi sakit kritis.

Anda dapat menghitung juga berapa besar kebutuhan Anda disesuaikan dengan penghasilan Anda dan mulai mempersiapkannya sebelum Anda membeli rumah.

 

#3 Manfaat Kesehatan

Manfaat kesehatan hampir sama dengan manfaat sakit kritis, hanya saja manfaat kesehatan berhubungan dengan rawat inap di rumah sakit.

Apabila terjadi sakit ringan atau sakit kritis, selama tertanggung dirawat di rumah sakit, maka manfaat kesehatan ini akan membantu untuk menanggung biaya kerugiannya.

Dalam hal ini, BPJS juga termasuk ke dalam manfaat kesehatan yang saya maksud.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#4 Manfaat Cacat Tetap dan Total

Manfaat cacat tetap dan total adalah manfaat yang dapat memberikan uang pertanggungan apabila tertanggung mengalami cacat tetap (permanen), baik karena sakit penyakit maupun karena kecelakaan.

Sama seperti ketika terjadi sakit kritis, pada saat pencari nafkah, yang juga mencicil rumah tersebut mengalami cacat permanen maka cicilan rumah tetap harus dilanjutkan dan biaya hidup terus berjalan, sedangkan tertanggung belum tentu dapat melanjutkan pekerjaannya.

Oleh karena itu, dibutuhkan manfaat asuransi jiwa ini untuk melindungi Anda dan keluarga dari risiko yang tidak diinginkan.

Catat! Daftar 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Catat! Daftar 10 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia]

 

Dengan adanya asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan Anda yang melindungi Anda dari risiko kerugian finansial yang dapat terjadi, Anda akan lebih siap untuk membeli rumah.

Asuransi jiwa harus menjadi salah satu bagian dari perencanaan Anda untuk memiliki rumah.

 

Utamakan Fondasi Keuangan Anda

Asuransi jiwa merupakan salah satu fondasi keuangan yang Anda butuhkan di dalam perencanaan keuangan Anda, termasuk ketika Anda mempersiapkan untuk membeli rumah.

Fondasi yang baik dapat menjaga keuangan Anda agar tetap berdiri walaupun ada ‘badai’ risiko yang datang.

Dengan memiliki fondasi yang baik, maka keuangan Anda tidak akan mengalami kerusakan yang parah pada saat risiko datang.

Lebih baik mengutamakan fondasi keuangan Anda daripada mengambil risiko untuk mengutamakan kenyamanan tanpa fondasi yang kuat.

 

Menurut Anda, apa saja yang harus dipersiapkan saat Anda ingin membeli rumah? Berikan pendapat dan jawaban Anda pada kolom yang sudah kami sediakan, di bawah ini. Terima kasih

 

Sumber Gambar:

  • Ingin Membeli Rumah – https://goo.gl/iTFvTd
  • Membeli Rumah – https://goo.gl/4GTqnX

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By | 2017-09-18T22:14:47+00:00 September 19th, 2017|Categories: Asuransi, Asuransi Jiwa, Asuransi Rumah|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download