Ini 4 Cara Cerdas Mengurangi Pajak yang Sering Dilakukan Orang-Orang Sukses

Bagaimana cara mengurangi pajak yang sering dilakukan oleh orang-orang sukses? Pajak adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi. Namun seringkali Anda merasa terbeban untuk membayarnya. Berikut adalah 5 cara cerdas untuk mengurangi pajak yang sering dilakukan orang-orang sukses.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Membayar Pajak adalah Kewajiban

Membayar pajak adalah sebuah kewajiban setiap warga negara yang sudah memenuhi kriteria wajib pajak di negara manapun. Sebagai warga negara yang baik Anda harus membayar pajak secara tepat waktu dan tepat jumlah. Banyak orang sering mengeluh ketika harus membayar pajak karena manfaatnya tidak dirasakan secara langsung. Serupa halnya seperti ketika membayar premi asuransi jiwa dimana manfaatnya tidak dirasakan pada saat itu juga. Tetapi perlu diketahui bahwa pajak yang Anda bayarlah yang membuat negara yang ditinggali bisa terus maju.

Jumlah yang harus dibayarkan seringkali terasa ‘membebani’. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada cara-cara untuk mengurangi pajak tahunan yang terasa memberatkan? Tunggu dulu, mengurangi pajak bukan berarti menghindari dan melanggar aturan. Ada cara-cara yang legal untuk mengurangi pajak penghasilan Anda setiap tahunnya.

Berikut adalah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi pajak tahunan yang terasa memberatkan:

Ini 4 Cara Cerdas Mengurangi Pajak yang Sering Dilakukan Orang-Orang Sukses 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Pajak Penghasilan yang Harus Anda Lapor dan Bayarkan]

 

#1 Tingkatkan Kontribusi Dana Pensiun

Setiap karyawan yang bekerja di perusahaan biasanya memiliki tabungan wajib setiap bulan untuk mempersiapkan dana pensiun. Kontribusi terhadap dana pensiun adalah salah satu pengurang pajak. Besarnya dana yang Anda bayarkan setiap bulan untuk kontribusi dana pensiun tersebut akan digunakan sebagai pengurang jumlah penghasilan yang dikenakan pajak. Jika dana tersebut ditingkatkan, maka semakin kecil penghasilan Anda yang dikenakan pajak.

Hal ini selain dapat mengurangi pajak penghasilan tahunan Anda, juga dapat membantu Anda untuk menghindari sifat boros. Mengapa? Mempersiapkan dana pensiun bukanlah membuang uang Anda untuk sesuatu yang percuma. Jika uang tersebut ditabung untuk dana pensiun maka semakin kecil peluang Anda untuk berbelanja secara tidak bijaksana. Keuntungan lainnya adalah dana pensiun yang Anda miliki akan semakin besar. Semakin besar dana pensiun yang Anda kumpulkan maka kesejahteraan di masa tua nanti akan semakin terjamin.

kapan-waktu-yang-tepat-untuk-anda-mulai-merencanakan-dana-pensiun-1-finansialku

[Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Anda Mulai Merencanakan Dana Pensiun?]

 

#2 Berinvestasi pada Produk Investasi dengan Pajak Rendah

Investasi adalah satu-satunya cara untuk mencapai kebebasan keuangan. Dengan berinvestasi Anda dapat mencapai tujuan-tujuan keuangan yang diinginkan. Selain memberikan keuntungan secara tunai, investasi juga dapat memberikan keuntungan pajak bagi para investor. Beberapa produk investasi hanya dikenakan pajak final yang sangat kecil. Misalnya saja saham dan reksa dana. Pajak final yang dikenakan kepada investor atas penghasilan penjualan saham adalah sebesar 0,1%. Sementara untuk investasi reksa dana pajak yang dikenakan adalah 0% alias tidak ada. Namun untuk reksa dana sebenarnya bukan ada pajak yang dibayar oleh investor secara tidak langsung. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pajak pada reksa dana Anda dapat membaca artikel berikut ini:

Apa Iya Pajak Bisa Mengintip Data Nasabah Bank - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Ada Investasi yang Tidak Dikenakan Pajak?]

 

Namun produk investasi seperti ini dapat memberikan keuntungan bagi Anda untuk mengurangi pajak. Tetapi sebaiknya Anda berhati-hati memilih produk investasi yang menggunakan pajak final. Jika Anda menggunakan deposito dengan tujuan untuk mengurangi pajak maka pilihan Anda kurang tepat. Keuntungan yang Anda dapatkan dari deposito dikenakan pajak final sebesar 20%. Angka tersebut bukanlah angka yang kecil untuk membayar pajak. Karena itu sebaiknya gunakan produk investasi dengan pajak final yang rendah.

 

#3 Distribusikan Pajak kepada Orang Lain

Pajak untuk beberapa aset seperti kendaraan bermotor biasanya bersifat progresif. Misalnya, jika Anda memiliki 3 mobil pribadi maka pajak kendaraan bermotor untuk mobil ketiga akan lebih tinggi daripada pajak untuk mobil pertama Anda. Karena itu Anda dapat mendistribusikan beban pajak tersebut kepada keluarga. Misalnya gunakan nama pasangan atau nama anak untuk kendaraan baru yang akan Anda beli. Dengan begitu pajak akan terdistribusi sehingga Anda dapat membayar pajak dengan angka yang terendah.

dapat-warisan-rumah-ingat-bayar-pajak-dan-bphtb-dulu-finansialku

 [Baca Juga: Dapat Warisan Rumah? Ingat Bayar Pajak dan BPHTB Dulu]

 

#4 Simpan Bukti Potongan Pajak

Anda mungkin pernah mendapatkan potongan pajak dari pihak tertentu ketika menerima honor. Apakah Anda ingat untuk menyimpan dan melaporkan bukti potongan pajak tersebut? Jangan lupa, bukti potongan pajak dapat membantu Anda mengurangi pajak. Pada dasarnya Anda tidak mengurangi nilai pajak karena honor yang Anda dapatkan memang sudah dipotong untuk membayar pajak. Hanya saja banyak orang yang melupakan bukti potongan pajak tersebut. Akibatnya Anda harus membayar pajak dua kali. Padahal sebenarnya Anda tidak perlu membayar pajak untuk nilai honor tersebut lagi karena sebelumnya sudah dipotong oleh pihak yang memberikan honor. Karena itu jangan lupa menyimpan dan melaporkan bukti potongan pajak yang Anda dapatkan. Dengan begitu Anda akan terhindar dari pajak berganda.

Ini 4 Cara Cerdas Mengurangi Pajak yang Sering Dilakukan Orang-Orang Sukses 3 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Punya EFIN? Begini Cara Mendapatkan EFIN Pajak]

 

Cerdas Mengurangi Pajak

Pajak adalah suatu kewajiban bagi setiap warga negara yang sudah memenuhi kriteria wajib pajak. Ada keuntungan yang dapat dirasakan secara tidak langsung. Namun pada prakteknya membayar pajak seringkali menjadi beban bagi banyak orang. Beberapa cara di atas dapat membantu Anda mengurangi pajak setiap tahunnya tanpa membuat Anda menjadi warga negara yang tidak patuh membayar pajak. Bayarlah pajak sesuai jumlah yang seharusnya. Bukan berarti membayar pajak secara berlebih atau kurang, tetapi pastikan jumlah pajak yang Anda bayarkan sudah optimal.  

 

Berikan komentar dan pendapat Anda terkait artikel ini dalam mengurangi pajak yang sering dilakukan orang-orang sukses. Silakan ketik pendapat Anda pada kolom yang disediakan di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jeff Rose. 6 Februari 2017. 7 Smart Tax Moves Financially Successful People Always Do. Goodfinancialcents.com – https://goo.gl/FBjFaM
  • Dinna Winedar. 12 Maret 2014. 5 Strategi Mengurangi Beban Pajak Secara Legal. Aturduit.com – https://goo.gl/nMrKac

 

Sumber Gambar:

  • Rich People – https://goo.gl/tgKJ8A dan https://goo.gl/4aEX6A
  • Bukti Potongan Pajak – https://goo.gl/zzAn7s

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-04-12T10:06:06+00:00 March 5th, 2017|Categories: Pajak|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download