Apakah menurut kamu investasi deposito merupakan cara tepat buat beli mobil? Atau mungkin kamu punya pendapat yang sebaliknya?

Dari pada nebak-nebak, mending kamu baca artikel Finansialku berikut, biar tahu bagaimana cara yang tepat untuk mempersiapkan dana beli mobil.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Investasi Deposito Buat Beli Mobil? Apa Cocok?

Sebagian orang mungkin dapat membeli sebuah kendaraan pribadi dengan mudah. Namun sebagian besar lainnya masih memerlukan waktu mengumpulkan dana untuk membeli sebuah kendaraan.

Terlebih lagi jika itu berupa mobil pribadi. Pasalnya harga mobil saat ini memang cukup tinggi, terutama buat yang gajinya masih sesuai UMR.

Deposito Berjangka 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Cocok Melakukan Investasi Saham untuk Dana Haji?]

 

Maka dari itu, satu-satunya solusi ialah dengan mulai menabung atau pun berinvestasi hingga memiliki dana yang cukup.

Namun perlu juga diketahui bahwa jenis investasi itu beraneka ragam, sehingga kita perlu memilih produk yang tepat agar tujuan keuangannya bisa tercapai.

Salah satu yang akan kita bahas kali ini ialah investasi jenis deposito. Apakah investasi deposito cocok untuk mempersiapkan dana membeli barang? Mari kita simak bersama.

 

Simulasi Dana Membeli Kendaraan

Sebelum menjawab cocok atau tidaknya, terlebih dahulu kita perlu melakukan simulasi dana membeli barang.

Simulasi ini dapat kamu lakukan dengan menggunakan Aplikasi Finansialku, agar bisa mendapat uraian yang terperinci.

Berikut cara simulasi dana membeli kendaraan dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#1 Buka Aplikasi Finansialku

Pertama-tama kamu langsung saja membuka Aplikasi Finansialku, dan jika belum memilikinya kamu bisa men-download melalui Google Play Store ataupun Apple Apps Store. Atau dengan klik tautan berikut ini. 

playstore icon
appstore icon

 

#2 Mulai Lakukan Simulasi

Setelah membuka Aplikasi Finansialku, kamu bisa langsung melakukan simulasi dana membeli barang dengan menggunakan fitur Rencana Keuangan.

Namun sebelum itu, kamu juga perlu menentukan berapa harga mobil yang akan kamu beli, dan dalam jangka waktu berapa lama kamu akan membelinya.

Kemudian setelah memilih fitur Rencana Keuangan, tekan tanda (+) yang ada di bagian pojok kanan atas.

Kemudian akan muncul beberapa jenis rencana keuangan yang bisa dipilih, dari antaranya silahkan memilih Dana Membeli Barang.

Kemudian akan muncul berupa daftar yang harus kamu isi, seperti nama kendaraan, harga, uang muka, tenor, dana yang tersedia, kenaikan harga kendaraan, estimasi hasil investasi, bunga kredit kendaraan, dan periode pinjaman.

Sebagai contoh, kita akan mengisi seperti ini:

Nama Kendaraan: Mobil ABC
Harga Kendaraan Saat Ini: Rp 190.000.000
Uang Muka (DP Kendaraan): 50%
Berapa Lama Lagi: 60 Bulan
Dana yang Tersedia: Rp 0
Kenaikan Harga Kendaraan: 5% per tahun
Estimasi Hasil Investasi: 25% per tahun
Bunga Kredit Kendaraan: 5% per tahun
Periode Pinjaman: 100 bulan

 

Kemudian klik hitung, maka akan muncul kesimpulan seperti ini:

Kebutuhan DP Kendaraan Mobil ABC kekurangan dana untuk uang muka (DP) kendaraan adalah Rp 121.191.074

Anda harus berinvestasi sebesar Rp 14.855.422 setiap tahun atau Rp 1.038.505 setiap bulan. Dengan asumsi kenaikan harga kendaraan 5.0% per tahun dan target investasi 25% per tahun.

Untuk periode pelunasan 100 bulan, kamu bisa memperoleh pinjaman sebesar Rp 1.727.187 per bulan.

 

Bisakah Kamu Menggunakan Investasi Deposito

Setelah melakukan simulasi, tentu kini kamu sudah tahu berapa jumlah dana yang perlu dipersiapkan setiap bulannya bukan?

Nah… lalu bisakah kamu mempersiapkannya dengan investasi deposito?

Jawabannya, memang tidak salah jika kamu menggunakan sebuah produk keuangan, namun kamu perlu memperhitungkan kelebihan serta tawaran yang diberikan oleh produk tersebut.

Seperti yang kita ketahui, investasi deposito memberikan bunga yang cuku rendah, yaitu sekitar 6% per tahun, sedangkan kita juga mengetahui bahwa harga kendaraan juga ikut naik setiap tahunnya.

Dari simulasi yang baru saja kita lakukan, kita memasukkan nilai Kenaikan Harga Kendaraan di angka 5% per tahun, yang mana angka ini juga tidak tertutup kemungkinan untuk semakin naik.

Terbaru dari Ajaib Aplikasi Trading Saham Online dengan Analisis Komprehensif 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Sih Bedanya Investasi Saham dan Trading Saham?]

 

Lalu jika kamu menggunakan investasi deposito, maka kenaikan harga dari kendaraannya jelas kemungkinan besar tidak akan dapat dikejar.

Oleh karena itu, investasi deposito sepertinya kurang cocok jika kamu gunakan untuk mempersiapkan dana membeli mobil.

Sebagai jalan keluar, kamu bisa menggunakan produk investasi lainnya yang menawarkan bunga lebih tinggi, seperti misalnya dengan investasi saham.

Namun perlu juga diingat, produk investasi yang memiliki tawaran keuntungan tinggi juga memiliki risiko yang lebih tinggi. Untuk itu kamu perlu persiapan dan mempelajari nya dengan baik.

Kamu dapat download e-book mengenai panduan investasi saham berikut ini, untuk kamu pelajari, dan jadikan saham sebagai instrumen investasi mu.

Untuk membeli mobil impian. Berikut ini link nya, silakan kamu unduh, gratis!

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Deposito, Buat Tabungan atau Investasi?

Menabung dan berinvestasi merupakan dua hal yang memiliki tujuan berbeda.

Di mana tabungan bertujuan menjaga nilai mata uang, sedangkan berinvestasi bertujuan untuk menambah nilai dari uang.

Nah… mengingat deposito menawarkan suku bunga yang rendah, maka produk ini sepertinya lebih cocok kamu gunakan untuk menabung.

Kurang cocok kamu jadikan sebagai investasi untuk mempersiapkan dana membeli mobil.

 

Tentukan Pilihan 

Jadi kamu sekarang tidak perlu menebak-nebak lagi. Kamu bisa putuskan pilihan apa yang akan kamu lakukan untuk mendapatkan mobil impian kamu. Dalam hal berinvestasi pada instrumen apa.

Sebagai sahabat saran ini mungkin bisa jadi pilihan kamu, ada baiknya kamu berinvestasi pada instrumen saham. Seperti yang sudah kita bahas bahwa deposito kurang ok, karena bunga yang kecil.

Maka ada baiknya investasi saham bisa jadi bahan pertimbangan kamu untuk jadi pilihan. Tapi sekali lagi kamu yang menentukan pilihanmu.   


 

Video di bawah bisa jadi bahan untuk kamu pelajari juga ya, silakan ditonton. Jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada rekan dan sahabat kamu, mungkin mereka juga butuh pencerahan seperti kamu.

 

Sampai disini pembahasan kita kali ini, dan jika kamu memiliki pertanyaan, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar. Perencana keuangan profesional Finansialku akan menjawabnya untuk kamu. 

 

Sumber Gambar:

  • Dana Untuk Membeli Mobil – https://bit.ly/2OFZA1r