Apakah kalian sudah mengetahui investasi jangka pendek apa yang menguntungkan untuk mahasiswa?

Yuk, intip investasi jangka pendek yang menguntungkan kamu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Jangka Pendek

Halo guys! Apakah kalian sudah tahu apa itu investasi? Atau apakah kalian sudah berinvestasi dari sekarang?

Definisi investasi adalah aset moneter yang dibeli dengan ide bahwa nilainya akan meningkat, dengan ekspektasi bahwa aset tersebut akan menghasilkan pemasukan di masa depan dan meningkatkan kekayaan.

Oh ya, perlu ditekankan bahwa investasi dan menabung itu merupakan hal yang berbeda ya guys. Investasi tentunya lebih menguntungkan dari sekedar menabung.

Investasi Jangka Pendek Mahasiswa 02 Mahasiswa 2 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Perbedaan Menabung Dan Investasi yang Perlu Anda Ketahui]

 

Investasi juga dapat digunakan sebagai instrumen untuk mengatasi inflasi. Berdasarkan jangka waktunya, terdapat 3 jenis investasi yaitu investasi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Kali ini, yang akan dibahas adalah investasi jangka pendek untuk mahasiswa. Investasi jangka pendek biasanya hanya membutuhkan waktu 1-12 bulan saja. Tentunya, investasi jangka pendek sangat cocok untuk kalian kan guys?

Biasanya generasi milenial nih dikenal dengan generasi yang mau serba instan. Mereka tidak mau menunggu terlalu lama. Apakah kalian juga demikian?

Tenang saja, kalian tidak perlu khawatir karena ada investasi jangka pendek yang tetap bisa mendatangkan keuntungan untuk kalian.

Namun, karena waktunya bisa dikatakan sangat singkat, kamu harus memerhatikan beberapa hal dalam investasi jangka pendek.

Saat Terjadi Perubahan Fundamental Saham 01 Mahasiswa - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

Salah satu hal yang sangat penting adalah mencari jenis investasi yang tidak mengalami perubahan harga yang sangat signifikan atau fluktuatif.

Hal tersebut sangat penting untuk mengatasi kerugian yang muncul akibat perubahan harga yang cepat tersebut.

Lalu, sudahkah kalian mengetahui produk-produk investasi jangka pendek yang menguntungkan? Yuk langsung saja ini dia investasi jangka pendek untuk mahasiswa yang paling menguntungkan.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Investasi Jangka Pendek untuk Mahasiswa

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi investasi jangka pendek yang menguntungkan untuk mahasiswa. Berikut 3 jenis investasi jangka pendek yang menguntungkan.

 

#1 Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang merupakan salah satu instrumen investasi yang paling likuid dan praktis. Reksa dana pasar uang bisa kamu jadikan pilihan. Selain penggunaannya yang mudah, reksa dana ini juga terpercaya lho.

Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa Untuk Investasi 3 Finansialku

[Baca Juga: Produk Investasi Apa yang Cocok untuk Saya?]

 

Reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi (MI) yang sudah profesional. Jadi, uang yang kamu investasikan di reksa dana akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah terpercaya.

Menariknya, reksa dana ini merupakan instrumen investasi yang tidak dikenakan pajak. Ya walaupun tetap ada biaya (fee) penjualan unit reksa dana, tapi biayanya sangat kecil dan tetap worth it kok.

Rata-rata imbal hasil dari reksa dana pasar uang ini bisa mencapai 8% lho guys. Lumayan banget kan? Daripada uang kamu menganggur, mending kamu investasikan di reksa dana.

 

Sekarang untuk biaya minimum investasi di reksa dana sudah sangat kecil lho guys. Bahkan terdapat beberapa asset management yang menawarkan investasi mulai dari Rp100 ribu. Murah banget kan guys? Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mencoba investasi yang satu ini ya guys.

Jika kamu bingung bagaimana menghitung hasil investasi reksa dana, kamu bisa mencoba menggunakan Aplikasi Finansialku ya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Melalui Aplikasi Finansialku, selain membeli investasi reksa dana, kamu juga bisa menghitung berapa keuntungan yang akan didapat dari hasil investasi tersebut.

Caranya sangat mudah, yaitu pertama-tama kamu harus download terlebih dulu Aplikasi Finansialku di Google Play Store.

Setelah itu buka aplikasi tersebut dan pilih menu Investasi. Kemudian pilihlah menu Kalkulator untuk Reksadana.

Investasi Jangka Pendek Mahasiswa 03 Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Langkah selanjutnya yaitu kamu akan diminta untuk mengisi berapa jumlah investasi awal, harga beli, fee beli, harga jual, dan fee jual.

Misalkan jumlah investasi awal kamu adalah sebesar Rp10 juta, harga beli Rp1.285, fee beli Rp0, harga jual Rp1.527, dan fee jual Rp0.

Investasi Jangka Pendek Mahasiswa 04 Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Setelah semua kolom terisi selanjutnya kamu bisa menekan Hitung. Maka kamu akan mendapat hasil kalkulasi berapa keuntungan dari investasi reksa dana kamu.

Hasil kalkulasi dari asumsi sebelumnya yaitu kamu akan mendapat keuntungan Rp1.883.268 atau sebesar 18,83% dari hasil penjualan sebesar Rp11.883.268.

Investasi Jangka Pendek Mahasiswa 05 Aplikasi 3 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Sangat mudah kan guys penggunaannya? Oleh karena itu, langsung aja download Aplikasi Finansialku sekarang.

Oh ya, Finansialku juga memberikan ebook gratis tentang reksa dana untuk pemula yang tentunya bisa membantu kamu untuk belajar lebih banyak lagi tentang reksa dana.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#2 Deposito

Deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang sudah cukup populer di Indonesia.

Deposito banyak diminati karena risiko nya yang terbilang minim dan bahkan hampir tidak ada karena dijamin oleh LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan).

 

Tingkat bunga investasi deposito berkisar antara 4% hingga 8% per tahun sebelum dipotong pajak.

Tentunya bunga yang didapatkan juga ditentukan berdasarkan jangka waktu deposito yang kamu pilih. Biasanya jangka waktu deposito ada yang 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 1 tahun.

Jurus Jitu Memilih Deposito 02 Deposito 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Ini Tips dan Trik Menyisihkan Uang Jajan untuk Berinvestasi]

 

Kamu juga bisa menghitung hasil investasi deposito kamu melalui Aplikasi Finansialku.

Pertama-tama pilih menu Kalkulator Investasi, kemudian pilih Deposito.

Investasi Jangka Pendek Mahasiswa 06 Aplikasi 4 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan angka-angka yang dibutuhkan. Misalnya dana yang kamu depositokan sebesar Rp5.000.000, untuk periode 6 bulan dengan bunga deposito per tahun 7,5%.

Investasi Jangka Pendek Mahasiswa 07 Aplikasi 5 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Setelah semua data terisi, maka kamu bisa menekan tombol Hitung. Maka kamu akan melihat hasil kalkulasi dari asumsi sebelumnya dimana kamu akan mendapatkan bunga sebesar Rp184.932.

Investasi Jangka Pendek Mahasiswa 08 Aplikasi 6 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

#3 P2P Lending

Apakah kalian sudah mengetahui P2P (Peer to Peer) Lending guys?

Akhir-akhir ini instrumen investasi satu ini sedang populer lho guys. Namun, apakah kalian sudah mengetahui apa itu P2P (Peer to Peer) Lending?

Secara singkatnya, P2P Lending merupakan platform dengan sistem berbasis online yang mempertemukan 2 pihak, yaitu peminjam dan pemberi pinjaman.

Dalam sistem ini, platform hanya sebagai perantara saja. Jadi, aktivitas akan dilakukan langsung oleh peminjam dan pemberi pinjaman yang tergabung dalam platform tersebut.

P2P-atau-Reksa-Dana-02-Finansialku

[Baca Juga: 6 Investasi untuk Mahasiswa yang Penting untuk Kamu Ketahui]

 

Setiap investasi tentu saja ada risikonya, termasuk investasi di P2P Lending. Di beberapa platform kamu bisa memilih risiko yang bisa kamu tanggung. Kamu bisa menyesuaikan risikonya sesuai dengan kemampuan kamu.

Seperti yang kita ketahui, high risk high return. Jadi, semakin tinggi risikonya semakin tinggi juga imbal hasil yang akan kamu dapatkan.

Oh ya, return yang bisa kamu dapatkan melalui investasi P2P Lending ini bisa mencapai 15% lho guys.

Kamu juga bisa mencatat investasi P2P Lending kamu di Aplikasi Finansialku. Misalnya, kamu melakukan investasi P2P Lending.

Pertama-tama pilih menu Investasi, kemudian pilih pilihan P2P.

Investasi Jangka Pendek Mahasiswa 09 Aplikasi 7 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi data-data yang dibutuhkan.

Misalnya tanggal transaksinya adalah 6 November 2018, tanggal jatuh tempo 6 Mei 2019, perusahaannya adalah Koinworks, nominalnya sebesar Rp3.000.000 dan bunganya sebesar 10%.

Setelah semua data terisi, maka kamu bisa menekan tombol Simpan, maka investasi P2P Lending kamu akan langsung tercatat di Aplikasi Finansialku.

Investasi Jangka Pendek Mahasiswa 10 Aplikasi 8 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku

 

Memilih Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Setelah mengetahui investasi jangka pendek untuk mahasiswa yang menguntungkan, maka kamu bisa memilih investasi jangka pendek yang paling tepat untuk kamu sekarang.

Setiap investasi ada risiko dan keuntungannya masing-masing, kamu bisa memilih investasi yang paling cocok dengan kamu.

Jangan hanya memilih investasi karena imbal hasilnya saja ya, kamu juga perlu mengetahui risikonya. Selamat berinvestasi guys!

 

Jadi investasi jangka pendek yang mana yang akan kamu pilih? Yuk, langsung aja berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat. Thank you guys.

 

Sumber Referensi:

  • Erlangga Djumena. 3 September 2018. 3 Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan. Msn.com – https://goo.gl/r9vXyX
  • Admin. 24 September 2018. Investasi Jangka Pendek Tunjang Gaya Hidup Mahasiswa. Kreditpintar.com – https://goo.gl/LjMJXd

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa 1 – https://goo.gl/BpUExo
  • Mahasiswa 2 – https://goo.gl/F4wSct