Mau transaksi produk keuangan, khususnya saham atau cryptocurrency, pahami dulu perbedaan trading dan investasi berikut!

Fakta yang harus kamu perhatikan ketika memulai melakukan transaksi membeli dan menjual produk keuangan, khususnya saham maupun crytocurrency, adalah bahwa trading berbeda dengan investasi.

Perbedaan yang paling mencolok terletak pada jangka waktu yang diperlukan. Selain itu, dalam prinsip dan strateginya pun juga berbeda. Untuk melihat lebih lengkap perbedaan keduanya bisa kamu simak dalam artikel di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Trading vs Investasi Bitcoin

Berbicara tentang penciptaan kekayaan di pasar ekuitas, investasi dan trading merupakan dua jenis yang berbeda.

Investasi dan perdagangan merupakan pendekatan yang sangat berbeda untuk menghasilkan keuntungan di pasar keuangan.

Jika diumpamakan dalam hal sederhana, misalnya Si A dan si B membeli benih tomat dalam jumlah yang sama untuk ditabur di ladang.

Akan tetapi A menjualnya kepada seseorang dalam sehari karena berharap mendapatkan keuntungan langsung.

Sedangkan B menabur benih yang dimiliki di sebuah ladang. Dia membiarkan benih tersebut tumbuh selama jangka waktu tertentu sampai dia membeli benih baru.

Lakukan Analisis Teknikal untuk Memprediksi Kenaikan atau Penurunan Harga Bitcoin 02 - Finansialku

[Baca Juga: Investor Bitcoin, Pahami Dulu Kesalahan Dalam Investasi Bitcoin!]

 

Si B menabur benih baru dan melanjutkan bertani selama bertahun-tahun dan akhirnya menjual lebih banyak biji tomat daripada yang dibeli sebelumnya.

Dengan menginvestasikan benihnya, si B tentunya akan mendapat untung yang sangat berbeda dari yang si A hasilkan dengan memperdagangkan benih.

Kurang lebih seperti itulah perbedaan dari investasi dan perdagangan (trading).

Investasi memungkinkan kamu untuk membeli produk ekuitas secara rutin hingga suatu saat produk tersebut menjadi lebih banyak dan siap untuk dijual dengan harga yang lebih menguntungkan.

Sementara, trading merupakan kegiatan jual beli dengan waktu yang lebih singkat.

 

Dengan demikian, keuntungan yang didapatkan bukan dari harga yang sudah disimpan lama namun dari menjual produk yang dimiliki saat harganya lebih tinggi dari saat dibeli dan dilakukan terus menerus.

 

Perbedaan Investasi dengan Trading

Untuk lebih lengkapnya, saya akan membagikan beberapa perbedaan trading dan investasi, dilihat dari beberapa indikator.

 

#1 Tujuan

Hal pertama yang membedakan trading dan investasi ialah terkait tujuannya. Orang yang melakukan investasi, umumnya merupakan orang yang kurang memiliki waktu dan tidak ingin terlalu pusing memikirkan portofolionya.

Selain itu, investasi lebih merupakan untuk tujuan jangka panjang. Dengan jangka tujuan keuangan lebih dari lima tahun, investasi dinilai cocok untuk diambil.

Sementara bagi kamu yang ingin menjadikan sebagai perdagangan harian atau trading for living bisa memilih trading sebagai teknik.

 

#2 Perbedaan Mindset dan Waktu

Mindset seorang trader umumnya ingin segera mendapatkan keuntungan atau profit dalam jangka pendek.

Biasanya trader selalu melakukan jual beli produk ekuitas dalam rentang waktu 1 minggu, harian atau bahkan dalam hitungan jam. Sama seperti konsep perdagangan yang saya jelaskan sebelumnya.

Tidak heran jika keuntungan yang dihasilkan tidak terlalu besar dibandingkan dengan investasi yang memiliki rentang waktu jual beli hingga bertahun-tahun dengan porsi keuntungan yang lebih besar.

 

#3 Risiko yang Dimiliki

Ketika membeli produk keuangan, ada beberapa jenis orang yang selalu memiliki kekhawatiran dan rasa takut jika nilai produk keuangan yang dibeli akan jatuh dan menjadikannya rugi.

Untuk orang-orang seperti ini umumnya lebih cocok dengan pola investasi dibandingkan trading. Hal ini dikarenakan investasi tidak terlalu memperhatikan gejolak harga dalam jangka pendek yang biasanya bisa membuat jantung ikut naik-turun.

Selain itu, risiko dari investasi lebih kecil dengan keuntungan yang ditawarkan lumayan.

Jangan Asal Tebak! Lakukan Analisis Fundamental untuk Memprediksi Kenaikan atau Penurunan Harga Bitcoin 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Bitcoin? Pahami Dulu 7 Hal Penting Berikut Ini]

 

Namun, bagi kamu yang menginginkan keuntungan lebih besar bisa mencoba trading. Akan tetapi, kamu pun juga harus siap menerima risiko yang lebih besar, sesuai dengan keuntungan yang kamu incar.

Perdagangan atau trading dapat memberi kamu penghasilan besar dalam hitungan menit, hari, dan bahkan minggu.

Akan tetapi, kamu juga dapat kehilangan semua yang telah kamu investasikan dalam hitungan detik karena hasil volatilitasnya.

 

#4 Strategi yang Digunakan

Hal utama yang juga menjadikan investasi dan trading sangat berbeda ialah strategi yang digunakan.

Investasi dilakukan dalam jangka panjang maka investor tentunya akan memperhatikan secara detail faktor-faktor yang memengaruhi portofolio investasinya.

Misalnya, investasi di saham, maka investor akan membeli emiten saham yang ‘sehat’ dengan kinerja baik dan memiliki fundamental kuat.

Akan tetapi, bagi kamu yang sedikit ingin merasakan adrenalin, maka bisa mencoba trading. Tidak hanya melatih mental, trading dapat membuat proses pengambilan keputusanmu semakin bijak.

Jadi, tidak hanya mendapatkan profit kamu juga akan semakin banyak belajar dari trading ini.

Strategi trading lebih fokus pada sentimen dan kondisi pasar. Trader tidak segan untuk mengambil risiko serta melakukan pembelian atau penjualan saat pasar terkoreksi.

Jika perhitungannya tepat, keuntungan yang diperoleh bisa berlipat dibanding saat pasar sedang normal, lho.

 

Trading vs Investasi, Strategi Manakah yang Harus Diambil?

Buat kamu yang bingung dan menimbang-nimbang mau jadi seorang investor ataukah trader, itu semua tergantung pilihan masing-masing-masing.

Kamu pun juga bisa memenuhi wawasan dan pengetahuan investasi dengan mengikuti grup belajar dari Finansialku dan mengunduh e-book tentang investasi secara GRATIS.

GRATISS!! Download Sekarang Panduan Belajar Investasi Bagi Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook

 

Nah, dengan membaca artikel ini kamu jadi makin tahu tentang perbedaan trading dan investasi.

Yuk, mulai berinvestasi sekarang juga. Karena menjadi investor maupun trader tentunya butuh waktu untuk membentuk diri menjadi handal!

 

Simak juga penjelasan mengenai bitcoin melalui video Finansialku berikut ini.

 

Menjadi trader ataupun investor sama-sama menguntungkan lho. Sudah tahu mana yang menjadi pilihanmu? Yuk kemukakan pendapat dan pilihanmu melalui kolom komentar di bawah ini.

Bagikan juga informasi bermanfaat ini pada rekan-rekanmu!

 

Sumber Referensi:

  • Pintu Kemana Saja. 17 Juni 2020. Investasi Vs Trading. Pintu.co.id – https://bit.ly/3gEdeih