Investment Outlook 22-26 Agustus 2022. Market berpotensi masih melanjutkan penguatan terbatas menuju resistance di 7.260.

Dengan berbagai sentimen positif hingga negatif dari sisi domestik, sehingga catatan rawan profit taking. Mari kita bahas selengkapnya!

 

Investment Outlook IHSG Review: Menghadapi Sentimen Positif Minggu Lalu

Pada minggu ketiga bulan Agustus 2022, tepatnya Jumat (19/08), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup koreksi -0,2%.

Rangkuman perdagangan selama pekan lalu, IHSG sudah menguat 0,61% menjadi 7.172,434 dari 7.129,277 di pekan sebelumnya.

Volume perdagangan pasar tercatat sebesar Rp50,563 triliun yang merupakan penurunan lebih dari 27,7% dari minggu sebelumnya, dengan kenaikan Rp19,40 triliun.

Market kapitalisasi pasar bursa juga mengalami kenaikan 0,07% menjadi Rp9.340,889 triliun dari Rp9.333,890 triliun pada pekan lalu.

[Baca Juga: Investment Outlook: Sentimen Positif di Minggu Ini, Pasar Kembali Bullish?]

 

[Baca IHSG Hari Ini]

 

Kinerja Sektoral IHSG Minggu Kemarin (12-19 Agustus 2022)

investment outlook kinerja sektoral

Sumber: IDX

 

Berdasarkan tabel di atas, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan seminggu kemarin (8-12 Agustus) ditutup menguat pada Jumat (19/8) sebesar +1,12%.

Penguatan IHSG juga diikuti oleh indeks LQ45 yang menguat +1,71% dan indeks IDX30 yang turut menguat +1,74%. 

 

Investor Asing

Pola Pergerakan Investor Asing pada IHSG Minggu Lalu

Investor asing telah mencatatkan nilai beli bersih sebesar Rp949,58 miliar. Sehingga sepanjang tahun 2022 investor asing mencatatkan beli bersih sebesar Rp63,517 triliun.

 

3 Saham yang Diakumulasi Asing Terbesar dalam Mingguan (Dibeli Asing)

investment outlook saham dibeli asing

Sumber Data: RTI Business

Angka net buy asing tertinggi di pasar reguler tercatat oleh saham BBCA (Rp1,3 triliun), BMRI (Rp603,5 miliar), dan ASII (Rp407,1 miliar).

 

3 Saham yang Distribusi Asing Terbesar Dalam Mingguan (Dijual Asing)

investment outlook saham dijual asing

Sumber Data: RTI Business

Sedangkan untuk net sell asing tertinggi di pasar reguler yakni saham BBRI (Rp563,7 miliar), MDKA (Rp66,5 miliar), dan PGAS (Rp40,9 miliar).

 

Investment Outlook IHSG Minggu Ini: 22-26 Agustus 2022

Dengan posisi IHSG pada Jumat (19/08) lalu ditutup koreksi ke 7.172,4. Maka prediksinya, IHSG pekan ini akan melanjutkan penguatan.

Dengan catatan berbagai sentimen positif hadir di minggu ini dan rawan profit taking.

Jika mengacu pada indikator MACD, IHSG rawan koreksi dengan menguji area koreksi terdekat di 7.100-7.160 pada level support di 7.080 dan resistance di 7.230.

investment outlook ihsg

Sumber: Tradingviews (IHSG)

 

Ingat! segala bentuk keputusan pembelian produk investasi harus disertai dengan analisa yang memadai.

Sehingga, akan lebih baik jika Anda mempelajari dan menganalisa secara komprehensif baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Agar kondisi psikologi tidak terganggu dengan naik turunnya saham yang Anda miliki.

Dengan kondisi IHSG yang kembali bullish di level 7.100, kita perlu berhati-hati dengan berbagai kabar baik atau buruk untuk pasar saham di sepanjang 2022 ini.

Investor bisa saja wait & see dan membeli saham-saham potensial dengan harga murah.

Jika Anda ingin menggali referensi seputar investasi saham, yuk, ketahui tips berinvestasi dari ahlinya.

Atau, Anda juga bisa dapatkan panduan lengkapnya melalui ebook gratis dari Finansialku berikut ini:

Ebook GRATIS, Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham

Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - HP
Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - PC

 

Data dan Sentimen Kuat Penggerak Market

Data Domestik:

Kalender ekonomi Indonesia minggu ini:

investment outlook kalender domestik

Sumber: Investing.com

  • Sentimen positif untuk IHSG masih berasal dari rilis kinerja emiten dan sentimen dari bursa global.
  • Melalui pidato Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenai energi hijau dan Ibu Kota Nusantara (IKN), turut sumbang kenaikan IHSG.

 

Data Komoditas:

  • Sentimen inflasi yang mendingin, mengurangi laju kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve sehingga telah mendukung harga komoditas secara luas.

 

Data Global:

Kalender ekonomi global minggu ini:

investment outlook kalender global

Sumber: Investing.com

  • Wall Street ditutup melemah pada pekan lalu, NASDAQ anjlok -2,62% dan S&P 500 jatuh -1,21% sementara DJIA menciut -0,16%.
  • Untuk S&P 500 dan NASDAQ, ini adalah penurunan mingguan pertama dalam empat minggu terakhir di Agustus.
  • Perhatian pasar global pada minggu ini: Pidato Powell di Jackson Hole yang membahas terkait peningkatan suku bunga US dan upaya untuk mengontrol inflasi.
  • Beberapa data ekonomi yang akan rilis minggu ini: Durable goods orders, initial jobless claims, dan data PMI untuk Juli.
  • Data Juni 2022, Inggris mengalami inflasi setinggi 10,1% secara yoy. Angka ini naik dari inflasi di bulan sebelumnya yang berada pada 9,4%.

Tingkat inflasi ini menjadi yang tertinggi sejak tahun 1982 silam. Bank sentral Inggris pun telah meningkatkan suku bunga acuan sebesar 50 bps menjadi 1,75% sebagai salah satu upaya dalam meredam inflasi.

 

Investment Outlook Kesimpulan & Rekomendasi

Minggu lalu pasar keuangan Indonesia mencatatkan kinerja baik, dari indeks Harga Saham Gabungan (HIS), nilai tukar rupiah, atau pun pasar Surat Berharga Negara (SBN) kompak menguat.

Pergerakan indeks composite sudah menyentuh 7.100 hingga akhir pekan lalu. Namun perlu kita ingat bahwa volatilitas masih berpotensi terjadi sepanjang kuartal III/2022.

Pasar masih akan melanjutkan aksi profit taking yang dilakukan investor saat IHSG mengalami reli yang cukup besar.

 Pergerakan pasar masih berpotensi menguat terbatas, dengan support di 7.080 dan resistance di 7.230.  

Saat ada kemungkinan terjadinya koreksi, maka Anda kami sarankan untuk melakukan wait and see terlebih dahulu dan fokus kepada saham-saham core stock yang sudah dimiliki.

Sobat Finansialku jangan khawatir mengenai koreksi ini, karena wajar adanya dan justru membahagiakan apalagi jika Anda sudah mempelajari saham yang dibeli.

 

Rekomendasi

Saham pilihan kami saat ini akan fokus pada saham-saham value stock yang masih terdiskon.

Saham komoditas dan energi pun masih dalam pantauan melihat tren harga komoditas acuan yang positif dan tren saham energi yang sideways ini bagus untuk kita antri di support kuatnya.

Untuk mengetahui selengkapnya mengenai investasi apa yang cocok untuk Anda saat ini, langsung saja konsultasi dengan perencana keuangan Finansialku.

Ingat, setiap individu memiliki toleransi risiko dan tujuan keuangan yang berbeda. Pastikan Anda melakukan Financial Check Up sebelum memulai investasi.

Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan keuangan saat ini dengan memanfaatkan fitur tersebut melalui Aplikasi Finansialku.

Jika ingin sharing lebih dalam mengenai review portofolio investasi Anda, Sobat Finansialku bisa diskusi dengan cara klik banner di bawah ini untuk buat janji, ya!

Banner Konsultasi WA - PC
Banner Konsultasi WA - HP

 

Disclaimer On:

Sifat dari analisis ini adalah pandangan pribadi penulis berdasarkan pemahaman dan pengalaman, segala instrumen investasi ada sisi risiko dan potensinya. Do Your Own Research (DYOR)!

 

Itulah analisa atas outlook pasar minggu ini. Semoga bermanfaat dalam mengambil langkah berinvestasi.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan-rekan investor lainnya, terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

PT Bursa Efek Indonesia (idx.co.id), Market.Bisnis.com, CNBC Indonesia, Phillip Sekuritas, Indopremier Sekuritas, Mirae Aset Sekuritas, Samuel Sekuritas Indonesia dan dari berbagai sumber dianggap terpercaya.