Pengadilan menyatakan jamu Nyonya Meneer pailit, karena digugat pailit. Apa saja pelajaran yang dapat kita peroleh dari kasus Nyonya Meneer pailit?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pengadilan Nyatakan: Jamu Nyonya Meneer Pailit di Tahun 2017

Indonesia dikabarkan berita perusahaan Jamu Nyonya Meneer pailit. Pelopor jamu Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1919 mengakhiri kejayaannya di tahun 2017. PT Nyonya Meneer (Njonja Meneer) dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri Semarang.  

Berdiri Sejak 1919, Pengadilan Nyatakan Jamu Nyonya Meneer Pailit di Tahun 2017

[Baca Juga: Panduan Penggunaan Utang untuk Pemula]

 

Mengutip dari Jawapos.com, Majelis Hakim yang dipimpin Nani Indrawati pada Kamis (3/08/2017) mengabulkan gugatan kreditur konkuren asal Turisari, Kelurahan Palur, Kabupaten Sukoharjo, Hendrianto Bambang Santoso.

“Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya dan menyatakan batal perjanjian perdamaian yang telah dilakukan serta menyatakan PT Nyonya Meneer dalam keadaan pailit.”

 

Tumpukan utang pada sejumlah kreditur menyebabkan PT Nyonya Meneer digugat pailit. Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Niaga Kota Semarang yang dipimpin oleh Dwiarso Budi Santiarto menyatakan perjanjian perdamaian antara debitur dan kreditur tentang Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) pada 27 Mei 2015 telah sah.

 

Putusan Pengadilan Niaga ini digugat oleh salah satu krediturnya, Hendrianto, sebagian sumber pun mengatakan bahwa PT Nata Meredia Investama (NMI) sebagai distributor tunggalnya lah yang telah menggugaat perusahaan jamu ini. Gugatan dikabulkan majelis hakim PN Semarang.

Berdiri Sejak 1919, Pengadilan Nyatakan Jamu Nyonya Meneer Pailit di Tahun 2017

[Baca Juga: Jangan Takut Dulu! Ini Penyelesaian dan Solusi Jika Tidak Bisa Bayar Hutang]

 

Usai sidang, kuasa hukum Hendrianto Bambang Santoso, Eka Windiarto menyampaikan, langkah selanjutnya, nasib para buruh harus diperjuangkan dan semua kreditur harus terjamin pembayarannya.

Seperti yang dilansir oleh Regional.kompas.com, Jumat (4/08/17), Di satu sisi, pihak PT Nyonya Meneer tidak mengakui jumlah utangnya kepada distributor, dan hanya mengakui utang puluhan miliar saja.  

Diberitakan PT Nyonya Meneer dinilai memiliki utang pada PT NMI sebesar Rp110 miliar, terdiri dari utang Rp89 miliar dan utang barang sebesar Rp21 miliar. Namun, PT Nyonya Meneer hanya menawarkan perdamaian yang tidak masuk akal.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi & Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Awalnya, PT NMI yang berpusat di Jakarta tidak berusaha memailitkan PT Nyonya Meneer akibat utang-utang mereka. Penggugat hanya bertujuan untuk menagih utang dengan pembayaran sesuai yang telah dijadwalkan.

Namun dari sekian lama jalannya persidangan PT Nyonya Meneer tidak dianggap mampu memenuhi tuntutan dan terbukti tidak mampu membayar utangnya.

Berdiri Sejak 1919, Pengadilan Nyatakan Jamu Nyonya Meneer Pailit di Tahun 2017

[Baca Juga: Takut Terjerat Utang? Lakukan 7 Cara Ini Saat Mengajukan Pinjaman Uang]

 

Setelah itu, majelis hakim menunjuk hakim pengawas untuk mengawal proses kepailitan PT Nyonya Meneer dan segera menunjuk kurator untuk segera menilai dan menindaklanjuti aset yang dimiliki industri jamu itu.

 

Terkadang Permasalahan Utang Juga Dialami oleh Keluarga

Masalah utang tidak hanya dihadapi oleh perusahaan, tetapi juga terkadang oleh seseorang (atau keluarga). Banyak permasalahan keuangan yang disebabkan karena seseorang mengajukan utang (baca: kredit konsumtif).

Daftar Aplikasi Finansialku
Daftar Aplikasi Finansialku

Pastikan sebelum Anda mengajukan utang atau kredit adalah: hitung berapa kewajiban bulanan dan sesuaikan dengan kemampuan untuk membayar. Silakan hitung simulasi utang dengan menggunakan Aplikasi Finansialku (silakan daftar Aplikasi.Finansialku.com di atau download di Google Play Store).

 

Mengenang Sejarah Jamu Legendaris

Nama Nyonya Meneer sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun silam. Dalam jalur perdagangan jamu modern pun Nyonya Meneer masih di ‘labeli’ sebagai pabrik jamu tertua dan terbesar di Indonesia, paling legendaris, dan pionir jamu bubuk.

Ini Tandanya Kalau Anda Harus Resign Kerja Dari Pekerjaanmu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Takut Terjerat Utang? Lakukan 7 Cara Ini Saat Mengajukan Pinjaman Uang]

 

Lauw Ping Nio merupakan perempuan yang berjuang dan merintis pembuatan jamu dan telah akrab dengan merek Nyonya Meneer. Nama Meneer diambil dari nama kecil perempuan kelahiran Sidoarjo tahun 1895 silam itu.

Awal mula nama Meneer ternyata berasal dari ejaan aksen Jawa yang bermakna beras menir, yaitu sisa butir beras yang dihasilkan dari proses penumbukan padi.

Konon saat dalam rahim, ibunya ngidam memakan beras menir sehingga pada waktu bayinya lahir kemudian diberi nama Menir. Zaman kolonial Belanda juga mempengaruhi perubahan nama menir menjadi Meneer dari aksen Belanda.

Kemampuan Nyonya Meneer meracik jamu tidak lain didapatkan dari orangtuanya. Sebelum merambah ke dunia Industri atau pemasaran yang besar, Nyonya Meneer mengawali dengan keluarga dan orang terdekat.

Berdiri Sejak 1919, Pengadilan Nyatakan Jamu Nyonya Meneer Pailit di Tahun 2017

[Baca Juga: Bagaimana Cara Melunasi Hutang Warisan Keluarga?]

 

Racikannya dengan membuatkan jamu untuk keluarga, dan tetangganya yang sedang sakit atau sedang dalam masa pemulihan. Tak hanya jamu, produk terkenal lainnya yang dimiliki Nyonya Meneer yaitu Minyak Telon.

 

Pelajaran dari Kasus: Jamu Nyonya Meneer Pailit

Ketika mendengar berita Jamu Nyonya Meneer pailit, mungkin sebagian orang merasa tidak percaya. Hal ini bukan hal yang aneh, karena Jamu Nyonya Meneer sudah menjadi merek kebanggaan Indonesia.

Slide Bagaimana Cara Melunasi Hutang Sebelum Menikah Coba Praktikkan Cara Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Melunasi Hutang Sebelum Menikah? Coba Praktikkan Cara Ini]

 

Berdasarkan penjelasan di beberapa media, dikabarkan pengadilan negeri menyatakan Perusahaan Jamu Nyonya Meneer pailit karena kasus gagal pembayaran utang.

Pelajaran yang dapat kita pelajari dari berita Jamu Nyonya Meneer Pailit adalah:

  1. Hati-hati dalam mengajukan utang. Pastikan utang bisnis digunakan untuk membeli aset.
  2. Ketika mengajukan utang, perusahaan juga harus mengukur kemampuannya untuk membayar utang tersebut.
  3. Hati-hati dalam melakukan perhitungan arus kas (cashflow) perusahaan. Perhatikan jumlah pokok utang, bunga dan waktu jatuh tempo.
  4. Hitung dan kelola utang dengan bijak. Dalam beberapa hal mempercepat pembayaran utang dapat memberikan banyak manfaat.
  5. Jalin hubungan baik dengan para kreditur Anda dan selalu tunjukkan niat baik. Bayar tepat waktu dan tepat jumlah.

 

Semoga pelajaran dari berita Jamu Nyonya Meneer Pailit ini dapat menjadi pelajaran berarti untuk para pemilik bisnis.

 

Pelajaran apa lagi yang Anda dapat dari berita Jamu Nyonya Meneer Pailit?

Silakan tinggalkan opini Anda pada kolom komentar, terima kasih.

 

Sumber referensi:

  • Admin. 3 Agustus 2017. PT Nyonya Meneer Dinyatakan Pailit. Jawapos.com – https://goo.gl/1Ywqmm
  • Editor JPNN. 3 Agustus 2017. Tok Tok Tok… Nyonya Meneer Dinyatakan Pailit. JPNN.com – https://goo.gl/TLg6gS
  • Admin. 4 Agustus 2017. Manajemen PT Nyonya Meneer berhutang Rp 110 miliar yang tidak dapat dilunasi dalam kurun waktu lima tahun. Rappler.com – https://goo.gl/xut7PV

 

Sumber gambar:

  • Jamu Nyonya Meneer – https://goo.gl/q9ZUrQ dan https://goo.gl/qreWaq
  • Produk Jamu Nyonya Meneer – https://goo.gl/mzgRLz
  • Jamu Nyonya Meneer Pailit – https://goo.gl/vUVrbU
  • Pengadilan – https://goo.gl/2Dzhqn
  • Jamu – https://goo.gl/fBMnAK dan https://goo.gl/2Y9Egp

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang