Sambil menemani waktu istirahat Anda, mari nikmati resep kata-kata motivasi Ingvar Kamprad, pendiri IKEA yang sempat masuk dalam daftar 10 orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes.

Selamat membaca & selamat terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Ingvar Kamprad – IKEA

Ingvar Kamprad adalah pendiri peritel furnitur global bernama IKEA.

Ia menamai usahanya itu dengan nama IKEA yang merupakan singkatan dari IK (Ingvar Kamprad) dan EA (Elmtaryr Agunnaryd) yang merupakan nama desa tempat tinggal masa kecilnya.

Ingvar Kamprad dikabarkan telah meninggal pada 27 Januari 2018 di usianya yang telah menginjak 91 tahun.

Ingvar Kamprad menciptakan IKEA saat ia berusia 17 tahun dengan menjajakan pensil, ikan dan kartu Natal dengan menggunakan sepedanya.

Setelah itu, dia pun berhasil membuka toko furnitur pertamanya pada tahun 1947 dan membangunnya menjadi salah satu peritel paling sukses di dunia.

Dengan pendapatan per tahun fiskal 2017 hampir US$46 miliar (setara dengan Rp633 triliun), Ingvar Kamprad tanpa henti mengejar efisiensi untuk menjaga agar harga furnitur dari IKEA tetap rendah.

Ia pun tidak menunjukkan ketertarikan pada gaya hidup mewah. Meskipun kekayaannya begitu melimpah, Kamprad memilih untuk mengendarai mobil Volvo yang sama selama 2 dekade terakhir.

Ingvar-Kamprad-Pendiri-IKEA-8-Finansialku

[Baca Juga: Telah Dimulai! Bank Syariah Memproyeksi Sukuk Ritel SR-010 Akan Sukses]

 

Antara tahun 2005 dan 2010, Kamprad diperkirakan oleh Majalah Forbes sebagai satu dari 10 orang terkaya di dunia, dengan nilai kekayaan sebesar US$28 miliar (setara dengan Rp385 triliun) di mana sebagian besar didapatkan dari IKEA.

Pada tahun 2011 kekayaan bersihnya sempat dikabarkan turun drastis setelah pengacaranya mempresentasikan dokumen yang menunjukkan bahwa kepemilikan IKEA telah dialihkan dan tidak dapat ditarik kembali ke sebuah badan bernama Lichtenstein.

Meskipun mendapat terpaan badai masalah, Ingvar Kamprad tetap berhasil mempertahankan status miliardernya.

Pada tahun 2016, dia memindahkan asetnya kepada para putranya Peter, Mathias, dan Jonas, yang semuanya juga merupakan miliarder. Dengan demikian peringkat miliardernya turun dari Majalah Forbes.

 

Kata-kata Motivasi Ingvar Kamprad

Berikut ini resep jadi orang kaya dari kata-kata motivasi seorang pendiri IKEA, Ingvar Kamprad.

 

#1 “Only those who are asleep make no mistakes.”

“Hanya mereka yang sedang tidur tidak membuat kesalahan.”

 

#2 “I could have an office all to myself but since my collaborators don’t have one, then I too am contented to have a desk in a shared room.”

“Saya bisa memiliki kantor untuk diri sendiri tapi karena rekan kerja saya tidak memilikinya, maka saya juga merasa puas memiliki meja di ruang bersama.”

 

#3 “What is good for our customers is also in the long run good for us.”

“Apa yang baik bagi pelanggan kami juga dalam jangka panjang baik untuk kita.”

 

Ingvar-Kamprad-Pendiri-IKEA-9-Finansialku

[Baca Juga: Mulai Main Saham Untuk Pelajar dan Mahasiswa? Dengerin Nasihat Warren Buffett, Investor Saham Tersukses Di Dunia]

 

#4 “Making mistakes is the privilege of the active. It is always the mediocre people who are negative, who spend their time proving that they were not wrong.”

“Membuat kesalahan adalah hak istimewa yang aktif. Selalu orang biasa-biasa saja yang bersikap negatif, yang menghabiskan waktu mereka membuktikan bahwa mereka tidak salah. “

 

#5 “People say I am cheap, and I don’t mind if they do.”

“Orang bilang saya murah, dan saya tidak keberatan jika mereka melakukannya.”

 

#6 “The word impossible has been and must remain deleted from our dictionary.”       

“Kata ‘Tidak Mungkin’ harus tetap dihapus dari kamus kita”

 

#7 “I’m stingy and I’m proud of the reputation.”

“Saya pelit dan saya bangga dengan reputasi yang saya miliki.”

 

Ingvar-Kamprad-Pendiri-IKEA-3-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Tipe Investor yang Terlalu Percaya Diri? Kenali Gejala “Overconfidence Bias” agar Investasi Anda Aman!]

 

#8 “I’m not afraid of turning 80 and I have lots of things to do. I don’t have time for dying.”

“Saya tidak takut untuk berbalik dan saya harus melakukan banyak hal. Aku tidak punya waktu untuk mati. “

 

#9 “Ten minutes are not just one-sixth of your hourly pay; ten minutes is a piece of yourself. Divide yourself into ten units and sacrifice as few of them as possible in meaningless activities. Most things still remain to be done.”

“Sepuluh menit bukan hanya seperenam dari gaji per jam Anda; sepuluh menit adalah bagian dari dirimu sendiri. Bagilah dirimu menjadi sepuluh unit dan korbankan sesedikit mungkin dalam kegiatan yang tidak berarti. Masih ada banyak hal yang harus dilakukan. “

 

#10 “It is our duty to expand. Those who cannot or will not join us are to be pitied.”

“Adalah tugas kita untuk memperluas. Mereka yang tidak bisa atau tidak mau bergabung dengan kita harus dikasihani. “

 

Ingvar-Kamprad-Pendiri-IKEA-1-Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Investasi Emas Logam Mulia VS Investasi Cryptocurrency? Dan Kenapa Pilih Investasi Emas di Tahun 2018?]

 

#11 “Time is your most important resource. You can do so much in ten minutes. Ten minutes; once gone is gone for good.”

“Waktu adalah sumber Anda yang paling penting. Anda bisa melakukannya dalam sepuluh menit. Sepuluh menit; Begitu pergi, pergi untuk selamanya. “

 

#12 “Creativity and believing in your work is absolutely a necessary part of success.”

“Kreativitas dan percaya pada pekerjaan Anda benar-benar merupakan bagian penting dari kesuksesan.”

 

#13 “IKEA is not completely perfect. It irritates me to hear it said that IKEA is the best company in the world. We are going the right way to becoming it but we are not there yet.”

“IKEA tidak sepenuhnya sempurna. Ini mengganggu saya ketika ada yang mengatakan bahwa IKEA adalah perusahaan terbaik di dunia. Kita akan menjadi jalan yang benar untuk mewujudkannya tapi kita belum sampai ke arah itu. “

 

Ingvar-Kamprad-Pendiri-IKEA-7-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurus Keuangan untuk Wanita Karir yang Mau Sukses Seperti Anda?]

 

#14 “I’m a bit tight with money, but so what? I look at the money I’m about to spend on myself and ask myself if IKEA’s customers can afford it… I could regularly travel first class, but having money in abundance doesn’t seem like a good reason to waste it.”

“Saya agak ketat dengan uang, lantas kenapa? Saya melihat uang yang akan saya belanjakan untuk diri saya sendiri dan bertanya pada diri sendiri apakah pelanggan IKEA mampu membelinya … Saya dapat melakukan perjalanan kelas satu secara teratur, namun memiliki banyak uang sepertinya tidak menjadi alasan bagus untuk menyia-nyiakannya. “

 

#15 “Everything we earn we need as a reserve.”

“Segala sesuatu yang kita dapat, kita butuhkan sebagai cadangan.”

 

#16 “The IKEA spirit is strong and living reality. Simplicity in our behavior gives us strength. Simplicity and humbleness characterize us in our relations with each others, our suppliers and our customers.”

“Semangat IKEA adalah realitas yang kuat dan hidup. Kesederhanaan dalam perilaku kami memberi kami kekuatan. Kesederhanaan dan kerendahan hati mencirikan kami dalam hubungan satu sama lain, pemasok dan pelanggan kita. “

 

Ingvar-Kamprad-Pendiri-IKEA-5-Finansialku

[Baca Juga: Bisnis Franchise Sukses, Gian Pizza Berhasil Bertahan Selama Lebih dari 10 Tahun]

 

#17 “If there is such a thing as good leadership, it is to give a good example. I have to do so for all the IKEA employees.”

“Jika ada yang namanya kepemimpinan yang baik, itu adalah contoh yang bagus. Saya harus melakukannya untuk semua karyawan IKEA. “

 

#18 “Simplicity and common sense should characterize planning and strategic direction.”

“Kesederhanaan dan akal sehat harus mencirikan perencanaan dan arahan strategis.”

 

#19 “Happiness is not reaching your goal. Happiness is being on the way.”

“Kebahagiaan tidak mencapai tujuan Anda. Kebahagiaan sedang dalam perjalanan.”

 

Ingvar-Kamprad-Pendiri-IKEA-10-Finansialku

[Baca Juga: Jangan Pusing Memikirkan Biaya Persalinan! Ini Dia Kiat Sukses Menyiapkan Biaya Persalinan Normal]

 

#20 “Simple routine have a greater impact. It is not just to cut costs that we avoid luxury hotels. We do not need fancy cars, posh titles, tailor made uniforms or other status symbols.”

“Rutinitas sederhana memiliki dampak yang lebih besar. Bukan hanya untuk memotong biaya hotel mewah yang kita hindari. Kami tidak membutuhkan mobil mewah, gelar mewah, seragam khusus atau simbol status lainnya. “

 

#21 “How can I ask people who work for me to travel cheaply if I am traveling in luxury?”

“Bagaimana saya bisa meminta orang-orang yang bekerja untuk saya bepergian dengan harga murah jika saya bepergian dengan kemewahan?”

 

#22 “We have to still develop the IKEA group. We need many billions of Swiss francs to take on China or Russia. Making mistakes is the privilege of the active – of those who can correct their mistakes and put them right.”

“Kita harus tetap mengembangkan group IKEA. Kami membutuhkan milyaran francise Swiss untuk menguasai China atau Rusia. Membuat kesalahan adalah hak istimewa orang-orang yang aktif – orang-orang yang bisa memperbaiki kesalahan mereka dan menjadikannya benar. “

 

Ingvar-Kamprad-Pendiri-IKEA-6-Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Ferruccio Lamborghini, Pengusaha Mobil Sport Lamborghini]

 

#23 “The most dangerous poison is the feeling of achievement. The antidote is to every evening think what can be done better tomorrow.”

“Racun yang paling berbahaya adalah perasaan berprestasi. Penangkalnya adalah setiap malam memikirkan apa yang bisa dilakukan dengan lebih baik besok. “

 

#24 “If you want to maximize results, it’s not enough to simply preach – you have to set a good example. I am very proud to follow the rules of our company.”

“Jika Anda ingin memaksimalkan hasil, tidak cukup hanya sekadar ceramah sederhana – Anda harus memberi contoh yang baik. Saya sangat bangga mengikuti peraturan perusahaan kami. “

 

#25 “It is better to be a bit stingy than throw money out of the window.”

“Lebih baik sedikit pelit daripada membuang uang dari jendela.”

 

Ingvar-Kamprad-Pendiri-IKEA-2-Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Cerita Orang Sukses, Kaya dari Masalah Orang Lain dan Jadi Solusi untuk Orang Lain]

 

#26 “A company that feels it has reached its goal will quickly stagnate and lose its vitality.”

“Sebuah perusahaan yang merasa telah mencapai tujuannya akan cepat mandek dan kehilangan vitalitasnya.”

 

#27 “The feeling of having finished something is an effective sleeping pill. A person who retires feeling that he has done his bit will quickly wither away.”

“Perasaan telah selesai adalah pil tidur yang efektif. Seseorang yang mengundurkan diri dari perasaan bahwa dia telah melakukan sedikit demi sedikit akan segera layu. “

 

#28 “I know that, if need be, there are those who correct my mistakes. If you only knew how many of them I’ve made.”

“Saya tahu itu, jika perlu, ada orang yang mengoreksi kesalahan saya. Jika Anda hanya tahu berapa banyak kesalahan yang telah saya buat. “

Ingvar-Kamprad-Pendiri-IKEA-11-Finansialku

[Baca Juga: Pasangan Baru, Lakukan Kiat Sukses Mengatur Keuangan Sebelum dan Setelah Menikah]

 

#29 “To do business with a clear conscience is an attitude that pays. We have to find more time for ourselves and to regain respect for the environment in which we live.”

“Melakukan bisnis dengan hati nurani yang bersih adalah sebuah sikap membayar. Kita harus menemukan lebih banyak waktu untuk diri kita sendiri dan untuk mendapatkan kembali rasa hormat terhadap lingkungan tempat kita tinggal. “

 

#30 “A better everyday life means getting away from status and conventions — being freer and more at ease as human beings.”

“Kehidupan sehari-hari yang lebih baik berarti menjauh dari status dan konvensi – menjadi lebih bebas dan lebih nyaman seperti manusia.”

 

#31 “We still have a long way to go—or as I have written so many times, and said at the end of hundreds of speeches: We are just at the beginning. A glorious future!”

“Kami masih harus menempuh perjalanan yang jauh – atau seperti yang telah saya tulis berkali-kali, dan mengatakan di akhir ratusan pidato: Kami baru saja mengawalinya. Sebuah masa depan yang gemilang!”

 

#32 “We ought to have more women in various management positions, because women are the ones who decide almost everything in the home.”

“Kita harus memiliki lebih banyak wanita dalam berbagai posisi manajemen, karena wanitalah yang menentukan hampir semua hal di rumah.”

 

 

#33 “Our idea is to serve everybody, including people with little money.”

“Gagasan kami adalah untuk melayani semua orang, termasuk orang yang memiliki sedikit uang.”

 

#34 “Being humble isn’t the same as keeping a low profile. If you have something important to say, say it. Being humble means admitting your weaknesses, and trying to put them right.”

“Menjadi rendah hati tidak sama dengan menjaga profil rendah. Jika Anda memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan, katakan itu. Menjadi rendah hati berarti mengakui kelemahan Anda, dan mencoba untuk menempatkan mereka dengan benar. “

 

#35 “We claim that we don’t need status symbols. What we really mean by that is that setting a good example should be the manager’s most persuasive quality.”

“Kami mengklaim bahwa kami tidak memerlukan simbol status. Apa yang sebenarnya kami maksud dengan itu adalah bahwa menetapkan contoh yang baik harus menjadi kualitas manajer yang paling persuasif. “

 

Ritel IKEA

Saat ini IKEA memiliki 370 toko di 47 negara. Menurut Wealth-X, Kamprad tidak pernah meminjam uang atau memiliki persoalan dalam bisnisnya hingga ia menyerahkan IKEA kepada yayasan yang dia dirikan.

Selain itu, layanan penjualan makanan IKEA dalam setahun menghasilkan sebesar US$1,8 miliar (setara Rp23,94 triliun). Setiap Toko IKEA memiliki bistro yang menyajikan makanan asal Swedia seperti bakso dan waffle yang tersedia di toko.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Joel Brown. 8 Februari 2017. 36 Quotes By The Self Made Billionaire Ingvar Kamprad. Addicted2success.com – https://goo.gl/gEwg3r
  • Redaksi. Ingvar Kamprad & family. Forbes.com – https://goo.gl/P2h9qU
  • Tanza Loudenback. How IKEA Founder Ingvar Kamprad Became one of The Richest Self-Made Billionaires. Thebusinessinside.co.id – https://goo.gl/oDHAxs
  • Jonas Fredén. 24 September 2015. Ingvar Kamprad, Founder of IKEA. Sweden.se – https://goo.gl/29hpzy

 

Sumber Gambar:

  • Ingvar Kamprad – https://goo.gl/6PdYfy
  • Ingvar Kamprad 2 – https://goo.gl/5obWUj
  • Ingvar Kamprad 3 – https://goo.gl/AnqCYD
  • Ingvar Kamprad 4 – https://goo.gl/V3Pcio
  • Ingvar Kamprad 5 – https://goo.gl/V1e2PZ
  • Ingvar Kamprad 6 – https://goo.gl/hqjzJy
  • Ingvar Kamprad 7 – https://goo.gl/roczu9
  • Ingvar Kamprad 8 – https://goo.gl/S6rWvu

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang