Suka kecanduan belanja online di hari belanja online nasional (harbolnas)? Eits, jangan sampai kamu kebablasan.

Yuk cari tahu 5 cara jitu mengatasi kecanduan belanja online dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

5 Cara Jitu Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Hari belanja online nasional alias harbolnas merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai e-commerce  di Indonesia dengan dukungan dari sejumlah mitra, seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logistik hingga media.

Ketua Panitia Harbolnas 2017, Achmad Alkatiri, menjelaskan bahwa tujuannya tak lain adalah agar e-commerce  bisa memberi motivasi lebih untuk para pembelanja dengan memberi diskon, bebas ongkir dan sebagainya.

Selain itu, diharapkan bagi para konsumen untuk bisa mengantisipasi hari ini sebagai hari belanja nasional.

Kampanye Hari Belanja Online Nasional ini memang ditujukan untuk mengedukasi masyarakat tentang kemudahan belanja online aman dan nyaman yang bisa dilakukan kapan saja.

Bukan hanya itu, Wikipedia menjelaskan bahwa kampanye yang digelar selama 24 jam ini juga memiliki misi untuk memajukan industri e-commerce Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan pengguna internet cukup tinggi yang saat ini sudah mencapai 63 juta pengguna.

Namun apa jadinya jika kita sebagai konsumen kecanduan belanja online? Terlebih saat ada promo atau diskon seperti pada harbolnas ini.

Untuk itu, yuk cari tahu 5 cara mengatasi kecanduan belanja online berikut ini:

Aman Berbelanja di 10+ Toko online Terbaik dan Terpercaya Indonesia 01

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

#1 Stop Berlangganan Email Marketing

Email marketing adalah salah satu cara termudah bagi konsumen untuk mengetahui informasi atau promo terbaru dari sebuah brand.

Namun tentunya email ini terkadang menggoda kita untuk berbelanja impulsive.

Untuk itu, yuk segera berhenti berlangganan email marketing agar kita tidak perlu tahu akan adanya produk baru atau promo yang sedang berlangsung dan tidak tergoda untuk membelinya.

 

#2 Blokir Akses ke Situs Belanja Online

Memang kedengarannya sedikit ekstrim, namun jika kecanduan belanja online-mu sudah dalam tahap bahaya, kamu perlu melakukan tips yang satu ini.

Pemblokiran situs belanja online bisa kamu lakukan melalui browser atau menggunakan software untuk memblokirnya secara otomatis.

Pastikan juga kamu membersihkan cookie dan cache pada browser secara teratur.

Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari kamu mendapatkan iklan dari situs belanja online yang sedang mempromosikan produk atau layanan mereka.

TTS Sudah Siap Menyambut Hari Belanja Online Nasional Isi Dulu Pertanyaan Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Cara Simpel Penghematan Listrik yang Dapat Anda Lakukan]

 

#3 Hapus Aplikasi Belanja Online

Punya banyak aplikasi belanja online di smartphone-mu?

Pastinya sering mendapatkan notifikasi promo atau voucher belanja yang ujung-ujungnya membuatmu tidak tahan belanja kan?

Yuk hapus aplikasinya dari perangkatmu agar tidak lagi tergoda untuk berbelanja online.

 

#4 Cari Alternatif Hiburan Lain

Sebuah survei yang dilakukan oleh The Huffington Post terhadap 1.000 orang dewasa menemukan bahwa 1 dari 3 orang berbelanja untuk mengatasi stres.

Mungkin memang benar, namun jangan sampai kamu stres kembali saat tagihan belanja online-mu datang.

Menyalurkan stres atau mencari hiburan bisa dilakukan dengan banyak cara lain kok!

Misalnya dengan berolahraga, membaca buku, menulis, menelpon keluarga, berjalan-jalan ke taman, atau sekedar berkumpul dengan teman-teman dekat.

Selain lebih sehat, tentunya aktivitas di atas akan lebih hemat biaya ketimbang kamu terus belanja online.

Ketahui Dulu Sejarah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Strategi-strategi Dasar Trading Komoditas]

 

#5 Mencari Dukungan Orang Terdekat

Sebuah tekad akan sulit tercapai jika kamu berada dalam lingkungan yang tidak mendukung. Begitu pula halnya dengan kecanduan belanja online.

Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan mencari dukungan orang terdekat.

Dengan lingkungan yang mendukung, tentu dorongan untuk berbelanja juga dapat ditekan dan diganti dengan aktivitas sehat.

Jadi, kelilingi dirimu dengan teman dan keluarga yang mendukung dan senantiasa mengingatkan kamu, saat ada dorongan untuk berbelanja secara berlebihan.

 

Stop Kecanduan Belanja Online

Meskipun harbolnas telah lewat, namun masih banyak diskon besar penghujung tahun yang berlangsung di berbagai pusat perbelanjaan juga online.

Yuk persiapkan diri agar kecanduan belanja online tidak disalurkan di sini. Upayakan agar diri tetap terkontrol dan kamu hanya membeli barang yang dibutuhkan saja.

Selain itu, yuk catat setiap pengeluaran kamu menggunakan Aplikasi Finansialku agar lebih mudah dan praktis. Unduh aplikasinya melalui Google Play Store.

Nikmati semua fiturnya dan gunakan kode promo: POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan biaya berlangganan PREMIUM agar bisa menikmati semua fiturnya, termasuk konsultasi perencana keuangan.

Yuk lakukan sekarang juga!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Jika ada pertanyaan, sila ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Wahyu Utama. 5 Cara Mengatasi Kecanduan Berbelanja Online, Cocok Diterapkan Bagi Anda yang Gila Belanja. Koinworks.com – http://bit.ly/2PukeD9

 

Sumber Gambar:

  • Kecanduan Belanja Online – http://bit.ly/2sw27nc