Banyak hal dalam keseharian kita yang sebenarnya bisa kita investasikan. Berinvestasi pun ternyata tidak melulu hanya soal finansial saja. Ada beberapa hal yang dapat Anda investasikan secara rasional juga. Dengan melakukan investasi pada hal-hal berikut, pastinya dapat membantu Anda dalam menginvestasikan uang Anda yang sesungguhnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Memulai Berinvestasi Sejak Awal

Berinvestasi sejak awal adalah hal yang sangat bermanfaat, dan lebih baik Anda tidak menundanya. Beberapa instrumen investasi seperti saham, emas, reksa dana, dan properti selalu meningkat nilainya, meskipun pada jangka pendek, emas dan saham bisa sangat fluktuatif. Semakin awal Anda berinvestasi, semakin besar peluang Anda memperoleh keuntungan yang lebih tinggi.

Contoh sederhananya, bila Anda membeli properti sebuah apartemen pada penawaran awal, pengembang masih menawarkan harga yang paling murah. Ini adalah hal yang menguntungkan, sebab bila Anda menunda untuk membeli satu atau dua tahun berikutnya, Anda akan mendapati bahwa harga apartemen tersebut sudah jauh lebih mahal.

Berinvestasi lebih cepat juga membuat Anda lebih mudah mencapai tujuan investasi. Dengan berinvestasi jangka panjang sejak usia muda, Anda akan memiliki rentang waktu investasi yang lebih panjang daripada bila Anda memulai investasi di usia senja.

Misalnya Anda memutuskan untuk berinvestasi pada usia 23 tahun untuk pensiun di usia 55 tahun, maka Anda mempunyai rentang waktu investasi selama 32 tahun, dan Anda butuh cukup investasi yang moderat.

Namun bila Anda baru mulai investasi pada usia 45 tahun, maka Anda membutuhkan investasi dengan hasil yang besar dengan risiko yang besar untuk memenuhi kebutuhan pensiun Anda.

Anda perlu berinvestasi memupuk kekayaan dari awal. Tak perlu menunggu mempunyai dana sebesar Rp1 miliar. Investasi tetap dapat Anda lakukan walaupun Anda hanya mempunyai Rp100 ribu.

Memulai Berinvestasi

[Baca Juga: Tips Memulai Berinvestasi, Mulailah dari Diri Anda Terlebih Dahulu]

 

Mempersiapkan Diri Berinvestasi Secara Rasional

Berinvestasi adalah sebuah keputusan yang besar. Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi pada suatu bidang, maka Anda sedang mempertaruhkan masa depan Anda.

Biasanya, jika Anda ingin berkecimpung dalam suatu bidang, Anda perlu mengambil waktu beberapa bulan untuk melakukan persiapan. Ada beberapa hal tertentu yang perlu Anda persiapkan secara khusus sebelum memasuki bidang tertentu tersebut. Anda pun perlu melakukan riset terhadap bidang yang akan Anda jalani.

Bila Anda ingin berinvestasi, maka perbanyaklah pengetahuan Anda dengan referensi berbagai sumber yang membahas mengenai investasi. Selain melakukan riset mendalam, Anda juga perlu mempersiapkan peralatan pendukung yang sekiranya diperlukan. Berikut beberapa hal yang termasuk penting untuk dipersiapkan selain dari sekedar menginvestasikan uang Anda.

 

#1 Menjaga Kesehatan Sebagai Sebuah Investasi

Kesehatan merupakan hal yang mutlak. Sangat baik bila Anda juga menempatkan kesehatan sebagai prioritas sebelum menginvestasikan uang Anda. Bila kesehatan Anda tidak terurus dan hasil investasi Anda habis untuk berobat pun rasanya akan sia-sia, karena itulah Anda juga perlu menjaga kesehatan Anda sambil berinvestasi.

Menjaga kesehatan sebetulnya sama halnya dengan berinvestasi. Anda dapat berinvestasi pada kesehatan Anda dimulai dari hal yang sederhana dan murah, yaitu dengan menjalankan pola hidup sehat, menjaga pola makan, dan berolahraga secara rutin.

Ketahui 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan 1 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan]

 

#2 Siapkan Proteksi Asuransi

Asuransi boleh dikatakan adalah investasi yang memberikan manfaat dalam bentuk perlindungan di masa depan. Asuransi merupakan sistem yang menyediakan perlindungan finansial pada berbagai jenis risiko yang bisa Anda alami.

Tentunya pun selain berinvestasi, Anda perlu menyediakan proteksi bagi diri Anda agar saat ada kejadian yang tidak diinginkan, uang investasi Anda pun tetap aman.

Asuransi sendiri sebagai bentuk investasi menawarkan berbagai bentuk perlindungan, mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, sampai asuransi musibah dan kerusakan. Anda bisa memilih jenis-jenis asuransi tersebut sesuai kebutuhan Anda.

 

#3 Selesaikan Pendidikan dan Perbanyak Pengetahuan

Pendidikan merupakan salah satu bentuk investasi yang juga penting selain kesehatan dan proteksi asuransi. Berinvestasi pada pendidikan Anda, juga bisa disebut sebagai berinvestasi pada diri Anda sendiri. Dalam hal ini, Anda memposisikan diri Anda sebagai aset yang bisa menghasilkan uang sendiri dengan modal pendidikan yang Anda punyai.

Pendidikan mempersiapkan masa depan Anda dengan pengetahuan, pemahaman, dan keahlian. Anda pun akan menuai hasil pendidikan ketika Anda telah lulus dan berkarya. Dari sudut pandang investasi pun, hasil investasi dari pendidikan Anda akan dirasakan ketika Anda mulai memasuki dunia kerja.

Umumnya, semakin tinggi Anda mengenyam pendidikan, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan posisi yang tinggi dan upah yang besar. Memang pendidikan tidak mutlak menentukan kesuksesan seseorang secara finansial, namun dengan mengenyam pendidikan yang layak, pengetahuan dan pemahaman Anda dalam memandang suatu masalah bisa lebih berbeda dan beragam, sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan yang tepat.

Bila Anda ingin berinvestasi pun, tak kalah pentingnya juga untuk berinvestasi pada diri Anda mengenai pengetahuan-pengetahuan investasi yang nantinya dapat berguna bagi Anda saat melakukan investasi.

Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku 01- Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Berinvestasilah pada Diri, Kesehatan, dan pengetahuan Anda

Setelah mengetahui 3 hal yang juga dapat Anda investasikan dalam diri Anda, Anda pun bisa menginvestasikan uang Anda dengan lebih tenang. Perlu Anda ingat bahwa berinvestasi pada diri Anda, kesehatan Anda, Pengetahuan Anda, dan bahkan pola pikir berinvestasi Anda juga sama pentingnya dengan menginvestasikan uang Anda.

 

Apakah Anda telah mempersiapkan investasi untuk hal selain finansial Anda? Mari ceritakan pendapat Anda dengan menulis komentar di kolom berikut. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tim Wesfix. 2015. Investasi Itu “Dipraktekin”. Jakarta: PT Gramedia

 

Sumber Gambar:

  • Couple Invest – https://goo.gl/b252al

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana