Kesuksesan Tidak Diperjuangkan Tapi Diminati

Kesuksesan tidak diperjuangkan, tetapi dinikmati. Bagaimana cara menarik kesuksesan layaknya magnet dan menikmati setiap kesuksesan tersebut?

Simak pembahasannya berikut ini! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Kesuksesan Tidak Diperjuangkan Tapi Diminati

Tahukah Anda bahwa mereka yang sukses tidak sepenuhnya melakukan perjuangan untuk menggapai kesuksesan mereka. Mereka bisa sukses karena mereka senang melakukan pekerjaan mereka.

Kesuksesan tidak diperjuangkan melainkan diminati. Mereka yang sukses sangat mencintai pekerjaannya, mereka yang sukses menikmati kegiatan mereka.

“Success comes to those who are success-conscious.” – Napoleon Hill

“Kesuksesan datang kepada mereka yang sadar akan kesuksesan.”

 

Kesuksesan itu bukan datang kepada Anda, tetapi kesuksesan itu terjadi karena Anda.

Jika ingin sukses, maka nikmati pekerjaan Anda dengan beberapa tips yang akan diulas berikut ini!

 

#1 Setiap Kendala Adalah Peluang

Kesuksesan tidak diperjuangkan, tetapi dinikmati dengan memberi label dari setiap kendala sebagai peluang dan kesempatan untuk bisa menarik kesuksesan layaknya sebuah magnet.

“Within every obstacle is a chance to improve our condition.” – Ryan Holiday

“Dalam setiap tantangan adalah kesempatan untuk memperbaiki kondisi kita.”

 

Kebanyakan orang – yang melihat kesuksesan sebagai sesuatu yang harus diperjuangkan – hanya melihat rintangan sebagai masalah yang tidak menguntungkan yang menghalangi mereka untuk maju.

Mereka mengalami kesulitan, mengangkat tangan mereka sebagai tanda menyerah dan pulang alias tidak mundur di tengah jalan.

Orang-orang yang paling sukses di dunia secara otomatis menarik sukses besar dengan menggunakan rintangan mereka sebagai keuntungan yang dijadikan sebagai peluang bagi mereka.

 

Pernah mendengar sebuah ilustrasi 2 orang penjual sepatu yang ditugaskan oleh perusahaannya menjual sepatu di sebuah daerah terpencil? Sebuah daerah dimana semua penduduk di sana masih sangat tradisional, bahkan tidak menggunakan alas kaki dalam keseharian mereka.

Salah satu penjual merasa pesimis ketika melihat kebiasaan masyarakat di daerah tersebut. Ia putus asa karena ia pikir tidak mungkin bahkan mustahil untuk mengubah kebiasaan masyarakat setempat memakai sepatu dan membeli sepatu dari perusahaannya.

Berbeda dengan penjual yang satunya lagi, ia melihat potensi besar dari keadaan tersebut.

Ia berusaha meyakinkan masyarakat tentang pentingnya menggunakan sepatu disamping kenyamanan yang bisa dirasakan dengan menggunakan sepatu dari perusahaannya.

Kesuksesan Tidak Diperjuangkan Tapi Diminati 02 Sepatu - Finansialku

[Baca Juga: Apa Perbedaan Pola Pikir Pemenang dan Pecundang? Anda Yang Mana?]

 

Alhasil, ia mampu menjual sepatu-sepatu dari perusahaannya, meraup banyak keuntungan dan memperkenalkan sepatu bagi masyarakat di daerah itu.

Orang sukses menganggap hambatan sebagai kawan yang harus dirangkul, sebuah kesempatan untuk belajar dan bertumbuh.

Inilah cara mereka menikmati pekerjaan mereka.

“For you, every setback is an advantage, an opportunity for learning and glory. When a difficulty comes your way, you should feel proud and excited.” – Elif Batuman

“Bagi Anda, setiap kemunduran adalah keuntungan, kesempatan untuk belajar dan kejayaan. Ketika kesulitan datang ke arah Anda, Anda harus merasa bangga dan bersemangat.”

 

Orang sukses mampu menarik kesuksesan dengan membuat hambatan menjadi peluang. Tidak cukup hanya mengelola masalah dengan sikap netral dan pasrah.

Kebanyakan orang melihat masalah dalam perspektif yang negatif. Sudah menjadi hal yang biasa ketika mereka mengundurkan diri dari tugas ketika hambatan ada di hadapan mereka.

Hanya sedikit orang yang melihat hambatan sebagai bahan bakar yang sangat kuat untuk memberikan pengalaman dan kemampuan baru untuk masuk ke dalam level hambatan selanjutnya yang membawa kepada kesuksesan.

“Managing your problems can only make things good, while building your opportunities is the only way to make things great.” – Jim Collins

“Mengelola masalah Anda hanya dapat membuat segalanya menjadi baik, sementara membangun peluang Anda adalah satu-satunya cara untuk membuat hal-hal menjadi luar biasa.”

 

Jika Anda ingin menarik kesuksesan yang besar secara otomatis, lihat setiap masalah sebagai peluang untuk belajar.

Berikan konsep ini dalam pikiran Anda jika ingin sukses:

“Semakin sulit rintangan, semakin besar kemenangannya. Semakin sulit masalahnya, semakin Anda akan belajar dan tumbuh.”

 

Setiap orang memiliki peluang yang sama untuk menikmati kebebasan finansial dengan melakukan yang paling dasar, yakni mencatat arus keuangan harian dan melakukan penganggaran.

Sudahkah Anda mencatat setiap arus kas pribadi Anda setiap hari? Mungkin ada kebocoran di sana-sini akibat tidak dapat menahan diri untuk membeli barang yang diinginkan.

Catat setiap arus kas pribadi Anda dengan Aplikasi Finansialku yang membantu Anda mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap saat dengan mudah dan praktis melalui gadget pintar di tangan Anda.

 

Selain fitur pencatatan arus kas pribadi, Anda juga bisa merencanakan dana liburan dan membeli barang, seperti membeli kendaraan pribadi dan membeli rumah melalui aplikasi cerdas ini.

Tak hanya itu, cek juga kesehatan finansial Anda dengan Financial Health Check-up dari Aplikasi Finansialku, lengkap bukan?

Tunggu apalagi, segera manfaatkan free-trial-nya dan nikmati setiap fitur pintar yang akan menemani langkah kaki Anda menuju kebebasan finansial dan kehidupan finansial yang lebih baik.

Jika Anda berminat untuk berlangganan, Anda disarankan untuk berlangganan selama 1 tahun.

Selain Anda bisa menghemat biaya registrasi, Anda juga akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa kursus online gratis selama satu tahun bertajuk perencanaan keuangan pribadi, keluarga dan bisnis yang akan dipandu oleh Profesional Perencana Keuangan dari Finansialku.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#2 Ajarkan Diri Sendiri Pengetahuan dan Kemampuan Baru

“Every skill you acquire doubles your odds of success.” – Scott Adams

“Setiap keterampilan yang Anda dapatkan menggandakan peluang keberhasilan Anda.”

 

Kebanyakan orang memiliki pola pikir yang sangat membatasi diri mereka. Apakah Anda termasuk salah satunya yang sering kali berpikir membatasi diri?

Beberapa bahkan banyak orang yang memakai batasan-batasan ini sebagai alasan untuk melangkah mundur, diantaranya:

  • “Oh, aku tidak tahu cara menulis buku.”
  • “Saya termasuk orang yang tidak kreatif untuk melakukan hal-hal seperti itu.”
  • “Saya tidak tahu bagaimana saya harus memulainya.”
  • “Saya sangat tidak cocok dengan bisnis ini, saya tidak mahir mengembangkannya.”

 

TTS Kenali Istilah Reksadana Sebelum Anda Investasi 01 Belajar di Perpustakaan - Finansialku

[Baca Juga: Duduk Santai Sambil Membaca Kata Kata Bijak Michael Bloomberg Untuk Meraih Kesuksesan Sejati]

 

Pernyataan diatas sering kali terucap dan setidaknya terbersit dalam benak pikiran yang membawa berbagai pemikiran negatif.

Seperti yang ditulis Joseph Murphy dalam The Power of Your Subconscious Mind:

“Your subconscious mind will accept any suggestions, however false, and responds according to the nature of the suggestion given.”

“Pikiran bawah sadar Anda akan menerima setiap saran, betapapun salahnya, dan merespon sesuai dengan sifat saran yang diberikan.”

 

Apa yang Anda katakan pada diri sendiri menjadi sesuatu yang Anda terima sebagai kebenaran.

Ingin menarik kesuksesan dalam skala yang besar secara otomatis ke kehidupan Anda?

Pelajari berbagai hal dan kemampuan baru, tingkatkan pengaruh Anda pada lingkungan sekitar Anda, tingkatkan kepercayaan diri Anda dan miliki kemampuan untuk bertukar pikiran dan berargumen secara positif dengan orang-orang di bidang keahlian mereka.

Ajari diri Anda beberapa trik baru. Anda perlu meningkatkan lingkup pengaruh Anda, kemampuan Anda untuk berbicara dengan para ahli di berbagai bidang, dan yang paling penting, kepercayaan diri Anda.

Dengan mempelajari berbagai keterampilan yang Anda pikir dapat mengembangkan diri Anda, maka secara otomatis Anda sedang menghancurkan keraguan diri dan ketakutan yang membuat Anda tidak dapat memperoleh kesuksesan dan menikmatinya.

Seperti kata Jim Rohn:

“If you want enormous success, you must become more.”

“Jika Anda ingin sukses besar, Anda harus menjadi lebih.”

 

Banyak orang yang ingin memiliki keberhasilan finansial dan bermimpi untuk memiliki kebebasan finansial namun mereka takut dengan risiko yang harus mereka tanggung.

Investasi adalah salah satu kendaraan yang mampu membawa Anda pada kebebasan finansial, asalkan Anda tidak takut dengan risiko.

Orang Sukses Menang a01- Finansialku

[Baca Juga: Lakukan 7 Kebiasaan Pebisnis Jika Ingin Bisnis Berhasil dan Sukses!]

 

Minimalkan risiko dalam berinvestasi dengan belajar melalui Ebook gratis Panduan Berinvestasi bagi Pemula dari Finansialku yang dapat Anda unduh sebagai berikut:

 

Tak perlu takut dengan risiko berinvestasi, dengan pola pikir sukses dan terbuka dengan pengetahuan baru, Anda bisa mencapai kebebasan finansial dengan belajar berinvestasi dari sekarang.

 

#3 Lakukan yang Orang Lain Tidak Lakukan

Cal Newport dalam bukunya yang berjudul Deep Work mengusulkan bahwa orang-orang yang selalu mendapat permintaan dari ekonomi adalah mereka yang dapat terlibat dalam periode kerja yang panjang dan terfokus.

“The ability to perform deep work is becoming increasingly rare at exactly the same time it is becoming increasingly valuable in our economy. As a consequence, the few who cultivate this skill, and then make it the core of their working life, will thrive.” – Cal Newport

“Kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang dalam menjadi semakin jarang pada saat yang bersamaan menjadi semakin berharga dalam perekonomian kita. Sebagai akibatnya, beberapa yang mengembangkan keterampilan ini, dan kemudian menjadikannya inti dari kehidupan kerja mereka, akan berkembang.”

 

Cal Newport menekankan pada fakta bahwa kebanyakan orang tidak tahu cara menghasilkan sebuah kualitas tingkat tinggi dari sebuah pekerjaan yang dilakukan secara mendetail, mendalam dan terfokus.

Pekerjaan yang dilakukan dengan cara yang demikian akan berhasil dengan luar biasa. 

Dunia kerja kini cukup sulit menemukan karakter pekerja yang dideskripsikan di atas. Oleh sebab itu, ini menjadi hal yang sangat langka dan jika Anda adalah salah satunya, Anda bisa menikmati kesuksesan Anda.

Dengan menetapkan etos kerja yang ketat, berkomitmen tinggi dan terfokus (tidak seperti kebanyakan orang), maka Anda akan berkembang dalam setiap lini usaha.

“Successful people do what unsuccessful people are not willing to do.”

“Orang-orang sukses melakukan apa yang tidak berhasil dilakukan oleh orang yang gagal.”

 

Alasan sebagian orang secara otomatis bisa menarik kesuksesan layaknya sebuah magnet adalah karena mereka bersedia melakukan hal-hal yang tidak dimiliki orang lain dan mempelajari keterampilan yang tidak dapat dipelajari oleh siapa pun.

“Live like no one else now, so later you can live like no one else.” – Dave Ramsey

“Hiduplah tidak seperti orang lain sekarang, jadi nanti Anda bisa hidup tidak seperti orang lain.”

 

Menjadi-Pemimpin-Sukses-Hebat-di-Lingkungan-Bisnis-2-Finansialku

[Baca Juga: Ini 13 Perilaku yang Dimiliki Entrepreneur Sukses, Sudahkah Anda Memilikinya?]

 

Anda dapat memberikan inspirasi dari artikel ini kepada rekan-rekan atau kenalan Anda agar mereka juga bisa menggapai dan menikmati kesuksesan mereka, sama seperti Anda. Jadilah pendekar bagi orang di sekitar Anda.

 

Apakah Anda sudah menikmati kesuksesan? Apakah Anda menikmati setiap kendala yang sempat membuat Anda berhenti atau putus asa?

Silakan bagikan pengalaman Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Anthony Moore. 9 Key Habits That Will Make You Automatically Attract Enormous Success. Medium.com – https://goo.gl/ixQGtZ
  • Jim Rohn. 30 Agustus 2018. Success Must Be Attracted, Not Pursued. Jimrohn.com – https://goo.gl/cf1h1P
  • Admin. 11 April 2017. 11 Ways to Attract Abundance in Your Life. Success.com – https://goo.gl/ZsDwHL

 

Sumber Gambar:

  • Kesuksesan Tidak Diperjuangkan – https://goo.gl/QeoKft
  • Kisah Penjual Sepatu – https://goo.gl/J9Hg9a