Berapa biaya naik haji saat ini? Apa saja info terbaru tentang biaya naik haji plus 2018?

Kali ini Finansialku akan membahas berbagai informasi terbaru terkait biaya naik haji plus tahun 2018.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pengertian dan Prosedur Haji Plus

Ibadah haji merupakan salah satu kewajiban dari umat Islam dalam menjalankan rukun Islam.

Haji plus adalah sebuah program ibadah haji yang menggunakan jalur khusus sehingga proses tunggu dan keberangkatannya lebih awal.

Di Indonesia, antrean untuk berangkat haji semakin lama hingga beberapa tahun. Jika ada calon jamaah yang memiliki kelebihan dana dan usianya sudah lanjut maka program ini bisa dilakukan.

Prosedur haji plus sendiri sama seperti haji pada umumnya, yaitu melalui KBIH dan bekerja sama dengan bank. Biasanya bank syariah lah yang mengakomodasi kebutuhan para calon jamaah haji termasuk program khusus ini.

Karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit maka prosedurnya harus dilakukan dengan sistematis dan melibatkan pihak profesional yang kompeten dan tidak terindikasi dalam penipuan travel.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Info Terbaru Biaya Naik Haji Plus 2018

Meskipun sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi setiap periode keberangkatan selalu ada sedikit perbedaan terkait info biaya haji.

Hal ini dipengaruhi oleh nilai tukar mata uang. Jadi, di tahun 2018 ini pun ada beberapa informasi yang sama dan berbeda dari periode sebelumnya sebagai berikut.

 

#1 Persyaratan Haji Khusus

Dokumen dan persyaratan untuk melakukan haji plus adalah fotokopi buku nikah baik suami atau istri, akta kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP), serta Kartu Keluarga (KK). Para calon jamaah haji juga harus mengisi surat pernyataan dan mengisi bagian nama minimal 3 suku kata.

Untuk pas foto, ukuran yang dibutuhkan adalah 3×4 sebanyak 20 lembar dan 4×6 15 lembar dengan latar belakang putih. Jangan lupa membayar uang muka US$5.000 (setara dengan Rp69.340.000) supaya mendapat nomor porsi KEMENAG.

 

#2 Fasilitas yang Diakomodasi

Fasilitas yang diperoleh ketika membayar untuk haji plus adalah tiket pesawat kelas ekonomi baik berangkat maupun kepulangan, akomodasi di tanah suci seperti hotel dan makan, pembimbing untuk ibadah dan perjalanan, ziarah, manasik dan air zam-zam sebanyak 1 liter.

Daftar-Lengkap-Ongkos-Haji-2018-2-Finansialku

[Baca Juga: Ayo Raih Kesuksesan Anda pada Investasi Pasar Modal Syariah!]

 

Bagi jamaah haji plus dengan budget pas-pasan, maka sebaiknya manfaatkan akomodasi ini sebaik-baiknya.

Jangan sampai ada pemborosan sepeti beli souvenir terlalu banyak karena biaya bagasi bisa membengkak dan ini tidak bisa terakomodasi.

 

#3 Biaya yang Belum Termasuk Tanggungan KBIH

Selain biaya yang tertanggung di atas, ada juga biaya di luar tanggungan KBIH seperti pengurusan paspor, DAM, pengeluaran perorangan, dan kelebihan bagasi jika membeli barang di luar batas maksimalnya.

Sebaiknya segera lakukan pengurusan paspor karena prosesnya bisa jadi lama apabila musim haji tiba. Bagi yang sudah mempunyai paspor, pastikan waktu expired-nya masih panjang sehingga tidak menimbulkan masalah.

 

#4 Pembagian Kloter Haji Tahun 2018

Kloter atau kelompok terbang tahun 2018 berasal dari antrian para calon jamaah di tahun-tahun sebelumnya. Panitia ibadah haji yang ada di Arab Saudi berusaha selalu memberikan kloter yang banyak untuk jamaah Indonesia karena jumlah penganut agama Islamnya.

Untuk itu, ada 2 bandara yang dioptimalkan untuk kepulangan jamaah yaitu Jeddah dan Madinah.

Dana-Talangan-Haji-2-Finansialku

[Baca Juga: Dorong Pertumbuhan Bank Syariah dengan Menabung pada Bank Syariah]

 

Jika ingin mengecek keberangkatan haji dengan nomor porsi maka dapat dilakukan melalui aplikasi di Google Playstore. Namun pengecekan ini hanya bisa dilakukan calon jamaah yang telah melunasi pembayaran di BPIH bank. Adapun biaya tahun 2018 untuk haji plus sekitar US$9.500 atau sekitar Rp131 juta.

 

#5 Waktu Keberangkatan dan Kepulangan

Waktu keberangkatan dan kepulangan sebuah perjalanan ibadah haji plus harus terstruktur serta jelas. Selain itu, semua dokumen seperti VISA juga harus beres sebelumnya. Pihak travel juga perlu memberikan informasi tentang pemesanan tiket pesawat.

VISA diperoleh dari Kerajaan Arab Saudi sebagai salah satu bentuk perizinan secara tertulis.

Jika sudah mendapatkan VISA, maka para jamaah bisa melakukan perjalanan sampai kepulangan secara legal.

 

Jika Dirupiahkan, Berikut Rincian Biaya ONH Plus

Apabila ingin melakukan haji plus maka seseorang harus membayar US$8.000 atau kurang lebih Rp110.994.000 jika dikurskan pada tahun 2018 ini. Soal biaya di atas, ada penyetoran untuk 3 komponen yang dilakukan oleh Bank Indonesia.

Tiga komponen itu yang pertama digunakan pada penyetoran ke PIHK atau Penyelenggara Ibadah Haji Khusus oleh Kemenag. Lalu, biaya yang kedua dipakai untuk pembayaran kepada bagian public service Arab Saudi yang diistilahkan GSF atau General Service Fee.

Komponen ketiga adalah untuk perincian biaya ibadah secara detail seperti ketika berkemah di Armina, Maktab, serta Thawaf. Lalu, ada juga biaya sewa pondokan di Mekah karena tempatnya cukup padat.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Biro Perjalanan Haji Resmi Bisa Dilihat dari Ciri Berikut

Dengan maraknya berbagai kasus biro perjalanan haji yang abal-abal bahkan melakukan penipuan, maka ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk memilih biro perjalanan haji resmi. Berikut adalah beberapa cirinya.

 

#1 Terdaftar di Kementrian Agama

Ciri yang pertama adalah terdaftar di Kemenag. Jika biro perjalanan ibadah haji tersebut belum terdaftar, maka ada kemungkinan lebih besar untuk terjadinya penipuan.

Jangan tergiur dengan harga murah jika instansi tersebut belum mengantongi izin lengkap.

Sangat diperbolehkan bagi calon jamaah untuk menanyakan secara detail tentang legalitas instansi tersebut. Karena jika tidak, teliti maka ada kemungkinan terjadi penipuan yang melibatkan banyak orang dalam jumlah nominal rupiah sangat besar. Itulah yang diantisipasi karena sangat merugikan.

Biaya Naik Haji Plus 2018 1 Finansialku

[Baca Juga: Menelusuri Lebih Jauh Tentang Pajak Hibah dan Cara Menghitung Pajak Hibah]

 

#2 Jadwal dan Biayanya Jelas

Jadwal dan biaya sebuah perjalanan juga harus jelas. Salah satu indikasi penipuan yang dapat dipertakan dari kasus-kasus lampau adalah jadwal keberangkatan tidak jelas.

Jika jadwalnya sudah jelas, otomatis semua dokumen yang diakomodasi telah lengkap. Hal ini akan bisa memaksimalkan ibadah secara terstruktur.

Ketersediaan informasi yang mudah diakses dan transparansi biaya akan bisa meminimalisasi risiko penipuan. Sebaiknya para calon jamaah haji tidak tergiur dengan promo jika nominalnya tidak masuk akal. Apalagi untuk haji plus yang notabene memiliki fasilitas di atas rata-rata.

 

Wujudkan Impian Naik Haji dengan Aplikasi Finansialku

Setelah melihat sekilas mengenai perhitungan dan cara merencanakan biaya naik haji, tentunya Anda memperoleh gambaran mengenai biaya naik haji tersebut.

Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mulai mempersiapkan biaya naik haji sejak dini.

Anda juga bisa memanfaatkan berbagai jenis investasi, misalnya investasi emas.

Memang betul ada kemungkinan penurunan harga emas, namanya investasi selalu ada risiko dan ada fluktuasi harga. Namun dalam jangka panjang emas dinilai lebih aman karena layaknya properti, emas juga semakin langka.

Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Apakah Anda sudah memiliki gambaran tentang biaya naik haji plus dan prosedurnya? Jika Anda ingin segera berangkat untuk menunaikan ibadah tersebut maka jangan lupa bagikan info penting ini dengan teman-teman di KBIH, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Alhijaz Indowisata, Tanpa Tanggal Posting. Pendaftaran Haji Khusus ONH Plus Kuota Depag Republik Indonesia. https://goo.gl/pD1itq

 

Sumber Gambar:

  • Kementerian Agama – https://goo.gl/hVfso3