Setiap manusia pasti memiliki rasa ketakutan, tidak terkecuali Anda, bukan? Apakah ketakutan dasar manusia terbesar yang ada dalam diri Anda? Ketahui 6 ketakutan dasar manusia berikut ini yang akan dipaparkan oleh Tim Finansialku. Dengan mengetahui setiap ketakutan tersebut, kita dapat mengidentifikasi ketakutan terbesar kita yang menghambat kita dari kesuksesan. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Apa Ketakutan Dasar Manusia Terbesar?

Tidak ada seorangpun yang tidak memiliki ketakutan, tidak terkecuali seorang yang mengaku dirinya pemberani sekalipun. Ada orang yang takut dengan binatang tertentu, ada yang takut dengan ketinggian, takut apabila dikucilkan oleh komunitas, takut hidup menderita dan berbagai ketakutan lainnya.

Ketakutan adalah suatu tanggapan emosi terhadap ancaman. Takut adalah suatu mekanisme pertahanan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap suatu stimulus tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa ahli psikologi juga telah menyebutkan bahwa takut adalah salah satu dari emosi dasar, selain kebahagiaan, kesedihan dan kemarahan.

 

6 Ketakutan Dasar Manusia

Sebetulnya rasa takut itu adalah sesuatu yang normal, tergantung cara pandang kita masing-masing dalam menyikapinya. Dari semua ketakutan tersebut, mari kita mengenali 6 ketakutan dasar manusia yang ternyata kalau kita tidak bisa mengelolanya akan menghambat hidup kita dan kesuksesan kita.

 

#1 Takut akan Kesakitan

Setiap orang pasti pernah merasakan sakit pada tubuhnya dan tidak ada seorangpun yang ingin merasakan sakit. Rasa sakit bukanlah sensasi yang disukai oleh kebanyakan orang. Itulah sebabnya, banyak orang yang dengan giat menjaga pola makan, pola tidur dan teratur berolahraga. Mereka yang menyadari diri dalam kondisi tubuh yang obesitas pun berusaha keras untuk menurunkan berat badan agar tidak terserang penyakit-penyakit kronis yang membahayakan.

Ketahui 6 Ketakutan Dasar Manusia! Manakah Ketakutan Terbesarmu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketakutan Entrepreneur! Jadikanlah Ketakutan Menjadi Kekuatan!]

 

Anda pasti pernah mengetahui atau bahkan mengenal orang-orang yang pernah mengalami penyakit yang begitu parah. Anda tidak mau merasakan yang mereka rasakan bukan? Sehat itu memang mahal, itulah sebabnya tidak seorangpun ingin sakit.

 

#2 Takut akan Kematian

Mati merupakan suatu kepastian dan itu hanya tinggal menunggu waktu saja. Untuk itu, lakukanlah segala sesuatu yang terbaik selagi kita hidup. Meskipun semua orang tahu pasti akan meninggal tetapi tetap saja kebanyakan dari kita sangat takut dengan kematian dan berharap bisa hidup selama mungkin (walaupun itu adalah hal yang mustahil).

Ketahui 6 Ketakutan Dasar Manusia! Manakah Ketakutan Terbesarmu 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cerita Motivasi Jangan Takut Gagal Ini 20 Penemuan yang Berawal Dari “Kesalahan”]

 

#3 Takut akan Kegagalan

Karena sifat ambigu dari kegagalan inilah banyak orang takut untuk mengambil kemajuan dalam hidupnya. Mereka takut apabila mereka melakukan sesuatu yang berujung ke kegagalan, padahal tidak ada yang tahu apabila mereka melakukan hal tersebut mereka dapat menjadi seseorang yang berhasil dalam hidupnya. Tapi orang-orang sukses dan terkenal di dunia pun pasti pernah mengalami yang namanya rasa takut akan kegagalan bahkan hingga sekarang.

Kegagalan memang menyakitkan tetapi dari kegagalan kita bisa belajar untuk lebih baik kedepannya. Nah, kebanyakan dari kita sangat takut akan kegagalan sehingga tidak pernah berani untuk mencoba sesuatu yang baru. Lebih baik mencoba dan gagal daripada gagal dan tidak pernah mencoba.

Ketahui 6 Ketakutan Dasar Manusia! Manakah Ketakutan Terbesarmu 04 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Penyebab Kegagalan Berdasarkan Analisis Napoleon Hill]

 

#4 Takut akan Kemiskinan

Takut miskin disini bisa juga diartikan takut tidak memiliki uang. Banyak orang yang takut akan kemiskinan namun tetap memiliki pola pikir orang yang miskin, yakni malas dan tidak giat bekerja. Sebetulnya pikiran yang takut akan kemiskinan dapat menjadi pendorong setiap manusia untuk dapat bekerja keras dalam meraih kesuksesan dengan cara-cara yang benar.

Namun, acapkali banyak orang yang salah kaprah dalam pilihan hidupnya untuk mengejar kesuksesan dengan cara-cara yang tidak benar. Tidak jarang mereka yang melakukan berbagai tindak kejahatan seperti korupsi, saling sikut jabatan dengan cara yang tidak benar hingga melakukan tindak kriminal seperti mencuri, merampok hingga menghilangkan nyawa orang lain agar mendapatkan keuntungan yang besar dari sejumlah nominal uang.

Ketahui 6 Ketakutan Dasar Manusia! Manakah Ketakutan Terbesarmu 05 - Finansialku

[Baca Juga: Waspada! 11 Tanda-tanda Seseorang akan Jatuh Miskin dan Bangkrut]

 

#5 Takut akan Kritikan

Ketakutan jenis ini timbul karena merasa tidak yakin dengan apa yang dilakukan. Ketakutan ini bisa berkaitan dengan ketakutan pada poin 2, yaitu takut akan kegagalan. Mereka yang takut gagal merasa khawatir akan kritikan yang akan mereka terima. Walaupun terkadang banyak orang yang tidak terlalu “mahir” atau tidak mengerti bagaimana memberi kritikan dengan cara yang benar dan tidak menyinggung orang lain.

Namun, perlu disadari bahwa kritikan mampu memberi stimulus seseorang untuk mau memperbaiki kesalahannya. Dengan kesadaran dan pikiran yang positif untuk mau berkembang, seseorang bisa mencapai kesuksesannya. Bayangkan bila tidak ada seorangpun yang memberi Anda kritikan atau saran? Bukanlah tidak ada seorangpun yang sempurna di dunia ini. Setiap orang butuh kritikan dan saran.

Ketahui 6 Ketakutan Dasar Manusia! Manakah Ketakutan Terbesarmu 06 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ketakutan Utama orang HR Mengenai Keuangan Karyawan dan Solusinya]

 

#6 Takut akan Kehilangan Cinta

Rasa takut jenis ini bisa tidak hanya dialami oleh pasangan atau para pemuda remaja yang sedang mencari pasangan hidupnya. Ketakutan akan kehilangan cinta juga dapat dialami oleh siapapun misalnya seorang anak yang merasa cemburu kepada adiknya karena ia merasa bahwa orangtuanya memiliki perhatian yang lebih besar terhadap sang adik. Ia merasa kehilangan cinta kasih dari orangtua.

Ketakutan jenis ini juga bisa diartikan sebagai kehilangan perhatian. Takut kehilangan perhatian dari kawan dan sahabat juga menjadi ketakutan tersendiri sehingga acapkali banyak orang yang memiliki perilaku yang unik agar menjadi pusat perhatian bagi teman-temannya.

Ketahui 6 Ketakutan Dasar Manusia! Manakah Ketakutan Terbesarmu 07 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Enggan Berinvestasi karena Takut Judi? Ketahui Dulu Fakta-Fakta Ini!]

 

Ketahui, Pahami dan Hadapi

Kadang kita menyangkal ketakutan dan bahkan mengabaikannya. Padahal keberanian tak akan muncul begitu saja tanpa kita menyadari bahwa ketakutan harus dilawan atau diatasi. Akui bahwa rasa takut kita memang ada dan nyata.

Apabila kita sudah lebih memahami tentang pemicu rasa takut dalam diri, maka kini saatnya mengambil tindakan yang tepat untuk berubah. Cobalah berpikir untuk melawan rasa takut dan bayangkan apa yang akan terjadi ketika ketakutan tersebut hilang dari kehidupan kita. Wah, pastinya kita akan hidup lebih bahagia dan tentunya dengan rasa takut yang dapat Anda minimalkan, ketakutan tersebut bukanlah menjadi suatu hambatan bagi Anda untuk meraih kesuksesan.

 

Apakah ketakutan terbesar dasar manusia yang Anda miliki menurut ulasan diatas? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Napoleon Hill. 1993. Think & Grow Rich. USA: Penguin
  • Rizqi Adnamazida. 13 Februari 2013. 2 Ketakutan terbesar manusia dalam hidup. Merdeka.com – https://goo.gl/4z7rq6
  • Ririn Sari. 8 Ketakutan Besar Yang Menghantui Manusia. Beringaz.com – https://goo.gl/32yKFU
  • Admin. 4 Februari 2016. 16 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan. Cintalia.com – https://goo.gl/TqZBHj
  • Admin. 3 September 2013. 10 Ketakutan Terbesar Manusia. Tahupedia.com – https://goo.gl/f5idBt
  • Ketakutan. Wikipedia.com – https://goo.gl/jazWj3

 

Sumber Gambar:

  • Ketakutan – https://goo.gl/3qEMwq
  • Takut Sakit – https://goo.gl/Xw9PaV
  • Takut Mati – https://goo.gl/cHfLwV
  • Takut Gagal – https://goo.gl/dU6Tvq
  • Takut Miskin – https://goo.gl/5vsQw7
  • Takut Kritikan – https://goo.gl/hwV5BW
  • Takut Kehilangan Cinta – https://goo.gl/3AXc4z

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana