Belum kepikiran? perhatikan tips mengelola keuangan bagi pasangan baru menikah ini agar terhindar dari cekcok menyoal keuangan

Ketahui informasi selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Lima Tips Penting Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru

Pasangan yang baru menikah pasti menghadapi proses adaptasi dalam menjalani hidup. Sebelum menikah kamu hanya berpikir bagaimana cara mengatur keuangan personal, sekarang hal ini sudah berbeda.

Selayaknya hal lain, pernikahan tak terlepas dari persoalan-persoalan yang ada. Berbagai tantangan mungkin akan dihadapi pasangan baru, apalagi yang berkaitan dengan keuangan.

Setelah menikah, proses adaptasi bukan hanya berhadapan dengan kebiasaan dan sifat masing-masing, tetapi juga beradaptasi dalam pengelolaan keuangan bersama.

Lima Tips Cerdik Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru Menikah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Prioritas Keuangan Pasangan Muda yang Sudah Menikah?]

 

Oleh karena itu, perlu dipikirkan strategi yang tepat bagi pasangan baru yang memiliki single income, maupun yang sama-sama bekerja.

Mengawali fase pernikahan yang baru dengan perencanaan yang matang perlu dilakukan, hal ini dapat menunjang masa depan keuangan tetap dalam kendali.

Nah, agar pengaturan keuangan memberikan hasil yang baik melalui jalur yang benar, mulailah terapkan lima tips berikut ini dalam perencanaan keuangan rumah tangga Sobat Finansialku.

 

#1 Diskusikan Keuangan Secara Terbuka

Setelah terikat tali pernikahan, soal pendapatan dan pengeluaran semestinya tidak lagi menjadi ditutup-tutupi. Kedua belah pihak harus saling terbuka, berapa pendapatan dan pengeluaran bulanan masing-masing.

Perlu diingat, kejujuran soal kondisi keuangan akan menghindarkan pasangan dari kemungkinan cekcok di masa depan.

Susunlah anggaran keluarga yang mencakup daftar pengeluaran seperti, kebutuhan pokok bulanan, dana darurat, cicilan, hingga asuransi kesehatan.

Selain itu juga, perlu dibahas soal tujuan keuangan jangka panjang seperti, membeli rumah, menyekolahkan anak, dan menyiapkan dana pensiun.  

Tujuan keuangan ini perlu dibahas untuk menentukan porsi investasi yang akan disisihkan dari pemasukan bulanan.

Lima Tips Cerdik Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru Menikah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sukses Menempuh Hidup Baru, Begini Tips Keuangan Bagi Pasangan Baru]

 

#2 Bikin Tabungan Bersama

Rencana membuat rekening bersama mungkin belum terpikirkan karena keegoisan individu yang belum bisa dihilangkan.

Namun, poin ini penting dan perlu dipikirkan matang. Jika tidak, masa depan keuangan keluarga Kamu akan berantakan.

Setelah menerima gaji bulanan, Kamu dan pasangan dapat menetapkan nominal tertentu untuk disisihkan ke rekening bersama.

Dana yang ada di dalam rekening ini tidak boleh diganggu gugat, juga harus dikelola dengan baik supaya tidak campur aduk dengan dana lain.

 

#3 Mulailah Buat Anggaran

Mulailah dengan meninjau pengeluaran bersama pasangan selama beberapa bulan terakhir untuk menentukan berapa banyak yang telah dibelanjakan dan mungkin perlu untuk menurunkan jumlah itu.

Jangan lupa untuk mengalokasikan pengeluaran tak terduga atau teratur seperti perawatan kendaraan atau kesehatan.

Agar perencanaan anggaran ini tersusun dengan rapi, Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Finansialku yang memudahkan pencatatan keuangan baik dari pendapatan dan pengeluaran.

Lima Tips Cerdik Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru Menikah 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Jitu Keterbukaan Keuangan dengan Pasangan]

 

Dalam aplikasi Finansialku juga kamu bisa menentukan besaran nominal untuk anggaran tertentu, seperti dana darurat, asuransi, tujuan keuangan hingga mengetahui kesehatan keuangan mu lewat fitur Financial Check Up.

Untuk kamu yang pertama kali download aplikasi Finansialku, kamu bisa menikmati free trial premium selama 30 hari.

Jika kamu tertarik untuk perpanjang penggunaan aplikasi Finansialku premium, kamu bisa gunakan kode voucher CUAN50 saat pilih berlangganan premium untuk dapatkan potongan Rp 50 ribu. Yuk, download aplikasinya di sini.

playstore icon
appstore icon

 

#4 Alokasikan Dana untuk Investasi

Pasangan suami istri harus memiliki tujuan bersama yang jelas. Tujuan ini pun bisa dicapai jika kondisi keuangan keluarga tetap sehat.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, mengalokasikan dana ke instrumen investasi menjadi jawabannya.

Banyak produk investasi yang bisa dicoba, mulai dari deposito, reksa dana, emas, valas, ataupun obligasi. Investasi dipercaya mampu membuat keuangan keluarga tetap sehat. Sebab pada dasarnya investasi ini dapat menguntungkan.

Nah, sebelum berinvestasi, ketahui kebutuhan keluarga agar produk investasi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan tersebut.

 

#5 Sediakan Dana Darurat

Sesuai dengan namanya, dana darurat berfungsi untuk menutup biaya tak terduga, seperti sakit, kecelakaan, atau kematian.

Kejadian buruk dapat menimpa siapapun kapan saja, seperti pandemi yang sekarang terjadi. Oleh karena itu pasutri baru wajib untuk menyisihkan anggaran untuk dana darurat sejak awal pernikahan.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Kuncinya Jujur dan Percaya

Percayalah pada pasangan kamu untuk memegang kendali keuangan. Jujur adalah pilihan terbaik, terutama jika itu berkaitan dengan manajemen keuangan dalam pernikahan.

Belajarlah untuk tetap mengontrol dengan bijak, dan percaya. Membuat rekening bersama adalah cara terbaik untuk mempraktikkan ini.

 

Apakah di antara Sobat Finansialku punya cara sendiri untuk mengelola keuangan pasca menikah? Kalian bisa berbagi pandangan dalam kolom komentar di bawah ini!

Jika Kamu merasa informasi ini bermanfaat, bagikan artikel ini kepada kawan atau sanak-saudara lewat berbagai platform yang tersedia, agar mereka tahu apa yang kamu ketahui.

 

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. 18 Febuari 2020. 6 Tips Jitu Mengatur Keuangan Buat Pasangan Baru Menikah. Kompas.com – https://bit.ly/2F0dt9q
  • Redaksi. 5 POS KEUANGAN PENTING BAGI PASANGAN BARU MENIKAH. Cigna.co.id – https://bit.ly/3hPpfC0
  • Gayuh Tri Pinjungwati. 30 Mei 2020. Tips Mudah Mengatur Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah. Fimela.com – https://bit.ly/2QJ3mIw
  • Shafira Chairunnisa. 03 Juni 2020. 10 Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah Yang Baik Dan Benar. Cermati! 99.co – https://bit.ly/31NrvE5
  • Redaksi. 28 Agustus 2020. 5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Baru. Jawapos.com – https://bit.ly/34X8Ur1

 

Sumber Gambar:

  • Pasangan 1 – https://bit.ly/34dxvr1
  • Pasangan 2 – https://bit.ly/2Tf0q7P
  • Pasangan 3 – https://bit.ly/3dK8iYb