Sudahkah Anda mengetahui kisah sukses Michael Kors yang namanya terpampang di setiap tas wanita?

Mungkin selama ini Anda menggemari tasnya tanpa tahu kisah pendirinya?

Yuk bagi semua yang penasaran, cari tahu perjalanan sukses Michael Kors yang pastinya bisa menjadi inspirasi sukses Anda dalam artikel Finansialku berikut ini.

Selamat membaca dan semoga terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Kisah Awal Kesuksesan Michael Kors

Siapa yang tidak kenal dengan brand fashion ternama Michael Kors?

Namanya pasti sudah tidak asing lagi, terutama di tengah-tengah pecinta fashion yang senang mengoleksi tas atau sepatu buatannya.

Tapi meski namanya sudah sangat dikenal terutama di dunia fashion, masih belum banyak yang pernah mendengar kisah kesuksesannya.

Apakah Anda salah satunya? Jika iya, jangan lewatkan kisah hidupnya berikut ini.

Kisah Sukses Michael Kors 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan!]

 

Sebuah brand fashion yang sukses besar tersebut mulai berdiri sejak tahun 1981, dan diberi nama sesuai dengan nama pendirinya Mikhael Kors.

Michael Kors lahir dengan nama Karl Andersson Jr. di Long Island 1959. Ibunya, Joan Hamburger adalah mantan model sementara itu ayahnya Karl Andersson Sr, adalah seorang mahasiswa.

Sejak kecil, Kors memang sudah menunjukkan ketertarikannya di dunia mode.

Terutama saat ibunya hendak menggelar pernikahan keduanya dengan Bill Kors di mana Kors dikabarkan mulai membantu mendesain gaun pengantin ibunya di usia 5 tahun.

Sejak ibunya menikah kembali, Kors resmi mengganti namanya menjadi Michael David Kors.

Ketertarikannya di bidang fashion pun digelutinya dengan ulet. Pada tahun 1977, dia pun melanjutkan studi di Fashion Institute of Technology, New York.

Sayangnya, Kors memutuskan untuk drop out dari studinya karena memperoleh tawaran bekerja sebagai sales sebuah butik.

Karir Kors pun dimulai sejak dirinya mulai fokus merancang pakaian pada tahun 1981.

Kors meluncurkan desain pertamanya di department store Bergdorf Goodman, Bloomingdale’s, Lord & Taylor, Saks Fifth Avenue, dan masih banyak lagi.

Namun sangat disayangkan Kors tidak langsung mencicipi kesuksesan di awal kariernya.

Diketahui Kors mengalami kebangkrutan hingga akhirnya harus menutup usahanya pada tahun 1993.

Akan tetapi di tahun 1997, dia memulai bisnisnya kembali dengan meluncurkan pakaian perempuan dengan harga yang lebih terjangkau.

Ternyata desainnya diterima dengan baik dan Kors bahkan terpilih menjadi perancang busana perempuan siap pakai pertama untuk Celine, rumah mode Prancis yang terkenal.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Mulai Mendirikan The MICHAEL Michael Kors

Pada tahun 2003, dia mundur dari Celine karena ingin berfokus menciptakan mereknya sendiri.

Michael kemudian meluncurkan The MICHAEL Michael Kors, sebuah brand miliknya sendiri dengan bukan hanya pakaian perempuan, namun juga handbag hingga sepatu perempuan.

Bisnis ini laris manis dan digemari para wanita di seluruh dunia. Terbukti dari kesuksesannya di setiap penjuru dunia dengan 770 outlet per tahun 2016 silam.

Kisah Sukses Michael Kors 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Steve Chen, Salah Seorang Pendiri Youtube]

 

Pada akhir 2016 lalu, mereka membuka cabang di Singapura yang disebut sebagai ritel terbesar di Asia Tenggara.

Michael Kors menganggap Singapura yang memiliki banyak kelas menengah sebagai pasar yang potensial.

“Saya pikir toko di Singapura sangat potensial karena banyak orang dari berbagai dunia berkunjung ke sana.”

 

Dengan pengalaman bisnis di sektor busana, aksesori, dan sepatu selama 36 tahun, Michael Kors telah tersebar di 95 negara.

Produk rancangannya pun mulai dipakai oleh seleb-seleb dunia. Sebut saja mantan Ibu Negara AS Michelle Obama, Hillary Clinton, Kate Middleton, Angelina Jolie, Jennifer Lopez, Melania Trump, dan masih banyak lagi.

Saat ditanya apa kunci kesuksesannya, Kors menjelaskan bahwa dirinya selalu memperhatikan pelanggan secara konsisten sejak awal bisnisnya didirikan.

“Saya selalu mencoba berjalan di tepi jalan raya dan melihat apa yang terjadi di sana. Saya selalu memperhatikan pelanggan. Awalnya, saat saya berhasil menjual tiga produk saja, saya sudah sangat senang.”

 

Kors juga mengatakan bahwa prinsip utama yang digunakannya untuk menghasilkan desain-desain spektakuler ialah dengan cara keluar dari zona nyaman dan selalu melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.

Dia selalu mencari inspirasi dengan melakukan perjalanan ke luar rumah, luar kota, atau luar negara.

“Jika kalian ingin menjadi seorang perancang fashion, luangkan waktu kalian, tidak peduli di mana pun kalian berada. Perhatikan apa yang dibeli dan dikenakan orang-orang karena kalian tidak hidup di dunia kalian sendiri. Kalian harus melakukan riset ke tempat lain dan melihat kebudayaan dan peradaban kota lain.”

 

Michael Kors Kini

Siapa sangka Michael Kors yang pernah merasakan kebangkrutan bisa kembali bangkit berdiri dan menjadi salah satu desainer ternama dengan kesuksesan luar biasa saat ini?

Selama lima tahun terakhir, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) Michael Kors Holding Limited mencatat prestasi yang membanggakan.

Perusahaan busana mewah itu memiliki pendapatan yang terus tumbuh lebih dari US$3 miliar. Laba bersih mereka juga tumbuh 500% lebih. 

Kisah Sukses Michael Kors 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Simak Dulu Kisah Sukses Ray Dalio, Pemilik Perusahaan Hedge Fund Terbesar Di Dunia]

 

Kesuksesan ini tidak terlepas dari sebuah langkah pioneer mereka, saat menjadi brand pertama yang menggunakan layanan iklan video di Instagram pada tahun 2015 silam.

Mereka menciptakan tiga video yang dibintangi Lily Aldridge. Sambil mengenakan berbagai produk, Lily berjalan, berbelanja, dan bersepeda di Paris.

Sejak saat itu, situs web mereka langsung kedatangan 200.000 orang hanya dalam kurun waktu sekitar 30 hari. Luar biasa sekali bukan?

Michael Kors juga tidak henti-hentinya berinovasi dalam desainnya, sehingga bisa terus mempertahankan gengsi dalam hasil rancangannya.

Seperti Anda ketahui, produk-produk hasil rancangan Kors dinilai memberikan prestige tersediri bagi penggunanya.

Prestasinya pun terbukti dengan berbagai penghargaan yang diterimanya.

Pada tahun 2010, CFDA memberi penghargaan Kors “The Geoffrey Beene Lifetime Achievement Award”.

Dalam sejarah, Michael Kors menjadi penerima penghargaan yang paling muda pada saat itu.

Pada 2013, Michael tampil dalam daftar The Time 100 Most Influential People. Tahun berikutnya, tahun 2014, Michael dinobatkan sebagai Daftar Power 50 dari Majalah Out 2014.

Pencapaian terakhir Michael Kors adalah saat dirinya resmi mengubah nama Michael Kors Holdings Limited menjadi Capri Holdings Limited.

Kisah Sukses Michael Kors 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Daniel Mananta, Pendiri DAMN I Love Indonesia!]

 

Michael KorsJimmy Choo, and Versace adalah tiga brand yang berada di bawah naungan Capri Holdings Limited dengan Kors sebagai Honorary Chairman and Director-nya.

Betul sekali, Kors memang telah membeli luxury shoes brand Jimmy Choo PLC senilai US$1,2 miliar pada tahun 2017 silam.

Bukan hanya itu, dirinya pun berhasil mengakuisisi Versace, sebuah brand fashion Italia yang sangat besar. Akuisisi ini final pada 2 Januari 2019 dengan nilai fantastis yakni US$2,1 miliar.

Chairman and Chief Executive Officer of Michael Kors Holdings, John Idol mengungkapkan:

“With the acquisition of Versace, we have now created one of the leading global fashion luxury groups in the world.”

 

Kini, Michael Kors dalam naungan Capri Holdings Limited membuktikan keeksisannya dalam dunia fashion dan terus berencana untuk menjadi yang terdepan dalam desain fashion di seluruh dunia.

 

Tidak Lupa dengan Aktivitas Sosial

Sebagai seorang perancang yang sukses membawa nama baiknya ke seluruh penjuru dunia, Kors ternyata tetap seorang yang rendah hati dan senang membantu sesama.

Tahun 2015, Kors dinyatakan sebagai Global Ambassador Against Hunger for the United Nations World Food Programme sebagai pengakuan atas bertahun-tahun menjadi seorang filantropis.

Kors memang terkenal akan programnya Watch Hunger Stop, sebuah kemitraan philanthropy dengan Program Pangan Dunia (WFP) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk membangun dunia dengan zero hunger.

“Kami memberikan 15 juta makanan. Ini merupakan prestasi yang membanggakan. Jika kami mampu konsisten, saya sejujurnya percaya kami benar-benar bisa merealisasikan zero hunger. Dengan hal-hal gila yang terjadi di dunia yang tidak bisa kendalikan, inilah yang bisa kami lakukan untuk menangani kelaparan.”

 

Mau Sukses Seperti Michael Kors?

Bagaimana? Apakah kisah sukses Michael Kors berhasil menginspirasi Anda?

Menurut kami, mereka yang sukses layaknya Kors adalah mereka yang berhasil bangkit dari keterpurukan, seperti kisahnya saat berdiri kembali setelah mengalami kebangkrutan.

Kuncinya adalah pantang menyerah, dan selalu mencari solusi akan setiap masalah yang dihadapi.

Kita harus berhenti menyalahkan keadaan dan mulai mengubahnya dengan tangan kita sendiri.

Satu lagi, kita pasti bisa sukses selama kita tekun dan cerdas dalam menjalaninya.

Jadi, penting untuk membekali diri Anda selalu dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang menjadi minat Anda.

Kisah Sukses Michael Kors 05 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Sikap Mental yang Perlu Dimiliki oleh Setiap Pengusaha Sukses seperti Anda]

 

Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus online dari Aplikasi Finansialku. Jadi, disini Anda akan memperoleh kursus online, artinya Anda dapat mengakses pelatihan manajemen keuangan Finansialku melalui smartphone dan langsung dapat dipraktikkan.

Pelatihan ini menggabungkan antara konsep dan cara praktis dalam penerapannya.

Adapun tujuan dari kursus online ini adalah sebagai berikut:

  1. Anda dapat mengetahui dan mempraktikkan cara mengurus keuangan yang benar.
  2. Anda dapat mulai merencanakan keuangan untuk tujuan jangka pendek, menengah dan panjang.
  3. Anda dapat mewujudkan tujuan-tujuan keuangan dengan perencanaan keuangan. 

Bagaimana dengan cara kerjanya? Cara kerja kursus online-nya gampang sekali kok, yaitu sebagai berikut:

  1. Selesaikan Video: Tonton seluruh video (34 video, 2 jam 38 menit) pelatihan manajemen keuangan dan pelatihan perencanaan keuangan.
  2. Selesaikan Tugas: Selesaikan setiap tugas yang terdapat di masing-masing materi sub bab. 
  3. Dapatkan Sertifikat:Dapatkan sertifikat digital setelah Anda menyelesaikan pelatihan tersebut.

Anda dapat mengakses 34 video dengan tema pelatihan manajemen keuangan dan pelatihan perencanaan keuangan dalam bahasa Indonesia dengan durasi hingga 2 jam 38 menit.

Anda juga akan memperoleh membership aplikasi Finansialku versi full premium untuk 1 tahun.

Dan seperti yang banyak ditanyakan orang, bagi Anda yang sudah memiliki membership di Aplikasi Finansialku, maka membership Anda akan di-upgrade dan/atau diperpanjang masa aktifnya.

Semua itu dapat Anda peroleh dengan harga Rp350.000 saja lho!

Dijamin worth it deh dengan semua benefit yang bisa Anda dapatkan. Yuk langsung ikuti kursus online-nya!

 

Apakah Anda mengetahui kisah sukses entrepreneur lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, sila ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 24 Oktober 2017. Michael Kors, Fokus Membuat Produk Bergengsi Tinggi. Ekbis.sindonews.com – http://bit.ly/2RT4LMw
  • Admin. 6 April 2019. Menyusuri Jejak Kesuksesan Bisnis dan Karier Michael Kors. Highlight.id – http://bit.ly/323Iv7m
  • Aulia Akbar. 2 Desember 2018. Beli Saham Versace, Begini Kisah Sukses Michael Kors yang Pernah di-DO. Moneysmart.id – http://bit.ly/2RWP6ff
  • Declan Eytan. 31 Desember 2018. Michael Kors Holdings Finalizes Versace Acquisition, Changes Name to Capri Holdings. Forbes.com – http://bit.ly/303HIRO
  • Eduardo Simorangkir. 23 November 2018. Kisah Michael Kors, Putus Sekolah hingga Kaya Raya Berkat Fashion. Finance.detik.com – http://bit.ly/2FP47ea

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Michael Kors 1 – http://bit.ly/2Jmj8Fj
  • Kisah Sukses Michael Kors 2 – http://bit.ly/300JEdS
  • Kisah Sukses Michael Kors 3 – http://bit.ly/2Yqsypn
  • Kisah Sukses Michael Kors 4 – http://bit.ly/2KRkwCQ
  • Kisah Sukses Michael Kors 5 – http://bit.ly/2Xivu6e
  • Kisah Sukses Michael Kors 6 – http://bit.ly/2NpwS7m