Pernahkah Anda mendengar sosok Muhammad Ali? Ingin tahu kisah sukses Muhammad Ali?

Muhammad Ali adalah satu-satunya petinju profesional yang memenangkan kejuaraan kelas berat sebanyak tiga kali.

Dia memperlihatkan sisi kepemimpinan dan contoh bagi para pria dan wanita Afrika-Amerika di seluruh dunia dengan pandangan politik dan agamanya.

Simak kisah sukses Muhammad Ali melalui pembahasan berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Masa Kecil Muhammad Ali

Muhammad Ali, dengan nama asli Cassius Marcellus Clay Jr lahir pada tanggal 17 Januari 1942, di Louisville, Kentucky.

Cassius Marcellus Clay Jr mengganti namanya menjadi Cassius X setelah bergabung dengan Black Muslim – Muslik Kulit Hitam (sebuah kelompok yang mendukung negara kulit hitam yang terpisah).

Kemudian pemimpin Muslim bernama Elijah Muhammad memberinya nama Muhammad Ali, yang berarti “Kekasih Allah”.

Ayahnya, Cassius Marcellus Clay Sr adalah seorang tukang cat papan tanda yang juga suka berakting, bernyanyi, dan menari.

Sedangkan ibunya, Odessa Grady bekerja sebagai petugas kebersihan ketika keadaan finansial keluarga sedang mengalami kesulitan.

Atur arus kas Anda dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Setelah Anda memiliki semua fakta tersebut, Anda dapat memutuskan bagaimana mulai menumbuhkan uang Anda.

Jika uang Anda ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuan Anda dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar dalam channel Youtube Finansialku.

Anda juga bisa mendaftar seminar atau meminta nasihat dari penasihat keuangan terpercaya, salah satunya Penasihat Keuangan Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Muhammad Ali Mengenal Dunia Tinju

Muhammad Ali mulai bertinju pada usia dua belas tahun. Kala itu sepedanya dicuri, dan ia melaporkan pencurian itu kepada seorang polisi bernama Joe Martin.

Polisi itulah yang memberikan pelajaran tinju kepada Muhammad Ali di sebuah gedung pusat pemuda Loval Youth Center).

Joe Martin sang polisi mengajari Muhammad Ali untuk bertinju dan memberitahunya bahwa ia memiliki bakat sebagai seorang petinju yang hebat.

Joe Martin mengajak Muhammad Ali untuk berlatih di Louisville’s Columbia Gym dan mulai menampilkan keahlian sang petinju berbakat itu di acara televisi lokalnya, “Tomorrow’s Champions“.

Seorang pelatih tinju berdarah Afrika-Amerika, Fred Stoner, mengajarkan Muhammad Ali tentang ilmu sains dalam bertinju.

Kisah Sukses Muhammad Ali 02 - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Penting yang Anda Perlu Tahu Sebelum Melakukan Bisnis Kuliner]

 

Banyak hal yang dipelajari Muhammad Ali, diantaranya adalah bagaimana bergerak dengan “anggun” layaknya seorang penari di atas ring tinju.

Meskipun dalam hal akademik ia tidak terlalu menonjol, Muhammad Ali mencurahkan seluruh waktunya untuk fokus dalam kariernya bertinju dan meningkatkan kemampuannya untuk menjadi seorang petinju profesional yang dikenal dunia.

Di usianya yang menginjak masa remaja, Muhammad Ali memenangkan kejuaraan Amateur Athletic Union (AAU) – kejuaraan Amatir Atletik Nasional dan kejuaraan Golden Gloves championships.

Pada usia delapan belas ia berkompetisi dalam pertandingan Olimpiade tahun 1960 yang diadakan di Roma, Italia, dan berhasil memenangkan medali emas dalam divisi kelas ringan.

Prestasinya yang memukau ini menuntunnya pada kontrak kerja dengan sekelompok jutawan bernama Louisville Sponsors Group.

Dalam sejarah dunia tinju, kontrak tersebut merupakan sebuah kontrak terbesar yang pernah ditandatangani oleh petinju profesional.

Melalui kemampuan dan keahliannya dalam bertinju, Muhammad Ali menuai serangkaian kemenangan profesional, ia menggunakan gaya yang menggabungkan kecepatan dengan kekuatan tinju yang hebat.

Karena kehebatannya dalam bertinju dengan setiap kemenangan yang ia raih, Muhammad Ali digambarkan seperti “float like a butterfly, and sting like a bee.” – mengambang seperti kupu-kupu, dan menyengat seperti lebah.

Gaya Muhammad Ali yang unik membawanya kepada perhatian media saat ia bergerak menuju peluang untuk memperjuangkan kejuaraan tinju kelas berat dunia.

Ketika dia mulai menulis puisi yang memprediksi kemenangannya dalam pertarungan yang akan dihadapi, Muhammad Ali dikenal sebagai “The Louisville Lip” atau Bibir Louisville.

Kisah Sukses Muhammad Ali 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan Tanpa Mengorbankan Kebahagiaan Anak-anak]

 

Pada bulan Februari 1964, di usianya yang menginjak dua puluh dua tahun, dia bertarung dan mengalahkan Sonny Liston untuk kejuaraan kelas berat dunia.

Muhammad Ali mengalahkan Sonny Liston hingga KO pada babak pertama. Banyak yang menyebut Muhammad Ali memiliki pukulan hantu karena begitu cepat dan kuat.

Muhammad Ali berhasil mempertahankan gelarnya dalam tinju kelas berat selama delapan kali.

 

Muhammad Ali Mengelak Dari Wajib Militer Dalam Perang Vietnam

Pada bulan April 1967 Ali direkrut oleh Dinas Kemiliteran selama Perang Vietnam (1957-1975, perang terjadi dalam upaya untuk menghentikan Komunis Vietnam Utara yang ingin mengambil alih kekuasaan di Vietnam Selatan namun mengalami kegagalan).

Muhammad Ali mengklaim bahwa sebagai Duta (Minister) dari Black Muslim, dia tidak wajib melayani.

Atas pernyataannya itu, pers mengkritiknya sebagai warga yang tidak patriotik, dan sebagai konsekuensinya, Komisi Atletik Negara Bagian New York bersama dengan Asosiasi Tinju Dunia menangguhkan lisensi tinju dan menanggalkan gelar kelas beratnya.

Kumpulan Kata-kata Bijak Muhammad Ali 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kabar Gembira! Ada Ide Bisnis Rumahan Bagi Pecinta Binatang Peliharaan]

 

Menanggapi pencopotan gelar kelas beratnya, Muhammad Ali mengatakan kepada Sports Illustrated:

“I’m giving up my title, my wealth, maybe my future. Many great men have been tested for their religious beliefs. If I pass this test, I’ll come out stronger than ever.”

“Saya menyerahkan gelar saya, kekayaan saya, mungkin masa depan saya. Banyak pria hebat telah diuji keyakinan agama mereka. Jika saya lulus tes ini, saya akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.”

 

Muhammad Ali akhirnya dijatuhi hukuman lima tahun penjara tetapi dibebaskan karena ia mengajukan naik banding.

 

Muhammad Ali Kembali ke Dalam Ring

Muhammad Ali kembali ke ring tinju dan memperlihatkan kemampuannya bertinju yang tetap memukau dengan mengalahkan Jerry Quarry pada tahun 1970.

Lima bulan kemudian ia menuai kekalahan setelah bertanding melawan Joe Frazier yang menggantikannya sebagai juara kelas berat.

Tak mau terus mengalami kekecewaan dalam kekalahannya melawan Joe Frazier, Muhammad Ali merebut kembali gelar juara untuk pertama kalinya ketika ia mengalahkan George Foreman yang telah mengalahkan Joe Frazier dalam gelar tersebut, melalui pertarungan yang diadakan di Zaire pada tahun 1974.

Muhammad Ali menyebut pertandingan ini sebagai “Rumble in the Jungle.”

Muhammad Ali kembali melawan Joe Frazier beberapa kali lagi, termasuk pertandingan pada tahun 1974 yang dipentaskan di New York City dan pertarungan yang diadakan di Filipina pada tahun 1975, yang oleh Muhammad Ali disebut sebagai “Thrilla in Manila.”

Untuk mendapatkan kembali gelarnya sebagai juara kelas berat dunia, Muhammad Ali memenangkan kedua pertandingan.

Pada tahun 1975 majalah Sports Illustrated menyebut Muhammad Ali sebagai “Sportsman of the Year” (Olahragawan Terbaik Tahun Ini).

Ali sekarang menggunakan gaya baru tinju, yang ia sebut “rope-a-dope.”

Kisah Sukses Muhammad Ali 04 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Mobil Rental, Jika Saya Memiliki Bisnis Penyewaan Mobil?]

 

Dia akan membiarkan lawan-lawannya menang untuk sementara saat ia berusaha untuk mengistirahatkan diri dan seiring perkembangan babak, Muhammad Ali akan menjadi kuat dan menyerang balik di putaran selanjutnya.

Dengan gaya barunya dalam bertinju, Muhammad Ali berhasil mempertahankan gelarnya hingga sepuluh kali lagi.

Dia memegang sabuk kejuaraan hingga Leon Spinks mengalahkannya pada bulan Februari 1978 di Las Vegas, Nevada.

Tujuh bulan kemudian Ali mendapatkan kembali gelar kelas beratnya dengan mengalahkan Leon Spinks di New Orleans, Louisiana dan menjadikannya sebagai petinju pertama dalam sejarah yang memenangkan kejuaraan kelas berat tiga kali.

 

Akhir Karier Tinju Muhammad Ali

Di akhir kariernya dalam dunia tinju, kondisi fisiknya melambat dikarenakan penyakit Parkinson yang ia derita (penyakit sistem saraf yang mengakibatkan goncangan dan kelemahan otot).

Pertarungan terakhir Muhammad Ali berlangsung pada tahun 1981 dimana seluruhnya ada enam puluh satu pertarungan.

Ketika karir tinju Muhammad Ali berakhir, ia terlibat dalam kegiatan sosial dan politik.

Dia berkampanye untuk mendukung capres Jimmy Carter bersama kandidat politik Demokrat lainnya dan ikut serta dalam mempromosikan aksi untuk mengatasi kemiskinan dan kebutuhan anak-anak.

Kumpulan Kata-kata Bijak Muhammad Ali 05 - Finansialku

[Baca Juga: Gunakan Facebook Sebagai Salah Satu Cara Mengembangkan Bisnis E-Commerce]

 

Sepak terjangnya dalam dunia politik juga ia perlihatkan saat ia mencoba memenangkan pembebasan empat orang Amerika yang diculik di Lebanon pada tahun 1985.

Hasilnya, citranya berubah dan Muhammad Ali dihormati sebagai seorang negarawan.

Pada Olimpiade Musim Panas tahun 1996 di Atlanta, Georgia, dunia dan negaranya memberikan kehormatan kepada Mohammad Ali dengan memilihnya untuk menyalakan obor Olimpiade dalam upacara pembukaan.

Muhammad Ali tetap ada di mata publik sebagai seorang legenda tinju dunia dan negarawan  berdedikasi bahkan ketika ia harus menderita dari efek penyakit Parkinson.

Pada tahun 1998 ia mengumumkan akan meninggalkan program perawatan eksperimental di Boca Raton, Florida.

Ia mengklaim bahwa pemimpin program tidak adil dalam menggunakan namanya untuk mendapatkan publisitas.

Pada tahun 1999 Muhammad Ali menjadi petinju pertama yang pernah muncul di kotak sereal Wheaties.

Setelah serangan teroris di Amerika Serikat pada 11 September 2001, Muhammad Ali setuju untuk merekam pengumuman dengan durasi enam puluh detik untuk ditayangkan di negara-negara Muslim.

Pengumuman tersebut menunjukkan bahwa Amerika Serikat tetap bersahabat dengan mereka yang beragama Islam.

 

Berikan komentar atau tanggapanmu pada kolom yang tersedia di bawah ini! Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalanmu yang membutuhkan. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Muhammad Ali Biography. Biography.com – https://bit.ly/2W6k6yx
  • Admin. Muhammad Ali Biography. Biographyonline.net – https://bit.ly/2T4c6ZD
  • Admin. Muhammad Ali – AMERICAN BOXER. Britannica.com – https://bit.ly/2opjMso
  • Admin. Muhammad Ali Biography. Notablebiographies.com – https://bit.ly/2MdfL83
  • Admin. Biography of Muhammad Ali. Ducksters.com – https://bit.ly/2Im1G1M
  • Admin. 3 Juni 2016. 30 Of Muhammad Ali’s Best Quotes. USAToday.com – https://bit.ly/2Hi8gdK
  • Norbert Juma. 45 Muhammad Ali Quotes On Life, Love and Being a Champion. Everydaypower.com – https://bit.ly/2WbIsa3

 

Sumber Gambar:

  • Kisah Sukses Muhammad Ali 1 – http://bit.ly/2KCgFbV
  • Kisah Sukses Muhammad Ali 2 – http://bit.ly/2WS7rP9
  • Kisah Sukses Muhammad Ali 3 – http://bit.ly/31e8yZ3
  • Kisah Sukses Muhammad Ali 4 – http://bit.ly/2K3QA6f