Ikuti cara milenial membangun masa depan finansial yang cemerlang dan yakinkan calon mertuamu kalau kamu layak “memboyong” si doi!

Wuihh.. Pengen tahu gimana caranya?? Check this out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bukti ke Camer, Ini Tips Bangun Masa Depan Finansial Ala Milenial

Woohooo… kayaknya buat ngeyakinin camer alias calon mertua zaman sekarang kudu pake cara yang milenial ya!

Orangtua mana yang pengen anaknya terlantar, apalagi punya anak cewe yang bakal dilamar sama calon suaminya. Pasti si ortu (orangtua) pengen dapet calon menantu yang bisa membawa kebahagiaan buat anak perempuannya, termasuk dalam hal finansial.

Ga mungkin dong orangtua yang punya anak gadis rela “ngasih” (kayak barang aja) – merelakan anaknya berumah tangga sama cowo yang masa depan finansialnya gak mapan atau masih menerawang.

 

Nah buat kalian para cowo milenial, udah saatnya kalian bangkit dan buktiin ke calon mertua bahwa kalian layak buat dapetin “anak gadis” mereka yang kamu cintai, salah satunya dengan berusaha menciptakan masa depan finansial yang bikin calon mertua yakin kalau kamu adalah “the right guy who will marry their precious daughter”.

Dalam pembahasan kali ini, kita bakal membahas tentang cara milenial membangun masa depan finansial buat ngeyakinin camer alias calon mertua.

 

#1 Miliki Perencanaan Keuangan Sejak Dini

Mungkin kamu bakal mikir buat bangun usaha atau bisnis, bangun portofolio investasi dan berbagai langkah fantastis lainnya. Tapi, sebelum naik ke tahap berikutnya, kamu perlu mengawali dari yang paling dasar, yaitu dengan memiliki perencanaan keuangan yang benar sejak dini.

Jika kamu pernah memulainya dan merasa frustasi untuk mengatur keuanganmu karena terjadi kebocoran finansial di sana-sini, artinya kamu perlu membenahi setiap kebocoran itu.

Memulai merencanakan keuangan dari dasar yang bisa kamu lakukan dari sekarang dengan mengunduh e-book gratis Panduan Perencanaan Keuangan sesuai usia dari Finansialku di bawah ini:

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

 

Download Ebook Sekarang

 

Ga perlu bayar, kamu bisa belajar gratis dari e-book tersebut dan memulai perjalanan membangun masa depan finansial cemerlangmu dan meyakinkan calon mertua bahwa kamulah “orang yang tepat” buat anak gadis mereka.

 

#2 Catat Keuangan Setiap Hari

What? Nyatet semua transaksi keuangan setiap hari? Gilllzz…ribet amat!

Yup… Untuk memulai sebuah kebiasaan yang baru apalagi yang positif, kita tentu perlu beradaptasi dan tentunya belajar disiplin dan konsisten untuk melakukannya.

Tapi, cara ini adalah cara yang tepat untuk membangun masa depan finansialmu lho, milenial!

Tahukah kamu bahwa setiap kebocoran keuangan itu awal mulanya dari lalainya pencatatan keuangan setiap hari!

Dengan mencatat keuangan setiap hari, kamu bisa melacak kemana saja larinya uangmu, apa saja yang kamu belanjakan. Selain itu, kamu juga bisa mengevaluasi setiap bulannya untuk setiap pengeluaran yang sebetulnya gak perlu dan bisa dialokasikan ke pos lainnya yang lebih membutuhkan.

Mencatat Keuangan Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Mencatat Keuangan Karyawan Secara Efektif Agar Karier Cemerlang]

 

Mumpung sekarang masih single, melakukan pencatatan keuangan harian bakalan lebih sederhana.

Bayangin kalo nanti kamu dah berkeluarga, lebih ribet lagi lho tantangannya.

Sebenarnya, mencatat keuangan atau transaksi kamu setiap hari itu gak ribet kok. Anak milenial harus pake aplikasi milenial juga dong buat mencatat keuangan. Pakai aja Aplikasi Finansialku yang gak bakal bikin kamu ribet buat nyatet keuangan harianmu.

Dari nyatet setiap pendapatan, berapa besar duit yang kamu transfer ke rekening lain, sampai pengeluaran sekecil apapun, seperti bayar parkir sampai bayar toilet umum yang cuma dua rebu perak, kamu bisa catet semuanya di Aplikasi Finansialku.

Buat kamu yang penasaran, langsung aja download aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store. Nikmati manfaatnya deh, guys!

playstore icon
appstore icon

 

Dengan mencatat keuangan setiap hari, tak terkecuali dan tak terlewatkan sepeser pun, kebocoran finansial gak bakal kamu alami, guys!

Malahan, kamu bakalan bisa mengalokasikan dana yang kamu miliki untuk setiap pos yang sangat membutuhkan atau masukin ke tabungan investasimu yang bakal kita bahas di point ke-5.

 

#3 Mulai Bangun Dana Darurat

Dah gak sabar ya buat bahas tentang investasi?

Eits, tunggu dulu guys! Menurut perencana keuangan, sebelum kamu membangun portofolio dari investasi, kamu butuh pondasi yang kuat, salah satunya dengan memiliki dana darurat.

Apa itu dana darurat?

 

Seperti yang dijelaskan pada video, dana darurat itu adalah semua dana yang bakal kamu butuhkan ketika keadaan darurat sedang menerpa. Weizz….menerpa coy! Kayak badai aja ya!

Yup! Namanya juga badai, gak bisa diprediksi lho, guys! That’s why kita namakan dengan pos dana darurat.

Dana darurat bisa kamu pakai ketika ban motormu bocor, atau kamu butuh nolongin saudara atau orangtua yang lagi butuh bantuan finansial, benerin genteng bocor, benerin laptop yang ngadat yang bikin kamu gak bisa kerja atau beresin skripsi (jeng…jeng…nah lho yang lagi skripsi cepet diberesin) atau berbagai keadaan darurat lainnya yang mengharuskanmu mengeluarkan biaya lebih diluar anggaran bulanan.

So, dana darurat itu butuh banget. Bayangin kalau kamu udah bangun portofolio investasi sedangkan dana darurat kosong melompong atau belum mumpuni jumlahnya sesuai kebutuhan ideal, pasti di tengah jalan kamu bakal “bobol” tabungan investasimu buat keperluan darurat itu kan.

Jadinya gagal nabung investasi deh.

That’s why you need to gain your emergency fund first, guys! It’s IMPORTANT!

TTS: Jumlah Dana Darurat & Penempatan Dana Darurat yang Aman 01

[Baca Juga: Definisi Dana Darurat dan Cara Mudah Mempersiapkannya]

 

Terus, berapa jumlah dana darurat yang harus dikumpulin?

Udah banyak artikel Finansialku yang bahas tentang besaran dana darurat ideal yang perlu kita kumpulin lho. Cek aja deh!

Atau buat kamu yang udah pakai Aplikasi Finansialku, di situ ada juga lho fitur menghitung jumlah dana darurat yang harus kita kumpulin.

Aplikasi Finansialku bener-bener aplikasi milenial kan! Ada banyak fitur canggih di dalamnya yang bisa kamu eksplor buat membangun masa depan finansialmu lho, guys!

 

#4 Miliki Asuransi

Langkah selanjutnya, kamu perlu perlindungan kesehatan guys!
Dewasa ini, kita tentu udah gak asing dengan BPJS Kesehatan. Ada fasilitas kesehatan yang bakal kita dapatkan dengan menjadi peserta BPJS lho.

Buat kamu yang udah kerja, tentu kamu diwajibkan untuk jadi peserta karena tuntutan dari perusahaan (rata-rata demikian ya guys).

Tapi banyak komplain dengan fasilitas dari pemerintah ini, seperti lambatnya pelayanan dan ribetnya regulasi yang ada (kalau kita baca di berbagai surat kabar dan media sosial), meski gak semuanya memiliki pengalaman yang demikian.

Pentingnya Asuransi Kesehatan Dalam Resolusi Keuangan 2020 (2)

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Asuransi Jiwa Pertama yang Cocok Untuk Saya]

 

Nah, selain BPJS, ada juga yang memanfaatkan asuransi swasta, meski biaya preminya yang lebih mahal, tapi fasilitasnya sesuai dengan apa yang dibayarkan.

So buat bangun masa depan finansialmu lebih baik, kamu perlu punya asuransi kesehatan dan kemudian asuransi jiwa.

Kamu bisa simak berbagai artikel di Finansialku yang membahas serba-serbi tentang asuransi. Banyak baca, banyak tahu lho! Buruan baca artikel-artikel Finansialku biar kamu banyak tahu!

 

#5 Bangun Portofolio Investasi

Ada banyak jenis kendaraan investasi yang bisa kamu tunggangi untuk membangun finansial yang cemerlang dengan berbagai macam pengembalian hasil (return) dan tawaran risiko, dari yang rendah atau low risk hingga yang tinggi atau high risk.

Mau belajar investasi dari dasar? Buat kamu para pemula, kamu bisa belajar investasi dengan e-book gratis Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini:

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

 

Tambah PeDe Hadepin Camer Dengan Masa Depan Finansial yang Cemerlang

Dengan kelima tips di atas, kamu bakal PD ngadepin calon mertuamu, guys!

Ayo mulai melek finansial dengan membangun masa depan finansial yang cemerlang dari sekarang. Kamu juga bisa ikutan Komunitas Finansialku yang bakal membahas berbagai topik menarik seputar mengelola keuangan dengan dipandu oleh Perencana Keuangan Bersertifikat.

GABUNG KOMUNITAS FINANSIALKU

 

Jangan lupa, kamu dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Semoga artikel ini bermanfaat yah guys! Buktikan kalau kamu layak menjadi pasangan si doi dihadapan camer mu =)

 

Sumber Referensi:

  • Putri Syifa Nurfadilah. 11 Juli 2018. Untuk Masa Depan Cerah, 5 Tips Keuangan Ini Bisa Diterapkan Millenial. Ekonomi.kompas.com – https://bit.ly/2OCsBM6
  • Admin. 14 Agustus 2019. Merdeka Finansial Ala Generasi Milenial. Tirto.id – https://bit.ly/2tB8Mxf
  • Arifin Al Alamudi. 7 Desember 2019. Ga Sulit Kok, Ini 5 Cara Mengatur Keuangan untuk Masa Depan. Idntimes.com – https://bit.ly/2S8NErT

 

Sumber Gambar:

  • Meet Parents – https://bit.ly/37KzxgV