Komunitas Lovebird memang banyak, di setiap daerah ada. Sebelum sobat finansialku bergabung, Kenali dulu jenis si cantik lovebird ini.

Kamu ingin bergabung dengan komunitas pecinta lovebird? Kamu butuh tahu dulu apa saja jenis dari burung lovebird ini.

Rubrik Finansialku akan menolong kamu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Lovebird

Dari dulu, meski belum pernah memelihara burung saya selalu penasaran apa sih istimewanya lovebird? Rasanya, banyak sekali penggemar burung yang satu ini. Akhirnya saya penasaran dan mencari tahu apa sih spesialnya lovebird ini.

Ternyata, lovebird itu BBB alias “bukan burung biasa”.

Tak aneh jika lovebird diestimasikan nilainya mencapai 1 miliar rupiah.

Sesepuh Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) Fran Kli mengatakan lovebird termasuk burung yang populer dikalangan kicau mania. “Kalau di gantangan, lovebird tetap nomor satu. Animo peserta, pembeli pun gila.

 

Apalagi sekarang ada kelas baby, kelas anakan lovebird. Gantangan pagi sampai malam ada terus,” ujar Fran. Lovebird memang terkenal karena warnanya yang unik serta bunyi ngekek yang khas. Karena keunikan inilah lovebird dijual mahal.

 

“Kalau dilatih, sering lomba, sering juara, harganya bisa sampai puluhan dan ratusan juta rupiah. Kayak lovebird Kusumo sudah ditawar 2 miliar rupiah saja nggak dijual kan sama pemiliknya,” ucapnya.

Burung Lovebird 1

[Baca Juga: Mau Bisnis Waralaba? Kenali Dahulu Struktur Jaringan Waralaba Agar Anda Sukses Berbisnis Waralaba]

 

Menurut Fran, merawat lovebird juga tergolong mudah. Harga pakannya juga masih aman di kantong. Jadi, tidak salah kan kalau pecinta kicau memelihara burung yang satu ini?

 

Jenis Lovebird

Untuk orang-orang yang sudah bergabung dalam komunitas pecinta lovebird, tentu mereka sudah mengenali apa saja jenis dari burung yang satu ini.

Kalau kamu baru tertarik untuk memelihara, atau ingin berjual beli lovebird, pelajari dulu jenis burung mungil ini, berikut ulasannya:

 

#1 Lovebird Biola Blue

Menurut Fran, dari sekian banyak jenis lovebird, yang saat ini sedang naik daun adalah jenis biola. “Lovebird biola ini sudah hampir setahun lebih, harganya gila-gilaan. Apalagi yang jantan.

Biola betina itu harga remaja kisaran 8 sampai 10 juta rupiah. Jantan bisa sampai 15 sampai 25 juta rupiah. Tergantung varian warna dan coraknya,” ucapnya.

Nah, di kalangan lovebird biola, lovebird biola blue adalah yang tertinggi nilainya.

Dibandingkan varian lovebird biola lainnya, harga lovebird biola blue lebih fantastis. Dimana harga lovebird biola blue diestimasikan sekitar Rp40 jutaan.

 

#2 Lovebird Halfsider

Jenis selanjutnya adalah lovebird halfsider yang merupakan jenis yang tergolong langka. Hal ini dikarenakan jenis lovebird ini sulit untuk dibudidayakan.

Perpaduan warna yang unik menjadi ciri khas dari jenis lovebird yang satu ini.

Ciri fisik dari lovebird halfsider ini didominasi warna putih dengan warna kuning.

Burung Lovebird 2

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Bahkan, bila dilihat dari samping, tampak seperti dua ekor burung dalam satu sangkar. Nah, untuk harga jenis lovebird halfsider ini dinilai mencapai 20 kali lipat dari harga lovebird biasanya. Luar biasa ya!

 

#3 Lovebird Batman

Seperti namanya, lovebird jenis ini tergolong mutasi warna baru, yang merupakan hasil peranakan dari induk berwarna hitam batman. Lovebird batman ini termasuk yang sangat sulit untuk dibudidayakan.

Maka tak heran harganya pun lumayan mahal. Untuk harga lovebird batman yang sudah dewasa biasanya bisa mencapai Rp900.000 hingga Rp1.300.000

 

#4 Lovebird Violet

Lovebird violet merupakan jenis lovebird selanjutnya yang dihargai cukup tinggi. Lovebird violet memiliki ciri khas yang mengubah warna blue normal di area sponge menjadi warna violetLovebird violet ini mempunyai penurunan sifat single dan double.

Ciri-ciri lovebird violet mempunyai warna bulu biru keunguan atau yang umum disebut dengan violet. Warna bulu tersebut terlihat di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam.

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Sedangkan di bagian perut lovebird berwarna putih, kepalanya dominan hitam, dan paruh putih pucat atau oranye tua. Harga lovebird violet dibanderol mulai dari Rp400.000 hingga Rp800.000

 

#5 Lovebird Kepala Elang

Lovebird kepala elang juga termasuk ke dalam jenis lovebird yang langka dan sulit dibudidayakan sehingga dinilai cukup tinggi di kalangannya.

Lovebird ini merupakan hasil perkawinan dari lovebird violet yang mengalami mutasi warna putih di bagian kepalanya.

Burung Lovebird 3

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Lovebird kepala elang lebih populer dipanggil dengan sebutan Sable yang memiliki arti lovebird dengan kepala warna cerah dan bersih. Untuk harga dari lovebird kepala elang berkisar Rp1.500.000 hingga Rp2.000.000

 

#6 Lovebird Albino

Lovebird jenis ini tentu sudah bisa diperkirakan ciri khasnya mengingat namanya yaitu albino. Betul sekali, lovebird albino memiliki keunikan tersendiri karena tidak memiliki variasi warna lain alias hanya ada warna putih saja.

Beberapa orang kerap menyukai burung jenis ini karena terlihat bersih. Lovebird albino sangat langka di Indonesia. 

Lovebird albino ini terbagi menjadi dua, yakni lovebird albino mata hitam dan lovebird albino mata merah.

Untuk lovebird albino mata hitam biasanya dibanderol seharga 500 ribu rupiah hingga 750 ribu rupiah. Sedangkan lovebird albino mata merah dihargai sekitar 500 ribu rupiah hingga satu juta rupiah.

 

#7 Lovebird Cobalt

Lovebird cobalt merupakan salah satu jenis lovebird yang paling dikenal oleh orang Indonesia karena memiliki varian warna yang banyak.

Ciri utama jenis lovebird cobalt ini hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru, kecuali bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu.

Burung Lovebird 4

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

Namun, ada jenis burung lovebird lain yang mirip dengan cobalt, yaitu lovebird biru violet. Jadi jangan salah pilih ya. Untuk harga lovebird cobalt berkisar di angka Rp450.000 hingga Rp750.000 Wah, tinggi juga nih!

 

Pilih Lovebird-mu, dan Bergabung Dalam Komunitas Lovebird

Jadi, sudah tahu jenis lovebird? Jika ya, mana nih yang menjadi incaran Kamu?

Sering bergabungnya kamu dengan komunitas, maka kamu akan semakin banyak tahu soal burung mungil yang satu ini.

 

Bagaimana, apakah budget kamu cukup untuk mulai memelihara bukan burung biasa ini? Untuk sesama pecinta burung, boleh saja kamu berbagi informasi dari artikel ini. Dan mengapa tidak untuk berbagi cerita seputar lovebird di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Herianto Batubara. 7 Mei 2018. Lovebird, Burung Cantik yang Harganya Bisa hingga Rp 1 Miliar. News.detik.com – https://bit.ly/2UohWaX
  • Nisa Mutiara Sari. 6 September 2019. 7 Jenis Lovebird Paling Mahal dengan Bulu Tercantik, Pecinta Kicau Wajib Punya. Liputan6.com – https://bit.ly/2WOhwMP

 

Sumber Gambar:

  • Burung Lovebird 1 – https://bit.ly/2Jmhy6M
  • Burung Lovebird 2 – https://bit.ly/33XLaRd
  • Burung Lovebird 3 – https://bit.ly/3bxzCGQ 
  • Burung Lovebird 4 – https://bit.ly/39iJ5As
  • Burung Lovebird 5- https://bit.ly/2UDErYq