Konsultan Pajak: Apa Saja Jasa, Layanan serta Bagaimana Perhitungan Tarifnya

Tahukah Anda apa saja jasa dan layanan serta bagaimana perhitungan tarif dari konsultan pajak? Finansialku akan menjelaskan penjelasan tentang konsultan pajak pada artikel berikut. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Konsultan Pajak

Sistem perpajakan di Indonesia yang menganut sistem self assessment pada saat ini memang sedikit memudahkan para wajib pajak untuk menangani sendiri kewajiban perpajakannya. Namun, hal tersebut memiliki konsekuensi yang besar dikarenakan wajib pajak biasanya lebih fokus pada keuntungan serta kegiatan bisnisnya daripada memperhatikan aturan-aturan hukum dan administrasi perpajakan.

Saat ini banyak masyarakat yang telah sadar untuk taat dalam membayar dan melaporkan pajaknya. Masyarakat menjadi memiliki kewajiban untuk membayar pajak ke negara sesuai dengan aturan pemerintah. Namun walaupun adanya kesadaran serta kewajiban dalam membayar pajak, tetap saja banyak dari mereka yang tetap masih belum mengerti bahkan terkadang tidak mau mengerti namun tidak mau dibodoh-bodohi oleh pajak.

Konsultan Pajak Apa Saja Jasa, Layanan serta Bagaimana Perhitungan Tarifnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: PPh Pasal 23 (Pajak Penghasilan Pasal 23) Tarif, Cara Hitung dan Pelaporannya]

 

Tidak heran banyak dari wajib pajak badan usaha maupun wajib pajak orang pribadi yang memilih untuk menggunakan konsultan pajak sehingga permasalahan perpajakan mereka ada yang menanganinya dan mereka cukup dengan membayar fee dan menyerahkan data serta berkonsultasi saja tanpa harus pusing dan ribet.

Manfaat menggunakan jasa tersebut antara lain adalah lebih efisien karena dapat meminimalkan kesalahan ataupu risiko dalam bidang perpajakan. Wajib pajak badan usaha maupun wajib pajak orang pribadi juga tidak dibebani dengan urusan administratif perpajakan. Misalnya, dengan membuat laporan sampai pelaporannya karena semua sudah ditanganinya.

Ketika klien dihadapkan pada pemeriksaan, mereka juga tidaklah harus pusing, mereka juga akan lebih aman karena didampingi oleh orang yang lebih berpengalaman serta lebih memahami tentang prosedur pemeriksaan dan mengantisipasi kesalahan yang akan terjadi.

SSE Pajak Panduan Lengkap Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak Plus Cara Daftar SSE Pajak 01 - Finansialku

[Baca Juga: SSE Pajak: Panduan Lengkap Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak Plus Cara Daftar SSE Pajak]

 

Konsultan pajak yang sebenarnya itu adalah yang memiliki lisensi atau surat izin yang sah dari lembaga yang berwenang untuk benar-benar menjadi konsultan pajak yang terdaftar. Ada banyak sekali pekerjaan dari konsultan pajak yang mengharuskan bekerja secara profesional (seperti salah satunya adalah melindungi data kliennya), maka dari itu mereka harus menjadi lembaga yang legal dalam menawarkan jasanya. Beberapa kewajibannya adalah:

 

#1 Jasa Kepatuhan Pajak

Para konsultan pajak memiliki kewajiban untuk mematuhi hal-hal terkait pajak yang dibebankan kepada klien. Konsultan akan melakukan tugas apa saja untuk kliennya seperti perhitungan pajak klien, pembayaran pajak sampai pada pelaporan pajaknya.

 

 

#2 Jasa Perencanaan Pajak

Jasa ini mencakup pemberian bantuan bagi klien, dan mengoptimalkan keuntungan bagi klien.

 

#3 Jasa Periksa Laporan Pajak

Konsultan akan memberikan layanan bantuan bagi kliennya untuk menekan pajak yang harus ditanggung kliennya, konsultan juga akan melakukan evaluasi data terkait dengan munculnya beban pajak yang dirasa tidak menguntungkan perusahaan.

Mengenal Lebih Dekat e-Billing Pajak dan Cara Membuat e-Billing Pajak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat e-Billing Pajak dan Cara Membuat e-Billing Pajak]

 

#4 Jasa Pendampingan dalam Pemeriksaan

Konsultan pajak memiliki tanggung jawab untuk mewakili ataupun mendampingi klien disaat adanya pemeriksaan pajak. Hal ini dilakukan dikarenakan kliennya yang dirasa kurang memahami permasalahan-permasalahan perpajakan. Selain itu, juga bertugas untuk menyiapkan data-data maupun dokumen yang dibutuhkan dalam pemeriksaan.

 

#5 Jasa Konsultasi

Para klien bebas boleh mengkonsultasikan permasalahan perpajakannya kepada konsultan pajak mereka.

 

 

#6 Jasa Restitusi Pajak

Jika klien membutuhkan restitusi (pengembalian kelebihan pembayaran pajak) maka harus membantu dalam pelaksanaannya, dari mulai persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan sampai pada proses akhir dari restitusi itu sendiri.

 

#7 Jasa Penyelesaian Sengketa Pajak

Memberikan layanan ini kepada klientnya. Layanan seperti ini dilakukan saat klient mengajukan banding, keberatan pajak, dan lainnya.

Bagaimana Cara Mudah Lapor SPT Tahunan Pajak dengan e-Filing Pajak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mudah Lapor SPT Tahunan Pajak dengan e-Filing Pajak]

 

Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawabnya, maka mari bahas sedikit mengenai tarif yang wajar dibayarkan. Dalam memilih konsultan pajak, wajib pajak badan usaha maupun wajib pajak orang pribadi harus memilihnya dengan benar. Konsultan pajak yang sudah memiliki izin pastinya akan memberikan tarif yang lebih besar dibandingkan mereka yang masih belum memiliki izin.

Besarnya tarif sangat bervariasi tergantung pada jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh kliennya. Sebuah kantor konsultan pajak bersertifikasi saja bisa mengenakan biaya per jam namun banyak juga yang menggunakan tarif flat, besarnya biaya juga tergantung dari kesepakatan antara klien mengenai berapa besar dan berapa banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan konsultan pajak terhadap kliennya.

 

Perlukah Konsultan Pajak

Apakah Anda memerlukan jasa konsultan pajak? Jawabannya ada pada diri Anda sendiri. Setelah membaca penjelasan sebelumnya, diharapkan Anda dapat menentukan sendiri penggunaan jasanya atau tidak. Tentu, semuanya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pertimbangan ada pada diri Anda. Selamat menentukan dan sukses selalu untuk Anda.

 

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda ingin menggunakan jasa konsultan pajak? Apa pertimbangan Anda? Silakan bagi pengalaman dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Kerja Sama – https://goo.gl/KEdQpL
  • Konsultan Pajak – https://goo.gl/J91g7Y

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By |2018-05-16T16:04:14+00:00July 10th, 2017|Categories: Pajak|Tags: , , |6 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

6 Comments

  1. pajak online 3 January 2018 at 14:18 - Reply

    Konsultan pajak memang sangat dibutuhkan di era sekarang ini mengingat persaingan bisnis yang sangat pelik serta peraturan perpajakan di Indonesia sangat dinamis

    • Finansialku
      Finansialku 5 January 2018 at 10:31 - Reply

      Hi Pak,
      Terima kasih atas sharingnya.
      Semoga sharing Bapak, dapat menginspirasi pembaca lainnya.

  2. Aldila 20 March 2018 at 15:50 - Reply

    hai saya mau tanya, sampai saat ini ada berapa banyak jasa konsultan pajak yang terdaftar resmi yang ada ?

  3. Miatry 4 April 2018 at 22:21 - Reply

    Trima kasih atas shering ny
    Saya jdi mengerti dri konsultan pajak
    Semoga artikel ini mnjadi lbih berkembang lgi dan terinspirasi buat yang lain

    • Finansialku
      Finansialku 10 April 2018 at 07:31 - Reply

      Hi Bu Miatry
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment