Coba Anda amati dan hitung sebaik-baiknya dari studi kasus produk KPR yaitu KPR BTN, KPR BCA, KPR Mandiri dan KPR BRI. Apa perbedaan produk KPR tersebut? Memiliki hunian yang nyaman, aman serta terjangkau tentunya menjadi impian banyak orang. Sayangnya, kini sangat sulit mencari hunian yang terjangkau. Oleh karena itu, diciptakan produk perbankan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang menjadi salah satu alternatif untuk memperoleh rumah idaman. KPR seperti apakah yang tepat bagi Anda? Mari kita bersama melihat penjelasan dari studi kasus produk KPR serta 6 fitur khusus KPR.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pelajari Perbedaan dan Bandingkan Sebelum Mengambil Keputusan: KPR BTN, KPR BCA, KPR Mandiri, KPR BRI

Dengan semakin sulitnya bagi masyarakat untuk membeli hunian yang terjangkau dan sesuai dengan penghasilannya, kini pihak bank menawarkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk membantu masyarakat dalam memiliki rumah impian. Namun apa saja fitur KPR dan perbedaan antara KPR pada satu bank dan bank lainnya?

Melalui artikel ini, Finansialku mengajak Anda untuk melihat studi kasus produk KPR: KPR BTN, KPR BCA, KPR Mandiri dan KPR BRI serta 6 fitur khusus KPR. Mari pelajari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan pengajuan KPR Anda.

 

#1 Produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN

Kini sangat banyak produk kredit yang ditawarkan oleh pihak bank, salah satunya adalah KPR. Tentunya pihak bank berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat pada umumnya dengan memberikan fitur-fitur berbeda pada fasilitas kreditnya. Salah satu contohnya adalah Bank BTN memberikan 2 pilihan KPR, yaitu KPR BTN Platinum dan KPR BTN Sejahtera FLPP.

Studi Kasus Produk KPR KPR BTN, KPR BCA, KPR Mandiri dan KPR BRI Serta 6 Fitur Khusus KPR 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Membeli Rumah dengan KPR Sekaligus Membuat Bisnis, Apakah Mungkin?]

 

Agar Anda tidak kebingungan membedakannya, berikut merupakan penjelasan mengenai kedua produk KPR dari BTN tersebut:

 

KPR BTN Platinum

KPR BTN Platinum merupakan salah satu fasilitas kredit dari BTN yang memungkinkan nasabah membeli rumah baru atau rumah bekas (second), dan diperuntukkan khusus bagi nasabah bank BTN.

Salah satu kelebihannya yaitu dapat digunakan untuk produk take over dari bank lain. Selain itu, proses pengajuannya mudah dan cepat (maksimal 7 hari) dengan plafon yang besar hingga mencapai 50 miliar rupiah.

FiturKeterangan
Plafon PinjamanRp100 juta sampai Rp50 miliar
Rate BungaFixed 1 tahun 8,75% atau fixed 2 tahun 9% atau fixed 3 tahun 9,5%, atau fixed 5 tahun 10,25% dan selanjutnya berlaku bunga floating hingga masa cicilan selesai.
Masa TenorMaksimal 25 tahun
Fasilitas Lainnya
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kebakaran dan gempa bumi

 

KPR BTN Sejahtera FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan)

Merupakan fasilitas kredit KPR bank BTN berupa hasil kerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat dan diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan yang rendah dan belum memiliki rumah serta belum pernah menerima subsidi kepemilikan rumah dari pemerintah. Syarat pengajuan KPR BTN Sejahtera FLPP merupakan batas atas penghasilan yakni sebagai berikut:

  • Rumah Sejahtera Tapak: penghasilan < Rp4 juta,
  • Rumah Sejahtera Susun: penghasilan < Rp7 juta,
  • Atau maksimal gaji/penghasilan pokok sesuai ketentuan pemerintah.

FiturKeterangan
Plafon PinjamanRp25 juta hingga Rp300 juta
Rate BungaFixed 5%
Masa TenorMaksimal 20 tahun
Fasilitas Lainnya
  • Uang muka mulai dari 1%
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kebakaran dan gempa bumi

 

#2 Produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BCA

Selain Bank BTN, BCA juga mengikuti trend produk pinjaman berupa KPR BCA dan KPR Xtra dengan suku bunga yang kompetitif dan pilihan suku bunga yang bervariasi. Perbedaan antara kedua jenis KPR yang ditawarkan oleh BCA adalah sebagai berikut:

Pernah Coba Simulasi KPR dengan Kalkulator KPR - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kredit Rumah: Kalkulator KPR, Contoh Produk dan Cara Cepat Lunasi KPR]

 

KPR BCA

Merupakan produk KPR yang menggunakan suku bunga fixed dan cap untuk membantu kestabilan besarnya cicilan dan jumlan pinjaman dapat ditambah (top up) demi kemudahan nasabah.

FiturKeterangan
Plafon PinjamanRp250 juta hingga tak terbatas
Rate Bunga
  • 8,75% untuk tahun ke-1
  • Floating +3,5% untuk seterusnya
Masa TenorMaksimal 20 tahun
Biaya Lainnya
  • Provisi: 1% dari nilai plafon
  • Appraisal: Rp750.000 – Rp1.200.000

 

KPR Xtra

KPR dengan angsuran fleksibel yang dapat ditarik sewaktu-waktu. Jumlah pinjaman dapat ditambah (top up) demi kemudahan nasabah.

FiturKeterangan
Plafon PinjamanRp250 juta hingga tak terbatas
Rate Bunga
  • 11,25% untuk tahun ke-1
  • Floating +3,5% untuk seterusnya
Masa TenorMaksimal 20 tahun
Biaya Lainnya
  • Provisi: 1% dari nilai plafon
  • Appraisal: Rp750.000 – Rp1.200.000

 

#3 Produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mandiri

Bank Mandiri juga menawarkan produk KPR dengan ketentuannya masing-masing. Variasi fitur dibuat demi memenuhi seluruh kebutuhan nasabahnya. Produk KPR diperuntukkan bagi perorangan untuk keperluan pembelian rumah tinggal, apartemen, ruko atau rukan yang dijual melalui developer atau non developer. Beberapa macam fitur produk KPR Mandiri tersebut diantaranya adalah:

Jika Punya Uang Lebih Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Punya Uang Lebih: Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi?]

 

Mandiri KPR Duo

Fitur dari KPR Mandiri untuk pembelian rumah tinggal, apartemen atau ruko dengan kondisi baru di proyek developer sekaligus pembelian mobil, motor, furniture atau home appliances.

Mandiri KPR Take Over

Mandiri KPR Take Over merupakan fitur dari KPR Mandiri berikutnya yang dipergunakan untuk memindahkan fasilitas kredit sejenis dari bank lain.

Mandiri KPR Flexible

Selanjutnya, fitur Mandiri KPR Flexible adalah fasilitas Mandiri KPR yang dipergunakan untuk keperluan pembelian rumah tinggal, ruko, rukan atau apartemen yang dilengkapi dengan sistem pembayaran angsuran yang fleksibel dengan tersedianya rekening flexible (revolving) dalam jangka waktu tertentu atas sebagian dari limit kredit yang diperoleh.

Mandiri KPR Angsuran Berjenjang.

Terakhir, fitur Mandiri KPR Angsuran Berjenjang yaitu fasilitas Mandiri KPR yang diperuntukkan hanya bagi karyawan atau pegawai untuk keperluan pembelian rumah, dimana diberikan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ke-3 (pada tahun ke-4 angsuran kembali normal).

FiturKeterangan
Plafon PinjamanN/A
Rate BungaEksisting 13,25% p.a eff (floating)
Masa TenorMaksimal 15 tahun

 

#4 Produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BRI

BRI menawarkan 2 jenis KPR yaitu KPR BRI dan KPRS BRI dengan karakteristik dan ketentuannya masing-masing yaitu sebagai berikut:

 

KPR BRI

Fasilitas kredit yang bertujuan membantu Anda memperoleh hunian sesuai dengan keinginan Anda dengan bunga ringan dan jangka waktu hingga 20 tahun. Objek yang termasuk dalam KPR BRI adalah rumah tinggal, apartemen, condotel, ruko atau rukan.

FiturKeterangan
Plafon PinjamanRp25 juta hingga tak terbatas
Rate Bunga
  • 9,75% untuk tahun ke-1
  • Floating +3,5% untuk seterusnya
Masa TenorMaksimal 20 tahun
Biaya LainnyaUang muka mulai dari 10%

 

KPR Sejahtera (KPRS) BRI

KPR Sejahtera (KPRS) merupakan fasilitas KPR dari BRI untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan gaji pokok rata-rata ≤ Rp4 juta. KPR ini hanya berlaku di beberapa kota di Indonesia. KPR ini diciptakan untuk mendukung kesejahteraan masyarakat kurang mampu sehingga mandiri dan memiliki hunian sendiri dengan penghasilan terbatas.

FiturKeterangan
Plafon PinjamanRp25 juta hingga tak terbatas
Rate BungaFixed 5% selama masa tenor
Masa TenorMaksimal 20 tahun atau sesuai batas usia pensiun
Fasilitas Lainnya
  • Uang muka mulai dari 10%
  • Asuransi jiwa
  • Asuransi kebakaran
Biaya Lainnya
  • Provisi: 0,5% dari plafon
  • Administrasi: 0,1% dari plafon (maks Rp250.000)

 

Manfaatkan Fitur Khusus Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Terdapat 3 buah kebutuhan paling dasar untuk kehidupan manusia, yakni tempat tinggal, pakaian dan makanan. Tempat tinggal atau hunian mungkin menjadi salah satu kebutuhan yang paling sulit dimiliki akibat harganya yang tergolong tinggi. Untuk mengatasinya, sudah tersebar sangat banyak produk KPR seperti yang telah dijabarkan sebelumnya. Namun KPR dengan fitur seperti apa yang sesuai bagi Anda?

Langkah Yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan KPR dan Peminjaman Renovasi di BPJS Ketenagakerjaan, Agar Lolos Verifikasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Langkah Yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan KPR dan Peminjaman Renovasi di BPJS Ketenagakerjaan, Agar Lolos Verifikasi]

 

Anda dapat membandingkannya sesuai dengan kebutuhan Anda, dimana fitur-fitur dasar KPR yang sering ditawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Bunga Rendah. Walaupun bukan hanya satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap besarnya cicilan, namun suku bunga rendah akan sangat bermanfaat bagi Anda. Semakin kecil bunganya tentunya semakin rendah besaran angsuran per bulannya dan meringankan beban Anda.
  2. Masa Bunga Tetap Panjang. Suku bunga tetap merupakan suku bunga yang tidak dipengaruhi oleh pasar dan jika pasar sedang bergejolak suku bunga ini akan sangat menguntungkan Anda. Biasanya bank hanya memberi suku bunga tetap pada 2 tahun pertama, namun carilah bank yang menawarkan suku bunga tetap lebih lama jika kondisi pasar sedang tidak baik.
  3. Bebas Biaya Administrasi. Biaya administrasi biasanya dibayarkan pada awal transaki berupa biaya provisi dan biaya tahunan pada tahun-tahun selanjutnya. Walaupun terlihat kecil, akan sangat terasa manfaatnya jika biaya ini dihilangkan.
  4. Plafon Pinjaman Besar. Fitur ini berguna jika Anda memiliki rumah impian dengan harga yang lebih tinggi. Fitur ini memungkinkan Anda memperoleh rumah impian dengan mengangsur.
  5. Masa Pencairan Cepat. Tentunya Anda menginginkan proses KPR cepat dan mudah sebelum rumah impian Anda diincar orang lain bukan? Manfaatkanlah dengan bertanya atau mencari tahu masa pencairannya untuk mempercepat proses KPR Anda.
  6. Masa Tenor Panjang. Dengan fitur ini, maka besaran angsuran per bulannya akan semakin rendah dan membantu meringankan beban Anda dalam mencicil setiap bulannya. Walaupun masa utang akan semakin panjang, namun tidak ada salahnya menggunakan fitur ini jika memang kemampuan keuangan Anda terbatas.
  7. Bebas Biaya Pelunasan Dipercepat. Terkadang Anda tidak sengaja memperoleh tambahan rezeki sehingga mampu melunasi KPR lebih awal. Namun nyatanya terdapat biaya penalti berupa biaya pelunasan dipercepat yang nilainya cukup besar lho. Anda dapat mengantisipasinya dengan mencari produk KPR dengan fitur bebas biaya pelunasan dipercepat.

 

Mencari produk KPR memang mudah, namun ketahui dan bandingkan terlebih dahulu seluruh fiturnya agar tidak kecolongan dan menyesal di kemudian hari. Dengan mempelajari dan memanfaatkan fiturnya, KPR akan memberikan lebih banyak keunggulan dan benefit bagi Anda sebagai seorang nasabah.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai produk KPR lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rizki Abadi. 17 Februari 2017. Pilihan Produk KPR dari BTN yang Tepat untuk Anda Gunakan.com – https://goo.gl/jHBkku
  • Duit Pintar. KPR BCA. Duitpintar.com – https://goo.gl/6YTJA1
  • Duit Pintar. KPR Xtra. Duitpintar.com – https://goo.gl/GwDw0x
  • Rizki Abadi.23 November 2015. KPR Mandiri: Macam Produk dan Keunggulannya. Cermati.com – https://goo.gl/TulF2j
  • Admin. Bank BRI. BRI.co.id – https://goo.gl/QK6bdl
  • Duit Pintar. KPR BRI. Duitpintar.com – https://goo.gl/5zvdpW
  • Okezone. 30 Januari 2017. Fitur-Fitur KPR Ini Berikan Keuntungan Lebih Besar. Okezone.com – https://goo.gl/OJC6GC

 

Sumber Gambar:

  • Family Leave House – https://goo.gl/vpRUdh
  • KPR – https://goo.gl/qPJF47

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana