Bagaimana tips-tips sukses mengajukan KPR karyawan kontrak agar bisa disetujui oleh pihak bank?

Memiliki rumah sendiri adalah mimpi setiap orang. Kini, bukan saja karyawan tetap yang bisa mengajukan KPR ke bank.

Jika Anda seorang karyawan kontrak dan ingin mengajukan KPR, simak artikel Finansialku berikut untuk mengetahui rahasia supaya pengajuan KPR Anda disetujui.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

KPR Karyawan Kontrak

Salah satu syarat mengajukan pinjaman KPR ke bank umumnya adalah menjadi karyawan tetap suatu perusahaan.

Hal ini dimaksudkan agar si pengaju pinjaman memiliki pemasukan yang stabil untuk mendukung pembayaran pinjaman KPR tersebut.

Namun, saat ini, sejumlah peluang kerja yang luas memberikan kemungkinan yang sangat besar bagi seseorang untuk bekerja menjadi seorang freelancer atau bahkan sekedar karyawan kontrak di sebuah perusahaan.

Penghasilan yang didapatkan pun terbilang cukup besar, bahkan bisa saja melampaui penghasilan dari seorang karyawan tetap sebuah perusahaan ternama sekalipun.

Sudah Yakin Simak Dulu 5+ Kerugian Membeli Rumah Dengan KPR 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Punya Rumah? Begini Cara Dan Syarat Mengajukan KPR BCA]

 

Inilah yang kemudian membuat bank membuka kesempatan permohonan pinjaman KPR karyawan kontrak. Syarat yang diminta bank untuk mengajukan KPR bagi karyawan kontrak tersebut kurang lebih sama dengan karyawan tetap.

Hanya saja, karena tidak adanya jaminan pemasukan yang stabil, persetujuannya tidak semudah pinjaman KPR untuk karyawan tetap.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan pengajuan KPR karyawan kontrak bisa diterima. Yuk ikuti tips-tips berikut yang akan mendukung pinjaman KPR Anda diterima oleh bank.

 

Tips Mengajukan KPR Karyawan Kontrak

Mengajukan KPR dengan status sebagai karyawan kontrak memang sedikit lebih sulit dibanding mengajukan KPR dengan status karyawan tetap.

Namun, Anda bisa mengikuti tips-tips berikut agar dapat mendukung KPR Anda diterima bank sekalipun Anda adalah karyawan kontrak.

 

#1 Menyiapkan Uang Muka

Uang muka adalah salah satu syarat yang harus diajukan saat mengajukan pinjaman KPR. Uang muka yang diajukan akan dilihat oleh pihak bank untuk menilai seberapa meyakinkannya Anda.

Jika jumlahnya tidak meyakinkan, maka bank bisa saja menolak pengajuan Anda. Apalagi status sebagai karyawan kontrak menentukan persetujuan bank menerima pengajuan KPR Anda.

Siapkan uang muka yang cukup, bahkan kalau memungkinkan, siapkan uang muka lebih dari jumlah minimal yang diminta untuk meyakinkan bank menerima KPR yang Anda ajukan.

 

#2 Riwayat Pinjaman

Riwayat pinjaman Anda akan mempengaruhi disetujui atau tidaknya KPR yang Anda ajukan. Untuk bisa mengajukan kredit perumahan, Anda harus bersih dari riwayat peminjaman yang buruk.

Menunggak pembayaran pinjaman akan masuk dalam database Bank Indonesia. Sementara Sistem Informasi Debitur (SID) merupakan sistem informasi milik Bank Indonesia.

Pernah Coba Simulasi KPR dengan Kalkulator KPR - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Sudah Yakin? Simak Dulu 5+ Kerugian Membeli Rumah Dengan KPR]

 

Melalui sistem informasi ini, setiap bank bisa mengakses informasi perbankan terkait masalah riwayat peminjaman.

Apabila riwayat peminjaman Anda bersih atau positif, tentu saja ini bisa jadi pertimbangan yang baik bagi bank untuk menerima pengajuan KPR Anda.

 

#3 Memilih Rumah Yang Tepat dan Sesuai

Dalam pengajuan KPR Anda, pilihlah rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda saat pengajuan. Jangan memilih rumah yang sekedar cocok dengan selera Anda, namun tidak cocok dengan kondisi keuangan Anda.

Pemilihan rumah ini akan berpengaruh pada persetujuan bank menerima KPR Anda. Pilihlah rumah yang sesuai dengan perhitungan finansial Anda.

Apalagi jangka waktu pembayaran akan ditempuh dalam bertahun-tahun lamanya. Bisa jadi nantinya Anda stres karena tidak bisa membayar tanggungan Anda. Perhitungan ini sangat penting sekali bagi keberlangsungan finansial Anda.

Anda bingung bagaimana cara menghitung pembelian rumah Anda? Aplikasi Finansialku hadir untuk membantu Anda dalam mengatur, mengalokasikan, dan merencanakan keuangan Anda.

Hitung pembelian rumah Anda dengan fitur ‘Dana Membeli Rumah’ Finansialku untuk mengetahui rincian pembayaran yang nantinya harus Anda bayar sebelum membeli rumah.

Menghitung biaya ini terlebih dahulu akan membantu Anda menulis jumlah uang muka dan pemilihan rumah yang tepat sehingga pengajuan KPR Anda dapat diterima oleh bank.

Cek juga kondisi kesehatan keuangan Anda dengan fitur ‘Financial Health Check Up’ untuk melihat seberapa sehat kondisi keuangan Anda.

Kesehatan Keuangan Mahasiswa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Punya Uang Lebih: Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi?]

 

Punya pertanyaan seputar masalah keuangan Anda? Masih bingung dengan perhitungan pembelian rumah?

Melalui fitur ‘Tanya Jawab’, Anda dapat berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Bersertifikat di Finansialku di mana pun Anda inginkan.

Dengan berlangganan premium, Anda dapat menggunakan seluruh fiturnya sepuasnya.

Cukup berinvestasi Rp350 ribu untuk satu tahun penuh, Anda dapat mengelola keuangan Anda, berkonsultasi dengan para ahli dan dapatkan kebebasan finansial yang Anda dambakan.

Dapatkan potongan Rp50 ribu dengan memasukkan kode promo POTONG50RIBU untuk investasi yang lebih hemat. Belum punya aplikasinya?

Download sekarang di Google Play Store atau daftarkan akun Anda lewat banner di bawah ini.

 

#4 Rasio Utang yang Masuk Akal

Rasio utang dengan gaji Anda harus sangat rasional, tidak boleh melebihi gaji bulanan Anda. Meski riwayat kredit bersih, namun jika rasio utang terlalu besar, maka pengajuan KPR tersebut bisa saja ditolak oleh pihak bank.

Sebagaimana anjuran para ahli keuangan, rasio utang maksimal yang bisa ditanggung oleh seseorang adalah sebesar 30-40% dari total penghasilan tetap.

KPR vs KTA Perbandingan Antara Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Tanpa Agunan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Mikir KPR itu Mahal? Ini Alasan Anda Perlu Mengajukan KPR]

 

Artinya, jika rasio utang melebihi angka tersebut, maka ini sangat berisiko, sebab besar kemungkinan kemampuan orang tersebut dalam membayar sejumlah utang yang baru adalah nol.

Apabila Anda dapat mengelola hal ini, karyawan kontrak pun dapat membuat bank menyetujui ajuan KPR Anda.

 

#5 Persiapan Matang

Agar pengajuan kredit rumah Anda disetujui pihak bank, Anda harus melakukan persiapan yang matang, mulai dari persiapan fisik hingga persiapan batin.

Secara fisik, persiapannya meliputi berkas-berkas atau dokumen-dokumen yang bersangkutan, kelengkapan surat keterangan, kelengkapan rumah, dan kelengkapan-kelengkapan lainnya.

Secara batin, Anda perlu mempersiapkan mental Anda untuk terikat pada suatu perjanjian pinjaman.

9 Tips Membeli Rumah Bekas Minimalis KPR-01-Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Strategi yang Harus Anda Ikuti, Agar KPR Disetujui Bank]

 

Apakah Anda sudah siap untuk melakukan pinjaman kredit rumah dalam waktu yang lama. Apakah Anda sudah siap untuk menyisihkan penghasilan Anda membayar kredit rumah?

Suatu hal yang kelihatannya sepele namun berefek luar biasa. Jika Anda tidak siap secara mental, bisa jadi Anda akan mengalami masa-masa yang sulit di waktu-waktu pembayaran di masa yang akan datang.

 

Bank-bank yang Memberikan Pinjaman KPR Karyawan Kontrak

Sudah mengetahui tips-tipsnya, pertanyaan yang muncul berikutnya adalah, ‘Di mana saya bisa mengajukan KPR karyawan kontrak tersebut?’

Tak perlu khawatir, berikut ini merupakan bank-bank yang bisa menerima pengajuan KPR tersebut:

 

BCA

Bank yang telah beroperasi lebih dari 60 tahun di dunia perbankan Indonesia ini memiliki produk yang menguntungkan bagi para nasabahnya, salah satunya adalah KPR karyawan kontrak.

Bank ini memiliki cabang yang tersebar luas di Indonesia. Anda dapat pergi ke BCA untuk mengajukan KPR tersebut. Tidak hanya itu, syarat yang diajukan pun cukup mudah.

 

BRI

Sesuai namanya, Bank terbesar di Indonesia ini memang diperuntukkan untuk rakyat Indonesia. Bank ini juga membuka peluang pinjaman KPR bagi Anda yang merupakan karyawan kontrak.

Syarat yang diajukan pun sangat mudah, bahkan bisa dikatakan cuma-cuma, yaitu cukup dengan membuka tabungan BRItama. Prosesnya pun cepat dan mudah.

 

BNI

Bank yang didirikan pada tanggal 5 Juli 1946 ini juga memberikan program cicilan KPR bagi mereka yang berstatus karyawan kontrak.

Selama Anda memiliki penghasilan, Anda bisa mencoba untuk mengajukan KPR di bank ini. Tentu saja, harus diikuti dengan melengkapi dokumen dan syarat yang diminta bank.

 

Bank Mandiri

Bank yang memiliki banyak peminat ini memberikan kemudahan bagi mereka yang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri. Mandiri memiliki banyak fitur KPR, salah satunya adalah KPR karyawan kontrak.

Anda dapat mengajukan KPR Anda sesuai dengan kebutuhan.

 

KPR? Coba Saja Dulu

Jangan takut untuk mengajukan KPR bagi karyawan kontrak. Kini Anda pun bisa mendapatkan rumah sesuai dengan keinginan Anda. Beberapa bank telah memberikan jalan bagi Anda untuk mengajukan KPR tersebut.

Ikutilah tips-tips di atas dan cobalah untuk mengajukan KPR sekalipun Anda merupakan karyawan kontrak.

Memiliki rumah tentunya merupakan impian setiap orang. Jangan khawatir, apapun akan terwujud jika Anda meyakininya dan merencanakannya dengan tepat.

Anda bisa membaca buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True dari Finansialku, agar Anda bisa wujudkan mimpi ataupun tujuan keuangan Anda dengan tepat.

Yuk dapatkan bukunya dengan klik link di bawah ini..

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

MAKE A PLAN!

 

Nah, sekarang Anda sudah mengerti tips-tips mengajukan KPR tersebut. Informasi yang bermanfaat bukan?

Mungkin rekan Anda yang merupakan karyawan kontrak sedang kebingungan mengajukan KPR. Anda dapat menjadi pahlawan dengan membagikan artikel informatif ini kepada mereka. Selamat berbagi!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 22 Februari 2018. Tips Pengajuan KPR Untuk Karyawan Kontrak. Disitu.com – http://bit.ly/2lUTMGj
  • Admin. 13 Mei 2018. 4 Bank Yang Menerima KPR Karyawan Kontrak Mudah Proses Cepat. Bisnism.com – http://bit.ly/2ko9OYY

 

Sumber Gambar:

  • KPR  – http://bit.ly/2mhsYAa