Kriteria lokasi properti seperti apakah yang tepat untuk menjadi lahan investasi properti bagi para investor properti? Berikut ini Tim Finansialku akan mengajak Anda untuk memahami berbagai lokasi yang tepat untuk Anda berbisnis properti agar tidak merugi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Properti Hebat, Lokasi Tepat

Kriteria penentu nilai sebuah properti yang selalu ditekankan oleh para praktisi properti tidak lain dan tidak bukan adalah Lokasi. Lokasi memang memiliki peran yang sangat sentral dan vital, terutama bagi Anda yang terjun dalam bisnis properti dan membutuhkan cash flow dari properti yang Anda beli tersebut.

Perhatikan juga pertumbuhan lokasi dimana properti yang Anda beli tersebut apakah mengalami pertumbuhan yang positif seiring pertambahan waktu atau malahan sebaliknya. Lokasi yang masih dinilai minus namun dalam waktu beberapa tahun ke depan akan dibangun beberapa pusat perbelanjaan, perkantoran dan perumahan, agaknya dapat menjadi lokasi yang bisa Anda lirik untuk dibeli. Ini adalah salah satu strategi investasi dalam bidang properti.

Kriteria Lokasi Properti Yang Tepat Bagi Investor Properti 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Keahlian yang Harus Anda Miliki Sebagai Investor Properti]

 

Lokasi yang Oke untuk Investasi Properti

Beberapa ciri lokasi yang strategi yang patut Anda lirik sebagai ladang investasi properti Anda diantaranya sebagai berikut:

 

#1 Dekat dengan Kawasan Perkantoran

Properti di daerah seperti ini biasanya memiliki nilai investasi yang tinggi dan cenderung meningkat. Ditambah lagi jika lokasi tersebut dekat dengan perkantoran elite, kalau digambarkan seperti kawasan Sudirman dan Thamrin di Jakarta. Lokasi seperti itu sudah pasti memiliki nilai yang sangat tinggi. Permintaan akan sewa perkantoran dan rumah hunian pun tinggi karena banyak orang atau perusahaan ingin berkantor di daerah tersebut. Tentu saja para pekerjanya juga membutuhkan tempat tinggal seputar daerah tersebut.

 

#2 Dekat dengan Kawasan Perindustrian atau Pabrik

Walaupun lokasi ini tidak se-elite seperti daerah perkantoran pada ciri nomor 1 diatas, namun ada hal lain yang dapat membuat nilai investasi di daerah tersebut tinggi, yaitu bahwa populasi di daerah tersebut biasanya akan lebih besar daripada lokasi lainnya. Hal ini akan memberikan peluang bagi kita untuk memiliki properti yang potensial, seperti rumah kontrakan atau kos. Properti komersial di daerah ini juga perlu menjadi bahan pertimbangan kita karena dapat melayani kebutuhan para pekerja pabrik, seperti kios pulsa, warung makan atau minimarket.

 

#3 Sekitar Sekolah atau Kampus

Properti yang berada di kawasan sekolah atau kampus merupakan daerah yang sangat menjanjikan karena hal ini dapat memudahkan kita untuk menghasilkan cash flow positif setiap. saat. Di lokasi seperti ini sangat disarankan untuk membuat kios fotokopi, kios jual pulsa, kantin, salon, atau kamar kos untuk para mahasiswa pendatang dari luar kita yang berkuliah atau bersekolah di daerah tersebut. Jadi, jangan pandang sebelah mata dan remehkan lokasi ini.

Kriteria Lokasi Properti Yang Tepat Bagi Investor Properti 03 - Finansialku

[Baca Juga: Hal ini yang Membuat Investor Enggan Bisnis Properti dan Investasi Properti]

 

#4 Daerah Sekitar Pasar

Mungkin Anda membayangkan image pasar di sini adalah pasar tradisional. Pasar modern di kota besar saat ini sudah sangat nyaman dan bersih, dimana para pedagang pasar dapat menjadi target menjanjikan sebagai penyewa properti Anda. Anda disarankan untuk memburu properti komersial atau rumah di sekitarnya untuk menghasilkan cash flow yang positif.

 

#5 Dekat dengan Pusat Perbelanjaan (Mall)

Permintaan properti di daerah ini terbilang tinggi. Orang yang tinggal di sekitar daerah seperti ini merasa hidupnya menjadi lebih mudah. Dengan adanya pusat perbelanjaan atau mall, maka daerah di sekitarnya akan menjadi lebih hidup.

 

#6 Daerah yang Tinggi dan Padat Penduduk

Suatu daerah yang semakin padat penduduknya makan harga properti akan semakin baik. Namun, maksud dari bagian ini bukanlah lingkungan kumuh yang padat seperti kebanyakan lokasi di Jakarta. Kepadatan ini dapat dilihat dari jumlah perumahan di sekitar lokasi properti yang akan kita beli. Biasanya, semakin banyak rumah dalam satu komplek perumahan, maka akan semakin tinggi tingkat kepadatan penduduknya.

Kriteria Lokasi Properti Yang Tepat Bagi Investor Properti 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali 7 Sifat Dasar Properti yang Perlu Anda Ketahui]

 

Cara mudah untuk mengetahui tingkat kepadatan penduduk suatu lokasi adalah dengan cara memperhatikan apakah di daerah tersebut telah berdiri gedung perusahaan besar seperti bank atau banyaknya minimarket yang tersebar. Biasanya mereka telah melakukan survei berbagai daerah yang padat jumlah penduduknya.

 

#7 Daerah yang Dekat dengan Pintu Tol

Daerah yang berdekatan dengan akses pintu tol dapat menjadi properti yang mahal, terutama di kota-kota besar. Mengapa demikian? Karena masalah kemacetan adalah penyebab utamanya sehingga banyak orang yang menilai bahwa tempat tinggal yang dekat dengan akses pintu tol akan menghindarkan mereka dari masalah kemacetan. Biasanya orang yang ingin membangun tempat untuk usaha mengincar daerah yang dekat dengan pintu tol.

 

#8 Kemudahan Akses Transportasi Umum

Semakin mudah dan semakin beragam sarana transportasi umum yang ada, akan semakin baik. Daerah yang dilalui oleh transportasi umum akan memudahkan kita mencari penyewa atau membuka usaha.

 

Kondisi Bangunan dan Dokumen yang Sah serta Lengkap

Selain daerah atau lokasi yang strategis dan menjanjikan cash flow yang positif, jangan pernah menyepelekan kondisi bangunan dari properti yang akan dibeli. Kondisi bangunan yang tidak terawat dan memerlukan banyak perbaikan, pasti akan mempengaruhi penilaian harga pasar dan cash flow Anda. Anda dapat melihat usia dari bangunan dari dokumen IMB.

Kriteria Lokasi Properti Yang Tepat Bagi Investor Properti 05 - Finansialku

[Baca Juga: Ada 3 Tipe Investor Properti. Tipe Seperti Apakah Anda?]

 

Berbicara mengenai dokumen, Anda perlu mengecek dengan saksama setiap dokumen yang ada dari properti tersebut. Kelengkapan dan keabsahan dari dokumen-dokumen menjadi salah satu faktor penting pertimbangan Anda dalam membeli properti. Anda perlu jeli karena saat ini sudah banyak orang yang mahir memalsukan dokumen sehingga Anda jangan sampai tertipu. Oleh sebab itu, Anda perlu menjadikan pihak bank sebagai partner kerja Anda karena pihak bank akan secara otomatis menilai dan memeriksa kelengkapan dokumen properti tersebut dengan sangat teliti dan sebaik mungkin. Pihak bank akan lebih berpengalaman dan lebih berhati-hati daripada Anda sehingga Anda akan terbantu dan terhindar dari penipuan dokumen palsu.

 

Info Bagi Para Investor Properti Pemula

Pada awal bisnis, Anda menaruh kekayaan dalam bidang properti. Jangan pernah sekalipun mempergunakan kredit atau uang pinjaman untuk tujuan konsumtif atau membeli barang-barang yang nilainya cenderung turun. Selalu gunakanlah uang Anda untuk membeli barang yang nilainya selalu meningkat. Apabila terpaksa untuk menggunakan uang pribadi, keluarkan uang seminim mungkin.

 

Apakah Anda seorang investor properti? Lokasi seperti apakah yang menjadi incaran Anda demi menghasilkan cash flow positif bagi usaha Anda? Berikan komentar dan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap informasi dari artikel yang diterbitkan oleh Tim Finansialku bagi Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Joe Hartanto. September 2009. Property Machine Cash. Jakarta: PT Gramedia.

 

Sumber Gambar:

  • Properti Mewah – https://goo.gl/Mf6G8A
  • Properti di Kuningan – https://goo.gl/WxobTG
  • Sekolah – https://goo.gl/h91NFF
  • Kawasan Padat Penduduk – https://goo.gl/b8TnUI
  • Apartemen di Pacific Place – https://goo.gl/DUK2yk

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com