Sudahkah Anda tahu Bank mana saja yang memberikan KTA bunga rendah dan apa saja syarat yang diperlukan untuk pengajuannya?

Simak 5 (lima) bank yang memberi KTA dengan bunga rendah sebagai pertimbangan dalam mengambil mana KTA bunga rendah yang cocok bagi Anda di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

KTA Bunga Rendah

Kredit Tanpa Agunan (KTA) bunga rendah sudah banyak ditawarkan oleh bank maupun lembaga non-bank. Namun, tak ada yang lebih menggiurkan daripada KTA bunga rendah, bahkan ada yang di bawah 1 persen saja, lho.

Masalahnya, tidak banyak bank yang memiliki layanan KTA dengan bunga tak lebih dari 1 persen. Beberapa bank besar yang telah memiliki jaringan luas, termasuk BCA dan Mandiri, mematok bunga di atas itu.

5 Bank yang Memberi KTA Bunga Rendah, Siapin Juga Persyaratannya 02

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Tenor KTA (Kredit Tanpa Agunan) yang Terbaik?]

 

Sangat disayangkan karena KTA merupakan layanan pinjaman yang paling mudah karena tidak perlu membutuhkan jaminan apapun.

Namun janganlah bersedih, tidak mustahil bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dengan bunga serendah itu dari bank. Di bawah ini terdapat 5 (lima) bank yang memberi KTA bunga rendah.

 

Daftar Bank yang Tawarkan KTA Bunga Rendah 2019

Besaran bunga KTA tiap-tiap bank di Indonesia berbeda satu sama lain. Ada yang memberikan 1 persen, ada juga yang hanya 0,65 persen saja. Sudah pasti bagi Anda sahabat Finansialku lebih memilih bunga yang kecil lebih menarik.

Setiap tahunnya bank-bank di Indonesia menetapkan bunga KTA dengan besaran yang berbeda. Jika Anda menginginkan cicilan yang ringan, Anda harus jeli dalam memilih bank yang memberi penawaran KTA bunga rendah.

DI bawah ini adalah daftar bank yang tawarkan KTA bunga rendah terbaru tahun 2019 yang resmi ditetapkan bank-bank di Indonesia beserta lamanya tenor pinjaman.

 

#1 Standard Chartered

Bank asing ini menawarkan KTA bunga rendah mulai dari 0,65 hingga 1,49 persen per bulan dan dapat diakses secara online.

Besaran jumlah pinjaman harus berkisar antara Rp50 juta hingga Rp200 juta dengan syarat status peminjam merupakan karyawan.

Apabila jumlah pinjaman yang Anda ajukan lebih kecil, maka Anda akan dikenakan bunga yang berbeda. Begitu pula jika peminjam merupakan kalangan profesional maupun pengusaha.

Satu syarat utama untuk mengakses KTA ini adalah memiliki penghasilan minimal Rp8 juta per bulan dan memiliki kartu kredit dari bank lain dengan limit sama dengan atau di atas Rp12 juta.

5 Bank yang Memberi KTA Bunga Rendah, Siapin Juga Persyaratannya 03

[Baca Juga: Pahami Ini Sebelum Terlilit Hutang Kredit Tanpa Agunan Berbunga Tinggi!]

 

Syarat lainnya adalah peminjam harus berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Surabaya.

Plafon maksimal KTA Standard Chartered adalah Rp300 juta. Adapun tenor maksimalnya lima tahun atau 60 bulan.

 

#2 Bank DBS

DBS Bank memiliki layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) bunga rendah dari 0,88 hingga 1,49 persen per bulan dengan plafon Rp300 juta. Jangka waktu cicilannya hingga tiga tahun atau 36 bulan.

Namun bunga rendah itu hanya berlaku untuk pinjaman Rp200-300 juta saja. Untuk pinjaman di bawah Rp200 juta memiliki bunga KTA yang lebih tinggi.

Sama halnya seperti Standard Chartered, terdapat syarat kepemilikan kartu kredit di bank lain dengan masa aktif minimal sembilan bulan untuk karyawan.

Namun gaji minimumnya lebih rendah, yakni hanya Rp3 juta saja. KTA bunga ringan DBS juga dapat Anda akses secara online melalui situs bank ini.

 

#3 CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga ini menawarkan KTA bunga rendah mulai dari 0,99 hingga 1,79 persen per bulan. Besaran jumlah pinjaman maksimal hingga Rp200 juta. Jangka waktu cicilannya hingga empat tahun atau 48 bulan.

Namun, KTA CIMB Niaga tidak berlaku untuk semua orang. Kriteria untuk bisa mengajukan adalah: terdaftar sebagai nasabah Niaga, seperti payroll gaji Niaga, punya tabungan/deposito, atau kartu kredit Niaga.

Selain itu, Anda juga harus menjadi nasabah pemegang kartu kredit bank lain.

apakah-bisa-mahasiwa-mengajukan-kta-kredit-tanpa-agunan-1-fiannsialku

[Baca Juga: Sebelum Mengajukan KTA, Kenali Dulu Perbedaan KTA Karyawan dan Wiraswasta]

 

Jika bukan nasabah di CIMB Niaga dan tidak memiliki kartu kredit, Anda tidak bisa mengajukan KTA CIMB Niaga.

Pengajuan KTA tanpa kartu kredit di CIMB Niaga hanya bisa jika: payroll gaji di CIMB Niaga atau memiliki rekening tabungan/deposito di CIMB Niaga.

CIMB Niaga mewajibkan pengambilan asuransi untuk peminjam agar keluarga tidak terbebani risiko jika peminjam kena musibah dan tidak bisa membayar cicilan kredit.

 

#4 Bank Mandiri

Bank Mandiri menawarkan KTA bunga rendah mulai dari 0,5 hingga 0,61 persen per bulan. Besaran jumlah pinjaman dari Rp5 juta hingga Rp1 miliar. Jangka waktu cicilannya hingga lima belas tahun atau 180 bulan.

KTA Mandiri merupakan pinjaman tanpa agunan yang cukup populer.

Namun, di akhir 2018, Kredit Tanpa Agunan Mandiri membuat perubahan, yaitu pengajuan Kredit Tanpa Agunan hanya bisa dilakukan oleh nasabah payroll Mandiri saja.

Di samping itu, ketentuan lain adalah Kredit Tanpa Agunan Mandiri yang baru ini tidak menerima permohonan pengusaha lagi.

Pengusaha yang membutuhkan kredit, harus mengajukan kredit tanpa agunan melalui channel mikro usaha Bank Mandiri.

 

#5 Bank BCA

Bank BCA menawarkan KTA bunga rendah mulai dari 1 hingga 1,07 persen per bulan. Besaran jumlah pinjaman dari Rp5 juta hingga Rp100 juta. Jangka waktu cicilannya hingga tiga tahun atau 36 bulan.

Personal Loan BCA menawarkan pinjaman tanpa agunan dengan bunga bersaing. Meskipun bunga pada Bank BCA tidak serendah Bank Mandiri.

5 Jenis KTA - Kredit Tanpa Agunan, Salah Satunya KTA Tanpa Kartu Kredit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pinjaman Uang Tanpa Jaminan, Sebaiknya Digunakan Untuk Apa? KTA Untuk Bisnis?]

 

Namun, keunggulan dari BCA pinjaman KTA ada pada biaya admin yang tergolong kecil dan tidak ada kewajiban untuk mengambil asuransi.

Perlu diketahui bahwa biaya admin dan premi asuransi sangat penting untuk Anda cermati karena harus dibayar melalui pemotongan nilai pencairan.

Pinjaman tunai tanpa agunan di BCA menerapkan biaya admin sebesar 1% dari pinjaman atau minimum Rp100.000 termasuk paling kecil diantara KTA yang lain.

Sementara, asuransi bersifat opsional di BCA. Anda tidak wajib untuk  mengambilnya. Di beberapa KTA. konsumen diwajibkan untuk mengambil asuransi.

 

Syarat-syarat Pengajuan KTA

Dengan banyaknya tawaran KTA bunga rendah bukan berarti bank-bank dengan mudahnya menyetujui setiap pengajuan yang ada. Untuk itu, perlu Anda ketahui terlebih dahulu syarat-syarat pengajuan KTA yang wajib dipenuhi.

Dilansir dari Moneysmart.com, berikut ini adalah syarat-syarat pengajuan KTA yang wajib disiapkan:

  1. Kartu kredit. Orang yang memiliki kartu kredit lebih berpeluang disetujui pengajuan KTA-nya. Hal tersebut dikarenakan bank lebih mudah mengetahui kolektibilitas kredit nasabah melalui SLIK OJK. Dengan demikian bank bisa menilai apakah si nasabah punya riwayat utang yang baik atau buruk.

 

  1. Mempunyai besaran gaji yang sesuai dengan besaran cicilan. Kesanggupan membayar cicilan sangat ditentukan oleh besaran gaji. Rasionya adalah 30 persen gaji digunakan untuk membayar cicilan. Pengajuan KTA Anda tidak akan disetujui jika besaran cicilan melebihi rasio tersebut.

Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan) 1 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Kredit Multi Guna atau KTA (Kredit Tanpa Agunan)?]

 

  1. Pastikan Anda memiliki rekening payroll di bank di mana Anda akan mengajukan KTA. Dengan adanya rekening payroll ini dapat memudahkan bank dalam melihat cash flow di rekening Anda.

 

  1. Anda harus memastikan tidak sedang memiliki kewajiban kredit berjalan. Kembali lagi ke rasio 30 persen dari gaji, jika Anda memiliki kredit berjalan, bank akan ragu untuk menyetujui pengajuan yang Anda berikan. Bank tidak ingin mengambil risiko pada nantinya akan timbul gagal bayar.

 

  1. Penuhi dokumen-dokumen yang diminta. Dokumen tersebut antara lain mulai dari fotokopi rekening tabungan, mengisi formulir pengajuan, fotokopi KTP, slip gaji terakhir, fotokopi kartu kredit, hingga NPWP.

 

Kesimpulan

Jadi, sekarang Anda sudah tahu bank-bank mana saja yang menawarkan KTA dengan bunga rendah serta persyaratan pengajuannya. Anda bisa memilih mana saja yang sesuai untuk Anda.

Meskipun bank memberikan pinjaman kredit tanpa agunan yang dapat memudahkan Anda memperoleh cita-cita keuangan Anda, tentu saja akan lebih baik apabila kita mengelola keuangan kita dengan baik.

Sekecil apa pun bunga yang ditawarkan, membayar bunga tetap saja bukanlah sesuatu yang menyenangkan.

Oleh karena itu, catat dan kelola keuangan Anda dengan aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda mengelola keuangan Anda dengan baik sehingga terhindar dari pengeluaran yang tidak bermanfaat.

Anda dapat download secara gratis di Google Play Store atau mendaftarkan diri lewat banner di bawah ini.

Mencapai cita-cita keuangan Anda memang bukanlah hal yang mudah, namun dengan perencanaan dan strategi yang baik, Anda pasti bisa memperolehnya.

Milikilah buku “Make A Plan and Make Your Financial Dreams Come True” untuk mendapatkan tips dan cara untuk memperoleh cita-cita keuangan Anda.

Pesan bukunya sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini.

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

Pesan Buku #Make A Plan

 

Artikel yang sangat informatif bukan? Sekarang, jika Anda membutuhkan Kredit Tanpa Agunan, Anda dapat mencobanya sesuai dengan artikel di atas.

Jika informasi ini baru bagi Anda, mungkin hal yang sama terjadi pada rekan-rekan Anda ketika membacanya. Jangan biarkan informasi ini selesai pada Anda.

Bagikan artikel ini kepada mereka untuk sama-sama mendapatkan kecerdasan finansial ini.

 

Sumber Referensi:

  • Boby. 13 Juni 2019. Mulai dari 0,65 Persen, Ini Daftar Bank Pemberi KTA Bunga Rendah 2019. Moneysmart.id – http://bit.ly/2mvtRVW
  • Hardian Putra. 12 Oktober 2018. 6 KTA Bunga Rendah di 2019 yang Layak Dilirik, Kurang dari 1%!. Gobear.com – http://bit.ly/2kQ1FwJ

 

Sumber Gambar:

  • KTA Bunga Rendah 01 – http://bit.ly/2m5m7Ki
  • KTA Bunga Rendah 02 – http://bit.ly/2l2ilRu
  • KTA Bunga Rendah 03 – http://bit.ly/2kSCRnT

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang