Kamu mau adopsi kucing anggora tapi masih bingung berapa harga dan bagaimana cara merawat kucing lucu ini?

Bagi kamu yang berminat memelihara kucing jenis ini, cari tahu yuk berapa kisaran harganya dan bagaimana perawatannya agar tetap sehat. Semuanya terangkum lengkap di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Seperti Apa sih Kucing Anggora itu?

Sejak dulu, meski belum pernah memelihara kucing, saya selalu penasaran dengan keistimewaan kucing anggora karena banyak cat lovers yang mengadopsi kucing lucu satu ini.

Rasa penasaran tersebut membuat saya mencari tahu seperti apa sih kucing jenis angora ini. Ternyata kucing anggora memang sangat imut dengan bulunya yang putih dan tingkah lakunya yang lincah serta menggemaskan.

Menurut beberapa informasi, nama kucing anggora diambil dari nama Kota Angkara (Angora) yang berada di Turki. Bahkan kucing ini sering dikaitkan dengan mitos dari legenda di wilayah tersebut.

Kucing Anggora_ Informasi Harga, Ciri Fisik dan Cara Merawatnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Waralaba? Kenali Dahulu Struktur Jaringan Waralaba Agar Anda Sukses Berbisnis Waralaba]

 

Tidak sekedar dipelihara, anggora juga kerap dibudidayakan lho! Kucing anggora dibudidayakan cat lover untuk kemudian diadopsikan pada cat lovers lainnya.

Namun banyak yang bilang bahwa sulit menemukan kucing anggora dengan ras asli karena banyak ras campuran keturunannya. Oleh karena itu, penting untuk mengenal ciri fisiknya jika kamu mau memeliharanya.

Seperti apa sih ciri fisik dari kucing anggora dengan ras murni? Yuk lihat ulasannya berikut:

 

#1 Fisik Umum

Secara umum, kucing anggora normal akan memiliki fisik umum dengan kriteria seperti berikut ini:

  • Berat badan: 5kg (jantan dewasa),  3,5kg – 5kg (betina dewasa)
  • Warna mata: biru, kuning keemasan, hijau, emas, warna yang tak terduga
  • Umur: 9 -14 tahun
  • Bulu: moderate, tidak terlalu panjang

 

#2 Bulu

Jika memperhatikan bulunya, keaslian ras kucing ini bisa dilihat dari warna bulunya. Anggora pada dasarnya mempunyai banyak jenis warna, yang dibagi menjadi 2 yaitu warna dasar dan warna pattern.

  • Warna dasar: putih, merah, cream, hitam, biru, abu-abu, tortoiseshell, calico, dilute calico, blue cream
  • Warna patternsolid color, tortoiseshell, bicolor, tricolor/calico, tabby, smoke

Sekedar informasi, pertumbuhan bulu kucing anggora akan menyesuaikan dengan intensitas cuaca.

Jika kondisi cuaca sedang panas maka bulu anggora akan terlihat lebih pendek dan jika cuaca sedang dingin bulu mereka akan terlihat lebih panjang.

 

#3 Bentuk Kepala, Mata, dan Hidung

Ciri fisik selanjutnya yang mudah dikenali adalah dari bentuk kepalanya. Kucing anggora memiliki bentuk kepala yang sekilas terlihat seperti kucing lokal.

Namun jika diperhatikan lebih lanjut maka akan tampak bahwa bentuknya seperti segitiga terbalik dengan bagian atas kepalanya yang lebih lebar serta semakin mengerucut ke bagian dagu.

Bulu kucing anggora di bagian kepala juga tidak terlalu panjang, jelas berbeda dengan kucing Persia.

Kucing Anggora_ Informasi Harga, Ciri Fisik dan Cara Merawatnya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Selain bentuk mukanya, cek juga kondisi matanya.  Perlu kamu ketahui, kucing anggora memiliki warna mata beragam, jadi kamu mungkin hanya perlu melihat ukuran bola mata.

Anggora dengan ras asli memiliki bola mata yang bulat dan lebar.

Terakhir, cek juga kondisi hidungnya. Berlawanan dengan kucing Persia yang cenderung pesek, hidung kucing anggora kelihatan mancung yang didukung wajah yang lonjong.

Jika dilihat lebih dekat, hidung kucing Anggora seperti ke atas serta lubang hidungnya terlihat.

 

#4 Badan

Kamu juga bisa mengenali ras murni kucing ini dari bentuk dan berat badannya. Kucing anggora pada umumnya mempunyai tubuh langsing, anggora jantan biasanya lebih besar dari betina anggora.

Panjang tubuh anggora memang cukup panjang, serta bagian belakangnya sedikit lebih tinggi daripada bagian depan si kucing ini. Struktur tulangnya sudah cukup bagus dengan tonjolan tulang yang sedikit terlihat di badannya.

Sedangkan berat badan anggora bisa dibilang langsing tidak seperti kucing Persia yang terlihat lebih gempal. Anggora jantan akan memiliki bobot lebih besar dari betina.

Untuk ukuran panjang, kucing anggora termasuk kucing dengan ukuran middle berarti tidak terlalu panjang tetapi juga tidak terlalu pendek.

 

#5 Kaki

Kucing anggora memiliki bentuk kaki yang panjang, dia akan terlihat tinggi jika sedang berjalan. Kaki yang menarik perhatian ini didukung dengan ukuran tubuh kucing yang cenderung langsing.

 

#6 Ekor

Kucing anggora memiliki ekor yang panjang dengan bulu yang sedikit tebal, dibandingkan bagian tubuh kucing yang lain.

Kalau kamu mengamati seekor anggora lebih detil, bulu ekornya mengembang seperti ekor musang atau kemoceng.

Kucing Anggora_ Informasi Harga, Ciri Fisik dan Cara Merawatnya 04 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Selain dari ciri fisiknya, kamu juga bisa mengamati perilaku kucing anggora untuk lebih yakinnya. Anggora mempunyai gaya yang anggun serta gemulai yang tidak banyak kucing lain miliki pada umumnya. 

Namun demikian, kucing anggora merupakan jenis kucing yang aktif dan dinamis, serta cukup lincah dan ramah.

Anggora juga memiliki pergerakan yang cukup cepat, sehingga mereka sangat suka diajak berburu, bermain dengan air, serta menggemari aktivitas manusia. 

Mereka sangat mudah beradaptasi dengan kucing jenis lainnya dan juga sangat mudah untuk diajak bermain. Ditambah lagi, kucing anggora juga dapat bersahabat dengan musuh kucing pada umumnya, seperti anjing misalnya.

Terakhir, kucing ini juga dapat diketahui keasliannya dari harganya. Perlu kamu ketahui, banyak juga breeder yang memang berdedikasi untuk mengembangbiakan kucing ini.

Ini yang menjadi salah satu faktor kenapa harga anggora cenderung turun. Harga anggora asli sendiri terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu anggora asli, anggora breed quality, dan anggora top show.

Adapun harga dari kucing anggora bergantung pada jenisnya adalah sebagai berikut:

SpesifikasiHarga
Anggora asli non-breed qualityRp1.500.000 – Rp2.500.000
Anggora asli breed qualityRp6.000.000 – Rp8.000.000
Anggora top showRp15.000.000 – Rp20.000.000
Anak anggora asli 1-3 bulanRp700.000 – Rp1.000.000

Sumber: Okdogi.com

 

Note:

  • Breed quality = anggora dari keterunan top show, jadi indukan anggora tersebut adalah juara dari eventevent tertentu
  • Top show= kucing yang memenangkan lomba tersebut

 

Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk mengadopsi kucing jenis satu ini? Ternyata cukup mahal juga ya untuk mengadopsi kucing anggora. Pengen adopsi tapi belum ada uangnya?

Jangan khawatir! Kamu bisa download Aplikasi Finansialku dan gunakan fiturnya untuk merencanakan keuanganmu dengan tujuan mengadopsi kucing anggora.

Bukan cuma merencanakan keuangan saja, kamu juga bisa konsultasi dengan Financial Planner dan mengecek kondisi kesehatan keuangan kamu lho!

Tunggu apa lagi, ayo download, rencanakan, dan adopsi kucing anggoramu!

 

Cara Merawat Kucing Anggora supaya Tetap Sehat

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling sering dijadikan hewan peliharaan di rumah. Sifatnya yang penurut dan tenang menjadi ketertarikan tersendiri bagi seseorang yang memelihara kucing.

Nah, infonya sih merawat kucing anggora ini gampang-gampang susah. Hal ini disebabkan kucing ini cenderung aktif dan harus selalu diajak bermain agar tidak depresi.

Makin penasaran kan bagaimana cara merawat anggora agar tetap sehat lahir batin? Yuk langsung simak penjelasannya:

 

#1 Memungkinkannya Tetap Aktif

Kucing anggora adalah kucing yang tergolong aktif serta haus kasih sayang pemiliknya.

Bila dibiarkan kesepian dalam jangka waktu yang lama, kucing ini akan mengalami depresi dan menunjukan perubahan sikap yang tidak menyenangkan.

Oleh karena itu, kalau kegiatanmu tidak terlalu padat dan kamu bisa menghabiskan banyak waktu di rumah, dia cocok jadi peliharaanmu.

Sedangkan kalau kamu sangat sibuk sehingga tak punya waktu di rumah, lebih baik berpikir ulang untuk memelihara kucing ini.

Jadi, dalam merawat kucing anggora kamu juga harus memperhatikan bukan soal kesehatan fisiknya saja, namun juga mentalnya.

 

#2 Berikan makanan yang tepat

Jika ingin kucing tetap sehat dan bulunya indah hal pertama yang harus diperhatikan adalah makanan dan minuman kucing.

Banyaknya merek makanan kucing yang dijual di pet shop terkadang membuat kamu lalai dan tidak memperhatikan kecocokan kucing terhadap jenis makanan tersebut.

Makanan yang baik untuk kucing ras ini adalah makanan yang memiliki kandungan garam sedikit. Lebih baik berikan makanan kering supaya bulunya tidak rontok.

Kucing Anggora_ Informasi Harga, Ciri Fisik dan Cara Merawatnya 05 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

 

Kedua, masalah yang sering dialami kucing anggora adalah obesitas. Dengan demikian, penting bagimu untuk menjaga pola makannya.

Disarankan untuk memberinya menu makanan yang tinggi akan protein. Sangat disarankan kandungan protein dalam tiap makanannya tak kurang dari 40%.

Untuk anggora betina, asupan ideal per-harinya adalah 300kcal/ hari, sedangkan untuk jantan sebanyak 400kcal/hari.

Kamu bisa membagi makan menjadi 2 kali sehari, pagi dan sore. Pembagian ini dirasa tepat untuk tetap memberikan asupan yang banyak untuk mengimbangi keaktifannya, tanpa membuatnya kekenyangan.

Sekedar info, bobot ideal anggora jantan adalah maksimal sekitar 5,5kg. Sedangkan untuk yang betina, bobotnya sekitar 3-5 kg.

 

#3 Jaga kebersihan badannya

Memelihara kucing tidak hanya memberi makan dan minum saja, namun kamu juga harus melakukan perawatan lain yang bisa membuat kucing kamu semakin sehat dan lucu.

Memandikan dan memeriksakan kesehatan kucing secara rutin adalah hal terpenting kedua setelah memberikan kebutuhan nutrisi yang baik.

Kucing harus dimandikan setidaknya satu kali dalam satu bulan, gunakanlah sampo khusus untuk kucing supaya kesehatan bulu tetap terjaga dan terhindar dari ektoparasit kucing.

Kucing Anggora_ Informasi Harga, Ciri Fisik dan Cara Merawatnya 06 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Setelah itu, rutinlah menyikat bulunya minimal dua hari sekali dengan menggunakan sisir metal bergigi panjang.

Hindari menyisir bagian dada dan perut secara keras karena bulu-bulu di kedua daerah tersebut sangat lembut sehingga mudah rontok.

Lakukan juga perawatan pada kuku kucing. Potong kuku kucing dengan teratur supaya kucing tidak berbahaya ketika digendong.

Terakhir, jangan lupakan kebersihan telinganya. Membersihkan telinga kucing anggora sebaiknya kamu lakukan sebanyak dua minggu sekali.

Kamu bisa menggunakan cotton bud agar tak merusak kanal telinganya. Jika sudah bersih, maka bagian dalam telinganya akan berwarna pink dan tak berbau busuk.

Tapi jika warna telinganya masih gelap atau keruh, berarti masih ada kotoran yang tertinggal.

 

#4 Jaga kesehatannya

Sama seperti kucing lain, penyakit genetik adalah faktor paling sering ketika memelihara kucing.

Masalah penyakit yang sering mereka alami pada umumnya adalah adanya parasit atau cacing pita yang bisa menyebabkan diare, nafsu makan berkurang, batuk-batuk serta masalah kesehatan lain dalam perutnya.

Untuk mencegahnya, berikan vaksin sesuai anjuran dokter hewan bagi anggoramu. Vaksin ini salah satu pola perawatan yang penting bagi kucing anggora terutama untuk kalian yang memelihara kucing ini saat masih kecil.

Banyak kasus kucing yang mati karena owner dari kucing lupa atau tidak menghiraukan vaksinasi. Vaksin merupakan bentuk proteksi dari tubuh kucing untuk menolak semua virus dan bakteri yang merugikan bagi tubuh mereka.

Vaksin sebaiknya dilakukan sejak kucing masih kecil, vaksin pertama dilakukan pada usia 8 hingga 10 minggu atau ketika usia sapih. Vaksin ini diberikan untuk mencegah infeksi virus dan jamur.

Kucing Anggora_ Informasi Harga, Ciri Fisik dan Cara Merawatnya 07 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

Kemudian vaksin yang kedua dilakukan pada usia 12 hingga 14 minggu, vaksin ini merupakan booster atau pengulangan dari vaksin pertama.

Vaksin ketiga diberikan ketika usia 16 minggu, vaksin yang diberikan adalah vaksin rabies sekaligus lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk kucingmu.

Setelah itu lakukan vaksinasi ulang rutin setiap tahun untuk mencegah infeksi virus pada kucingmu.

 

Kesimpulan

Jadi, sudah mantap memelihara kucing anggora? Jika iya, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik sehingga kucing anggoramu dapat tumbuh dengan sehat.

 

Nah, bagaimana? Kamu sudah tahu kan informasi tentang kucing anggora ini? Tapi mungkin saja temanmu yang pencinta kucing membutuhkan informasi bermanfaat ini.

Yuk, jadi teman yang baik dengan membagikan artikel ini pada temanmu!

 

Sumber Referensi:

  • Irvandoda. 2017. 11 Ciri Kucing Anggora yang Asli. Kalau Belum Tahu Betul, Mending Nggak Usah Beli! Hipwee.com – http://bit.ly/2ZcUBwh
  • Okdogi. 30 Desember 2018. Kucing Anggora : Harga, Ciri Asli dan Cara Merawat. Okdogi.com – http://bit.ly/2HeFI2e
  • Husnul Abdi. 28 Maret 2019. 9 Cara Merawat Kucing Anggora yang Benar, Bulunya Makin Menawan. Liputan 6.com – http://bit.ly/2MrUPJU
  • Yugi. 20 Mei 2019. Cara Merawat Kucing Anggora. Kucingpedia.com – http://bit.ly/2TJOM4g
  • Yugi. 27 Februari 2019. Harga Kucing Anggora. Kucingpedia.com – http://bit.ly/2KGpf92

 

Sumber Gambar:

  • Anggora 01 – http://bit.ly/2TL4n3l
  • Anggora 02 – http://bit.ly/33TNLLI
  • Anggora 03 – http://bit.ly/2TJYXWt
  • Anggora 04 – http://bit.ly/2Z2ojEU
  • Anggora 05 – http://bit.ly/33H4v8I
  • Anggora 06 – http://bit.ly/2Hf0nTE
  • Anggora 07 – http://bit.ly/2TK0jAx

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang