Lebih baik mana? Beli rumah atau sewa rumah/apartemen? Masing-masing memiliki pertimbangan, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan khawatir, kali ini Finansialku akan menjawab pertanyaan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Lebih Baik Mana? Beli Rumah atau Sewa Rumah/Apartemen?

Rumah atau tempat tinggal tentu saja merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus kita penuhi. Akan tetapi, untuk memenuhi kebutuhan pokok yang satu ini, diperlukan effort atau upaya yang cenderung sangat berat dikarenakan harganya yang memang jauh lebih tinggi dibandingkan kebutuhan pokok lainnya seperti pangan maupun sandang (pakaian). Bahkan, bisa dikatakan biaya untuk memenuhi kebutuhan ini sangatlah tidak terjangkau. Alhasil, banyak orang yang lebih memilih untuk menyewa rumah dibandingkan membelinya. Tetapi, benarkah itu merupakan pilihan yang tepat?

 

#1 Menyewa Rumah atau Apartemen

Seiring dengan selalu meningkatnya harga rumah, banyak orang, baik individu maupun keluarga lebih memilih untuk menyewa rumah atau apartemen untuk dijadikan tempat tinggal. Biasanya mereka beralasan, “Ah, rumah harganya sangat mahal! Nggak mungkinlah untuk bisa membelinya sekarang. Ya udah, sewa aja dulu!” Selain itu, kebanyakan orang juga memilih untuk menyewa tempat tinggal dengan alasan sebagai berikut:

  1. Bebas biaya uang muka.
  2. Bebas biaya perawatan rumah karena biasanya merupakan tanggung jawab pemilik rumah.
  3. Bebas biaya Pajak Rumah Bumi dan Bangunan (PBB).

Lebih Baik Mana Beli Rumah atau Sewa Rumah 1 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Sekarang dengan Gaji Rp4 Juta Bisa Beli Rumah Sendiri]

 

Alasan tersebut memang masuk akal, akan tetapi sebenarnya bukan sesuatu yang perlu dipertahankan, karena di sisi lain, pilihan menyewa rumah pun memiliki berbagai kekurangan, yaitu:

  1. Aset tidak pernah menjadi hak millik. Tentu saja, tidak peduli seberapa lama Anda telah menyewa sebuah tempat tinggal, aset tersebut tidak akan pernah menjadi hak milik Anda.
  2. Biaya kenaikan sewa rumah. Sama halnya dengan harga rumah yang cenderung meningkat setiap tahunnya, biaya sewa rumah pun turut meningkat pula.
  3. Boros biaya transportasi. Selama Anda menyewa rumah, besar kemungkinan bahwa Anda akan berpindah dari rumah yang satu ke rumah lainnya karena misalnya harga yang sudah tidak lagi cocok, kurang rukun dengan pemilik rumah, rumah tersebut tidak disewakan lagi, dan sebagainya. Hal ini tentu saja akan berimbas juga kepada Anda. Anda perlu mencari rumah sewaan baru yang notabene akan menambah biaya pengeluaran Anda di transportasi.

Lebih Baik Mana Beli Rumah atau Sewa Rumah 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Lebih Baik Beli Rumah atau Ambil KPR?]

 

#2 Membeli Rumah atau Apartemen

Nah, alternatif lainnya yang sering ditakuti oleh orang-orang pada umumnya adalah membeli rumah atau apartemen. Biasanya, orang menghindari pilihan ini dengan alasan belum punya cukup uang. Akan tetapi, sebenarnya pilihan ini memiliki keuntungan yang lebih dibandingkan dengan menyewa rumah atau apartemen saja. Apalagi jika melihat sekarang ini sudah tersedia beberapa program pemerintah maupun bank yang dapat mempermudah kepemilikan rumah maupun apartemen, misalnya KPR (Kredit Pemilikan Rumah) maupun KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). Berikut ini adalah kelebihan membeli rumah atau apartemen dibandingkan dengan menyewanya:

  1. Hak milik atas aset. Bertolak belakang dengan menyewa rumah, membeli rumah memberikan Anda hak kepemilikan atas aset yang Anda beli. Begitu pula halnya dengan membeli apartemen.
  2. Investasi jangka panjang. Pada umumnya, harga aset seperti rumah atau apartemen akan meningkat setiap tahunnya, sehingga dengan memiliki rumah atau apartemen sendiri berarti Anda memiliki satu aset investasi yang diharapkan akan memberikan Anda keuntungan di masa yang akan datang.

Lebih Baik Mana Beli Rumah atau Sewa Rumah 3 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tahun Kerja Bisa Membeli Rumah, Asalkan Punya Rencana]

 

Penghasilan saya Rendah, Mana Mungkin Bisa Beli Rumah atau Apartemen!

Tentu saja pernyataan di atas ini mungkin akan segera muncul di dalam benak Anda. Bisa kok, asalkan Anda melakukan perencanaan keuangan dengan baik dan benar sedini mungkin. Anda dapat memulainya dengan cara-cara sederhana, misalnya mulai menabung untuk uang muka rumah, berinvestasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan, dan sebagainya.

 

Menyewa Rumah atau Apartemen Bukanlah Pilihan yang Tepat

Berdasarkan perbandingan kelebihan dan kekurangan antara menyewa dan membeli rumah atau apartemen di atas, kita bisa melihat bahwa memilih untuk menyewa rumah atau apartemen sebenarnya bukanlah pilihan yang tepat. Di awal-awal karier ketika penghasilan Anda masih belum mumpuni mungkin pilihan ini masih dianggap wajar. Akan tetapi Anda harus juga segera memutuskan sampai kapan Anda akan menyewa dan kapan Anda mulai mempersiapkan diri untuk membeli rumah. Karena pada akhirnya, walaupun kecil dan sederhana, rumah sendiri merupakan pilihan yang lebih tepat dibandingkan rumah besar tetapi bukan milik kita sendiri.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Diri Membeli Rumah Pertama  - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kumpulan Tips Membeli Rumah dari Developer]

 

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. Dari artikel tersebut, menurut Anda, apa yang membuat pekerja enggan untuk mulai mempersiapkan dirinya membeli rumah? Silakan Anda dapat menjawab pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • NgaturDuit. 05 Oktober 2016. Kelebihan dan Kekurangan Sewa Rumah. https://goo.gl/fYuDfu

 

Sumber Gambar:

  • Buying vs Renting House – https://goo.gl/5lvqAw
  • Couple in front of a house – https://goo.gl/SHzQyp
  • Saving for house – https://goo.gl/p4eiYO

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang