Ketahui Manajemen Rumah Kost Dengan Baik dan Benar

Bagaimana manajemen rumah kost? Berminat untuk berinvestasi properti rumah kost? Atau Anda sudah terjun dalam bisnis ini namun mengalami kesulitan dalam melakukan pengelolaannya?

Simak rubrik berikut ini dan temukan serta pahami bagaimana cara manajemen rumah kost yang baik dan benar.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Timbang Untung Rugi Bisnis Properti Rumah Kost

Memiliki bisnis rumah kost memang sangat menguntungkan. Banyak calon investor yang juga melirik salah satu jenis investasi properti tersebut.

Usaha rumah kost memberikan banyak kenyamanan dan juga keuntungan yang besar bagi pemiliknya.

Selain mendapatkan pendapatan yang bersifat pasif setiap bulannya dari para penyewa kamar kost, para pemilik bisnis properti rumah kost hanya memiliki tanggung jawab kepada pemerintah untuk membayar biaya Pajak PBB dan PPh saja.

Namun disamping keuntungan besar yang sangat menjanjikan, ternyata ada juga berbagai tantangan yang perlu Anda hadapi jika Anda berminat untuk membuka bisnis rumah kost.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan juga tantangan dari usaha bisnis rumah kost.

 

Keuntungan Bisnis Properti Rumah Kost

Berikut ini berbagai keuntungan bisnis properti rumah kost, yaitu:

 

#1 Tingginya Angka Calon Penyewa

Permintaan akan kebutuhan rumah kost cukup tinggi. Jika Anda memiliki usaha rumah kost di lokasi yang strategis seperti dekat dengan area kampus, perkantoran dan juga pusat perbelanjaan, tentu Anda akan meraup keuntungan yang besar.

Ada banyak mahasiswa perantau dari luar kota dan juga luar pulau yang lebih memiliki rumah kost (kamat kost) ketimbang menyewa sebuah rumah.

Selain akses yang dekat dengan destinasi tujuan kuliah atau kerja, harga yang relatif terjangkau dan sesuai dengan fasilitas juga menjadi daya tarik tersendiri.

Ketahui Manajemen Rumah Kost Dengan Baik dan Benar 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Mutiara Stephen Covey, Pengarang Buku 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif]

 

#2 Keuntungan yang Tinggi Berupa Cash Flow

Keuntungan berikutnya dari menjalankan bisnis rumah kost adalah adanya cash flow yang lebih tinggi daripada usaha properti tanah kavling dan juga rumah biasa.

Jika properti berupa tanah kavling dan juga rumah hanya memberikan keuntungan satu kali setelah menjualnya atau yang biasa disebut capital gain.

Lain halnya dengan rumah kost, usaha ini menjanjikan keuntungan tinggi berupa cash flow setiap bulannya.

Bisa menambah penghasilan pasif Anda bukan? Tentu saja dengan pengelolaan yang benar ya!

 

#3 Keuntungan Capital Gain dan Juga Capitalization Rate yang Tinggi

Capital Gain adalah selisih antara harga jual yang tinggi dengan harga pembelian yang lebih rendah.

Capitalization Rate adalah perbandingan antara penghasilan yang diperoleh dari sebuah properti dibandingkan dengan harga properti tersebut.

Jika Anda menjual rumah kost, harga jualnya akan lebih tinggi daripada rumah biasa, termasuk capitalization rate yang lebih tinggi.

Jika Capitalization rate rumah biasanya hanya berkisar 3 persen hingga 5 persen, Capitalization rate dari rumah kost berada pada angka 5 persen hingga 7 persen.

Para Investor! Kenali Untung dan Rugi Investasi Rumah Kost 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Memiliki Masa Depan Keuangan Cerah? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Saat Kuliah]

 

Lebih menguntungkan bukan? Mengapa bisa demikian?

Ini dikarenakan rumah kost memiliki penghasilan tambahan dari jasa-jasa yang ditawarkan kepada penyewa kost seperti jasa cuci dan setrika pakaian (laundry), pembersihan kamar dan juga mini kantin yang menjual kebutuhan sehari-hari dari penyewa kost.

Mengingat keuntungan yang begitu besar ini, sangat jarang rumah kost yang bonafide akan dijual oleh pemiliknya.

 

#4 Pengelolaan yang Relatif Mudah

Sebagai pemilik, Anda hanya menyiapkan lokasi dan rumah yang nyaman beserta berbagai fasilitas yang Anda tawarkan sesuai dengan pangsa pasar.

Selanjutnya, untuk perawatan, Anda dapat mempekerjakan beberapa pekerja yang mengelola kebersihan dan juga keamanan rumah kost.

Selain itu, jika ada barang fasilitas yang mengalami kerusakan, biasanya biaya kerusakan akan ditanggungkan kepada penyewa kamar.

Selebihnya untuk barang kebutuhan yang diperlukan dari oleh penyewa kamar, mereka akan menyediakannya sendiri.

Tidak terlalu repot bukan?

Para Investor! Kenali Untung dan Rugi Investasi Rumah Kost 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa Ada Orang Kaya dan Orang Miskin? Apa Rahasia Kebiasaan Keuangan Orang Kaya?]

 

Tantangan Bisnis Properti Rumah Kost

Selain keuntungan dan kelebihan dari bisnis properti rumah kost, ada juga tantangan yang akan Anda hadapi saat melakukan bisnis properti rumah kost.

 

#1 Modal Besar

Memang keuntungan yang dijanjikan sangat besar, tidak hanya cash flow, tetapi juga capital gain dan juga capitalization gain.

Segala usaha memang ada harga yang harus dibayar. Bukankah demikian?

Ingin bisnis properti rumah kost membutuhkan modal yang relatif besar, tapi ini sangat sebanding dengan keuntungan yang Anda dapatkan.

Jika Anda berminat, pakai saja fasilitas pinjaman dari bank berupa Kredit Pemilikan Rumah atau KPR.

Atau jika memungkinkan, Anda bisa menggalang kerja sama dengan anggota keluarga, rekan atau teman yang memiliki tujuan yang sama dan juga bisa diajak usaha bersama.

 

#2 Peraturan & Tata Tertib yang Dilanggar oleh Penyewa Kost

Setiap rumah kost memang akan selalu ada peraturan atau tata tertib yang telah dibuat dan disepakati bersama oleh para penghuni kost.

Namun, seringkali ada saja penghuni kost yang “nakal” atau tidak menaati peraturan dengan semestinya, contohnya seperti adanya jam malam yang dilanggar atau membawa teman berlain gender ke dalam kamar dan lain sebagainya.

Selain itu, kedisiplinan dalam pembayaran uang kost bulanan juga menjadi tantangan tersendiri bagi Anda pemberi layanan rumah kost.

Tips Membangun Rumah Kost Yang Menguntungkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berdasarkan Zodiak: Hati-hati! Kebiasaan Buruk Bisa Hambat Kesuksesan Anda!]

 

#3 Sepinya Peminat

Bisa jadi bisnis rumah kost yang dijalankan sepi peminat walaupun berada di lokasi yang strategis.

Jika ini terjadi, coba telaah lagi harga yang Anda tawarkan dan juga fasilitas yang Anda berikan.

Coba Anda evaluasi juga mengenai kebersihan dan juga keamanan dari lingkungan sekitar rumah kost Anda.

Siapa tahu mereka tidak jadi menyewa kamar atau rumah kost yang Anda tawarkan karena kondisi kamar atau rumah yang tidak terlalu bersih, fasilitas yang kurang memadai atau keamanan yang kurang terjamin.

 

Tips Manajemen Rumah Kost yang Baik dan Benar

Namun, jika Anda berminat untuk membuka bisnis rumah kost, Anda tidak hanya perlu menyiapkan lahan dan juga rumah (kamar kost), tetapi juga kenyamanan yang harus ditawarkan kepada calon penyewa, termasuk keamanan dari lingkungan rumah kost yang Anda sewakan.

Setidaknya bisnis properti rumah kost yang Anda kelola haruslah terlihat bersih, nyaman untuk dihuni, dan termasuk fasilitas yang fungsional, sesuai dengan pangsa pasar Anda, entah itu para pekerja (karyawan) atau mahasiswa.

Jika memang bisnis rumah kost Anda terletak di jantung kota atau di tempat yang strategis, bukan berarti Anda tidak memperhatikan kebutuhan keamanan dan kenyamanan dari calon penyewa.

Investasi Rumah Kos - Juragan Kos - Perbedaan Utang Produktif dan Utang Konsumtif - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

Apabila Anda tidak memenuhinya tentu calon penyewa akan berpindah ke rumah kost lain, termasuk mereka yang sudah menjadi penghuni dan merasakan ketidaknyamanan dari rumah kost tersebut.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk manajemen bisnis rumah kost yang Anda kelola.

 

#1 Screening

Peraturan setiap rumah kost pada umumnya tidak jauh berbeda. Salah satunya adalah peraturan untuk tidak membawa teman lawan jenis ke dalam kamar.

Hal ini agar tidak membuat usaha rumah kost Anda dicap negatif oleh masyarakat sekitar dan berimbas kepada nama baik Anda juga sebagai pemilik.

Termasuk kelangsungan dari bisnis rumah kost Anda akan terancam. Bayangkan jika masyarakat sekitar melakukan demo untuk penutupan bisnis rumah kost yang Anda kelola. Sangat merugikan tentunya bagi Anda.

Oleh sebab itu, untuk menanggulangi penyewa kamar kost yang “nakal”, Anda bisa melakukan screening, dan juga inspeksi.

Hal ini bisa dilakukan oleh petugas keamanan yang Anda hire.

Untuk screening, ini dilakukan untuk mengetahui asal usul atau latar belakang secara umum dari penghuni rumah kost. Jangan sampai salah satu penghuni rumah kost Anda memiliki pekerjaan illegal yang tidak sesuai dengan norma hukum.

 

#2 Penambahan Biaya Listrik

Biaya listrik bulanan bisa saja membengkak, Anda bisa menerapkan sistem penambahan biaya listrik untuk setiap penambahan alat elektronik yang digunakan oleh setiap penghuni kamar kost.

Selain itu, Anda juga bisa membuat pembedaan mesin listrik di setiap kamar, sehingga mereka bertanggung jawab atas token listrik atau biaya listrik masing-masing.

Cek Tagihan Listrik Online Meteran listrik Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

#3 Bisnis Pendukung

Jasa pencucian dan setrika pakaian bisa menjadi tambahan penghasilan bagi Anda termasuk memberikan fasilitas penunjang bagi para penyewa kamar.

Selain itu, Anda juga bisa membuka mini kantin untuk barang-barang kebutuhan sehari-hari para penyewa kamar.

Ini bisa memudahkan mereka untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan tanpa harus keluar dari area rumah kost.

 

#4 Peduli Terhadap Lingkungan

Menjalin hubungan yang baik dengan tetangga di sekitar rumah kost ada banyak keuntungannya.

Mereka bisa jadi agen marketing tanpa bayaran karena bisa mempromosikan kepada kenalan mereka tanpa Anda bayar atau Anda minta.

 

Pertimbangkan Manajemen Rumah Kost

Demikian berbagai informasi yang dapat Anda pertimbangkan tentang manajemen rumah kost sebelum melakukan bisnis properti rumah kost.

Bagi Anda yang sudah terjun di dalamnya, kelola bisnis rumah kost Anda dengan manajemen yang baik dan benar sesuai dengan ulasan di atas.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 6 November 2011. Tip Lengkap Sukses Mengelola Bisnis Kos-kosan. Tiptipseru.com – https://goo.gl/pMrjT9
  • Admin. Mengelola Usaha Rumah Kost Secara Baik dan Benar. Broeko.com – https://goo.gl/5g8hnz
  • Admin. Manajemen Rumah Kost, Perbedaan Investasi Rumah Kost Di Banding Rumah Kontrakan. Infobisnisproperti.com – https://goo.gl/ZSxf5w
  • Bisnis Kost. Menimbang Untung Rugi Usaha Kos Kosan. Bisniskost.com – https://goo.gl/rTGBTw

 

Sumber Gambar:

  • Manajemen Rumah Kost 01 – https://goo.gl/rThZR1
  • Manajemen Rumah Kost 02 – https://goo.gl/s6LQuX

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
Ketahui Manajemen Rumah Kost Dengan Baik dan Benar
Article Name
Ketahui Manajemen Rumah Kost Dengan Baik dan Benar
Description
Bagaimana manajemen rumah kost? Berminat untuk berinvestasi properti rumah kost? Atau Anda sudah terjun dalam bisnis ini?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
By | 2018-02-27T14:37:07+00:00 February 25th, 2018|Categories: Investasi, Properti|Tags: , , , , |0 Comments
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment