Sudahkah kamu mengetahui apa saja manfaat investasi?

Yuk, simak manfaat-manfaat investasi yang perlu kamu ketahui berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Manfaat dari Berinvestasi

Apakah kamu tahu apa itu investasi? Investasi adalah sebuah proses mengalokasikan uang yang dilakukan oleh seorang investor dengan harapan untuk bisa bertumbuh menghasilkan keuntungan di masa yang akan datang.

Keuntungan dari investasi tersebut berupa peningkatan nilai uang sepanjang waktu melalui berbagai instrumen investasi yang dipilih. Sekarang ini, sudah terdapat berbagai macam instrumen investasi.

Tentu Bisa! Berinvestasi Saham untuk Dana Pendidikan dan Dana Pensiun 01 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk! Kenalan dengan Investasi]

 

Ada investasi saham, reksa dana, properti, emas, P2P (Peer to Peer) Lending, dan sebagainya.

Setiap instrumen investasi memiliki cara kerja, risiko, serta keuntungan yang berbeda-beda. Kamu dapat memilih instrumen investasi yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Namun, pada dasarnya prinsip berinvestasi tetap sama, yaitu mengalokasikan uang sekarang dengan harapan uang tersebut dapat bertambah nilainya dari waktu ke waktu.

Oh iya, sekarang modal untuk memulai investasi sangat terjangkau lho. Hanya dengan Rp100 ribu saja kamu sudah bisa berinvestasi. Jadi nggak ada alasan untuk tidak berinvestasi ya.

5 Manfaat Investasi yang Jangan Kamu Lewatkan, Kamu Bisa Beli iPhone Terbaru Lho! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Mudah Investasi Untuk Mahasiswa: Belajar Berinvestasi Dari Sekarang!]

 

Apakah kamu tertarik untuk berinvestasi? Nyatanya investasi sangat bermanfaat bagi kehidupan finansial kamu di masa depan lho. Yuk, simak manfaat dari investasi yang sangat berguna untuk kamu.

 

5 Manfaat Investasi yang Jangan Kamu Lewatkan

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi tentang manfaat-manfaat dari berinvestasi yang jangan sampai kamu lewatkan. Berikut 5 manfaat investasi yang perlu kamu ketahui.

 

#1 Mengatasi Inflasi

Tidak dapat dipungkiri bahwa inflasi terus terjadi di setiap tahunnya sehingga sudah tidak asing lagi jika investasi dijadikan alat untuk menghadapi inflasi.

Jika kamu ingin uangmu terus bertambah, maka kamu harus menginvestasikannya di tempat dengan tingkat suku bunga yang cukup setelah dipotong pajak, yang berarti suku bunganya harus lebih tinggi dari inflasi.

TTS Mengenal Kontrak Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA) 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Ketahui Cara Memulai Investasi Emas Agar Tidak Salah!]

 

Namun, sayangnya sekarang ini rata-rata tingkat suku bunga tabungan dapat dikatakan rendah dan sulit. Oleh karena itu, kamu perlu mempertimbangkan berbagai instrumen investasi yang cocok untuk kamu untuk dapat menghadapi tekanan dari inflasi.

 

#2 Mendapatkan Keuntungan

Banyak orang yang mau berinvestasi karena ingin mendapatkan keuntungan. Jika kamu berinvestasi dengan benar, maka investasi memang dapat menjamin kamu untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Apalagi, dapat dikatakan untuk mendapatkan keuntungan tersebut tidak memerlukan sebuah kerja keras.

Kamu hanya perlu menaruh atau menyetorkan uang kamu sebagai modal investasi sebuah perusahaan. Kemudian, kamu akan mendapatkan keuntungan pada saat perusahaan tersebut mendapatkan profit.

Sangat menyenangkan bukan?

 

#3 Mengembangkan Kekayaan

Manfaat lainnya dari berinvestasi adalah mengembangkan kekayaan. Keuntungan ini kerap kali menjadi alasan mengapa banyak orang memilih untuk berinvestasi.

KETUPAT Yuk Kita Ketahui Bagaimana Investasi Syariah di Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mana yang Lebih Menguntungkan: Yuk Nabung Saham VS Yuk Investasi Reksa Dana]

 

Jadi, kamu dapat mengembangkan uang yang kamu miliki menjadi jumlah yang lebih banyak tanpa membuat kamu harus bekerja keras. Menarik kan?

Yang perlu kamu lakukan adalah dengan menyisihkan keuntungan yang didapat. Kemudian, kamu memilih jenis investasi yang tepat untuk kamu investasikan.

 

#4 Memenuhi Kebutuhan di Masa Depan (Bagian dari Perencanaan Keuangan)

Manfaat lainnya yang sangat penting adalah investasi dapat membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan di masa depan. Artinya investasi dapat kamu jadikan sebagai jaminan masa depan.

Masa depan tidak dapat diprediksi, oleh sebab itu kamu harus memiliki sesuatu yang dapat membantu kamu menghadapi masa depan.

Misalnya, saat ini kamu mulai berinvestasi saham. Dalam beberapa tahun ke depan, saham yang kamu miliki dapat meningkat dan bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Dari situlah kamu akan mendapatkan keuntungan.

Selain investasi saham, kamu juga bisa memilih instrumen investasi lainnya yang cocok untuk kamu. Kamu bisa mencoba bisnis properti yang terbilang relatif lebih mudah untuk dijalankan.

Setiap tahun, harga properti terus menerus meningkat dan bisa dijadikan sebagai aset kekayaan yang bisa dijual di beberapa tahun kedepan.

Jika kamu memilih lokasi properti yang strategis, maka kamu bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda lho. Dengan begitu, maka masa depan kamu bisa terjamin dan tercukupi deh.

Namun, jika investasi properti belum cocok untuk kamu saat ini, kamu bisa mencoba untuk investasi di instrumen lainnya.

Siapin Dana Darurat atau Investasi Dulu Apa Bisa Menyiapkan Keduanya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor, Pahami Peluang Keuntungan dan Risiko Berinvestasi Reksa Dana]

 

Selain itu, investasi dapat dijadikan kendaraan untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Karena dengan berinvestasi, maka kamu juga akan lebih mudah dan cepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Misalnya kamu memiliki tujuan keuangan untuk membeli iPhone keluaran terbaru atau travelling bersama keluarga.

Oleh karena itu, pilihlah instrumen investasi yang cocok dengan tujuan keuangan kamu ya. Misalnya dengan berdasarkan jangka waktunya.

 

#5 Mencapai Financial Freedom (Kebebasan Keuangan)

Siapa sih yang nggak mau mencapai financial freedom di usia muda? Tentunya mau kan? Namun, sudahkah kamu mengetahui apa itu financial freedom?

Financial freedom adalah suatu kondisi dimana seseorang bebas secara finansial.

Dalam kata lain, financial freedom merupakan keadaan dimana seseorang memiliki kekayaan yang mencukupi segala kebutuhan hidupnya tanpa harus aktif bekerja sangat keras untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

Jika seseorang sudah mencapai financial freedom, maka aset yang dimiliki bisa menghasilkan uang yang lebih besar daripada biaya hidupnya.

Jadi, dengan mencapai financial freedom, maka seseorang dapat melakukan apapun yang ia inginkan dari sisi keuangan.

Namun, yang perlu kamu ketahui adalah untuk mencapai financial freedom salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan berinvestasi sejak dini.

Manfaat investasi ini akan memberikan dampak positif yang sangat signifikan di hidup kamu jika kamu memang rajin dan tekun untuk berinvestasi dari sekarang.

 

Berinvestasi Sejak Dini

Setelah mengetahui berbagai manfaat yang sangat luar biasa dari berinvestasi, sekarang semoga kamu sudah lebih aware terhadap investasi ya. Investasi berperan penting dalam mencapai kebebasan keuangan di hidup kamu.

Dengan begitu, maka nantinya kamu tidak perlu sengsara atau pusing mikirin uang hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu saja.

 

Jadi, apakah kamu mau berinvestasi? Yuk, berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia.

Kamu juga dapat membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu sehingga semakin banyak orang yang mengetahui manfaat dari investasi.

Semoga artikel ini bermanfaat. Thank you!

 

Sumber Referensi:

  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 17 Mei 2017. Ini 6 Keuntungan Jika Anda Investasi dari Sekarang. Liputan6.com – https://bit.ly/2NXpO1R
  • Walter P. Ini 5 Manfaat Investasi yang Akan Didapatkan Bila Rutin Berinvestasi. Koinworks.com – https://bit.ly/2M0gPdK
  • Admin. 20 September 2014. 5 Keuntungan Berinvestasi. Cekaja.com – https://bit.ly/1ouYRdF

 

Sumber Gambar:

  • Manfaat Investasi 01 – http://bit.ly/32KxsQG
  • Manfaat Investasi 02 – http://bit.ly/2JL42KP

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang