Ini Manfaat Online Marketing untuk Bisnis Waralaba

Apa manfaat online marketing untuk bisnis waralaba? Di zaman modern ini, segala hal sudah berbasis online. Salah satu konsep yang lazim digunakan adalah online marketing. Mari kita bahas kegunaannya untuk bisnis waralaba.  

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Sistem Online Marketing

Online marketing adalah sebuah sistem pemasaran yang dilakukan di dunia maya melalui internet. Umumnya perusahaan menggunakan website untuk membuat profil perusahaan serta detil produk-produk yang dijual. Tetapi saat ini sistem online marketing sudah berkembang. Banyak juga perusahaan yang memasarkan produknya melalui media sosial maupun email. Segala jenis pemasaran yang menggunakan jaringan internet masih termasuk ke dalam kategori online marketing.

Sistem tersebut dapat digunakan oleh pelaku bisnis. Baik bisnis yang dijalankan sendiri maupun bisnis waralaba. Sistem tersebut digunakan untuk memasarkan produk-produk bisnis waralaba Anda. Jika produk yang ditawarkan berbentuk barang yang dapat dikirimkan, Anda juga dapat menggunakan e-commerce untuk menjualnya secara online. Selain itu Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan konsep bisnis waralaba Anda pada calon franchise.

8+ Industri Kreatif yang Dapat Anda Beli Waralabanya - Finansialku

[Baca Juga: 8+ Industri Kreatif yang Dapat Anda Beli Waralabanya]

 

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis waralaba dan ingin menggunakan sistem online marketing, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Kali ini, Finansialku akan membahas kelebihan dan kekurangan tersebut.

 

Kelebihan Online Marketing untuk Bisnis Waralaba

Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan online marketing untuk bisnis waralaba:

 

#1 Jangkauan Luas

Memungkinkan Anda untuk memasarkan bisnis secara luas. Jika hanya menggunakan sistem marketing tradisional atau secara offline, jangkauan Anda hanya terbatas pada orang-orang yang ditemui secara fisik. Sementara jika menggunakan online marketing Anda dapat menjangkau orang yang berada di luar negeri sekalipun.

lebih-menguntungkan-bisnis-waralaba-atau-bisnis-sendiri-1-finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri?]

 

#2 Dapat Dioperasikan Dimana Saja

Jika menggunakan sistem pemasaran tradisional, kegiatan pemasaran Anda terbatas pada suatu tempat. Misalnya, Anda harus mencari tempat yang ramai pengunjung untuk mempromosikan produk dan bisnis waralaba Anda. Sementara dengan menggunakan online marketing, Anda dapat memasarkan produk dimana saja selama ada gadget atau laptop beserta dengan jaringan internet.

 

#3 Waktu yang Fleksibel

Selain dapat dioperasikan dimana saja, Anda juga dapat mengoperasikan online marketing kapan saja. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk memasarkan produk dan bisnis waralaba Anda di siang hari, Anda dapat mengerjakannya di malam hari atau jam berapapun yang Anda inginkan. Online marketing akan sangat efektif bagi Anda yang memiliki waktu yang sangat terbatas.

mau-memulai-bisnis-waralaba-timbang-untung-ruginya-dulu-finansialku

[Baca Juga: Mau Memulai Bisnis Waralaba? Timbang Untung Ruginya Dulu]

 

#4 Bisa Diakses 24 Jam oleh Konsumen

Selain dapat dioperasikan kapan saja, online marketing juga dapat diakses oleh pelanggan Anda kapan saja. Dengan kata lain, strategi pemasaran yang Anda lakukan dapat bermanfaat 24 jam dalam satu hari. Selama konsumen memiliki koneksi internet, ia dapat mengaksesnya kapan saja. Dengan begitu peluang produk yang ditawarkan akan terjual menjadi semakin besar.

 

Kekurangan Online Marketing untuk Bisnis Waralaba

Berikut adalah beberapa kekurangan menggunakan online marketing untuk bisnis waralaba:

kenapa-cabang-waralaba-perlu-dibatasi-jumlahnya-finansialku

[Baca Juga: Kenapa Cabang Waralaba Perlu Dibatasi Jumlahnya?]

 

#1 Sulit Membangun Kepercayaan Konsumen

Dalam sistem online marketing, tidak ada interaksi secara langsung antara Anda dengan pelanggan, berbeda halnya dengan sistem pemasaran tradisional. Dalam sistem pemasaran tradisional Anda dapat langsung bertemu muka dengan pelanggan. Jika Anda bertemu muka atau berbicara secara langsung dengan konsumen (seperti melalui telepon), kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda akan lebih mudah dibangun. Tetapi jika menggunakan online marketing, konsumen akan lebih sulit percaya. Karena pada dasarnya dalam online marketing, konsumen akan sulit untuk mengetahui siapa orang-orang di balik strategi pemasaran yang Anda buat.

Membangun kepercayaan konsumen terutama akan sangat penting jika Anda ingin memasarkan penjualan bisnis waralaba. Pembelian izin bisnis waralaba sangat berbeda dengan membeli barang. Kerjasama bisnis waralaba sangat membutuhkan kepercayaan karena dilakukan secara jangka panjang. Anda harus mampu membangun kepercayaan konsumen dengan baik agar konsumen mau membeli bisnis waralaba tersebut. Jika tidak, akan sulit untuk menjual izin bisnis waralaba yang Anda miliki.  

Apakah Bisnis Waralaba Aman Ini Regulasi Bisnis Waralaba di Indonesia - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Bisnis Waralaba Aman? Ini Regulasi Bisnis Waralaba di Indonesia]

 

#2 Butuh Pengetahuan dan Pengalaman

Online marketing bukanlah sistem yang dilakukan secara sembarang. Dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam menjalankannya. Jika salah menjalankan strategi, biaya yang dikeluarkan bisa menjadi mahal. Tetapi jika Anda memiliki pengetahuan yang mendalam, Anda dapat menekan biaya online marketing secara signifikan.

 

#3 Sangat Bergantung Pada Koneksi Internet

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, online marketing dapat mencakup media apapun yang diakses dengan menggunakan koneksi internet. Artinya, jika tidak memiliki koneksi internet Anda tidak dapat berbuat apa-apa. Selain itu dibutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika koneksi internet tidak stabil dan lambat, pekerjaan akan tersendat dan hasilnya tidak maksimal. Sementara jika menggunakan sistem pemasaran tradisional, Anda dapat tetap memasarkan produk dan bisnis waralaba tanpa menggunakan internet sekalipun.

Awas! 8 Ciri Perusahaan Waralaba yang Bakal Merugikan Anda - Finansialku

[Baca Juga: Awas! 8 Ciri Perusahaan Waralaba yang Bakal Merugikan Anda]

 

#4 Masalah Keamanan

Segala hal yang berkaitan dengan sistem online sangat rentan dengan permasalahan keamanan. Setiap data yang Anda masukkan ke dalam website, media sosial maupun media online lainnya dapat diretas oleh hacker yang tidak bertanggung jawab. Akhirnya data tersebut dapat disalahgunakan. Selain itu tidak menutup kemungkinan ada orang tidak bertanggung jawab yang dapat menduplikasi identitas perusahaan Anda. Setelah itu mereka dapat menyalahgunakan profil perusahaan untuk menipu pelanggan. Jika hal tersebut terjadi, perusahaan Anda yang akan disalahkan. Karenanya Anda harus berhati-hati jika menggunakan online marketing.

 

Ada Keuntungan dan Ada Risiko

Online marketing merupakan salah satu sarana pemasaran yang dapat bermanfaat bagi bisnis waralaba Anda. Hanya saja, ada beberapa risiko yang perlu dipertimbangkan. Jika ingin menggunakan online marketing untuk memasarkan produk sekaligus bisnis waralaba Anda, sebaiknya pastikan Anda sanggup menanggulangi risiko yang ada.

 

Apakah dalam bisnis waralaba, Anda menggunakan online marketing? Pengalaman apa yang pernah Anda lakukan? Silakan beri opini dan pengalaman Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • 24 Juni 2015. Online Marketing – Strategi Online Marketing. https://goo.gl/FxHz8D
  • 4 Oktober 2016. Kelebihan & Kekurangan Internet Marketing. https://goo.gl/KjcCG3
  • Yanti Amelia. 25 April 2014. Kelebihan dan Kekurangan Pemasaran Online. https://goo.gl/WdCE9V

 

Sumber Gambar:

  • Online Marketing – https://goo.gl/PL1O8V

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment