Bagi kalian yang baru aja lulus kuliah, sudahkah membuat CV menarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan impian?

Jika kamu masih bingung bagaimana membuat curriculum vitae (CV) yang baik, jangan khawatir! Finansialku akan memberi tips dan trik mudah agar kamu bisa menarik para perekrut kerja.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Apa itu Curriculum Vitae atau CV Online?

Memasuki dunia kerja bagi fresh graduate tentunya cukup berat. Masa transisi ini cukup drastis dan bisa membuat sebagian orang takut duluan.

Kini kamu harus mencari pekerjaan dan bertanggung jawab atas diri sendiri sepenuhnya. Tidak lupa membuat daftar riwayat hidup (CV) yang bagus agar bisa memikat para perekrut kerja.

Melansir dari Wikipedia, daftar riwayat hidup (CV; juga ditulis curriculum vitæ) adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya.

Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai seorang majikan tentang pencari kerja dan sering digunakan untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja).

Nah, tahukah kamu, dalam dunia teknologi yang terus berkembang kini kamu dapat membuat CV secara online? Jadi, sudah ada aplikasi-aplikasi yang siap membantumu membuat CV yang menarik.

Kesalahan Ini Membuat Lamaran Kerja Ditolak Terus 02 CV - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate]

 

Aplikasi ini umumnya sudah menyediakan template yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV online-mu. Kamu hanya perlu memikirkan isinya agar tetap padat dan profesional.

Adapun beberapa benefit dari CV online dibandingkan dengan CV konvensional adalah sebagai berikut:

  • Kamu dapat menggunakan layouttemplate yang sudah tersedia sehingga tidak perlu merancang sendiri.
  • Hasil akhirnya tersimpan di database online (cloud) sehingga tidak mudah hilang seperti file di computer.
  • Mudahnya export data ke bentuk lain (misal: PDF) dan siap untuk dikirim.

Namun pertanyaan berikutnya yakni sepenting apa sih CV online ini?

Seperti kita ketahui, curriculum vitae alias CV menjadi syarat utama untuk melamar pekerjaan. CV seolah menjadi penentu apakah seseorang bisa diterima atau ditolak lamarannya. 

Ingin Melamar Kerja Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini]

 

Menurut sebuah studi dari Jobstreet.com (sebuah situs rekrutmen online), perekrut atau recruiter butuh waktu sekitar 6 detik untuk memeriksa sebuah CV.

Jika waktu yang dihabiskan untuk memeriksa CV lebih dari 6 detik, itu tandanya perekrut menunjukkan ketertarikan pada pelamar atau job seeker terkait.

Artinya, sebagai pelamar kerja kita harus tahu bagaimana membuat CV online yang profesional namun tetap menarik bagi para perekrut.

Nah, seperti apakah CV yang baik dan benar agar bisa memikat hati para perekrut kerja secara langsung? Simak penjabaran oleh Finansialku berikut ini:

 

Tips dan Cara Membuat CV Online yang Menarik

Dalam membuat daftar riwayat hidup atau CV, kamu harus berhasil menarik perhatian para perekrut kerja. Artinya, CV online ini haruslah menarik dari segi template-nya namun memiliki isi yang juga profesional dan memukau.

Jadi, seperti apa sih tips dan cara membuat CV online yang menarik? Yuk simak jawabannya disini:

 

#1 Perhatikan Struktur Penulisan

Sebaiknya daftar riwayat hidup atau CV ditulis menggunakan struktur penulisan formal, yaitu dengan struktur penulisan berikut ini:

 

  • Data Pribadi

Meliputi: nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, kewarganegaraan, agama, status, alamat, nomor telepon dan email.

  • Pendidikan

Dimulai dari pendidikan formal dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi dan dilanjutkan dengan pendidikan non formal seperti kursus atau pelatihan yang pernah diikuti.

  • Pengalaman kerja

Uraikan juga pengalaman kerjamu yang dimulai dengan nama perusahaan, tahun mulai bekerja dan tahun berakhirnya.

  • Kemampuan atau Kompetensi

Silahkan uraikan kemampuan atau kompetensi yang kamu miliki, lebih baik jika kemampuan tersebut memiliki hubungan dengan jenis pekerjaan yang sedang kamu lamar.

  • Tempat dan tanggal pembuatan daftar riwayat hidup
  • Nama yang bersangkutan

 

#2 Perhatikan Tata Cara Penulisan

Selain struktur, tata bahasa dan penulisan juga sangat penting. Hindari menggunakan bahasa yang tidak formal serta penulisan yang berlebihan.

Adapun beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan dalam tata cara penulisan daftar riwayat hidup adalah sebagai berikut:

  • Tuliskan menggunakan font yang umum digunakan, formal, dan mudah dibaca (Misalnya: Times New Roman, Arial)
  • Gunakan warna font yang kontras di atas kertas putih, yaitu warna hitam (kecuali pada poin-poin yang memang perlu ditekankan)
  • Gunakan tata bahasa formal
  • Hindari menggunakan hiasan atau editan berlebihan yang akan mempersulit proses membaca. Hal ini bisa mengalihkan perhatian pembaca dari inti yang ingin disampaikan

 

#3 Pastikan Isi Padat, Singkat, dan Profesional

Perlu diingat bahwa tidak peduli semenarik apa CV-mu, isinyalah yang tetap akan menjadi penentu apakah perekrut akan memilihmu atau tidak. Kami sangat menyarankan agar isi CV tetap padat dan singkat serta profesional.

Begini Contoh CV Bahasa Inggris yang Bisa Dilirik Pewawancara 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya? Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu]

 

Adapun beberapa tips dalam membuat isi CV adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan seluruh informasi di dalamnya asli dan didasarkan pada unsur kejujuran.
  2. Berikan informasi yang rinci namun tidak bertele-tele.
  3. Buatlah daftar riwayat hidup yang singkat, padat dan jelas (jika memungkinkan buat maksimal sebanyak 2 halaman saja).
  4. Masukkan informasi dan prestasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang ingin dilamar saja, jangan masukkan informasi yang dirasa tidak terlalu penting (misalnya: juara 1 lomba balap karung se-RT).
  5. Masukkan informasi pendidikan dengan lengkap berikut seluruh pendidikan non-formal (misalnya: pendidikan komputer, pendidikan bahasa, dan sebagainya) yang menurut kamu penting untuk dicantumkan.
  6. Masukkan seluruh data pengalaman kerja dan training yang pernah diikuti (apabila terlalu banyak, pilih yang berkaitan dengan pekerjaan yang ingin dilamar saja).
  7. Tuliskan beberapa kelebihan atau kompetensi kuatmu.
  8. Tambahkan pas foto terbaru yang formal.

 

#4 Pilih Platform Desain CV Online yang Tepat

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, sudah ada platform yang siap membantumu membuat CV yang menarik. Platform ini dapat berupa situs atau aplikasi yang akan memudahkanmu men-desain CV sehingga tampak menarik dan tidak monoton.

Meski informasi yang terdapat di dalamnya menjadi yang utama, namun desain juga jadi satu pertimbangan yang dapat menarik minat awal para perekrut. Jadi usahakan CV kamu bisa menarik baik dari luar (desain) dan dalam (isi).

 

BONUS: Alternatif Platform Desain CV Online

Nah, sudah siap membuat CV-mu sendiri? Finansialku sudah merangkum beberapa alternatif platform desain CV online terbaik untukmu nih!

Adapun beberapa platform desain CV online yang kami sarankan untuk kamu gunakan antara lain sebagai berikut:

 

#1 Canva

Startup asal Australia yang tahun 2017 lalu telah menunjuk perwakilan di Indonesia ini memiliki ratusan pilihan desain yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik CV online-mu.

Fiturnya sangat user friendly dan customable sehingga cocok bagi kamu yang kreatif.

Tips dan Cara Membuat CV Online yang Menarik Para Perekrut Kerja 02 - Finansialku (1)

[Baca Juga: Pertanyaan Wawancara kepada Penasihat Keuangan untuk Menggunakan Jasanya]

 

Kamu hanya perlu melakukan drag and drop ke sejumlah elemen gambar di template yang kamu pilih, mengeditnya, kemudian mengetik ulang format isinya secara gratis.

Selain untuk CV, Canva juga menyediakan beberapa template untuk kebutuhan lain seperti materi media sosial, slide presentasi, dan infografis.

 

#2 Resume.io

Situs desain CV online ini dilengkapi dengan desain minimalis, memiliki fitur tracking dimana kamu dapat melihat setiap CV yang kamu buat di sana serta siapa saja yang melihat CV tersebut.

Jadi, kamu bisa tahu saat orang lain atau perekrut melihat CV-mu.

Sayangnya, platform ini terbatas dengan bagian yang sudah disediakan seperti bagian pengalaman, pendidikan, dan ketrampilan. Kamu tidak akan diberi pilihan untuk menambahkan fields lainnya.

 

#3 VisualCV

VisualCV adalah situs desain CV online yang user friendly dengan fitur gratis serta fitur tambahan berbayar.

Fitur-fiturnya sangat memudahkanmu membuat CV dengan tampilan langsung, misalnya saja adanya fitur custom dan tatanan teks profesional berbahasa Inggris yang bisa diubah sesuai pengalaman kerjamu.

Di samping memberimu keleluasaan dalam mendesain konten, kamu juga bisa meminta feedback hasil resume buatanmu dengan mengirimkannya melalui email kepada teman-temanmu.

 

#4 CVmaker

Situs desain CV selanjutnya yakni CVmaker, dengan desain clean dan praktis. Kamu hanya perlu mengisi formulir kecil yang ada di setiap tab untuk membuat CV dan melakukan langkah selanjutnya.

Tips dan Cara Membuat CV Online yang Menarik Para Perekrut Kerja 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Fresh Graduate, Baca 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses]

 

Kamu juga bisa menghubungkan akun Facebook dan LinkedIn-mu dengan situs ini, serta bisa mengubah bentuk CV baik dalam bentuk PDF, HTML, dan lainnya.

Kelebihan lainnya adalah kamu tidak perlu mendaftar dan mengeluarkan biaya apapun untuk menggunakan CVmaker. Cocok sekali untuk pelamar kerja yang sedang seret keuangan kan?

 

#5 UptoWork

Sama halnya seperti Canva, VisualCV, dan layanan sejenis lainnya yang ada dalam daftar ini, UptoWork menawarkan kemudahan membuat CV secara ringkas dengan metode drag and drop yang begitu simple.

Layanan UptoWork sendiri bisa dipakai secara gratis, namun untuk fitur tambahan kamu bisa berlangganan secara berbayar.

Apabila kamu berlangganan akun premium seharga US$14 (atau sekitar Rp200 ribu), kamu bisa mengakses 20 template CV online. Beberapa fitur lain yang bisa kamu dapatkan adalah:

  • Ratusan pilihan warna cover
  • Dukungan download tracker

Tips dan Cara Membuat CV Online yang Menarik Para Perekrut Kerja 04 - Finansialku

[Baca Juga: Pertanyaan Wawancara kepada Penasihat Keuangan untuk Menggunakan Jasanya]

 

Bagaimana? Adakah situs yang sesuai untukmu? Jika kamu ingin template yang siap diisi dan praktis sebagai panduan isi dari CV sebelum menggunakan platform desain di atas, kamu bisa langsung download template CV terbaru dari Finansialku.

Caranya gampang, tinggal klik link berikut ini dan ikuti petunjuknya:

 

Maksimalkan Peluang Diterima Kerja dengan CV yang Memukau

Seperti telah disebutkan sebelumnya, Kamu hanya memiliki satu kesempatan dalam memberikan first impression yang baik sebelum masuk ke tahap wawancara kerja, yakni dengan daftar riwayat hidup yang memberikan dampak besar bagi pihak HRD.

Kabar baiknya adalah, kamu bisa mengakalinya dengan membuat daftar riwayat hidup menggunakan beberapa tips dan trik di atas.

Dengan beberapa tips tersebut, CV-mu akan menonjol dibandingkan pelamar kerja lainnya. Kelihatannya memang sederhana, namun nyatanya dampaknya cukup besar lho. Selamat mencoba!

 

Nah, sekarang kamu tahu ‘kan bagaimana tips dan cara membuat CV menarik secara online?

Tapi mungkin teman-teman seperjuanganmu belum tahu info ini.

Yuk, jadi teman yang baik dengan membagikan artikel bermanfaat ini pada mereka, siapa tahu salah satu dari mereka sangat membutuhkan informasi ini.

 

Sumber Referensi:

  • Contoh Surat Makalah. Contoh Daftar Riwayat Hidup CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar 2016. Contohsuratmakalah.blogspot.co.id – https://bit.ly/33DzhiP
  • Ikhsan Fakhruddin. Terbaru! Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja. Lowongankerja20.com – https://bit.ly/31KaCas
  • Tafasahhu. Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja Terkini 2017. Tafasahhu.com – https://bit.ly/2YX71ZJ
  • Wikipedia. Curriculum Vitae. Id.wikipedia.org – https://bit.ly/1RmJbwu
  • Glints. 6 Desember 2017. 8 Website untuk Membuat CV yang Menarik. Glints.com – https://bit.ly/2KBep4d
  • Rizqi Maulana. 19 Januari 2018. Kumpulan Website Pembuatan CV Online Terbaik Pilihan Tech in Asia Indonesia. Id.techasia.com – https://bit.ly/2Nccc10
  • Boby. 26 Maret 2019. Cara Membuat CV yang Kekinian dan Terlihat Profesional Plus Contohnya. Moneysmart.id – https://bit.ly/2KCoqxY

 

Sumber Gambar:

  • CV menarik 01 – https://bit.ly/2Hc8ErP
  • CV menarik (Canva) – https://bit.ly/2YXvBto
  • CV menarik (Cvmaker) – https://bit.ly/2KCu7vQ
  • CV menarik (Uptowork) – https://bit.ly/2HbBZ5n

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku