Bagaimana tips memilih koper dan memilih tas untuk menghemat biaya bagasi saat liburan? Koper merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan saat Anda ingin melakukan travelling. Tentunya tidak sulit untuk membeli tas koper yang diinginkan karena sangat banyak dijual di pasaran.

Anda bisa membelinya di toko peralatan tas atau membelinya secara online di berbagai website e-commerce yang menjual koper. Namun, Anda tidak bisa sembarangan membeli, dan harus lebih teliti sebelum membeli tas koper untuk travelling.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

8 Tips Memilih Koper dan Memilih Tas agar Dapat Menghemat Biaya

Koper yang baik tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menampung berbagai barang yang kita bawa selama berwisata, namun juga dapat berfungsi sebagai pelindung barang-barang tersebut.

Lantas apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih dan membeli koper untuk travelling? Berikut ini kriteria dan pertimbangan yang bisa digunakan sebagai panduan untuk menyeleksi koper yang akan dibeli.

 

#1 Bahan Koper

Memilih koper yang pertama kali perlu Anda lihat adalah bahan koper yang dimiliki. Bahan koper biasanya terdiri dari dua tipe, hard case dan soft case. Kalau tipe hard case terbuat dari polycarbonate (plastik keras yang biasa digunakan untuk kaca anti peluru) yang cukup kuat namun ringan.

Koper hard case memiliki kelebihan untuk memberikan perlindungan optimal terhadap barang bawaan Anda, namun ada beberapa bahan hardcase yang rentan dengan retak saat melalui proses pengangkutan di bandara.

Tips Memilih Koper dan Memilih Tas, untuk Menghemat Biaya Bagasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hindari 8 Tips Buruk ini Saat Anda Melakukan Travelling]

 

Koper dengan tipe soft case, biasanya terbuat dari nylon dan polyester. Biasanya yang berbahan polyester lebih berat jika dibandingkan dengan berbahan nylon. Koper tipe soft case merupakan koper yang paling mudah disesuaikan daya tampungnya.

Koper dengan bahan soft case lebih mudah diletakkan di kabin, lebih ringan dan lebih fleksibel untuk dibawa, namun kurang tahan terhadap tekanan.

Apapun pilihan Anda, pilihlah yang memiliki material yang baik karena koper yang berkualitas merupakan sebuah investasi jangka panjang. Dan sebaiknya Anda perlu melihat apakah koper yang akan Anda beli itu bahannya waterproof atau tidak.

 

#2 Ukuran

Ukuran juga merupakan hal penting dalam mempertimbangkan koper sebelum membelinya. Pilihlah koper sesuai dengan lamanya perjalanan yang akan Anda lakukan. Ukuran dalam cm (panjang x lebar x tinggi) mulai dari roda koper sampai dengan tinggi ke atas:

  • 16”: 30x17x47 cm – ukuran kabin. Dapat digunakan untuk bepergian 1-3 hari ke depan.
  • 20”: 37x22x56 cm – ukuran kabin. Untuk koper dengan ukuran ini biasanya bisa membawa barang sampai dengan muatan 16 kg.
  • 22”: 38x22x48 cm – ukuran koper ini memang agak tanggung. Jadi tergantung masing-masing maskapai. Kadang ada yang memperbolehkan untuk dibawa di kabin. Namun, biasanya untuk penerbangan dalam kota rata-rata boleh dibawa di kabin.
  • 24”: 43x23x63 cm – Termasuk koper ukuran medium. Untuk ukuran ini mampu membawa sampai kurang lebih 26 kg.
  • 28”: 47x32x73 cm – termasuk koper ukuran besar. Untuk ukuran ini bisa membawa sampai kurang lebih 35 kg.
  • 32”: 51x35x81 cm – termasuk ukuran besar dan biasanya jarang sekali dijual.

 

#3 Roda

Untuk memudahkan pergerakan saat membawa koper, pilihlah koper yang memiliki roda yang dapat berputar dengan fleksible. Ada dua jenis roda yang umumnya tersedia di pasaran, yakni spinner (beroda empat) dan upright (beroda dua).

10 Pekerjaan Hobi Travelling Ini Pas Banget Buat Kalian! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Pekerjaan Hobi Travelling Ini Pas Banget Buat Kalian!]

 

Koper jenis Spinner dapat memberikan kemudahan untuk bergerak tanpa terpengaruh oleh berat beban dari koper tersebut. Selain itu, jenis ini juga memungkinkan Anda untuk meletakkan tas tangan atau tas laptop tambahan di atasnya.

Koper jenis Upright idealnya digunakan apabila barang bawaan Anda tidak terlalu berat. Koper jenis ini juga lebih mudah ditarik bila berjalan di atas permukaan yang tidak rata dibandingkan dengan koper jenis spinner.

 

#4 Pengamanan Koper

Pilihlah koper dengan kunci pengaman TSA (Travel Sentry Approved). Travel Sentry adalah organisasi yang membangun dan mengelola standar yang digunakan dalam keamanan perjalanan.

Konsep kunci TSA digunakan oleh Transportation Security Administration, bagian dari Department of Homeland Security Amerika Serikat. Amerika bukan satu-satunya negara yang memerlukan kunci TSA ini.

Sistem ini juga digunakan di negara lain seperti di Kanada, bandara Narita dan Haneda di Jepang, Bandara di Belanda, dan lain-lain.

Kalau Anda membawa barang-barang yang dianggap mencurigakan, gembok TSA ini dapat dibuka oleh bagian bea cukai yang bertugas dengan menggunakan kunci universal pada proses pemeriksaan tanpa merusak kunci maupun kopernya.

Gembok yang memenuhi standar TSA mulai dijual pada tahun 2003, tapi untuk koper yang terdapat pengaman TSA baru mulai diperkenalkan pada tahun 2004. Kunci TSA ini diyakini membuat isi koper Anda lebih aman dari pembobolan oknum tak bertanggung jawab.

 

#5 Kualitas

Anda perlu memperhatikan kualitas dari koper yang akan Anda beli. Kualitas dapat dilihat dari resleting untuk koper, warna tas, pegangan, dan roda. Perhatikan untuk resleting koper, apakah ada yang tidak pas saat membuka atau menutup.

Pastikan koper pilihan Anda memiliki resleting yang cukup kuat, dan terbuat dari bahan tahan lama dan waterproof.

Perhatikan juga warna tas koper, apakah terlihat pudar atau masih bagus. Lihat lebih teliti apakah tas koper ada goresan atau jahitan yang terlepas di tas koper yang ingin dibeli.

Inilah Pentingnya Membeli Asuransi Perjalanan Jika Anda Sedang Travelling 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Pentingnya Membeli Asuransi Perjalanan Jika Anda Sedang Travelling]

 

Sudah jadi rahasia umum jika bagian pegangan koper merupakan salah satu bagian yang paling cepat rusak.

Jadi, pastikan koper yang akan dibeli memiliki pegangan yang kokoh sebelum memutuskan untuk membelinya. Koper dengan pegangan ganda biasanya lebih awet dibanding koper dengan pegangan tunggal.

 

#6 Harga

Sebelum membeli koper sebaiknya Anda melakukan perbandingan dahulu di beberapa toko atau e-commerce, siapa tahu Anda dapat menghemat biaya dengan kualitas yang tidak jauh berbeda di antara banyak pilihan yang ada.

Bermerek atau produk lokal, pilihlah harga yang sesuai dengan anggaran yang disediakan. Jangan sampai pemilihan koper mahal mengurangi uang saku Anda selama travelling.

 

#7 Kapasitas

Pilihlah kapasitas koper yang sesuai dengan jumlah barang bawaan Anda. Biasanya beberapa koper memiliki Expendability dimana koper tersebut memiliki kantong rahasia untuk menambah ukuran koper.

5 Tips untuk Anda yang Ingin Travelling Sendiri 3 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips untuk Anda yang Ingin Travelling Sendiri]

 

#8 Daya Tahan

Ketika memilih koper Anda harus melihat daya tahan dari koper tersebut. Daya tahan dapat Anda pastikan melalui garansi dari tas tersebut. Ketika garansi yang diberikan lama maka akan kemungkinan koper memiliki daya tahan yang lama juga.  

 

Apa Saja yang Harus Dibawa dan Dimasukkan ke Koper?

Setelah Anda membeli koper, hal yang harus Anda lakukan adalah menyusun daftar barang bawaan yang perlu dibawa saat travelling. Daftar barang di bawah ini akan membantu Anda dalam menyusunnya.

 

#1 Pakaian Bepergian

Anda bisa menyusun jumlah pakaian yang hendak dibawa berdasarkan berapa lama Anda akan bepergian dan juga atur padu-padannya sesuai dengan acara/kegiatan. Bawalah baju dengan siluet yang bervariasi. Susunlah baju sesuai dengan hari per hari akan Anda pakai. Buatlah check list baju apa saja yang harus dibawa.

 

#2 Perlengkapan Mandi dan Kosmetik

Perlengkapan mandi memang biasanya sudah disediakan oleh pihak hotel. Tapi tidak ada salahnya menyiapkan sedikit tempat untuk membawa perlengkapan mandi sendiri.

Apabila ingin membawa kosmetik, jangan lupa untuk menyimpan kosmetik Anda yang berbentuk cairan, sabun, shampoo dan peralatan mandi lainnya, termasuk parfum di dalam koper untuk di simpan di bagai check in.

Kecuali jika Anda membawanya dalam botol yang ukurannya tidak lebih dari 100 ml, maka barang tersebut bisa dibawa ke kabin.

Rencanakan Dana Liburan untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo (Hemat dan Murah) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Rencanakan Dana Liburan untuk Melihat Keindahan Pulau Komodo (Hemat dan Murah)]

 

Body spray atau produk kecantikan lain yang dikemas dalam tabung aerosol sebaiknya tidak usah dibawa. Tekanan tinggi di pesawat bisa menyebabkan tabung aerosol meledak.

 

#3 Obat-obatan Pribadi

Jika Anda mengidap penyakit tertentu, obat-obatan pribadi menjadi barang prioritas yang harus dimasukkan ke dalam tas.

Apabila harus meminum obat tersebut beberapa jam sebelum berangkat, ambil beberapa butir obat saja tanpa mengeluarkan seluruh kemasannya dari dalam tas karena ada kemungkinan obat tersebut akan tertinggal.

 

#4 Kacamata atau Lensa Kontak

Kacamata mungkin tak akan tertinggal jika Anda mengenakannya secara permanen. Tapi, benda ini sangat sering dilupakan oleh penderita rabun dekat maupun jauh yang hanya memakai kacamata ketika diperlukan. Kacamata yang tertinggal dapat menyebabkan masalah saat Anda berada di tempat travelling.

Untuk pengguna lensa kontak, sebaiknya Anda membawa cadangan lensa kontak saat Anda travelling. Hal ini untuk mencegah Anda membeli lensa kontak saat Anda kehilangan di tempat liburan Anda.

 

#5 Tiket Pesawat, Voucher Hotel dan Tiket Reservasi Termasuk Kartu Identitas dan Paspor

Terkadang karena terlalu sibuk menyiapkan barang-barang keperluan yang lain saat hendak ber-travelling, Anda justru lupa untuk menyiapkan satu dari tiga hal penting (tiket pesawat, voucher hotel dan tiket reservasi).

Pastikan dokumen-dokumen ini berada di satu dompet yang berisi kartu identitas dan paspor agar Anda mudah mengeceknya jika salah satu tertinggal.

7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Memilih Hotel dan Alternatif Penginapan untuk Menghemat Budget Liburan]

 

Anda sebaiknya membawa salinan paspor/identitas diri berupa softcopy dalam email atau juga dapat hardcopy yang bisa Anda simpan di koper agar Anda selalu memiliki back up identitas diri dimanapun Anda berada.

 

Cara Hebat Mengisi Koper

Pada saat Anda hendak bepergian Anda perlu lebih cermat dalam menyusun koper. Supaya pada saat Anda bepergian barang keperluan Anda sudah ada lengkap di dalam koper dan masih bisa menyisakan tempat untuk oleh-oleh yang akan Anda bawa dari tempat tujuan.

Berikut ini cara hebat untuk mengisi koper Anda.

 

#1 Kurangi Baju

Sebaiknya saat bepergian Anda sebaik mungkin efisien dalam hal baju. Anda bisa memperbanyak baju berwarna netral seperti putih, hitam atau abu-abu. Selain itu, pakaian seperti celana jeans dan kaos merupakan setelan yang paling nyaman untuk berwisata.

Jeans dan kaos juga umumnya cocok untuk dikenakan di segala suasana baik ketika berjalan-jalan santai di pantai, menikmati keindahan alam pegunungan atau berburu diskon di pusat perbelanjaan.

Sesuaikan material baju dengan iklim tempat Anda berlibur. Pilih banyak seperti linen atau katun untuk menyerap keringat untuk iklim tropis, dan bahan yang tepat seperti wool dan cashmere untuk udara dingin.

 

#2 Jaket Kulit, Bomber atau Parka

Bawalah satu atau dua jaket yang berbahan tebal saat Anda sedang menuju negara yang bercuaca dingin. Pilihan jenisnya bisa berupa jaket kulit, bomber atau parka.

Selain bahannya yang tebal, warna yang dianjurkan adalah gelap, seperti hitam, abu-abu atau hijau zaitun, karena tidak akan terlihat terlalu basah jika Anda terkena cipratan air hujan yang kadang tiba-tiba datang.

4 Tips Untuk Vegetarian Agar Bertahan Saat Travelling Jauh 01 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tips Untuk Vegetarian Agar Bertahan Saat Travelling Jauh]

 

#3 Perbanyak Aksesoris

Untuk para wanita, saat bepergian Anda bisa membawa aksesoris (kalung, syal, topi dan kacamata hitam) yang cukup agar Anda bisa mix and match pakaian. Sehingga saat difoto Anda bisa tampil lebih berwarna dan lebih catchy. Selain itu, Anda jadi tidak perlu membawa lebih banyak atasan atau bawahan.

 

#4 Gulung

Salah satu cara paling ampuh untuk menghemat ruang dalam koper adalah menggulung pakaian. Gulung semua pakaian yang Anda bawa mulai dari kaus, celana sampai syal.

Dengan menggulung pakaian, Anda akan menghemat lebih banyak ruang dalam koper. Pakaian perlu digulung dengan rapat. Pakaian yang tidak digulung dengan rapat akan mudah terbuka gulungannya dan kusut.

 

#5 Maksimal Dua Sepatu

Sepatu tentu menghabiskan banyak ruang dalam koper. Oleh karena itu, bawalah maksimal dua pasang sepatu atau sandal di dalam koper. Lebih baik lagi jika Anda mengenakan sepatu yang paling besar atau berat. Bawalah sepatu yang lebih ringan atau sandal untuk jalan-jalan di dalam koper.

Masukkan kaus kaki ke dalam sepatu jika tak ada lagi ruang dalam koper. Jika Anda membawa aksesori masukkan saja ke dalam sepatu.

4 Tipe Travelling Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: 4 Tipe Travelling: Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana?]

 

#6 Taruh Barang-barang Kecil ke Dalam Tas Khusus

Jangan sampai barang-barang kecil berserakan dalam koper. Siapkanlah beberapa tas kecil khusus kosmetik, pakaian dalam, kabel-kabel charger serta travel adaptor, juga satu tas kecil untuk dokumen penting. Pastikan ukuran tas tersebut sesuai dengan jumlah barang di dalamnya.

 

Peraturan Barang Bawaan Bagasi Pesawat Maspakai Penerbangan Indonesia

Ada berbagai peraturan barang bawaan bagasi pesawat maskapai penerbangan di Indonesia. Berikut ini daftar peraturan barang bawaan.

Penumpang diizinkan untuk membawa 1 buah tas tangan untuk diletakkan di bagasi kabin, yang memiliki panjang maksimum 56 cm, lebar 36 cm, dan tinggi 23 cm. Selain itu, penumpang bisa membawa barang-barang kecil seperti tas atau laptop. Harap dicatat bahwa berat total dari semua bagasi kabin tidak bisa melebihi 7 kg.

Penumpang diizinkan untuk membawa 30 kg bagasi saat check in (untuk kelas eksklusif) dan sampai 20 kg (untuk kelas ekonomi).

Garuda Indonesia memberikan tunjangan gratis peralatan olahraga hingga 23 kg bagi penumpang (kecuali peralatan golf max 15 kg) untuk barang-barang seperti papan selancar, klub golf, dan sepeda gunung atau lipat. Penumpang harus menginformasikan kepada maskapai setidaknya 48 jam sebelum keberangkatan.

Penumpang Air Asia diizinkan untuk membawa 1 buah bagasi kabin, yang harus memiliki panjang maksimum 56 cm, lebar 36 cm, dan tinggi 23 cm. Selain itu, penumpang diperbolehkan untuk membawa 1 tas laptop atau 1 tas tangan. Dengan berat tidak dapat melebihi 7 kg.

Jika Anda bepergian dengan bagasi, maka Anda akan dikenakan biaya dengan tingkat yang berbeda tergantung berat dan bandara dari mana Anda terbang. Anda akan dikenakan biaya flat rate untuk 15 kg pertama dan tingkat yang berbeda untuk tambahan setiap kg. Selain itu, jauh lebih murah untuk membeli berat tambahan secara online (selama proses pemesanan tiket) daripada di bandara.

Peralatan olahraga seperti golf, peralatan menyelam, papan surf dan sepeda diperbolehkan dengan subjek peralatan olahraga akan dikenai biaya peralatan olahraga.

Berat maksimum yang diperkenankan untuk kursi roda atau perangkat mobilitas adalah 85 kg.

Penumpang diizinkan untuk membawa 1 buah bagasi kabin, yang harus memiliki panjang maksimum 56 cm, lebar 36 cm, dan tinggi 23 cm. Selain itu, penumpang bisa membawa barang-barang kecil seperti tas atau laptop. Harap dicatat bahwa berat total dari semua bagasi kabin tidak boleh melebihi 7 kg.

Penumpang Citilink diizinkan untuk membawa 1 buah bagasi hingga 15 kg.

Per barang papan selancar angin, papan selancar, papan layar, paralayang. Perhitungan normal kelebihan bagasi (excess baggage) per barang.

Fasilitas kursi roda dapat disediakan di bandara untuk penumpang yang sama sekali tidak dapat bergerak dan tidak dapat berjalan tanpa dibantu, atau tidak dapat naik melalui tangga pesawat atau tidak dapat berjalan untuk jarak yang jauh.

Penumpang kelas ekonomi diperbolehkan membawa barang bawaan hingga berat 7 kg dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm di kabin Lion Air. Berat barang bawaan di kabin tidak boleh melebihi 7 kg. Tas beroda boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.

Penumpang diizinkan untuk membawa 1 buah bagasi hingga 15 kg (untuk kelas bisnis) dan 10 kg (untuk kelas ekonomi).

Kursi roda yang dapat dilipat untuk orang cacat dan/atau sepasang tongkat pemapah dan/atau kawat gigi alat prostetik lainnya harus digunakan oleh penumpang boleh dibawa tanpa dikenakan biaya tambahan.

Papan surfing dan sepeda umumnya diterima tanpa biaya tambahan.

Penumpang diizinkan untuk membawa 1 buah bagasi kabin, yang harus memiliki panjang maksimum 40 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 20 cm; jumlah dari tiga dimensi tidak melebihi atau berat 7 kg.

Penumpang diizinkan untuk membawa 1 buah check in bagasi hingga 20 kg (untuk kelas ekonomi) atau sampai dengan 30 kg (untuk kelas bisnis).

Batik air memperbolehkan membawa sepeda, papan selancar, klub golf atau peralatan menyelam tanpa biaya tambahan

Anda diperbolehkan untuk membawa bagasi maksimal 20 kg untuk semua tujuan kecuali Tanjung Pinang Jakarta (15 kg)

Per barang papan selancar, papan selancar, papan layar, paralayang. Perhitungan normal kelebihan bagas (excess baggage) per barang.

Penumpang kelas ekonomi diperbolehkan membawa barang bawaan hingga seberat 7 kg dengan dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm di kabin Tiger Airways. Tas beroda boleh dibawa ke kabin asalkan dimensinya sama atau kurang dari dimensi yang tertera di atas.

Penumpang diizinkan untuk membawa 1 buah bagasi kabin, yang harus memiliki panjang maksimum 56 cm, lebar 36 cm, dan tinggi 23 cm. Selain itu, penumpang bisa membawa barang-barang kecil seperti tas atau laptop. Harap dicatat bahwa berat total dari semua bagasi kabin tidak boleh melebihi 7 kg.

Peralatan olahraga seperti golf, peralatan menyelam, papan surf dan sepeda diperbolehkan untuk dibawa namun tergantung ketersediaan tempat subjek peralatan olahraga, dan tentu akan dikenai biaya per satuan peralatan olahraga dan per penerbangan.

Seandainya ada peralatan yang melebihi batas dimensi tersebut di atas, peralatan tersebut akan ditandai untuk ditahan atau perlu membeli kursi tambahan dengan harga yang telah ditentukan dan disesuaikan dengan ketersediaan tempat. Risiko ditanggung pemiliknya.

Penumpang diizinkan untuk membawa 1 buah check in bagasi kabin, yang harus memiliki panjang maksimum 40 cm, lebar 30 cm, dan tinggi 20 cm. Harap dicatat bahwa jumlah dari tiga dimensi tidak melebihi 115 cm atau berat 7 kg.

Penumpang diizinkan untuk membawa 1 buah bagasi hingga 30 kg (untuk kelas bisnis) dan 15 kg (untuk kelas ekonomi).

Anda diperbolehkan untuk membawa bagasi maksimal 10 kg dan 5 kg bagasi tangan.

Per barang papan selancar, papan selancar, papan layar, paralayang. Perhitungan normal kelebihan bagasi (excess baggage) per barang.

Anda diperbolehkan untuk membawa bagasi maksimal 10 kg dan 5 kg bagasi tangan.

Per barang papan selancar, papan selancar, papan layar, paralayang. Perhitungan normal kelebihan bagasi (excess baggage) per barang.

Anda diperbolehkan untuk membawa bagasi maksimal 20 kg dan 5 kg bagasi tangan.

Per barang papan selancar, papan selancar, papan layar, paralayang. Perhitungan normal kelebihan bagasi (excess baggage) per barang.

 

Mempersiapkan Seluruh Perlengkapan Sebaik-baiknya

Setelah Anda selesai membaca seluruh penjelasan sebelumnya, Anda perlu mempersiapkan seluruh perlengkapan yang akan Anda butuhkan saat travelling sebaik-baiknya. Jangan sampai ada barang yang tertinggal atau tidak cocok untuk dibawa. Anda dapat membuat berbagai daftar keperluan sebelum Anda pergi travelling dan berlibur.

 

5 Kota Destinasi Liburan Favorit di Indonesia versi Finansialku

 

Semoga artikel ini dapat memberikan Anda wawasan dan pengetahuan baru. Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Pegi-pegi. 25 September 2014. Tips Memilih Koper untuk Liburan ke Luar Negeri. Pegi-pegi.com – https://goo.gl/q4tNx3
  • Admin. 7 Juli 2017. Tips Memilih Jenis Tas yang Tepat Untuk Travelling. Tiket2.com – https://goo.gl/rg6wyY
  • Admin. 7 Juli 2017. Tips Memilih Koper yang Tepat dan Aman untuk Liburan. Tiket2.com – https://goo.gl/7Qybhx
  • Mustafa, Ardita. 8 Juni 2016. Jurus Jitu Mengisi Koper Sebelum Liburan ke Luar Negeri. Cnnindonesia.com – https://goo.gl/rVE8WW
  • Sri Anindiati Nursastri. 16 September 2016. 5 Tips untuk Perempuan Agar Muat Banyak Barang dalam Koper. Travel.kompas.com – https://goo.gl/TjZLuA

 

Sumber Gambar:

  • Barang dan Koper – https://goo.gl/cJt4zq
  • Koper – https://goo.gl/aJXtEm

 

Gratis Download Ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana