Emas merupakan sebuah benda bernilai tinggi yang harganya cenderung naik seiring waktu. Untuk itu, memulai usaha emas tentu dapat menjamin keuntungan yang berlimpah.

Bukan hal yang tak mungkin Anda menjadikan emas sebagai produk bisnis Anda, misalnya usaha toko emas.

Bisnis itu dapat Anda jalani dengan mudah selama Anda memiliki tekad dan pengaturan bisnis yang baik.

Artikel ini akan memberikan Anda panduan untuk membangun usaha toko emas Anda sendiri. Yuk cari tahu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Mengapa Usaha Emas?

Setiap orang yang memulai usaha pasti mendambakan usaha yang menghasilkan keuntungan besar. Namun, usaha jenis apa yang dapat dengan cepat mengembalikan modal Anda? Salah satunya adalah usaha emas.

Jika Anda melihat usaha retail, seperti makanan, pakaian, sepatu dan lainnya, mereka pasti tidak dapat menjual 100% barang mereka. Selalu ada barang sisa yang kemudian harus diobral atau disimpan di dalam gudang.

Namun, hal seperti itu tidak berlaku pada usaha emas.

Panduan Mudah Membangun dan Memulai Usaha Toko Emas 02 Finansialku

[Baca Juga: Usaha Rumahan Bisnis Kuliner: yang Awalnya Hobi jadi Pemasukan Tambahan]

 

Emas memiliki nilai jual yang tinggi. Sebuah model perhiasan, walaupun sudah ketinggalan zaman, masih saja memiliki nilai yang terus meningkat mengikuti harga emas dunia.

Emas sendiri tidak mudah rusak dan awet bila disimpan dengan benar. Anda dapat menyimpan emas hingga puluhan tahun dan bentuknya tidak akan berubah.

Selain itu, membeli emas tidaklah dikategorikan sebagai belanja konsumtif melainkan investasi. Tidak heran, banyak orang yang berbondong-bondong memulai usaha toko emas, baik melalui sistem franchise atau memulainya sendiri.

 

Jenis Usaha Toko Emas

Sebelumnya, Anda harus mengetahui jenis usaha toko emas. Dilihat dari platform pemasarannya, toko emas sendiri dapat dibagi menjadi 2 jenis, yakni toko emas online dan toko emas offline. Di bawah ini adalah penjelasan untuk masing-masing jenis usaha tersebut:

 

#1 Toko Emas Online

Perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan usaha apapun dibentuk secara online. Tidak hanya usaha pakaian atau makanan, emas juga dapat diperdagangkan secara online, lho.

Secara harafiah, toko online adalah ketika Anda menjajakan barang jualan Anda di internet.

Berjualan online sendiri memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

  • Segmen pasar luas karena melalui internet, toko Anda dapat “dihampiri” oleh seluruh masyarakat yang memiliki koneksi tersebut. Mulai dari dalam negeri hingga luar negeri.
  • Modal lebih sedikit. Yang diperlukan di toko emas online adalah emas untuk diperjualbelikan, koneksi internet dan barang elektronik (smartphone, laptop, komputer atau lainnya). Anda dapat menghemat biaya lain seperti biaya sewa lahan jualan, biaya karyawan, biaya inventaris toko dan lainnya.
  • Informasi dapat diberikan dengan mudah, cepat dan lengkap. Dengan informasi yang tertulis secara online, pelanggan akan lebih mudah mencari solusi atas masalah mereka.

 

Melalui toko emas online, Anda dapat memajang seluruh koleksi emas jualan Anda.

Selain itu, pemasaran yang dilakukan secara online juga dapat membantu penyebaran yang lebih luas serta biaya yang lebih murah dibandingkan di media lainnya.

Salah satu contoh toko emas online yang cukup terkenal adalah Orori.com.

 

#2 Toko Emas Offline

Toko offline merupakan toko konvensional pada umumnya, di mana Anda memajang barang jualan Anda secara fisik di etalase toko.

Panduan Mudah Membangun dan Memulai Usaha Toko Emas 03 Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Investasi Emas Antam Online, Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!]

 

Walau terkesan jadul, berjualan emas di toko konvensional nyatanya memiliki kelebihannya dibandingkan toko online, yaitu:

  • Pelanggan dapat melihat langsung barang yang ingin mereka beli dan memeriksanya.
  • Lebih dipercaya oleh pelanggan karena memiliki toko fisik yang dapat dikunjungi jika di kemudian hari terdapat masalah.
  • Lebih manusiawi karena adanya interaksi langsung antara penjual dan pembeli.

 

Salah satu pertimbangan untuk membuka toko emas konvensional adalah biaya yang diperlukan, mulai dari tempat usaha hingga karyawan.

Walaupun disebut fisik, beberapa aktivitas dari usaha toko emas konvensional dapat juga dilakukan secara online. Salah satunya adalah aktivitas pemasaran melalui media online untuk dapat meraup pelanggan yang lebih besar.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Persiapan Sebelum Membuka Usaha Toko Emas

Membuka usaha toko emas memiliki dasar seperti membuka usaha bidang lainnya. Untuk sukses membuka usaha toko emas, Anda memerlukan beberapa persiapan di bawah ini.

 

#1 Pengetahuan Mengenai Emas

Memulai usaha emas tanpa mengetahui perbedaan kualitas, cara perhitungan berat emas, dan segala informasi mengenai emas adalah seperti berperang tanpa amunisi.

Paling tidak, Anda harus mengetahui mana yang termasuk kualitas emas yang baik dan buruk.

Dengan memperhatikan kualitas, Anda dapat mempertahankan kepuasan pelanggan.

Karena, layaknya semua bisnis, kesuksesan tergantung pada kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan.

 

#2 Modal Usaha

Selain dari dalam diri, Anda pun membutuhkan bantuan eksternal, yaitu modal usaha. Modal ini berkaitan dengan kelancaran usaha, operasional serta penjualan Anda.

Tahap pertama adalah mengetahui berapa jumlah dana yang Anda butuhkan.

Selanjutnya adalah mengetahui sumber dana usaha. Dari mana Anda akan mengumpulkan uang tersebut? Apakah dari dana pribadi atau dana pinjaman?

Kemudian, Anda juga harus menyusun perencanaan keuangan dengan benar dan jelas serta proyeksi keuntungan yang dapat Anda peroleh.

Membuat rencana keuangan bisnis yang baik dan terperinci adalah salah satu kunci utama untuk memiliki usaha yang sukses.

Dalam merencanakan keuangan bisnis Anda, Anda harus bisa memisahkan arus kas pribadi dan arus kas bisnis sehingga usaha Anda berjalan dengan lancar.

Dapatkan panduannya melalui ebook Finansialku di bawah ini!

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#3 Target Bisnis: Konsumen, Harga, dan Lokasi

Siapakah target konsumen Anda? Klasifikasikan berdasarkan kelas ekonominya (menengah ke bawah, menengah atau menengah ke atas) kemudian rentang usia dan pekerjaan mereka (anak muda, orang tua, pegawai atau umum).

Setelah Anda menentukan target konsumen, sesuaikan harga emas jualan Anda dengan kemampuan beli mereka.

Lokasi juga menentukan pangsa pasar, tentu Anda tidak bisa berjualan emas dengan harga yang sangat mahal di daerah pasar tradisional.

Investasi-Logam-Mulia-Emas-VS-Bitcoin-2-Finansialku

[Baca Juga: Ingin Buka Usaha Bimbel? Anda Bisa Melirik Pada Waralaba Pendidikan]

 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan survei lokasi sebelum Anda memutuskan untuk membuka toko emas. Kesimpulannya, tempat yang strategis dan harus sesuai dengan pangsa pasar.

Kemudian, harga jual yang juga disesuaikan dengan pangsa pasar. Menyesuaikan 3 hal tersebut penting untuk menjalankan bisnis pada jalur yang tepat.

 

#4 Mengetahui Pesaing Anda

Persaingan pada bisnis toko emas sangat ketat, di mana-mana Anda dapat menemukan toko emas baik besar maupun kecil.

Agar Anda dapat menang di dalam persaingan, Anda harus memiliki pemikiran yang terbuka. Anda harus melakukan survei terhadap pesaing Anda.

Mulai dari kinerja dan kelebihan mereka dibandingkan Anda. Dengan mengetahui pesaing Anda, Anda dapat memberikan apa yang tidak mereka berikan kepada pelanggan. Dengan cara ini, Anda dapat memenangkan persaingan.

 

#5 Strategi Pemasaran

Ingin toko emas Anda terkenal? Berarti Anda harus memperkenalkan toko emas Anda agar banyak yang mengetahui keberadaannya.

Anda perlu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk melakukan aktivitas pemasaran tanpa berbayar.

Anda dapat menggunakan media sosial sebagai jalur marketing Anda. Di media sosial, Anda dapat menggunakan jasa influencer atau orang-orang yang memiliki pengikut (followers) yang banyak serta beragam.

 

Persiapkan Mental dan Finansial untuk Usaha yang Lancar dan Sukses

Dalam bisnis apapun, pelakunya wajib memiliki mental yang tahan banting.

Pasti ada waktu di mana bisnis Anda mengalami saat-saat yang buruk, tetapi dengan mental yang kuat, Anda dapat mengatasinya.

Kondisi keuangan yang sehat di balik bisnis juga sangat menentukan kelangsungan bisnis Anda. Hindari melandaskan bisnis Anda pada utang yang terlalu besar.

 

Apakah setelah membaca artikel ini, Anda tertarik untuk memulai usaha toko emas? Bagikan artikel ini pada teman atau keluarga yang sedang berencana memulai usaha mereka.

Berikan juga komentar dan pengalaman Anda seputar memulai usaha.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Juli 2015. Cara Mudah Mendirikan Toko Emas dan Meraup Untung Sebesar-Besarnya. https://goo.gl/zmeEN8