Waralaba di bidang pendidikan tidak pernah sepi pengunjung.

Hal ini disebabkan oleh tingginya upaya para orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi buah hatinya. Ingin buka usaha waralaba pendidikan? Simak pembahasannya yuk:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Waralaba Pendidikan: Usaha Bimbel (Bimbingan Belajar)

Berdasarkan UU Sistem Pendidikan Nasional Tahun 1989, pendidikan dilaksanakan dalam bentuk bimbingan, pengajaran, dan pelatihan.

Banyak orang tua yang mengupayakan pendidikan bagi buah hatinya dengan pendidikan di luar jam belajar formal, misalnya dengan bimbingan belajar.

Waralaba-Pendidikan-01-Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Menurut Syamsu Yusuf dan Juntika Nurihsan, bimbingan diartikan sebagai upaya pemberian bantuan kepada peserta didik dalam rangka mencapai perkembangannya yang lebih optimal.

Nana Syaodih Sukmadinata berpendapat bahwa bimbingan dibagi menjadi dua, yaitu bimbingan secara umum dan khusus.

Bimbingan umum berarti mendidik, menanamkan, hingga mengarahkan moral siswa supaya menjadi orang baik. Sedangkan bimbingan secara khusus berarti upaya membantu mengoptimalkan perkembangan siswa.

Bidang pendidikan ini sudah semakin menjanjikan, karena sudah terbukti ketahanan kritisnya. Terlebih apabila bimbel memberikan kelebihan bagi para siswa siswinya.

Nah, apabila Anda tertarik membeli waralaba di bidang pendidikan, simak pembahasan Finansialku mengenai beberapa bisnis yang menawarkan waralaba pendidikan.

Tapi sebelum itu, apakah Anda sudah tahu bagaimana mengelola keuangan pribadi dan bisnis? Jika belum, download ebook di bawah ini:

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#1 Jakarta Language School

Sejak didirikan pada tahun 2012, Jakarta Language School memusatkan perhatiannya dalam memberikan pendidikan akademik bagi siswa siswi anak-anak dan kursus bahasa bagi orang dewasa.

Bimbel yang ditawarkan mencakup semua mata pelajaran akademik bagi anak-anak dalam rentang usia 2 hingga 17 tahun. Serta ada juga bimbingan bahasa internasional meliputi bahasa Inggris, Mandarin, dan Indonesia bagi usia dewasa.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Maria Isabella Nona Sari atau biasa dipanggil Bella, pendiri Jakarta Language School mengungkapkan, dirinya selalu optimis dalam mengembangkan bisnisnya ini.

Terbukti dengan peningkatan permintaan yang konsisten setiap tahunnya yang selalu berprospek bagus karena siswa siswi akan selalu berganti setiap tahunnya.

Jakarta Language School disebut-sebut akan terus membuka market kursus ini agar semakin luas dan dapat menjaring siswa siswi baru secara berkesinambungan. Kini, JLS juga telah membuka sistem waralaba bagi bisnis bimbelnya.

Waralaba-Pendidikan-02-Finansialku

[Baca Juga: Jakarta Language School, Bimbingan Belajar Lengkap Mulai dari Pelajaran Akademik Hingga Bahasa Internasional]

 

Besaran investasi juga menyesuaikan dan tergantung pada wilayah yang dipilih mitra, serta mempertimbangkan daya beli masyarakat sekitarnya. Biaya investasi ini berkisar antara Rp200 juta hingga Rp500 juta.

Menurut Bella, makin berpotensi lokasi yang dipilih, harga investasi semakin besar karena harga kursus yang dipatok pun bisa semakin besar. Dengan demikian, akan lebih cepat pula mitra balik modal.

Dalam satu kelas sendiri diestimasikan berisi rata-rata 5 hingga 7 orang murid, dan mitra bisa meraup untung bersih senilai 20 persen hingga 30 persen per bulannya.

“Dari situ mitra diperkirakan balik modal 2 sampai 2.5 tahun,” tandas Bella.

 

#2 Pingu’s English

Pingu’s English merupakan sebuah pusat kursus pelatihan Bahasa Inggris yang dikhususkan kepada anak-anak usia 2 hingga 7 tahun dan telah hadir di 18 negara dengan total pusat pelatihan sekitar 60 buah.

Di Indonesia, lisensi Pingu’s English dipegang oleh PT Impact Teching Center.

Dengan model pembelajaran yang tidak membosankan dan berstandar internasional, Pingu’s English mengedepankan kualitas belajar mengajar yang bermutu.

Untuk ikut bergabung dalam bisnis pusat kursus Pingu’s English ini di wilayah Anda, dibutuhkan modal awal sekitar Rp900 juta untuk biaya royalti, renovasi tempat, pengadaan materi, dan perlengkapan.

 

#3 Saint Anna Education Centre

Saint Anna Eduction merupakan pusat pelatihan atau kursus bagi anak-anak SD hingga SMA dengan berbagai program unggulan, misalnya kursus bahasa Inggris dan Mandarin, bimbel, kursus komputer, serta play group dengan berstandar Singapura dan Internasional.

Lembaga pendidikan yang didirikan sejak tahun 1996 ini menawarkan pendidikan yang berkualitas dan mampu memberikan added value melalui program-program yang ditawarkan.

Menurut FX Budi, Komisaris SAEC, mayoritas masyarakat Indonesia berada pada level menengah ke bawah dengan persentase mencapai 70 persen.

Lebih dari itu, rata-rata mereka memiliki anak dengan usia antara balita hingga remaja yang membutuhkan suatu pendidikan yang bermutu.

Makanya, sejak awal didirikan, lembaga SAEC sengaja membidik segmen balita sampai remaja, kelas menengah ke bawah, yang berada di kota-kota besar dan menengah seperti Jakarta, Tanggerang, Depok, Jember dan lainnya.

Waralaba-Pendidikan-03-Finansialku

[Baca Juga: Belajar Mengenal Bisnis Waralaba Indonesia yang Mendunia]

Untuk berbisnis waralaba Saint Anna Education Centre, dibutuhkan modal awal sekitar Rp125 juta, termasuk franchise fee sebesar Rp75 juta untuk 5 tahun dan investor sudah bisa memiliki bisnis lembaga pendidikan yang bermutu dan terbukti eksistensinya.

Rincian biayanya mencakup Rp50 juta untuk persiapan infrastruktur pendidikan seperti AC, kursi, komputer, peralatan belajar, dan lain sebagainya. Royalty fee yang akan didapatkan sebesar 10 persen dari penghasilan kotor.

 

#4 Young Chefs® Academy

Sejak didirikan, Young Chefs® Academy memusatkan perhatiannya dalam memberikan kursus memasak bagi anak-anak yang berasal dari Amerika Serikat dengan konsep belajar seru dalam memasak.

Di samping itu, Young Chefs® Academy juga memadukan konsep memasak dan akademik dengan adanya pengetahuan tambahan setiap minggu. Pengajaran dilakukan dalam bahasa Inggris, dengan tujuan memfasilitasi anak-anak untuk mempelajari bahasa asing.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Saat belajar memasak makanan Jepang (contohnya), anak-anak akan diberi sedikit informasi mengenai Jepang, mulai dari bahasa, budaya, kondisi geografis, dan masih banyak lagi.

Waralaba Young Chefs® Academy sudah tersebar di lebih dari 12 negara, dan kini sudah menyediakan program field trip, paket ulang tahun, corporate team building, holiday class, dan private class.

Paket kerja sama yang ditawarkan berupa investasi senilai Rp650 juta hingga Rp750 juta.

Biaya ini mencakup:

  • Franchise fee Rp250 juta selama 5 tahun,
  • Renovasi outlet lengkap,
  • Peralatan memasak,
  • Peralatan dapur, dan
  • Fasilitas penunjang lainnya.

Lalu ada biaya bulanan senilai 10 persen dari gross sales per bulan jika bisnis sudah berjalan.

Meski biaya investasinya cukup besar, Felicia dan Aveline menjelaskan bahwa mereka memproyeksikan bahwa Anda bisa mencapai Break Even Point (BEP) hanya dalam 2.5 tahun sejak bisnis berjalan.

 

#5 Anak Air Swim School

Berdasarkan data, saat ini terdapat sekitar 73 juta anak berada di bawah usia 12 tahun di Indonesia. Nilai ini diperkirakan akan terus naik seiring waktu. Dari prospek ini, muncul ide untuk membuat sebuah sekolah renang bagi anak-anak, Anak Air Swim School.

Mengingat pelajaran renang merupakan salah satu yang diwajibkan di sekolah, banyak orang tua mendaftarkan anaknya di Anak Air Swim School. Menurut mereka, selain untuk mendukung pendidikan olah raganya, renang juga penting untuk keselamatan dan kesehatan.

Waralaba-Pendidikan-04-Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Konsep yang diterapkan dalam Anak Air Swim School adalah child center progressive learning, di mana anak dikembangkan sesuai dengan kemampuannya sendiri.

Artinya, kondisi psikologis anak akan diutamakan, terutama dengan bekal psikologi dasar anak bagi seluruh staf pengajar. Dengan tujuan pendidikan dapat dilakukan dengan dekat, saling percaya, dan nyaman.

Minimnya pesaing dalam bidang sejenis, Anak Air Swim School belum terkalahkan. Potensi bisnis ini tentunya sangat luar biasa, karena saat ini Anak Air Swim School masih terdepan di bidangnya.

Anak Air Swim School percaya bahwa akan banyak calon mitra yang tertarik untuk bekerja sama. Oleh karena itu, muncul kesempatan kerja sama bagi calon mitra yang berminat membuka sekolah renang.

Biaya yang dibutuhkan adalah berkisar dari Rp550 juta hingga Rp1.4 miliar. Namun, sudah mencakup berbagai dukungan dari pusat.

 

#6 Aqila Course

Salah satu pelaku usaha lainnya yang menawarkan kemitraan bimbingan belajar adalah Ahmad Hasan Basri dengan nama lembaga Aqila Course. Lembaga bimbingan belajar yang telah dirintis sejak 2009 ini mulai dimitrakan sejak tahun 2010.

Bimbingan belajar Aqila Course membuka peluang kemitraan dalam hal penyediaan modul, sistem administrasi, sistem manajemen, cara mengajar serta konsultasi terkait bisnis bimbel.

Waralaba-Pendidikan-05-Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Modul pembelajaran yang dijual, mulai untuk siswa sekolah dasar (SD), sekolah menengah tingkat pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

Mereka juga sudah menerapkan sistem administrasi versi 4, sebuah sistem digital berbasis website untuk memudahkan kegiatan administrasi bimbel.

Sistem ini dilengkapi SMS server untuk info jadwal, konfirmasi kehadiran siswa, dan SMS broadcast ketika ada perubahan jadwal.

Untuk tiap modul SD dan SMP masing-masing dibanderol dengan harga Rp600.000, Rp400.000 untuk modul SMA, sedangkan untuk sistem administrasi versi 4 dibanderol seharga Rp1.2 juta.

Supaya lebih hemat, Aqila juga menawarkan paket kemitraan yang terdiri atas tiga macam:

  • Paket Hemat 1 Senilai Rp2.5 Juta

    Mitra akan mendapatkan modul pembelajaran lengkap SD hingga SMA, materi Skill Count SD dan SMP, materi English Skillsistem administrasi versi 4, dan panduan pengelolaan bimbel.

  • Paket Hemat 2 Senilai Rp1.8 Juta

    Mitra akan mendapatkan modul pembelajaran SD dan SMP, materi Skill Count SD dan SMP, materi English Skill, administrasi versi 4 dengan logo Aqila Course, dan biaya bagi hasil sebesar Rp1.000 per siswa.

  • Paket Hemat 3 Seharga Rp1 Juta

    Mitra akan mendapatkan modul pembelajaran SD dan SMP, materi Skill Count SD dan SMP, materi English Skill, SOP dengan logo Aqila Course, serta tanpa bagi hasil dan biaya tahunan.

Namun, selain membayar biaya pembelian modul atau paket kemitraan, mitra harus sudah memiliki tempat bimbingan yang tersedia untuk minimal dua ruang kelas.

 

#7 Bimbingan Belajar Solusi

Lembaga Pendidikan Bimbingan Belajar Bintang Solusi Mandiri (LPBB BSM) merupakan sebuah lembaga bimbingan belajar yang berkantor pusat di Jakarta Timur, dan dikenal dengan nama Bimbel Solusi.

Selain pendampingan belajar bagi siswa sekolah, Yayasan Bintang Solusi Mandiri saat ini juga telah mengembangkan Pendidikan Calistung untuk anak usia dini yang umumnya berada di rentang usia 3 hingga 6 tahun dengan nama Rainbow Kids.

Dalam konsep tersebut ditawarkan lima program sekaligus, yaitu bimbingan baca tulis hitung, tes bakat sidik jari, jarimatika, Bahasa Inggris, serta pendidikan dan pembinaan karakter.

Waralaba-Pendidikan-06-Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Dilatarbelakangi oleh pertumbuhan LPBB BSM yang pesat dan sistem pemasaran yang dinamis, maka timbul harapan dari berbagai pihak untuk melakukan kerjasama dengan LPBB BSM.

Bimbel Solusi menawarkan paket waralaba dengan nilai investasi mulai dari Rp35 juta, di mana mitra akan mendapatkan lisensi untuk menggunakan brand Bimbel Solusi, modul empat pelajaran utama untuk siswa kelas I hingga IX, pelatihan selama satu bulan, serta penyediaan software keuangan.

Namun biaya ini belum termasuk biaya tempat yang strategis, sumber daya manusia yang sesuai spesifikasi, sarana dan prasarana penunjang pembelajaran dan mengikuti semua prosedur operasional yang telah ditetapkan.

 

#8 Robota Robotics School

Sesuai dengan namanya, pusat pendidikan dan pelatihan Robota Robotics School merupakan sebuah pusat pendidikan bagi anak-anak yang menaruh minat dalam teknologi robot.

Robota Robotics School atau yang lebih dikenal dengan nama Robota merupakan salah satu dari sedikit lembaga pendidikan robotika yang ada di Indonesia.

Menurut pendirinya, Ananta Dwi Rajasa, bisnis lembaga pendidikan robotika masih sangat potensial untuk dikembangkan saat ini karena masih minimnya pesaing dan pasar konsumen yang makin berkembang.

Waralaba-Pendidikan-07-Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Waralaba Sabana Fried Chicken, Waralaba Lokal dengan Cita Rasa Internasional]

 

Dengan demikian, Robota Robotics School memutuskan untuk membuka peluang kemitraan yang sangat terjangkau.

Peluang yang ditawarkan oleh Robota kepada masyarakat umum yang ingin terjun berbisnis membangun pusat pendidikan robotic dengan modal mulai dari Rp50 juta.

Paket waralabanya disebut paket StartUp dengan biaya Rp50 juta tanpa adanya biaya tambahan lain. Anda akan mendapatkan pelatihan full tentang semua pengoperasian usaha lembaga, peralatan berserta kurikulum pengajaran yang terangkum dalam satu paket.

Ananta menjelaskan, umumnya tiap siswa dapat dikenakan biaya kursus sebesar Rp200.000. Nilai ini pun bisa ditingkatkan sesuai dengan target atau sasaran pasar Anda.

Diestimasikan, hanya dengan jumlah siswa 50 anak, seorang mitra Robota Robotics School sudah dapat mengantongi penghasilan kotor sebesar Rp10 juta per bulannya.

 

Ingin Menjadi Pebisnis Waralaba Pendidikan?

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membeli waralaba dan menjadi mitra lembaga pendidikan atau bimbel di atas?

Jika berminat, Anda bisa langsung mencari informasi kemitraannya dan menghubunginya lebih lanjut.

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis dalam bidang pendidikan yang berkualitas dan terjamin.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai waralaba pendidikan usaha bimbel lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan, kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2018. Waralaba Bidang Pendidikan. KerjaUsaha.com – https://goo.gl/Lb6Ypj
  • Nenden Sekar Arum. 2 Maret 2015. Ingin Buka Bimbel? Ini Alternatif 4 Lembaga Kemitraan Untuk Kerjasama. bisnis.com – https://goo.gl/UuPFT6
  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017. Finansialku.com – https://goo.gl/t4H2nZ
  • Bella Adelina. 20 Oktober 2016. Pengertian Bimbingan Belajar Menurut Para Ahli. Blogspot.co.id – https://goo.gl/nkdNRd

 

Sumber Gambar:

  • Waralaba Pendidikan 1 – https://goo.gl/Uo8HWk
  • Waralaba Pendidikan 2 – https://goo.gl/5QZSsG
  • Waralaba Pendidikan 3 – https://goo.gl/3izdC5
  • Waralaba Pendidikan 4 – https://goo.gl/KJjBWQ
  • Waralaba Pendidikan 5 – https://goo.gl/JwZTdG
  • Waralaba Pendidikan 6 – https://goo.gl/UXHrai
  • Waralaba Pendidikan 7 – https://goo.gl/dR8ZBB
Summary
Ingin Buka Usaha Bimbel? Anda Bisa Melirik Pada Waralaba Pendidikan
Article Name
Ingin Buka Usaha Bimbel? Anda Bisa Melirik Pada Waralaba Pendidikan
Description
Waralaba di bidang pendidikan tidak pernah sepi pengunjung.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo