Bagaimana cara menemukan ide bisnis online yang sesuai dengan minat kita? Dalam artikel ini, kami akan berbagi panduan untuk mencari dan menemukan ide bisnis online yang sesuai dengan minat Anda dan tentu saja memiliki pasar.

 

Jawab 9 Pertanyaan Ini untuk Membantu Anda Menemukan Ide Bisnis Online

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis online adalah Anda dapat memilih bidang yang Anda sukai, minatai atau kuasai plus dapat mendatangkan keuntungan. Menurut Emilie Pelletier dalam bukunya yang berjudul How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle, rumus ide bisnis yang cemerlang adalah:

Topik yang Anda minati + Orang-orang yang Anda tahu dan membutuhkan solusi ini + Permasalahan orang-orang tersebut + Solusi yang dapat Anda tawarkan.

 

Dari situ Anda dapat menawarkan solusi, baik berupa e-book, podcast, kursus online, menawarkan produk dan lain sebagainya. Anda dapat menentukan jenis model bisnis online yang tepat.  

Mencari dan Menemukan Ide Bisnis Online 1- Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 12 Model Bisnis Online di Indonesia yang Menguntungkan]

 

Emilie Pelletier menjabarkan 9 pertanyaan besar yang harus Anda jawab terkait dengan cara untuk mencari dan menemukan ide bisnis online:

 

#1 Apa yang tidak Anda sukai dari pekerjaan Anda saat ini? Apa yang ingin Anda ubah?

Jika saat ini Anda membaca artikel serial “bisnis online” bisa jadi ada sesuatu hal yang ingin Anda rubah. Tidak menutup kemungkinan, saat ini Anda kurang puas dengan kondisi kerja Anda: entah alasan jam kerja yang padat, alasan penghasilan, pekerjaan yang tidak sesuai minat, teman kerja yang menyebalkan, macet-macetan ke tempat kerja dan lain sebaginya.

Dalam bukunya How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle,  Emilie Pelletier mengatakan bahwa penting sekali mendefinisikan hal-hal yang ingin Anda hindari. Jangan sampai Anda masuk ke bisnis online dan menghadapi masalah yang sama.

Contoh jika saat ini Anda keberatan dengan jam kerja dari jam 8.00 – 17.00 plus lembur-lembur, maka sebaiknya Anda hindari bisnis online yang harus memakan banyak waktu Anda (contoh: freelance, konsultasi online). Pilihlah bisnis online yang tidak memakan banyak waktu (contoh: menjual e-book, kursus online).

 

#2 Apa yang Anda sukai dari kondisi Anda saat ini? Apa yang ingin Anda pertahankan?

Anda juga harus jujur pada diri Anda, kondisi kerja Anda saat ini tidak 100% buruk bukan? Pastinya ada hal-hal yang ingin Anda pertahankan. Mungkin saja Anda merasa dekat dengan kantor, anak-anak kantor rame dan seru diajak ngobrol dan lain sebagainya. Kenali hal-hal positif yang ingin Anda pertahankan. Sebagai seorang entrepreneur, Anda juga perlu berkehidupan sosial. Mungkin Anda menggunaka sharing office (menyewa ruangan kantor) atau berkumpul dengan teman-teman komunitas dan lain sebagainya.

[Baca Juga: 3 Kunci Sukses Pebisnis Online yang Harus Anda Jalankan]

 

#3 Bidang apa yang Anda minati / kuasai / ingiin pelajari ?

Setiap orang pasti memiliki bidang-bidang yang diminati, dikuasai atau ingin dipelajari dalam waktu dekat bukan? Kita tentu saja akan lebih bersemangat jika membahas topik-topik yang kita gemari. Apabila Anda berencana membuat sebuah blog (atau bisnis online lainnya), pilihlah topik yang Anda sukai, misal

  • Buku dan majalan apa yang Anda baca dalam waktu dekat ini?
  • Acara tv apa yang Anda sering tonton?
  • Kelas atau seminar apa yang Anda datangi, akhir-akhir ini?

 

Anda juga dapat membaca buku karangan Chris Guillebeau mengenai The $100 Startup: Reinvent the Way You Make a Living, Do What You Love, and Create a New Future Summary. Buku tersebut juga sudah ada versi terjemahan Bahasa Indonesia dan di jual di toko-toko buku. Berdasarkan pengalaman pribadi, terkadang beberapa penterjemah kurang memahami konteks penulis dan kurang tepat dalam menterjemahkan isi buku. Jadi jika memungkinkan, baca buku dari sumber penulisnya.

 

#4 Apa Kelebihan atau Bakat yang Anda miliki?

Setiap orang tentu saja memiliki kelebihan atau bakat yang dimiliki dari lahir. Contoh ada orang yang pandai menggunakan kata-kata, mampu membujuk dengan mudah. Nah tipe-tipe orang seperti ini lebih cocok untuk bisnis online yang berhubungan dengan pemasaran dan penulisan artikel (content marketing).

[Baca Juga: 5 Cara Mengetahui Bisnis Online yang Sedang Tren]

 

#5 Apa Kekurangan atau Kelemahan yang Anda miliki?

Selain kelebihan, setiap orang juga memiliki kelemahan. Misal ada orang yang sulit untuk “membuat rencana”. Jadi pilihlah bisnis online yang tidak terlalu banyak urusan dengan “perencanaan”. Jika bisnis online Anda membutuhkan perencanaan, carilah rekan kerja atau karyawan untuk membantu Anda.

 

#6 Seperti apakah kepribadian Anda?

Setiap orang tentu saja memiliki kepribadian masing-masing. Ada yang lebih introvert (pendiam, malu-malu) dan extrovert (suka berkomunikasi dan bersosialisasi). Pilihlah ide bisnis online yang nyaman dengan kepribadian Anda. Contoh tidak setiap orang bisa membuat video dan bicara di depan kamera. Tidak mudah lho, jadi artis di Youtube.

[Baca Juga: Anak Kecil Ini Bisa Jadi Artis Youtube dan Menghasilkan Banyak Uang]

 

#7 Apa saja kemampuan, pengalaman dan keahlian Anda?

Menjalankan bisnis online yang sesuai dengan kemampuan, pengalaman dan keahlian menjadi salah satu keuntungan atau modal penting. Satu hal yang paling penting, Anda harus tetap belajar dan update mengenai bidang yang Anda tekuni.

 

#8 Siapa saja orang-orang yang bekerja di bidang yang ingin Anda terjuni?

Kenali orang-orang seperti apa yang menerjuni bisnis mirip dengan Anda? Lingkungan atau komunitas yang memiliki cara pandang yang sama, akan membuat Anda lebih menguasai dan menyenangi industri yang Anda pilih.

[Baca Juga: 8 Kesalahan Saat Anda Memilih Bisnis Online]

 

#9 Seperti apa topik yang Anda ingin bahas? (Cari Topik yang Niche)

Bisnis online boleh diibaratkan sebagai samudera yang sangat luas. Emilie Pelletier menyarankan agar kita memilih bagian kecil di samudera yang luas. Jadi sederhananya kita berperan sebagai dokter spesialis, alih-alih jadi dokter umum. Dalam pembahasan selanjutnya, Finansialku akan lebih banyak membahas mengenai niche market.

 

Langkah Selanjutnya adalah

Apa yang harus Anda lakukan untuk dapat segera merealisasikan ide bisnis online dalam waktu dekat?

  1. Jawab ke – 9 pertanyaan di atas. Jawab dengan jujur dan sertai riset sederhana.
  2. Visualisasikan ide Anda dari waktu ke waktu.
  3. Lakukan diskusi dan brainstorming dengan bebragai jenis cara memonetasi (mendatangkan keuntungan).
  4. Cari informasi di website, cari tahu apa yang sudah ada di website, apa kelebihan dan kekurangan mereka. Carilah ruang baru atau sudut pandang baru mengenai topik tersebut dan/atau memperbaiki kekurangan mereka.

 

Artikel Selanjutnya: Niche Topic

Pada poin kesembilan, Anda mengenal istilah niche topic. Beberapa ahli, termasuk Emilie Pelletier menyarankan agar kita memilh topik yang niche. Dalam artikel selanjutnya, kita akan membahas pandangan Emilie Pelletier  mengenai:

  1. Kenapa harus niche market?
  2. Kenali pasar sebelum menawarkan layanan
  3. Apakah Niche market atau Mass Market?
  4. 4 alasan Anda harus memilih di niche market
  5. Bagaimana cara memilih niche market?

 

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

 

Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Finding Business Idea – https://goo.gl/mhcwPY

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang