Kabar Baik! Ini Cara Mencatat Aset di Aplikasi Finansialku

Memang bisa mencatat aset di aplikasi Finansialku?

Jangan ketinggalan, langsung pelajari dan manfaatkan fitur aplikasi Finansialku yang satu ini.

Yuk simak caranya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Sudah Punya Aplikasi Finansialku Belum?

Apakah Anda sudah mengunduh aplikasi Finansialku di smartphone Anda?

Jika belum, Anda ketinggalan banyak manfaatnya lho. Mengapa demikian?

Aplikasi Finansialku merupakan sebuah aplikasi yang akan membantu memberikan gambaran lengkap kondisi keuangan Anda. Anda dapat mengelola keuangan dan merencanakan keuangan dengan cara yang mudah.

Aplikasi Finansialku dapat membantu Anda dalam beberapa hal berikut:

  • Membuat anggaran,
  • Mencatat keuangan,
  • Merencanakan keuangan,
  • Memantau kinerja investasi,
  • Mengecek kesehatan keuangan,
  • Mencatat daftar aset,
  • Mengikuti kursus online keuangan,
  • Live chat dengan perencana keuangan, dan masih banyak lagi

 

Dengan berbagai fitur tersebut, Anda bisa mengelola keuangan dengan lebih praktis dan mudah. Tidak perlu lagi menghitung secara manual, di sini Anda bisa memperoleh hasil perhitungan hanya dengan klik tombol saja.

Mengelola dan Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku - Perencana Keuangan Independen Fi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 8 Cara Mengurus Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru Menikah, Agar Keuangan Anda Sehat]

 

Beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda peroleh dari aplikasi Finansialku antara lain sebagai berikut:

  • Up to date dengan kondisi keuangan Anda,
  • Miliki kontrol atas keuangan Anda,
  • Cari tahu dan perbaiki kebocoran-kebocoran keuangan,
  • Perbaiki kondisi utang konsumtif,
  • Merencanakan dan mewujudkan kepemilikan kebutuhan mulai dari dana darurat, rumah, kendaraan, dana pendidikan anak, dana pensiun, dan masih banyak lagi.

 

Banyak sekali bukan manfaatnya?

Jadi tunggu apa lagi? Langsung download aplikasi Finansialku sekarang juga!

Takut mahal? Tenang, aplikasi Finansialku tersedia GRATIS bagi Anda. Yuk download aplikasi Finansialku sekarang dari Google Play Store atau desktop di pc Anda.

 

Nah, jika Anda masih ragu untuk mengunduh aplikasi Finansialku, mari melihat sekilas fitur pencatatan aset di aplikasi Finansialku berikut ini:

 

Apa sih yang Disebut Aset?

Aset atau yang biasa disebut aktiva merupakan kekayaan sumber daya yang dimiliki oleh entitas dalam bisnis yang terukur secara jelas.

Aset biasa diukur menggunakan satuan uang.

Selain definisi di atas, masih banyak pendapat para ahli mengenai definisi aset, antara lain sebagai berikut:

No.SumberDefinisi Aset
1.Djarwanto (2001:15)Aktiva merupakan bentuk dari penanaman modal perusahaan, bentuk-bentuknya dapat berupa harta kekayaan atau hak atas kekayaan atau jasa yang dimiliki perusahaan yang bersangkutan.
2.Soemarso (2009:44)

Aktiva adalah bentuk kekayaan yang dimiliki perusahaan dan merupakan sumber daya (resources) bagi perusahaan untuk melakukan usaha.

Sumber pembelanjaan menunjukkan siapa yang membelanjakan kekayaan, maka aktiva harus selalu sama dengan sumber pembelanjaannya.

Pihak yang menyediakan sumber pembelanjaan mempunyai hak klaim terhadap aktiva perusahaan.

3.Baridwan (2004:271)Aktiva atau harta adalah benda baik yang memiliki wujud maupun yang semu dan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan yang diharapkan diperoleh manfaat ekonomisnya.
4.Sugiri (2009:137)Aktiva adalah kekayaan yang dimiliki untuk digunakan dalam produksi atau penyediaan barang atau jasa, untuk direntalkan pada pihak lain, atau untuk tujuan administratif, diharapkan untuk digunakan selama lebih dari satu periode.
5.Hidayat (2011:4)

Aset adalah barang yang dalam pengertian hukum disebut sebagai suatu benda, yang terdiri atas benda abergerak dan juga benda tidak bergerak, baik yang berwujud (tangible) maupun yang tidak berwujud (intangible).

Keseluruhan dari hal tersebut mencakup dalam aktiva atau aset atau harta aset dari suatu instansi, organisasi, badan usaha ataupun dari individu perorangan.

 

Sistem pencatatan aset umumnya berdasarkan pada seberapa cepat perubahannya dalam konversi menjadi satuan uang kas. Sebagai contoh, sebuah perusahaan properti akan mencatat asetnya dari barang yang memiliki nilai yang paling berharga. 

Beberapa jenis aset dapat bermanfaat secara langsung ataupun tidak langsung, dan sifatnya produktif serta masuk dalam bagian operasi perusahaan dan memiliki kemampuan dalam mengurangi pengeluaran kas.

Aset juga memiliki potensi manfaat ekonomi di masa yang akan datang, yang diperoleh atau dikendalikan oleh suatu perusahaan sebagai akibat transaksi atau kejadian masa lalu.

Disebut sebagai manfaat ekonomi di masa yang akan datang karena kelak bisa digunakan untuk menjalankan kegiatan-kegiatannya, seperti operasional bisnis, pembiayaan, ataupun investasi.

Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku - Finansialku

[Baca Juga: Jaminan Pensiun Program BPJS Ketenagakerjaan: Apakah Benar Mendapat Gaji Bulanan saat Sudah Pensiun?]

 

Ada beberapa cara untuk memperoleh aset, diantaranya dengan cara diproduksi ataupun dibangun sendiri, serta bisa didapat dengan membeli, atau juga dengan pertukaran aset maupun sumbangan dari pihak lain.

Aktiva atau aset sangat erat kaitannya dengan kewajiban (utang) dan ekuitas. Selain karena bagian dari elemen neraca, juga karena perolehannya yang tidak bisa dipisahkan.

 

Jenis-jenis Aset

Aset atau aktiva dalam konsep keuangan pada umumnya di kelompokkan ke dalam beberapa jenis, yakni sebagai berikut:

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#1 Aktiva Lancar (Current Assets)

Menurut Wild (2004:186) aktiva lancar merupakan kas dan aktiva lain yang secara wajar dapat direalisasi sebagai kas dan dijual serta digunakan selama satu tahun (atau dalam siklus normal perusahaan jika lebih dari satu tahun).

Aktiva lancar dibagi menjadi beberapa jenis, menurut Djarwanto (2004:25) yaitu:

  1. Kas: uang tunai dan alat pembayaran lainnya yang digunakan untuk membiayai operasi perusahaan. 
  2. Investasi jangka pendek (temporary investment): berupa obligasi pemerintah, obligasi perusahaan-perusahaan industri dan surat-surat utang, dan saham perusahaan lain yang dibeli untuk dijual kembali, dikenal dengan investasi jangka pendek. 
  3. Wesel tagih (notes receivable): tagihan perusahaan kepada pihak lain yang dinyatakan dalam suatu promes. 
  4. Piutang dagang (account receivable): meliputi keseluruhan tagihan atas langganan perseroan yang timbul karena penjualan barang dagangan atau jasa secara kredit. 
  5. Penghasilan yang masih akan diterima (accrual receivable): penghasilan yang sudah menjadi hak perusahaan karena perusahaan telah memberikan jasa-jasanya kepada pihak lain tetapi pembayarannya belum diterima sehingga merupakan tagihan. 
  6. Persediaan barang (inventories): barang dagangan yang dibeli untuk dijual kembali, yang masih ada di tangan pada saat penyusunan neraca. 
  7. Biaya yang dibayar di muka: pengeluaran untuk memperoleh jasa dari pihak lain, tetapi pengeluaran tersebut belum menjadi biaya atau jasa dari pihak lain itu belum dinikmati oleh perusahaan pada periode yang sedang berjalan.

 

Definisi-Aktiva-Adalah-2-Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

#2 Aktiva Tidak Lancar

Berdasarkan Wild (2004:257), aktiva tidak lancar merupakan sumber daya atau klaim atas sumber daya yang diharapkan dapat memberikan manfaat kepada perusahaan selama periode melebihi periode kini.

Artinya, aktiva ini merupakan aktiva dengan siklus dan masa manfaat yang cukup lama, yang pasti lebih dari satu tahun.

Aktiva tidak lancar dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

 

#1 Aktiva Tetap (Fixed Assets)

Aktiva tetap merupakan harta kekayaan yang berwujud, yang bersifat relatif permanen, digunakan dalam operasi reguler lebih dari satu tahun, dibeli dengan tujuan untuk tidak dijual kembali.

Tujuan pembelian dari aset tetap bukan untuk diperjual belikan tetapi digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan.

Contoh aktiva tetap antara lain: tanah (land), bangunan atau gedung (building), mesin-mesin (machinery), perabot dan peralatan kantor (office furniture and fixtures), perabot dan peralatan toko (store furniture and fixtures), alat pengangkutan (delivery equipment), dan sumber-sumber alam (natural resources). 

 

#2 Aktiva Tidak Berwujud (Intangible Assets)

Aktiva Tak Berwujud adalah kekayaan yang manifestasinya tidak berwujud secara fisik yakni tidak dapat disentuh, dilihat, atau tidak bisa diukur secara fisik, namun dapat diidentifikasi sebagai kekayaan secara terpisah.

Aktiva tidak berwujud berupa hak-hak yang dimiliki perusahaan.

Hak-hak ini diberikan kepada penemunya, penciptanya, atau penerimanya. Misalnya: hak cipta, leasehold, franchises, hak paten, good will, trademark, biaya organisasi. 

Definisi-Aktiva-Adalah-3-Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Jangan Alasan Umur Lagi. Yuk Kita Mulai Belajar Investasi Sekarang]

 

#3 Investasi Jangka Panjang

Aktiva ini meliputi semua investasi jangka panjang yang sebelumnya atau sekarang telah dilakukan oleh perusahaan.

Investasi jangka panjang dapat berupa:

  • saham dan obligasi dari dan pinjaman kepada perusahaan lain;
  • harta kekayaan yang tidak digunakan dalam operasi rutin perusahaan seperti gedung yang disewakan kepada pihak lain;
  • dana yang diperuntukkan untuk tujuan khusus selain pembayaran utang jangka pendek dan pinjaman kepada anak perusahaan. 

 

#4 Beban Biaya yang Ditangguhkan

Beban biaya yang ditangguhkan adalah pengeluaran-pengeluaran atau biaya yang mempunyai manfaat jangka panjang dimana pembebanannya sebagai biaya usaha berlangsung untuk beberapa tahun atau periode misalnya biaya pemasaran, biaya penelitian.

Akta Pendirian Perusahaan 03 Biaya Pendirian - Finansialku

[Baca Juga: Cara Instan Menghitung Keuntungan Deposito Pakai Aplikasi Finansialku]

 

Tutorial Mencatat Aset di Aplikasi Finansialku

Salah satu fitur yang sangat bermanfaat dari aplikasi Finansialku adalah pencatatan aset.

Sebelum Anda bingung dan mengajukan pertanyaan, yuk langsung tonton tutorial mencatat aset di aplikasi Finansialku berikut ini:

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Menambah Aset

 

Langkah-langkah:

  1. Klik tombol “Tambah Aset” pada bagian kanan atas halaman Aset.
  2. Masukan data yang diperlukan:
  • Nama Aset: nama aset yang Anda miliki.
  • Harga: nilai aset yang Anda miliki.
  • Sumber Dana: sumber dana dari Akun Rekening yang Anda gunakan untuk membeli Aset. Saldo Akun Rekening yang Anda pilih akan berkurang sesuai dengan harga aset. Jika Anda sudah mempunyai aset sebelum Anda menggunakan Aplikasi Finansialku, silahkan pilih “Hibah/Waris” sebagai sumber dana Anda.
  • Kategori: kategori Aset yang Anda miliki.
  • Keterangan: keterangan Aset yang diperlukan.
  1. Klik tombol “Simpan”.

 

#2 Menjual Aset

 

Langkah-langkah:

  1. Klik “Jual” pada sisi Aset yang akan dijual di Daftar Aset.
  2. Masukan data yang diperlukan:
  • Harga: nilai Aset saat akan dijual.
  • Dana Ke: akun Rekening dimana Anda akan menampung dana hasil penjualan aset Anda. Saldo Akun Rekening yang Anda pilih akan akan bertambah sesuai dengan harga aset.
  • Keterangan: keterangan Aset yang diperlukan.
  1. Klik tombol “Simpan”.

 

#3 Mengubah Aset

 

Langkah-langkah:

  1. Klik “Ubah” pada sisi Aset yang akan diubah di Daftar Aset.
  2. Ubah data sesuai dengan yang diinginkan.
  3. Untuk menyimpan klik tombol “Simpan”.

 

#4 Menghapus Aset

 

Langkah-langkah:

  1. Klik “Hapus” pada sisi Aset yang akan di hapus di Daftar Aset.
  2. Aset yang Anda miliki akan hilang dari daftar aset.

 

Merencanakan Keuangan Aplikasi Finansialku - Perencana Keuangan Independen Finansialku Icons

[Baca Juga: Sekarang Merencanakan Dana Pendidikan Playgroup Mudah, Gunakan Aplikasi Finansialku!]

 

Menarik sekali bukan?

Fitur ini dapat Anda peroleh dengan GRATIS lho! Yuk langsung download aplikasi Finansialku sekarang juga melalui Google Play Store atau atau desktop di pc Anda.

 

Aplikasi Finansialku: Mencatat Aset Kini Cepat dan Mudah

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap mencatat aset di aplikasi Finansialku?

Tentunya kini pencatatan aset menjadi cepat dan mudah bukan? Anda tidak perlu malas lagi melakukan pencatatan aset.

Dengan fitur lengkap ini, memungkinkan Anda menambah, menjual, mengubah, menghapus aset dari catatan daftar aset kini semuanya menjadi praktis.

Yuk langsung download aplikasi Finansialku dan nikmati beragam manfaatnya. Saya jamin Anda juga bisa merasakan manfaatnya seperti saya, dan bisa mengelola keuangan dengan jauh lebih baik lagi.

 

Apa Anda memiliki pertanyaan mengenai cara mencatat aset di aplikasi Finansialku lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Aris Kurniawan. 5 Juni 2016. Pengertian Aset Menurut Para Ahli Beserta Komponen Dan Penggunaannya.Gurupendidikan.com – https://goo.gl/SRWUzJ
  • Muchlisin Riadi Jumat, 17 Maret 2017. Pengertian dan Jenis-jenis Aktiva. Kajianpustaka.com – https://goo.gl/AghCJw
  • Dina Amalia. 17 October 2017. Pengertian dan Jenis-Jenis Aktiva dalam Akuntansi. Jurnal.id – https://goo.gl/k2NX8P
Summary
Kabar Baik! Ini Cara Mencatat Aset di Aplikasi Finansialku
Article Name
Kabar Baik! Ini Cara Mencatat Aset di Aplikasi Finansialku
Description
Memang bisa mencatat aset di aplikasi Finansialku?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Fransiska Ardela, S.T
Fransiska Ardela, S.T. memiliki background pendidikan S1 di Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang pendidikan, product management, dan entrepreneurship.

Leave A Comment