Investasi yang menguntungkan? Siapapun pasti menginginkannya terutama Anda yang belum pernah menjadi investor, berikut beberapa jenis investasi yang akan dipaparkan oleh Finansialku.com. Selamat mencoba!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengandalkan Suku Bunga Sudah Tidak Relevan Lagi

Menyimpan uang di bank dengan tujuan untuk menikmati hasil bunga yang didapatkan, kini sudah tidak menjadi solusi. Walaupun risikonya sangat rendah, namun tidak menguntungkan sama sekali karena tekanan inflasi setiap tahunnya sehingga nilai uang kita berkurang seiring dengan bertambahnya tahun.

Sebagai contoh apabila Anda memiliki uang sebesar Rp1 juta pada tahun ini, maka pada tahun depan nilainya akan berkurang. Barang yang dapat Anda beli dengan uang tersebut pada tahun ini akan lebih sedikit. Apabila mengandalkan besaran suku bunga saja, tidak akan mampu untuk bertanding mengalahkan investasi.

LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) pun tidak memberikan jaminan apabila ada yang memberi penawaran suku bunga yang tinggi karena LPS hanya memberi jaminan simpanan pada nominal dan suku bunga tertentu. Sebagai contoh tingkat suku bunga yang diberikan pada satu bank adalah 7,5% untuk nilai simpanan maksimal Rp2 miliar.

Fungsi_Tabungan_Sudah_Bukan_Untuk

[Baca Juga: Fungsi Tabungan Bukan Untuk Kaya, tetapi]

 

Oleh karena risiko dari inflasi inilah yang mendorong orang-orang tertarik untuk berinvestasi demi untuk dapat bertahan dari dampak inflasi. Sebagian orang saat ini mulai mencari pilihan alternatif lain di luar tabungan dan deposito sebagai pilihan untuk berinvestasi.

Berbagai pertimbangan akan alternatif instrumen investasi di luar tabungan dan deposito perlu dipikirkan agar kekayaan yang sudah kita dapatkan tidak kalah oleh arus inflasi setiap tahunnya.

Berikut berbagai instumen investasi yang dapat menjadi pertimbangan bahkan Anda dapat memilihnya sebagai investasi Anda:

 

#1 Investasi Reksa Dana

Investasi jenis ini terbilang sangat mudah. Dengan nominal mulai dari Rp100 ribu saja, Anda dapat mulai melakukan investasi. Ragam reksa dana antara lain seperti pasar uang, pendapatan tetap, saham campuran dan lain sebagainya.

Prosedur yang dilakukan cukup mudah, hanya dengan mencari produk reksa dana yang sesuai dan menentukan manajer investasinya serta membaca prokpektus yang ada, tentukan ketertarikan Anda lalu beli dengan cara mentransfer dananya.

Anda dapat meminta manajer investasi untuk membeli atau Anda dapat langsung membelinya sendiri melalui bank yang bekerja sama.

Seperti halnya membuka rekening pada bank, demikian pula ketika Anda ingin membuka rekening reksa dana. Pengisian formulir dengan melampirkan identitas diri beserta dana yang hendak ditanamkan, menjadi mekanisme awal yang perlu dilakukan.

Sebagai informasi, satuan reksa dana dihitung berdasarkan Unit Penyertaan (UP) dan Nilai Aktiva Bersih (NAB).

Investor Pemula, Kenali Profil Risiko Sebelum Membeli Reksa Dana 2 - Finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Kenali Profil Risiko Sebelum Membeli Reksa Dana]

 

Estimasi Kenaikan Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Jenis Produk Harga NAB Jumlah Unit (UP) NAB Akhir Tahun
Produk X Rp1.200 1.000 Rp1.200.000
Produk X Rp1.500 1.000 Rp1.500.000

(Kenaikan sebesar Rp300.000 pada akhir tahun – untung)

 

Estimasi Penurunan Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Jenis Produk Harga NAB Jumlah Unit (UP) NAB Akhir Tahun
Produk X Rp1.200 1.000 Rp1.200.000
Produk X Rp1.000 1.000 Rp1.000.000

(Penurunan sebesar Rp200.000 pada akhir tahun – rugi)


Apabila NAB dalam keadaan turun, sebaiknya Anda jangan menjualnya karena Anda akan menanggung kerugian.

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#2 Investasi Saham

Risiko yang tinggi merupakan tantangan tersendiri yang perlu dihadapi ketika memilih instrumen investasi saham. Investasi jenis ini menuntut pengetahuan yang cukup mumpuni karena risiko tersebut. Oleh sebab itu, diperlukan pertimbangan yang matang, terukur dan bukan sekedar spekulasi.

Ketika Anda memilih instumen jenis ini, Anda perlu membuka rekening di sekuritas. Dalam mencari sekuritas, Anda diwajibkan untuk mencari sekuritas yang telah memiliki reputasi dan pelayanan yang terjamin seperti beban biaya yang rendah serta kekuatan modalnya.

Selain itu, beberapa dokumen yang perlu Anda lengkapi antara lain nomor NPWP, identitas diri dan berkas lainnya yang diminta oleh pihak sekuritas sebagai tahapan dalam prosedur yang perlu dipenuhi.

investor-pemula-ini-modal-dasar-untuk-berinvestasi-saham-yang-penting-2-finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Ini Modal Dasar untuk Berinvestasi Saham yang Penting]

 

Rekening yang telah dibuka akan aktif dalam waktu 3×24 jam setelah Anda menyetor deposit dana yang sesuai dengan keinginan Anda sebelum Anda dapat bertransaksi saham. Saat ini, modal besar tidak lagi diperlukan ketika berinvestasi saham.

Dengan modal sebesar Rp5 juta hingga Rp10 juta, bahkan dengan program Yuk Nabung Saham, dengan Rp100 ribu saja Anda sudah dapat bertransaksi.

 

Gratis Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#3 Investasi Emas

Bagi sebagian kalangan, investasi dalam bentuk emas memiliki risiko rendah. Namun demikian harga emas tidak menjanjikan arus kas yang mudah karena Anda perlu menjualnya terlebih dahulu ketika Anda memerlukan pencairan dana.

Apabila Anda berminat untuk berinvestasi emas, Anda disarankan untuk membeli emas langsung ke PT ANTAM karena dokumen resmi yang disertakan ketika Anda membelinya. Setelah Anda membeli emas, disarankan untuk menyimpan di tempat aman seperti menyewa deposit box di bank.

12-jenis-investasi-emas-dari-logam-mulia-perhiasan-emas-hingga-perdagangan-emas-berjangka-finansialku

[Baca Juga: 12 Jenis Investasi Emas Dari Logam Mulia, Perhiasan Emas Hingga Perdagangan Emas Berjangka]

 

Emas batangan dengan berat di atas 50 gram memiliki harga lebih murah daripada emas pecahan kecil seperti 5 gram ataupun 10 gram. Namun Anda perlu mempertimbangkan pula karena emas pecahan kecil lebih mudah dijual karena nilainya tidak sebesar emas pecahan besar. Pertimbangan demikian ini perlu Anda pahami apabila diukur dari sisi likuid-nya.

Dengan dana terbatas, lebih baik Anda menabung emas dengan pecahan kecil dan menjualnya kepada pembeli secara langsung daripada ke toko emas.

 

#4 Investasi Properti

Meskipun modal yang diperlukan cukup besar, Anda tidak perlu takut ketika memulai berinvestasi dalam bentuk properti. Dengan membeli rumah seharga Rp500 juta, Anda dapat memulai investasi jenis ini. Sebagai bahan pertimbangan, pasar rumah dengan rentang harga di bawah Rp500 juta sangat banyak.

Rumah tersebut dapat Anda sewakan kepada keluarga muda yang biasanya memiliki dana yang relatif terbatas. Harga sewa yang Anda tetapkan dapat sebesar 3-7% dari harga beli. Pertimbangankan juga lokasi dari rumah tersebut, apabila merupakan daerah strategis, Anda dapat mematok harga sewa lebih tinggi, apalagi kalau Anda memberikan fasilitas full furnished.

Keuntungan investasi jenis ini adalah kenaikan harga tiap tahun yang cukup menggiurkan dengan rata-rata kisaran 10-20% setiap tahunnya. Kenaikan tersebut dapat dipertajam dengan lokasi yang rumah yang berdekatan dengan proyek pembangunan jalan tol atau pembangunan infrastruktur lainnya.

Ini 8 Jenis Investasi Properti yang Dapat Anda Gunakan #Part 1 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 8 Jenis Investasi Properti yang Dapat Anda Gunakan]

 

Fasilitas KPR dapat Anda gunakan dengan mengajukan aplikasi kepada pihak bank dan berbagai pertimbangan serta perencanaan yang matang. Dengan demikian Anda tidak perlu menggunakan modal sendiri.

 

Sudahkah Anda Menentukan Jenis Investasi?

Dewasa ini, investasi sangat diperlukan mengingat tekanan inflasi setiap tahunnya. Namun kita pun dituntut untuk bijak dalam pemilihan jenis investasi yang cocok untuk kita jalankan. Demikian 4 jenis investasi yang perlu menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memulai investasi yang sudah terjamin keberhasilannya. Selamat mencoba!

 

Menurut Anda, apakah ada jenis investasi lainnya yang dapat disarankan untuk dapat dilakukan terutama bagi kalangan pemula? Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan juga setiap informasi yang Anda dapatkan melalui setiap artikel yang telah kami publikasikan. Apabila Anda memerlukan konsultasi dengan konsultan kami, silakan mengunjungi situs kami di Finansialku.com.

 

Sumber Referensi:

  • DuitPintar. 5 Mei 2015. Tips Memilih Investasi yang Menguntungkan Buat yang Belum Pernah Jadi Investor. duitpintar.com – https://goo.gl/BQafPX
  • Muhamad Malik Afrian. 7 November 2015. 4 Produk Investasi Menjanjikan untuk Masa Depan. kompas.com – https://goo.gl/Y8epNe

 

Sumber Gambar:

  • Asian Woman Investor – https://goo.gl/e8S4IC
  • Asian Man Investor – https://goo.gl/Qr3HGD

 

Gratis Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang