Dewasa ini, pendidikan adalah yang utama bagi buah hati Anda. Selain pendidikan formal, ada pentingnya untuk mengajarkan anak berhitung di rumah.

Pendidikan membutuhkan sebuah kebiasaan, dan kebiasaan sebaiknya dibiasakan sejak dini. Moms, mari kita lihat yuk bagaimana cara kreatif mengajarkan anak berhitung dengan cepat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Dalam kondisi perekonomian saat ini, penting bagi calon orang tua untuk merencanakan kebutuhan pendidikan bagi sang buah hati agar tidak kesulitan nantinya.

Pendidikan bisa diperoleh dengan berbagai cara. Salah satu pendidikan yang paling umum adalah pendidikan formal, yaitu pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah pada umumnya.

Bagaimana Nasib Asuransi Pendidikan Jika Anak Meninggal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Cara Terbaik Menyelesaikan Utang Kartu Kredit]

 

Tidak peduli apapun jenis pendidikannya, sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menyediakan pendidikan terbaik bagi buah hatinya. Artinya dana pendidikan merupakan sebuah hal yang sangat penting.

Seperti yang telah Anda ketahui, kini pendidikan menjadi hal yang mahal. Tak sedikit orang tua yang berutang demi membiayai pendidikan anaknya.

Sangat jelas bahwa pendidikan tidak dapat dihindari karena merupakan sebuah kebutuhan yang cukup mendasar, namun masa sekolah aja harus ngutang?

Sesungguhnya Anda bisa mengakalinya dengan merencanakannya sejak dini. Bagaimana caranya?

Anda bisa melakukannya dengan mudah via aplikasi Finansialku karena beberapa benefit berikut:

  1. Anda bisa mengunduhnya secara GRATIS
  2. Aplikasi Finansialku menyediakan berbagai fitur keuangan yang lengkap dan mudah digunakan, termasuk fitur perencanaan dana pendidikan
  3. Anda bisa menghitung dan merencanakan dana pendidikan dengan mudah disini sesuai dengan kondisi keuangan dan waktu yang Anda miliki

 

Anda bisa download aplikasi Finansialku dari Google PlayStore atau dengan melakukan registrasi terlebih dahulu di komputer Anda.

Pahami Cara Menyiapkan Dana Pendidikan 02 Pendidikan 2 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Pendidikan Keuangan yang Harus Diajarkan Seorang Ibu Kepada Anaknya]

 

Tetapi, tahukah Anda bahwa pendidikan juga bisa dilakukan di rumah? Misalnya saja dengan mengajari anak salah satu pendidikan paling dasar yaitu berhitung.

Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa cara kreatif bagi orang tua untuk mengajarkan anak berhitung dengan cepat. Yuk simak ulasannya berikut ini:

 

Cara Kreatif Mengajarkan anak Berhitung

Finansialku sadar, bahwa untuk bisa sukses di masa depan seorang anak perlu dibekali pendidikan yang mantap sejak kecil.

Salah satu pendidikan paling utama adalah berhitung, dimana matematika juga menjadi salah satu mata pelajaran utama di sekolah.

Kemampuan dan keterampilan berhitung ini bukan hanya berguna di sekolah saja, tapi juga akan terus digunakan saat Anda nanti bekerja, berbisnis, atau bahkan berinvestasi.

Intinya, berhitung adalah langkah awal anak dalam menyambut masa depannya. Jadi, pendidikan yang satu ini tidak boleh diabaikan.

Tapi, anak akan mudah bosan dengan metode pendidikan yang gitu-gitu saja.

Dibutuhkan cara kreatif yang mampu menarik minat belajar anak.

Finansialku kembali berpikir, cara seperti apa yang bisa membuat anak semangat belajar berhitung?

Finansialku kemudian menemukan EduCenter, pusat edukasi pertama dan terbesar di Indonesia dengan lebih dari 20 institusi pendidikan ternama.

EduCenter selalu memberikan solusi pendidikan bagi anak-anak agar pelajaran dilakukan secara efisien, sehingga anak bisa memaksimalkan waktu yang dimiliki untuk kemudian bisa digunakan bersama dengan seluruh anggota keluarganya. 

Nah, melansir dari Educenter.id, kami menemukan 8 cara kreatif untuk mengajarkan anak berhitung dengan cepat. Penasaran kan? Yuk simak ulasannya berikut ini:

 

#1 Manfaatkan Dramatisasi

Salah satu cara mudah mengajarkan matematika untuk anak TK adalah dengan menggunakan dramatisasi. Anda bisa mengajarkan aritmetika dengan memberikan contoh yang mewajibkan anak untuk aktif berpartisipasi.

Dengan partisipasi aktif anak, maka kegiatan belajar mengajar akan lebih berkesan dan akan lebih mudah diserap oleh anak.

Selain itu, kegiatan belajar akan seperti bermain sehingga anak pun lebih antusias dan bersemangat menjalankannya.

Asuransi Pendidikan atau Reksadana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri? Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Sebagai contoh pemanfaatan dramatisasi dalam mengajarkan anak berhitung adalah dengan memberikan contoh sehari-hari. Misalnya saja contohkan bagaimana seekor kelinci yang melompat di kebun.

Anda bisa mengajak anak melompat sambil memberi pertanyaan, “Seekor kelinci melompat 3 kali, kemudian berhenti dan memakan wortel. Setelah itu kelinci tersebut melompat sekali lagi, maka berapa jumlah lompatan sang kelinci?”

Anak akan bersemangat menghitung jawabannya sambil terus melompat. Menarik bukan?

 

#2 Manfaatkan Anggota Tubuh

Buah hati Anda merupakan sosok peniru, ia akan mencontoh sebagian besar perilaku Anda. Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan perilaku ini dalam mengajarkan berhitung.

Sebagai contoh, jika Anda menghitung menggunakan jari jemari, maka sang anak akan mengikuti Anda.

Pada tahap awal, Anda bisa mengajarkannya untuk menghitung bagian tubuhnya misalnya. Ajarkan mereka ada berapa mata, telinga, hidung dan mulut yang mereka punya.

Ajarkan cara menghitungnya dengan menggunakan jari jemari Anda. Lama kelamaan anak akan familiar berhitung dengan jari, sehingga bisa dengan mudah berhitung angka yang lebih besar.

Contoh umum dari cara membiasakannya adalah dengan bertanya berapa umur anak dan memintanya menghitung dengan jari.

 

#3 Manfaatkan Mainan

Anak biasanya lebih suka bermain daripada belajar, kita pun begitu saat masih kecil bukan? Manfaatkan kegemarannya bermain sehingga anak bisa melakukannya sambil belajar.

Misalnya saja, membuat dadu dari dus bekas kemudian mengajarkannya berhitung atau membuat game seperti ular tangga, kemudian mengajaknya bermain sambil belajar.

Ampuh! Cara Kreatif Mengajarkan Anak Berhitung Dengan Cepat 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran Beharga! 6 Kesalahan Saat Meluasi Utang yang Dilakukan Kakek Fico]

 

Anda juga bisa memanfaatkan mainan yang sudah dimiliki anak, misalnya saja mengajak anak role playing sebagai penjual dan pembeli di pasar dengan mainan sayur dan buah yang dimilikinya.

Berilah harga untuk setiap benda di rumah dan buatlah simulasi jual beli dengan anak Anda.

Hal ini akan mengajarkannya untuk berhitung sederhana sehingga ia lebih mengenal konsep uang. Biarkan ia untuk mencoba peran penjual dan pembeli untuk mengajarkannya variasi peran dalam pasar jual beli.

 

#4 Manfaatkan Cerita

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan cerita sebelum tidur untuk mengajak anak mengenal angka. Jika Anda sering membacakan cerita pada anak, yuk mulai modifikasi cerita tersebut dengan angka.

Anda bisa mengajaknya menghitung berapa jumlah daun yang jatuh atau berapa jumlah apel yang berada di atas pohon dalam cerita. Dengan cara ini, si kecil bahkan tidak akan merasa kalau Anda sedang mengajaknya belajar berhitung.

Selain menarik, anak tidak sadar bahwa dirinya sedang belajar. Jika dilakukan secara rutin, anak akan semakin mahir berhitung tanpa disadari.

 

#5 Melatih Kemampuan Problem Solving-nya

Tanpa Anda sadari, anak sebenarnya sudah memiliki kemampuan problem solving sejak dini. Agar bisa berkembang dengan baik, penting untuk melatih kemampuan ini sejak anak masih kecil.

Misalkan saja dengan membuat skenario dan biarkan anak membayangkan dengan imajinasinya sendiri.

Misalnya, Anda akan merayakan ulang tahunnya bulan depan.

Yuk Segera Siapkan Dana Pendidikan Anak Sekarang - Perencanaan Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Pendidikan Keuangan Sama Pentingnya dengan Pendidikan Formal]

 

Buat simulasi berapa orang temannya yang akan Anda undang dan berapa buah cookie yang harus Anda siapkan jika masing-masing tamu undangan harus mendapatkan 3 cookies.

Anda bisa menentukan besaran angka dan tingkat kesulitan soal sesuai dengan usia dan kemampuan anak.

Anak akan bersemangat menyelesaikan masalah hitung-hitungan ini karena dibuat sebagai sebuah skenario yang melibatkan dirinya. Dengan kata lain, anak lagi-lagi belajar tanpa disadarinya.

 

#6 Manfaatkan Berbagai Strategi

Matematika mungkin adalah satu pelajaran yang paling dibenci semua anak, termasuk kita saat masih kecil. Namun hal itu adalah anggapan zaman dahulu dimana matematika dianggap sebagai sebuah materi semata.

Jika anak sudah takut sejak awal, akan sulit mengajarinya berhitung.

Dewasa ini, penting sebagai orang tua untuk menghapuskan anggapan buruk terhadap matematika di dalam pikiran anak. Jadi, hapuskan anggapan itu dan buat matematika menjadi pelajaran yang menarik bagi anak.

Anda bisa menanyakan padanya tentang apa bentuk sereal yang sedang dia makan atau berapa jumlah sepatu yang dia punya.

Di akhir, Anda bisa memberikan pengertian padanya bahwa semua yang Anda tanyakan itu termasuk cara untuk mengajarkan matematika padanya.

 

#7 Beri Penilaian

Meskipun mengajarkan matematika untuk anak di rumah tidaklah formal seperti di sekolah dan tidak bisa terstruktur seperti usia di atasnya, Anda tetap harus melakukan penilaian dan evaluasi.

Observasi perkembangannya dengan memanfaatkan teknologi. Saat si kecil sedang bermain peran atau mengerjakan tugas hitungan dari Anda, rekam aktivitasnya dengan menggunakan ponsel.

Ampuh! Cara Kreatif Mengajarkan Anak Berhitung Dengan Cepat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

 

Anda bisa menontonnya lagi untuk melihat seberapa besar perkembangannya dalam memahami pelajaran yang Anda berikan.

Penilaian dan evaluasi akan bermanfaat untuk menilai perkembangannya dan meningkatkan pendidikan yang akan Anda ajarkan.

Jadi, Anda bisa tahu tingkat pendidikan yang bisa Anda berikan untuk terus mengembangkan kemampuan sang anak.

 

Pentingnya Pendidikan Berhitung Sejak Dini

Penting bagi para orang tua untuk mempersiapkan masa dewasa dan masa depan anak dengan mengajarkannya konsep-konsep dasar berhitung.

Pendidikan ini akan sangat bermanfaat di saat ia mulai menginjak dunia bisnis atau pekerjaan setelah lulus kuliah nanti. Didik dan biasakanlah dari sekarang agar membentuk kebiasaan yang baik.

 

Ternyata ada banyak cara kreatif yang bisa Anda lakukan dalam mengajarkan anak berhitung dengan cepat.

Jika Anda memiliki pertanyaan terkait dengan hal ini, silakan ajukan dalam kolom komentar di bawah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jadilah teman yang baik dengan membagikan artikel ini pada orang tua lainnya, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Jessica. 17 November 2018. 7 Cara Kreatif Mengajarkan Matematika Untuk Anak. Educenter.id – http://bit.ly/2yc2UJq

 

Sumber Gambar:

  • Mengajarkan Anak Berhitung 01 – http://bit.ly/2YshScY
  • Mengajarkan Anak Berhitung 02 – http://bit.ly/30XTz4C
  • Mengajarkan Anak Berhitung 03 – http://bit.ly/2LESGdl

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal