Ada banyak kategori dalam jenis asuransi umum. Cari tahu yuk apa saja yang bisa dikategorikan dalam jenis asuransi ini.

 

Asuransi Sebagai Pondasi

Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai banyak mengenal pentingnya asuransi. Karena hampir semua orang ingin membangun kondisi keuangan yang sehat, di mana asuransi adalah salah satu pondasinya

Namun tak banyak juga yang memahami bahwa ada beberapa jenis asuransi yang penting dimiliki sesuai dengan kebutuhan.

Asuransi bertujuan untuk memproteksi keuangan dari risiko kerugian yang bisa muncul tanpa direncanakan. Bagaimana cara kerjanya? Kamu bisa simak video berikut ini.

 

Saat ini, ada banyak sekali perusahaan asuransi dengan berbagai macam produk yang ditawarkan, sehingga mungkin kamu mengalami kebingungan dalam menentukan pilihan. 

Agar tidak salah memilih asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhanmu, dan kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, maka penting untuk kamu memahami jenis asuransi tersebut dan menyesuaikan dengan kemampuanmu. 

Secara garis besar, asuransi dibagi menjadi dua jenis, yaitu asuransi jiwa dan asuransi umum.

 

Asuransi Jiwa

Sesuai namanya, maka asuransi jiwa ini yang dipertanggungkan adalah jiwa seseorang. Selain jiwa, jaminan perlindungan juga bisa diperluas pada kesehatan dan kecelakaan. 

Asuransi jiwa bertujuan menanggung kerugian finansial yang tak terduga akibat meninggalnya seseorang terlalu cepat atau hidup seseorang terlalu lama, sehingga tercipta kenyamanan hati karena sudah mempersiapkan jaminan kehidupan bagi keluarga yang ditinggalkan. 

Sementara jika hidup terlalu lama, sudah dipersiapkan biaya hidupnya sendiri ketika tua nanti dan sudah tidak mampu menafkahi diri sendiri maupun keluarganya.

Untuk lebih jelasnya mengenai asuransi jiwa, Sobat Finansialku bisa baca artikel Asuransi Jiwa.

 

Asuransi Umum

Asuransi umum memberikan jaminan terhadap kehilangan, kerusakan dan kerugian yang terjadi pada harta benda baik yang bergerak maupun tidak bergerak.

Asuransi umum juga memberikan jaminan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mengalami kerugian.

Lengkapnya tentang definisi asuransi umum bisa Sobat Finansialku baca Asuransi Umum.

 

Jenis Asuransi Umum di Indonesia

Asuransi Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bermotor juga termasuk asuransi umum yang paling diminati. Pasalnya, jenis asuransi ini bisa memberikan ganti rugi apabila kendaraanmu mengalami kerusakan atau kehilangan karena suatu hal yang tidak disengaja. 

Sesuai dengan namanya, maka objek dari asuransi jenis ini adalah kendaraan yang digerakkan oleh motor, seperti mobil dan sepeda motor.

Ada beberapa jenis proteksi yang ditawarkan di asuransi kendaraan bermotor. 

  • Jenis asuransi komprehensif (all-risk), di mana perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi penuh sehubungan dengan kerusakan dan kehilangan dari kendaraan bermotor tersebut. 

Jenis asuransi all-risk bisa memberikan perlindungan atas kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor dan/atau kepentingan yang disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, dan pengangkutan dengan kapal penyebrangan. 

  • Jenis asuransi total loss only (TLO), yaitu jenis perlindungan kendaraan bermotor yang hanya diberikan jika kerusakan kendaraan sudah mencapai 75% atau lebih dari harga pasar kendaraan yang menjadi tanggungan atau kendaraan hilang karena pencurian dan tidak ditemukan dalam waktu 60 hari.
  • Third party liability (TPL) yaitu menyediakan manfaat berupa tanggung jawab hukum tertanggung terhadap kerugian yang diderita pihak ketiga yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan bermotormu hingga penggantian biaya pengobatan untuk pengemudi dan penumpang yang terlibat dalam kecelakaan. 

Manfaat TPL dalam asuransi kendaraan bermotor menggantikan kerugian atas kematian atau cedera yang dialami oleh pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan, yaitu siapapun yang ada di kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan dengan kendaraanmu. 

 

Selain itu asuransi kendaraan bermotor bisa diperluas manfaatnya dengan pembayaran premi tambahan untuk menjamin kerusakan akibat gempa bumi, letusan gunung berapi, banjir, tsunami, angin ribut, dan berbagai akibat dari bencana alam serta huru-hara kerusuhan dengan menanggung biaya pengobatan hingga santunan kematian.

Siapapun yang memiliki kendaraan bermotor sebaiknya mempunyai asuransi jenis ini. Bahkan saat ini, asuransi kendaraan bermotor adalah syarat wajib yang harus dimiliki oleh seseorang yang membeli mobil atau sepeda motor secara kredit. 

[Baca Juga: Baca Ini! Cara Tepat Klaim Asuransi Kendaraan Bermotor]

 

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan salah satu jenis asuransi yang diminati oleh orang-orang yang hobi travelling atau mobilitas tinggi. Tapi tak jarang juga asuransi ini sering dianggap sebelah mata.

Padahal asuransi ini terbilang sangat penting untuk dimiliki terutama bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan jauh, baik didalam negeri maupun di luar negeri. 

Asuransi ini cukup fleksibel sehingga bisa dibeli secara mendadak sebelum berpergian bersamaan dengan tiket. 

Asuransi ini berfungsi untuk menekan dampak finansial dari resiko kerugian yang mungkin timbul saat terjadi perjalanan tersebut.

[Baca Juga: Apakah Perlu Membeli Asuransi Perjalanan Saat Liburan?]

Asuransi perjalanan ini berbeda dengan asuransi kecelakaan.

Jika membeli asuransi kecelakaan saja, maka kamu tidak akan terproteksi secara langsung dari segala risiko maupun hal yang kurang menyenangkan yang bisa saja terjadi selama perjalanan. 

Manfaat yang diberikan oleh asuransi perjalanan adalah mulai dari jaminan biaya pengobatan jika terjadi kecelakaan selama perjalanan atau ketika sakit saat bepergian bahkan misalnya bagasi hilang, keterlambatan keberangkatan hingga pengurusan jenazah dan evakuasi medis.

Malahan saat ini ada juga asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan untuk covid-19.

Asuransi perjalanan adalah salah satu jenis asuransi yang berjangka waktu pendek, karena hanya akan memberikan manfaat perlindungan ketika kamu sedang berpergian hingga kembali pulang.

 

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi ini, kamu perlu tahu jenis-jenis asuransi perjalanan berdasarkan tujuan perjalanan, tempat perjalanan, jumlah tertanggung, dan jangka waktu perjalanan.

  • Asuransi berdasarkan tujuan perjalanan, dibedakan menjadi 2 yaitu tujuan liburan atau tujuan bisnis/pekerjaan. Yang membedakan kedua jenis ini adalah jumlah preminya.

Biasanya sih, asuransi dengan tujuan bisnis /pekerjaan lebih mahal karena memiliki risiko yang besar juga. 

  • Asuransi berdasarkan tempat perjalanan, dibedakan dalam negri (domestik) dan luar negeri.

Tentunya preminya pun berbeda ya. Asuransi tujuan luar negeri dengan tujuan negara-negara besar seperti Eropa, Australia, Amerika dan khusus untuk perjalanan haji dan umroh memiliki jumlah premi yang besar.

  • Asuransi berdasarkan jumlah tertanggung, dibedakan menjadi individual dan kelompok.

Tentu saja preminya lebih murah yang kelompok. Biasanya asuransi ini kerap dimanfaatkan oleh travel agent atau sekolah. 

  • Asuransi berdasarkan jangka waktu perjalanan, dibedakan untuk sekali jalan (single trip) atau asuransi semua perjalanan dalam waktu satu tahun atau kurun waktu tertentu (annual trip insurance).  

 

Asuransi Kebakaran

Jenis asuransi umum ini sudah ada di Indonesia ya.  Sesuai namanya, produk asuransi ini memberikan perlindungan terhadap risiko kebakaran.

Asuransi kebakaran digunakan untuk memproteksi rumah dari kemungkinan atau risiko terjadi kebakaran yang disebabkan oleh nyala api, listrik korslet, sambarang petir, ataupun ledakan.

Baik kebakaran kecil atau besar, secara tidak sengaja dan sukar dikendalikan.

Tidak hanya untuk rumah pribadi, tapi asuransi kebakaran ini juga bermanfaat untuk melindungi bisnis. Misalnya ruko, kantor, pabrik, gudang hingga persediaan bahan industri. 

Asuransi umum ini bisa menghilangkan kekhawatiran terkait kehilangan aset rumah atau gedung akibat lalapan api yang tentu saja tidak dikehendaki oleh siapapun.

[Baca Juga: Mengenal Polis Asuransi Kebakaran, Jangan Salah Ya!]

 

Asuransi Bisnis

Bagi pemilik bisnis, asuransi ini memberikan ganti rugi terkait risiko bisnis yang merugikan usaha tertanggung.

Maka asuransi ini wajib dimiliki supaya jangan sampai terkena suatu keadaan yang tidak diharapkan, bisnis ataupun usaha yang kamu miliki harus gulung tikar.

Jenis asuransi bisnis ini banyak macamnya, namun ada beberapa yang cukup popular:

  • Asuransi pengangkutan

Manfaatnya adalah memberikan perlindungan terhadap barang-barang yang dikirim atas kerusakan barang atau kehilangan barang secara tidak sengaja dalam pengangkutan, baik dalam maupun ke dan dari luar negeri.

  • Asuransi kredit.

Manfaat dari asuransi yang belakang ini banyak digunakan oleh para pemilik bisnis adalah memberikan pertanggungan atau ganti rugi kepada perusahaan bila terjadi gagal bayar.

Biasanya asuransi ini dimiliki oleh para pebisnis yang bergerak di sektor keuangan dan terlibat peminjaman dana kepada nasabah. Misal peer to peer landing, koperasi simpan pinjam, dan pinjaman online. 

 

Asuransi Rekayasa Teknik

Asuransi rekayasa teknik merupakan jenis asuransi umum yang dapat meminimalkan berbagai risiko yang terkait dengan rekayasa pembangunan.

Asuransi teknik proyek memberikan manfaat perlindungan terkait aktivitas teknik dalam membangun sesuatu. 

Asuransi teknik non proyek memberikan manfaat perlindungan terkait pengoperasian alat-alat proyek termasuk alat berat dan mesin-mesin.

Asuransi ini sebaiknya dimiliki oleh kamu yang mengerjakan proyek konstruksi atau usaha yang erat hubungannya dengan alat rekayasa teknik, misalnya mesin pabrik, alat berat di pertambangan atau truk tanpa nomor polisi yang hanya dipakai di area perkebunan saja. 

 

Nah, dari uraian diatas cukup membantu kamu memahami perbedaan asuransi jiwa dan asuransi umum, sehingga kamu tidak lagi mengalami kesulitan dalam mencari perlindungan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika kamu butuh bantuan untuk asuransi, kamu bisa hubungi CFP untuk berkonsultasi. Hubungi kami dengan buat janji melalui whatsapp Finansialku atau gunakan fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Kami para CFP akan membantu memberikan panduan asuransi yang tepat untuk kamu miliki. 

Konsultasi Perencana Keuangan Financial Planning Day - Mobile

 

Semoga informasi yang dibagikan kali ini bisa memberikan manfaat. Jika ada yang ingin Anda diskusikan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Eunice