Pernah mendengar istilah rusunawa opa oma atau rusunawa yang dikhususkan untuk lansia?

Kira-kira apa yang membedakan rusunawa ini dengan yang lainnya?

Artikel ini akan membahas beberapa fasilitas yang ditawarkan oleh rusunawa lansia ini serta biaya yang harus dikeluarkan dan ketentuan yang berlaku untuk menikmati rusunawa tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Rusunawa Opa Oma Jakarta

Rusunawa merupakan singkatan dari rumah susun sewa, yang mana artinya rumah susun tersebut adalah milik pemerintah namun anda dapat menyewa dengan membayar sejumlah biaya ke pemerintah.

Yang terbaru dari rusunawa adalah rusunawa oma opa atau rusunawa lansia. Sesuai dengan namanya, rusunawa ini akan dikhususkan untuk orang tua lanjut usia, oleh karena itu diberikan sebutan rusunawa oma opa.

Mengintip Kondisi dan Kenyamanan Di Rusunawa Opa Oma 4 Finansialku

[Baca Juga: Era Rumah Murah : RUSUN, RUSUNAMI, RUSUNAWA dan Rumah DP 1% dari Pak Jokowi]

 

Keberadaan rusunawa opa oma tidak menghilangkan peran dari para hunian khusus lansia yang sudah ada, tetapi melengkapi keberadaan mereka.

Para lansia akan memiliki bagian keluarga baru sejak mereka menetap di rusunawa tersebut. Mereka yang menetap di sini, biasanya tinggal hingga meninggal dunia.

Pembangunan pertamanya akan dilakukan di Cibubur, Jawa Timur di bawah pengelolaan Yayasan Ria Pembangunan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Untuk pembangunan ini, pemerintah menghabiskan anggaran sebesar Rp16,1 miliar. Rencananya, rusunawa ini akan dibangun di Jalan Karya Bhakti yang lokasinya tidak jauh dari Mall Cibubur Junction.

Jumlah unit yang ada di rusunawa adalah sebanyak 90 unit dengan tipe 24. Sementara jumlah tower yang ada hanya 1 buah dengan 3 tingkat.

Untuk konsep pembangunan dan pengelolaan sendiri, tidak jauh berbeda dengan rusunawa pada umumnya, namun karena pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan khusus, maka biaya yang dibutuhkan menjadi lebih tinggi.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Fasilitas yang Ada di Rusunawa Opa Oma

Fasilitas yang ditawarkan oleh pihak pengelola rusunawa ini sangat beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan para lansia.

Yang pertama adalah untuk kemudahan pergerakan para lansia, rusunawa lansia ini dilengkapi oleh fasilitas elevator (lift) sehingga memudahkan lansia yang tinggal di lantai atas.

Selain itu, setiap lorong, akan dilengkapi dengan pegangan tangan railing besi yang dipasang di dinding untuk membantu para lansia berjalan sepanjang lorong.

Tidak hanya fokus pada fungsional, lorong tersebut juga dilengkapi dengan tanaman untuk meningkatkan penghijauan dan keindahan rusunawa.

Untuk cat temboknya sendiri juga kebanyakan putih sehingga terlihat lebih bersih dan tertata rapi.

Mengintip Kondisi dan Kenyamanan Di Rusunawa Opa Oma 2 Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Siapkan Dana Untuk Usaha Sampingan Saat Pensiun. Kenali Jenis Usahanya]

 

Pada setiap kamar di rumah susun, terdapat jendela besar dan lebar yang berguna untuk sirkulasi udara serta pencahayaan yang lebih terang.

Pencahayaan yang cukup ini dapat membantu kerja otak para lansia serta meningkatkan semangat para lansia.

Di dalam kamarnya juga terdapat tempat tidur, lemari tempat penyimpanan pakaian serta sofa dan meja misalnya untuk anggota keluarga yang ingin bertamu.

Untuk kebutuhan konsumsi, di dalam setiap unit rusunawa lansia juga disediakan meja makan dan wastafel untuk mencuci tangan atau mencuci peralatan makan.

Tidak hanya itu, untuk setiap kamarnya dilengkapi dengan kamar mandi yang mana untuk tempat pembuangan adalah kloset duduk serta disediakan pegangan tangan railing besi untuk memudahkan para lansia.

Mengintip Kondisi dan Kenyamanan Di Rusunawa Opa Oma 5 Finansialku

[Baca Juga: Selain Tidur yang Cukup, Ini Rahasia Supaya Lulus Tes Kesehatan]

 

Di dalam rusunawa ini juga terdapat ruang bersama yang dapat digunakan oleh para lansia untuk berkumpul, melakukan aktivitas hobi atau sekadar bercengkerama.

Selain fasilitas di atas, terdapat pula fasilitas lain seperti fasilitas kesehatan dengan dokter dan perawat yang standby selama 24 jam, fasilitas hiburan dan layanan spiritual serta fasilitas laundry agar lansia tidak perlu repot mencuci baju mereka sendiri.

 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Biaya untuk Menempati Rusunawa Oma Opa

Biaya yang dibutuhkan untuk menyewa rusunawa ini adalah Rp3,5 juta setiap bulannya. Jumlah ini tidak hanya untuk tempat tinggal, tetapi juga mencakup segala fasilitas yang ditawarkan oleh rusunawa.

Selain biaya bulanan, pada saat pendaftaran awal, calon penghuni juga harus membayar Rp350 ribu untuk biaya formulir.

 

Syarat untuk Menempati Rusunawa Oma Opa

Salah satu syarat utama untuk menempati rusunawa tersebut yaitu harus atas dasar keinginan pribadi.

Lansia tidak boleh menempati rusunawa atas paksaan keluarga atau keinginan orang lain. Dan untuk syarat usia, lansia yang tinggal di sini minimal adalah 60 tahun dengan membawa bukti seperti dokumen KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau KK (Kartu Keluarga).

Selain itu, juga diharapkan lansia yang masih dalam keadaan sehat. Lansia juga harus menyertakan laporan kesehatan dari rumah sakit yang menunjukkan bahwa lansia tidak memiliki penyakit menular, gangguan kejiwaan atau pikun berat.

Mengintip Kondisi dan Kenyamanan Di Rusunawa Opa Oma 3 Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Asuransi Kesehatan untuk Lansia]

 

Laporan ini akan divalidasi oleh tim kesehatan yang bekerja di rusunawa. Tidak hanya sehat, karena lansia akan tinggal pada unit rumah susun tersebut sendiri, diharapkan lansia tersebut dapat mandiri dan mengurus kebutuhan yang diperlukan mereka sendiri secara maksimal.

Lansia tersebut juga harus memiliki pihak keluarga sebanyak 3 orang (anggota keluarga inti atau anggota keluarga besar) yang menjadi penanggung biaya sewa.

Anggota keluarga ini harus menyertakan bukti identitas diri seperti fotokopi KTP atau SIM. Pihak pengelola (Yayasan Ria Pembangunan) nantinya akan melakukan survei untuk memastikan bahwa anggota keluarga tersebut mampu membayar biaya sewa.

 

Cara Menyewa Rusunawa Oma Opa

Jika Anda atau salah satu keluarga Anda ada yang berminat dengan rusunawa khusus lansia ini, dapat langsung menghubungi layanan informasi di nomor (021) 8730179.

Calon penghuni juga dapat mengunjungi langsung lokasinya di Jalan Karya Bakti Nomor 2 RT 008 RW 007, Cibubur, Jakarta pada jam kerja yaitu sebelum pukul 14.00 WIB.

Peminat pun dapat langsung mengisi dan membayar formulir yang telah disediakan di layanan informasi.

Setelah memenuhi persyaratan di atas dan pihak pengelola telah melakukan pengecekan kesehatan serta survei ke rumah calon penghuni dan lolos, pihak pengelola akan melakukan registrasi ulang.

Biasanya proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 bulan sejak pengembalian berkas lengkap. Untuk kontrak sewa berlaku seumur hidup kecuali ada permintaan pengunduran diri dari lansia.

 

Masa Tua yang Layak dan Nyaman, Mengapa Tidak?

Tujuan dari pembangunan rusunawa ini adalah agar para lansia dapat menikmati masa tua yang nyaman, dengan tempat tinggal yang layak serta kesempatan bersosialisasi yang lebih terbuka.

Para lansia pun dapat memiliki keluarga baru yang dapat menemani mereka. Dengan adanya rusunawa ini, masa tua yang layak dan nyaman tentunya sudah di depan mata.

 

Setelah membaca artikel ini, pasti Anda lebih mengenal jelas fasilitas serta serba-serbi mengenai rusunawa oma opa. Mungkin Anda mengetahui anggota keluarga atau teman anda yang membutuhkan informasi ini. Untuk itu, bagikan informasi ini pada teman atau anggota keluarga agar lebih bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Achmad Dwi Afriyadi. 25 April 2016. Rusun Sewa Opa Oma Rp3,5 juta/Bulan. Detik.comhttps://bit.ly/2s3ODuY
  • Achmad Dwi Afriyadi. 24 April 2016. Ini Lho Rusun Khusus Opa Oma, Nyaman Ya. Detik.comhttps://bit.ly/2s378jf

 

Sumber Gambar:

  • Rusunawa Opa Oma – https://goo.gl/uEW3FT