Banyak orang mengira merencanakan distribusi kekayaan dan waris itu mahal. Pada kenyatanya sebenarnya merencanakan distribusi kekayaan dan waris itu murah. Tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku, salah satunya adalah jika caranya benar. Seperti apakah cara merencanakan distribusi kekayaan dan waris yang benar?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Merencanakan Distribusi Kekayaan dan Waris : Semakin Ditunda Semakin Mahal dan Berisiko

Kami tidak akan menjelaskan lebih banyak mengenai statement bahwa keluarga adalah harta yang paling berharga, karena Anda juga sudah pasti setuju bukan? Namun sayangnya, banyak orang tua yang berhasil menghancurkan hubungan kekeluargaan. Orang tua-orang tua yang tidak mempersiapkan atau merencanakan distribusi kekayaan dan waris. Kami teringat sebuah quote dari Avery Neumark yang mengatakan:

 

Bahasa Inggris

It’s well worth the fee because you save so much in estate planning if you do it right.

Avery Neumark

 merencanakan-distribusi-kekayaan-waris-itu-murah-jika-betul-caranya-finansialku

[Baca Juga : Merencanakan Waris adalah Hadiah yang Terbaik untuk Keluarga Anda]

 

Bahasa Indonesia

Biaya merencanakan distribusi kekayaan adalah biaya yang sangat bernilai, karena Anda akan menghemat banyak dalam perencanaan distribusi kekayaan (waris dan hibah), jika Anda melakukan dengan benar.

Avery Neumark

 

Merencanakan distribusi kekayaan dan waris adalah hal yang penting dan perlu dilakukan segera. Usahakan luangkan waktu Anda untuk mulai merencanakan distribusi kekayaan (waris dan hibah), karena kesalahan dan keterlambatan dapat menyebabkan kerugian besar. Kerugian yang dimaksud adalah kerugian materiil (dari segi keuangan) dan kerugian non materiil (hubungan kekeluargaan dan persuadaraan).

Anda mungkin saja belum pernah melihat atau mendengarkan kakak beradik yang ribut karena perselisihan harta warisan. Kami sebagai perencana keuangan, pernah menangani beberapa kasus perselisihan akibat waris dan berujung pada retaknya hubungan kekeluargaan. Jika Anda orang tua yang sayang dengan anak-anak Anda, segera buat perencanaan distribusi kekayaan. Berikut ini ada 3 hal yang perlu Anda ketahui mengenai perencanaan distribusi kekayaan yang benar:

 

#1 Diskusi Keluarga

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah diskusi dengan seluruh anggota keluarga, khususnya pada pasangan Anda. Sebagai informasi, hukum waris di Indonesia dibedakan menjadi tiga jenis yaitu : hukum waris perdata, hukum waris menurut Ajaran Agama Islam dan hukum waris Adat. Dalam beberapa hal, tidak setiap ahli waris mendapat bagian yang sama, karena hukum dan keadilan.

 

#2 Buat Rencana Tertulis

Jangan pernah buat rencana hanya didalam pikiran atau angan-angan Anda, karena hanya Anda saja yang dapat mengetahui. Rencana distribusi kekayaan dalam bentuk warisan atau hibah, dijalankan oleh ahli waris. Warisan hanya dapat dijalankan oleh ahli waris, jika pewaris sudah meninggal dunia. Bagaimana ahli waris Anda bisa mengetahui rencana Anda, jika semua rencana tidak tertulis?

 orang-tua-jangan-sampai-salah-mengajarkan-keuangan-kepada-anak-finansialku

[Baca Juga : Jangan Sampai Keluarga Hancur, Karena Terlambat Rencanakan Waris]

 

Salah satu dari hasil merencanakan distribusi kekayaan adalah surat wasiat (testamen). Di Indonesia, terdapat tiga jenis surat wasiat yaitu surat wasiat umum, surat wasiat olografis dan surat wasiat rahasia. Anda dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan dan/atau notaris untuk informasi lebih lengkapnya.

 

#3 Pertimbangkan Biaya

Terkahir dalam merencanakan distribusi kekayaan, ada beberapa biaya yang harus Anda pertimbangkan, mulai dari biaya untuk mendata aset dan kewajiban (jika ada), biaya untuk berkonsultasi dengan ahli, biaya notaris, biaya pajak atas pengalihan aset (misal jika Anda mewariskan tanah dan bangunan). Termasuk strategi-strategi untuk membiayai proses pendistribusian kekayaan. Contoh

  • Mempersiapkan uang untuk membayar biaya terkait ganti nama atas kepemilikan aset.
  • Mempersiapkan strategi agar dana dan kekayaan dapat segera dipindahkan ke ahli waris yang tepat, dalam waktu yang tepat dan jumlah yang tepat.
  • Memastikan tidak ada masalah atau kesalahpahaman yang timbul dari distribusi waris dan bisa menyebabkan masalah.

 

Terlambat Mempersiapkan Rencana Distribusi Kekayaan adalah Bom Waktu yang Dibuat oleh Orang Tua

Beberapa masalah yang dapat timbul karena orang tua tidak mempersiapkan rencana distribusi kekayaan (baik warisan maupun hibah):

  1. Terjadi kesalah pahaman antara kakak beradik, yang berujung pada putusnya hubungan persaudaraan.
  2. Ahli waris tidak siap dengan dana untuk membiayai biaya rumah sakit, pemakaman dan biaya untuk ganti nama kepemilikan asset (misal biaya pajak ganti nama rumah dan kendaraan).
  3. Ahli waris didatangi oleh orang yang mengaku-ngaku jadi ahli waris (padahal bukan).
  4. Ahli waris didatangi oleh orang yang mengaku-ngaku penagih utang (padahal pewaris sudah tidak memiliki utang).
  5. Ahli waris tidak tahu bahwa pewaris masih memiliki piutang yang sebenarnya bisa bermanfaat untuk para ahli waris.
  6. Ahli waris tidak tahu, bahwa pewaris memiliki harta yang selama ini tidak diketahui oleh para ahli waris. Misal orang tua yang memiliki rumah di luar negeri atau simpanan koin emas.
  7. dan kasus lainnya. Jika Anda pernah menemukan kasus lain silahkan share atau bagikan pengalaman Anda. Perencana keuangan kami akan membantu menjawab atau memberikan komentarnya. Terima kasih

 

Kami tahu, Anda tentu saja tidak ingiin masalah-masalah di atas datang menimpa para ahli waris (pasangan dan/atau anak-anak). Sekarang Anda sudah tahu cara dan solusinya, yaitu segera merencanakan distribusi kekayaan. Jika Anda tidak tahu darimana memulainya, silahkan tinggalkan komentar Anda. Perencana keuangan kami akan membantu Anda, terima kasih.

 

Menurut Anda, kapan waktu yang paling tepat untuk merencanakan distribusi kekayaan : waris dan/atau hibah? Pada saat pewaris masih sehat atau saat pewaris ada di atas ranjang rumah sakit? Silahkan bagikan pendapat Anda, terima kasih.

 

Sumber Gambar

  • Online Shopping – https://goo.gl/1cuugf

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang