Kisah Michael Dell bisa menjadi inspirasi untuk Anda lho Sobat Finansialku.

Tidak melulu kesuksesan seseorang didorong dari keadaan akan tuntutan hidup yang berkekurangan. Lewat kerja kerasnya, Michael Dell dapat membangun perusahaan raksasa.

Simak lengkapnya di artikel Finansialku satu ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Michael Dell

Michael Saul Dell lahir pada tanggal 23 Februari 1965 di Houstin, Amerika Serikat.

Dell dilahirkan dari keluarga yang berada, ayahnya bernama Alexander Dell, adalah pialang saham sekaligus seorang ahli ortodontik dan ibunya bernama Lorraine Charlotte adalah seorang pialang saham.

Sama seperti para tokoh teknologi lainnya, Michael Dell sejak muda sudah menunjukan ketertarikannya pada teknologi, Sekalipun ayah menginginkan Michael mengikuti jejaknya dan berkarier di bidang kesehatan, namun minat dan bakatnya ternyata menunjukkan hal yang berbeda.

Sejak usia 7 tahun, dia begitu tertarik dengan sebuah benda penghitung digital berteknologi, tak lain adalah sebuah kalkulator pertama miliknya yang dapat menarik rasa ingin tahu seorang Michael Dell.

Walau begitu, disisi lain ia juga mengaku tertarik dengan pasar saham dan bisnis. Dia kemudian mempelajari juga beberapa aspek keuangan dari Ibunya. Terinsprasi dari kedua orangtuanya, Dell telah merintis usahanya sejak di bangku sekolah.

Jiwa berbisnis Michael Dell sudah mulai terasah sejak muda, di usia remaja, Michael berusaha memperoleh penghasilannya sendiri dengan bekerja sebagai tukang cuci piring di restoran Chinese food di kawasan Texas, dengan upah sebesar US$ 2.3 per jam.

Belum Sukses Mungkin Kamu Belum Terapkan 10 Mindset Sukses Ini 00 - Finansialku

[Baca Juga: Belum Sukses? Mungkin 10 Mindset Sukses Ini Belum Kamu Miliki]

 

Uang hasil kerja ini dikumpulkan Michael kemudian digunakannya untuk membeli dan mengoleksi berbagi perangko

Hobi mengumpulkan perangko membawanya memperoleh uang senilai US$ 2.000 dengan menjual seluruh koleksi perangkonya, jumlah itu bisa dikatakan jumlah yang sangat banyak bagi anak usia 12 tahun.

Dapat dikatakan sekalipun bukan faktor ekonomi yang mendorong ia untuk bekerja, ada sebuah kemauan, yang membuat Dell muda perlahan menggali potensi dalam dirinya.

Setelah gemar bermain komputer di Radio Shack. Pada usianya beranjak 15 tahun, ia mendapatkan komputer pertamanya “Apple II”.

Rasa ingin tahunya akan benda canggih ini, membuat Michael lalu membongkar dan mempelajari komponen dan mengamati bagaimana cara kerja dari sistem komputer kemudian merakitnya kembali.

Michael sempat bekerja paruh waktu pada divisi pemasaran Houston Post saat dia masih menyelesaikan sekolahnya di Memorial High School.

Pekerjaan tersebut memberikan Michael pengalaman untuk mempelajari beberapa strategi penjualan. Melihat sistem penjualan yang kurang efektif, Dell kemudian merancang rencana pemasaran baru yang terbukti lebih berhasil.

Salah satunya adalah ia menyadari bahwa pasangan yang baru menikah atau pendatang baru di daerah itu adalah calon pembeli potensial. Lewat strateginya, dalam setahun Michael berhasil mendapatkan US$ 18.000 di usia mudanya.

 

Perusahaan Komputer Pertama

Menjadi seorang dokter adalah keinginan orang tua Michael, Pada tahun 1983 akhirnya ia mendaftar di University of Texas di Austin. Walaupun mengambil jurusan kesehatan, Michael tetap melakukan apa yang menjadi kesukaannya, bisnis dan teknologi.

Dari sinilah, keinginan Michael dell untuk menjadi seorang pengusaha semakin kuat. Lalu secara diam-diam, ia mendirikan sebuah usaha kecil komputer pertamanya.

Di usianya yang ke-19 akhirnya Michael memutuskan untuk memulai bisnis komputernya secara mandiri yang dinamainya PCs Limited dan berlokasi di asrama Universitas Texas.

Usaha yang ia jalani dari kamarnya ini hanya berbekal modal US$ 1000 yang merupakan uang tabungannya sendiri dan tambahan dari keluarganya.

Ia berupaya untuk menjual komputer rakitannya sendiri yang memiliki spesifikasi unggulan dan harga yang jauh lebih terjangkau ditambah dengan garansi gratis setahun.

Tiru Mindset Pengusaha Ini, Dijamin Makin Sukses! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Karakteristik Entrepreneur yang WAJIB Dimiliki Untuk Sukses]

 

Pada paruh kedua tahun pertamanya, Dell telah menjual komputer senilai US$ 80.000.

PCs Limited adalah sebuah bisnis teknologi yang unik dan mampu berkomunikasi langsung dengan pelanggan yang membuat perusahaan ini dapat meraih sukses besar dan meraup omzet mencapai US$ 73 juta.

Michael mengembangkan produk komputer pertamanya dengan produk yang dinamakan PC Turbo. Michael pun makin menekuni usahanya dalam mengoprek komputer, alhasil dia mengambil keputusan untuk berhenti studi di Universitas Texas.

PC’s Limited akhirnya go public pada tahun 1988 dan kemudian berganti nama menjadi Dell Computer Corporation dan mulai berekspansi secara global ke tingkat yang lebih besar juga diiringi dengan pelayanan Dell yang menyediakan fasilitas pelayanan di tempat.

Di usia yang relatif masih muda yakni 27 tahun, Michael Dell berhasil menduduki posisi sebagai CEO paling muda dengan perusahaan besar yang masuk dalam daftar perusahaan top versi majalah Fortune.

 

Kunci Keberhasilan Michael Dell

“…Saat mendirikan bisnis ini di asrama mahasiswa, modal saya hanya 1000 dolar AS. Sekarang Dell telah berubah menjadi peritel komputer online terbesar di dunia. Penjualan online Dell via Internet mencapai rata-rata 30 juta dolar AS per hari.”

 

Kunci utama kesuksesan Dell adalah inovasi unik yang ia tawarkan. Ia membuat gebrakan yang berbeda dari yang dilakukan oleh perusahaan komputer pada saat itu. Calon pembeli Dell bisa memesan langsung komputer sesuai keinginan mereka melalui telepon atau internet.

Dengan layanan ini, mereka bisa memasukkan spesifikasi komputer yang ingin dibeli secara online sehingga Dell tidak perlu menyimpan stok barang yang memerlukan investasi yang terlalu besar.

Mindset Orang Sukses 3

[Baca Juga: Cek Apakah Anda Punya 9 Mindset Sukses Ini Atau Tidak]

 

Dell telah mengubah kelemahannya menjadi kekuatan.

Ia tidak mengharap pelanggan untuk datang dan melihat “kantor”nya. Karena terbatas oleh modal, ia belum bisa memiliki kantor sendiri.

Filosofi bisnis Dell adalah untuk meraih pangsa pasar PC melalui kombinasi pemotongan biaya, mengurangi waktu pengiriman, dan menyediakan layanan pelanggan yang sangat baik.

Untuk melakukan tugas-tugas itu, ia mempekerjakan eksekutif berpengalaman, baik untuk mengisi pekerjaan di perusahaan dan untuk bertindak sebagai mentor pribadi, dan dia menekankan penjualan langsung di luar gerai ritel biasa.

Jika Dell mempekerjakan eksekutif berpengalaman untuk mengurusi masalah keuangan perusahaannya, Anda juga bisa! Aplikasi Finansialku akan sangat membantu Anda dalam mengatur alur keuangan Anda.

Dalam aplikasi Finansialku, Anda bisa membuat anggaran keuangan Anda dan menghitung pengeluaran. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan perencana keuangan bersertifikat yang ada di Finansialku.

Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

Dell Saat ini

Dell menggunakan sebagian dari kekayaan pribadinya untuk membantu anak-anak di seluruh dunia dengan berfokus pada kesehatan, pendidikan, keamanan, pengembangan generasi muda, dan perawatan anak usia dini, yang pada tahun 2005 memberikan sumbangan lebih dari US$ 1 miliar.

Dell dan istrinya, Susan, membentuk Michael & Susan Dell Foundation untuk mengelola investasi dan upaya filantropi keluarga Dell.

Michael dan Susan Dell Foundation, menampung dan melayani anak-anak dan telah menyumbang lebih dari US$ 530 juta atau setara dengan Rp 7,8 triliun untuk mengembangkan masyarakat perkotaan di Amerika Serikat dan India pada tahun 2010.

Ia juga turut menyumbangkan jutaan dolar untuk membantu korban tsunami 2004 di Asia selatan. Pada tahun 2006 ia juga menyumbang US$ 50 juta kepada University of Texas di Austin.

Cek Apa Kamu Punya 9 Mindset Sukses Ini Atau Tidak 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Pola Pikir Sukses dari Dalam Diri Sendiri, Tanamkan!]

 

Pada tahun 2000 diketahui Michael Dell menjadi seorang miliarder dengan perusahaannya yang memiliki kantor di 34 negara dan jumlah karyawan lebih dari 35.000.

Di tahun selanjutnya Dell Computer berhasil melampaui pesaing kuatnya yakni Compaq Computer sebagai pembuat PC terbesar di dunia.

Namun kompetisi produsen perangkat PC semakin tahun persaingan semakin ketat, Dell yang telah merajai industri komputer dunia juga mendapat persaingan dari perusahaan lainnya.

Menurut data dari Business insider tahun 2017, Dell harus turun posisi di peringkat 3 sebagai perusahaan PC terbesar di dunia setelah tersalip oleh HP dan Lenovo.

Walaupun demikian bukan berarti membuat Dell sebagai perusahaan PC terbaik di dunia luntur.

Bukti kelihaian Michael Dell membawa perusahaannya dapat terus berkembang, bahkan Dell dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia, hal ini menjadi bukti bahwa Dell Inc (Nama saat ini) masih merajai pasar PC dunia.

Menurut data dari Forbes yang diambil pada tanggal 29 Desember 2017, Michael Dell menduduki posisi ke-38 sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan sebesar US$ 20,4 Miliar atau sekitar Rp 265 Triliun.

Setelah lebih dari 15 tahun menangani Dell Computer Corporation, di tahun 2004 Michael memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi CEO dan duduk di jajaran direksi perusahaan Dell.

Walau begitu Michael masih tetap memantau segala sistem manajemen dan operasional Dell Computer Corporation dan berusaha untuk memilih CEO yang tepat demi kemajuan perusahaan.

Seperti peristiwa kembalinya Michael ke bangku CEO di tahun 2007 ketika menggantikan Kevin Rolling dan berusaha mengangkat kembali Dell Corporation dari keterpurukan bisnis.

Para Milenial, Milikilah 10 Mindset Seorang Pemenang untuk Mencapai Impianmu 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tiru Mindset Pengusaha Ini, Dijamin Makin Sukses!]

 

Saat ini perusahaan Dell bukan hanya menjual komputer pribadi, komputer jinjing atau komputer server seperti pada awal-awal usahanya, melainkan juga merambah ke media penyimpan (storage), printer, komputer genggam alias PDA, pemutar musik MP3 dan berbagai jasa layanan komputer.

Apa yang dapat kita pelajari dari kisah Michael Dell? Mungkin berbeda-beda. Namun bagi saya pribadi, Michael Dell adalah inspirasi dari kreatifitas dan ketekunan dalam mengasah kemampuan diri, serta menemukan minat bakatnya lalu menjadikan hal itu sebagai tangga keberhasilannya.

 

 

 

Kisah Dell tentu sangat menginspirasi bukan? Kesuksesannya tidak lepas dari usaha dan kerja kerasnya hingga berhasil membangun sebuah perusahaan raksasa.

Anda bisa membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga tahu kisah Dell dan menjadi inspirasi bagi mereka.

 

GRATISSS, Yuk Download SEKARANG!!!

Ebook Pentingnya MENGELOLA KEUANGAN Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Herdi Alif Al Hikam. 08 Februari 2019. Perjalanan Hidup Michael Dell, Bos Produsen PC Terbesar Dunia. Finance.detik.com – https://bit.ly/3ebLGPc
  • Sepositif. Kisah Sukses Michael Dell – Pendiri DELL INC (Dell Computer). Sepositif.com – https://bit.ly/2AGnOFu
  • M. Majid. Michael Dell, Penjual Koran yg Sukses Menjadi Miliader Bisnis Teknologi. Maxmanroe.com – https://bit.ly/2DgQhCG
  • Wink. 14 Mei 2010. Biografi Michael Dell, Kisah Perjalanan Pendiri Dell Computer. Biografiku.com – https://bit.ly/2BRBJcu