Model Baju Kerja yang Cocok saat Interview Kerja

Apa saja jenis dan model baju yang sesuai untuk wawancara pekerjaan? Apa hal-hal yang harus dihindari dalam berpakaian untuk interview? Kali ini Finansialku akan membahas model baju kerja yang cocok saat interview kerja.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Jenis-jenis Model Baju

Baju merupakan salah satu penunjang utama dalam penampilan. Terutama saat menjalani proses wawancara kerja, menggunakan baju yang sesuai sangat penting dan berpengaruh signifikan dalam penerimaan kerja. Model baju ada bermacam-macam. Misalnya saja model baju casual, resmi atau semi formal. Dengan adanya berbagai model tersebut, semakin banyak pula inovasi yang bisa dilakukan untuk mengimprovisasi penampilan.

Dalam menggunakan pakaian, seseorang harus memperhatikan beberapa hal. Aspek-aspek penting dalam berpakaian meliputi warna kulit, bentuk badan, suasana, acara dan lingkungan. Contohnya saja untuk orang yang bertubuh gemuk, baju dengan model umbrella skirt sangat tidak dianjurkan karena menambah volume tubuh. Model baju terbaik saat interview kerja, yaitu:

 

Model 1: Rok Kain

Rok yang terbuat dari kain non jeans selalu memberikan kesan formal. Kesan formal tersebut sangat penting bagi calon pelamar kerja karena bisa menambah kepercayaan diri saat menjawab pertanyaan demi pertanyaan. Selain itu, rok juga bisa membantu wanita merasa lebih nyaman dan percaya diri. Dengan rok kain, kesan feminin yang sabar dan telaten akan muncul sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan calon penerima.

Model Baju Kerja yang Cocok saat Interview Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Sukses? Perhatikan Cara Menulis Motivation Letter yang Baik dan Benar]

 

Model 2: Celana Kain

Sama seperti wanita yang membutuhkan rok dengan bahan kain non jeans, pria pun membutuhkan celana kain. Celana kain yang baik dan disetrika rapi akan semakin meningkatkan wibawa dari calon pelamar. Dengan celana kain yang kualitasnya bagus serta rapi akan menunjukkan kesan well prepared dan tidak tergesa-gesa.

 

Model 3: Kemeja Putih

Kemeja putih memang merupakan pakaian wajib bagi semua orang yang bekerja. Hampir di seluruh lini pekerjaan indoor, selalu dibutuhkan kemeja putih dalam berbagai kesempatan. Oleh karena itu, kemeja putih juga selalu pantas dan bisa menjadi pakaian serba guna jika Anda bingung memilih mana baju yang paling sesuai dengan citra perusahaan.

 

Model 4: Kemeja Polos Warna Soft

Kemeja selain putih dengan warna kalem pasti bisa dipadupadankan lebih mudah daripada yang warnanya terlalu gelap. Contoh warna-warna yang bisa digunakan adalah pastel, biru muda, hijau muda atau khaki. Warna-warna ini sangat netral dan hampir bisa dipadupadankan dengan apa saja misalnya blazer, jas, rok atau celana.

Model Baju Kerja yang Cocok saat Interview Kerja 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Melamar Kerja? Hindari Beberapa Penyebab Kegagalan Wawancara Ini]

 

Model 5: Dasi

Karena akan bekerja secara resmi di sebuah kantor, sangat penting untuk menggunakan dasi. Dasi dan cara menggunakannya yang tepat bisa meningkatkan kesan konsentrasi yang tinggi dan tidak terburu-buru bagi para pelamar. Selain itu, jika Anda bisa membentuk dasi dengan sempurna maka akan timbul citra bahwa Anda adalah seorang perfeksionis.

 

 

Model 6: Blazer

Blazer selalu menarik digunakan baik pria maupun wanita. Blazer juga bisa menimbulkan kesan lebih langsing atau kurus bagi Anda yang berpostur agak gemuk. Dengan menggunakan blazer, seseorang akan tampak lebih elegan dan bersemangat menghadapi tugas demi tugas pekerjaan.

 

Model 7: Fantofel

Bagi wanita, fantofel bisa dipilih sebagai pengganti high heels. Tidak semua kantor bisa memudahkan akses pengguna high heels. Oleh karena itu, penggunaan fantofel dengan heels yang tidak terlalu tinggi bisa menjadi pilihan yang cocok.

Model Baju Kerja yang Cocok saat Interview Kerja 04 - Finansialku

[Baca Juga: Penyebab Frustrasi Saat Mencari Kerja, Yang Mungkin Tidak Anda Sadari]

 

Model 8: Sepatu Kulit

Sepatu kulit adalah kelengkapan wajib dalam berpakaian formal. Bisa dibayangkan jika Anda sudah menggunakan kemeja formal dan celana kain, tetapi sepatunya kurang sesuai. Tentunya akan membuat performa tidak enak dipandang. Oleh karena itu, penggunaan sepatu kulit juga sangat penting terutama bagi calon pegawai pria.

 

Model 9: Batik

Pada umumnya, hampir setiap kantor mewajibkan pemakaian baju batik pada hari-hari tertentu khususnya Jumat. Saat menggunakan baju batik, seseorang akan terlihat lebih kalem dan membumi. Jika batik digunakan saat wawancara pekerjaan, maka bisa jadi kesan tersebut akan semakin menguatkan jawaban Anda saat ditanyakan masalah yang berkaitan dengan kualifikasi pekerjaan.

Model Baju Kerja yang Cocok saat Interview Kerja 05 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Praktis Menemukan Pekerjaan untuk Generasi Milenium]

 

Model 10: Statement Dress

Dress panjang bisa dipilih dengan desain yang masih formal. Hal ini juga penting tergantung jenis kantor. Misalnya saja pada bagian advertising atau tim kreatif, calon pegawai diharapkan memiliki kualifikasi yang mumpuni ditambah jiwa seni yang tinggi. Penggunaan Statement Dress dapat meningkatkan kesan “nyentrik” dan “nyeni” dengan tetap dibalut dengan pakaian formal.

 

Model 11: Sweater V-Neck

Sweater V-Neck sangat menarik jika dipadukan dengan bawahan rok span bagi wanita. Para pria pun dapat menggunakan sweater ini. Jika warnanya senada, maka kesan nyaman, casual casual dan easy going bisa terpancar dan menunjukkan sisi dinamis Anda.

Model Baju Kerja yang Cocok saat Interview Kerja 06 - Finansialku

 [Baca Juga: Ingin Sukses? Perhatikan Cara Menulis Motivation Letter yang Baik dan Benar]

 

Jangan Sepelekan Penampilan

Penampilan seseorang mencirikan karakter dan juga kualitas kinerjanya secara tidak langsung. Bagi Anda yang berniat untuk melamar pekerjaan yang Anda inginkan, setidaknya Anda harus mempertimbangkan pakaian mana yang harus Anda gunakan untuk menarik perhatian dan kesan dari pewawancara.

 

Mana dari pilihan model baju di atas yang akan Anda coba? Mengapa demikian? Uraikan jawaban Anda dan bagilah informasi ini pada teman yang sedang akan menjalani interview kerja, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Andhika Lady Maharsi. 9 Item Fashion Ini Wajib Kamu Miliki Ketika Baru Masuk Ke Dunia Kerja. Yuk Disimak! Hipwee.com –  https://goo.gl/CVTxpj
  • Nadira Aliya. 8 Contoh Pakaian Terbaik untuk Wanita Saat Wawancara Kerja. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/og61mk

 

Sumber Gambar:

  • Pakaian Kerja – https://goo.gl/q8aylK dan https://goo.gl/iSg2hZ
  • Kemeja Polos Warna Soft – https://goo.gl/tFc1qq
  • Sepatu Kulit – https://goo.gl/CGdmx6
  • Batik – https://goo.gl/yUqSn6
  • Sweater V-Neck – https://goo.gl/wzsdgR

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-11-10T09:50:19+00:00 May 28th, 2017|Categories: Karir, Lifestyle|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment