10 Negara paling religius: Nilai religius adalah salah satu pondasi dalam hampir semua negara, meskipun bukan negara agama tertentu saja.

Namun, ternyata di dunia ini ada negara yang punya nilai religius sangat tinggi lho!

Ikutilah artikel Finansialku berikut ini untuk mengecek kembali, apakah Indonesia masuk dalam 10 daftar negara paling religius.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Negara Paling Religius di Dunia

Tinggal di salah satu negara paling religius di dunia pasti rasanya akan menenangkan, nyaman, dan tenteram. Apakah benar begitu?

Tentu saja, agama telah mengatur makhluknya untuk menjadi pribadi yang penuh kasih dan menyayangi sesamanya.

Adanya agama di dalam sebuah negara juga membuat masyarakatnya bisa menghargai orang lain serta memupuk keanekaragaman budaya.

Apakah negara kita, Indonesia ini merupakan salah satu negara paling religius di dunia?

Daripada penasaran, yuk kita simak daftar sepuluh negara yang warganya paling religius di dunia berikut ini.

 

#1 Sri Lanka

Patut diakui bahwa Sri Lanka adalah salah satu negara paling religius dalam daftar negara paling religius di dunia.

Ya, skalanya sudah bukan se-Asia lagi, ya. Atau mungkin sudahkah Anda menduga bahwa negara ini bakal masuk dalam daftar ini?

Daftar 10 Negara Paling Religius di Dunia 02 Sri Lanka - Finansialku

[Baca Juga: Gimana Cara Dapat Hotel Murah Berkualitas Bintang Lima?]

 

Sri Lanka merupakan negara yang terletak di benua Asia, tepatnya bagian timur Negara India. Mereka memiliki bahasa ibu antara lain bahasa Inggris, bahasa Tamil, dan bahasa Sinhala.

Telah tercatat bahwa sebanyak sekitar 70% penduduknya menganut agama Budha, dan sisa 20% lainnya diketahui menganut agama lain seperti agama Kristen, agama Hindu, dan sisanya beragama Islam.

Masyarakat di Negara Sri Lanka sangat menganut ajaran Budha, dari filosofi hingga aktivitas mereka sehari-hari. Adapun Dewa yang disembah di masyarakat negara Sri Lanka antara lain Dewa Skanda, Dewa Ganesha, Dewa Kali, Dewa Siwa, dan Dewa Wisnu.

 

#2 Nigeria

Kalau Anda tak menyangka bahwa Sri Lanka adalah salah satu negara yang paling religius di dunia, apakah Anda juga menyangka bahwa Nigeria juga masuk dalam daftar ini?

Negara yang memiliki bahasa utama bahasa Prancis ini diketahui sebanyak 90% warganya menganut agama Islam.

Daftar 10 Negara Paling Religius di Dunia 03 Nigeria - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fasilitas Hotel yang Paling Diburu Tamu, Apa Saja?]

 

Di Nigeria sendiri telah berdiri organisasi-organisasi berpengaruh yaitu Hamalist, Senussi, dan Tijaniyya. Sedangkan kota yang mereka anggap paling suci di negara mereka, antara lain Agadez, Say, Kiota, dan kota Madarounfa.

Dipenuhi dengan umat Muslim yang taat, warga di negara ini hidup dan bermasyarakat dengan sangat rukun serta sangat jarang terjadi perpecahan.

 

#3 Malawi

Mungkin nama negara ini akan terdengar sedikit asing bagi Anda namun ketahuilah bahwa Malawi merupakan salah satu negara paling religius di dunia.

Memiliki bahasa utama bahasa Inggris dan bahasa Chewa, masyarakat di Negara Malawi menganut agama yang berbeda-beda, yaitu agama Islam, agama Katolik Roma, agama Protestan, dan agama Hindu.

Daftar 10 Negara Paling Religius di Dunia 04 Malawi - Finansialku

[Baca Juga: Supaya Gak Salah, Pelajari Dulu Perbedaan Hotel dan Hostel Sebelum Booking!]

 

Adapun persentase pemeluk masing-masing agama di negara Malawi yaitu sebanyak 55% memeluk agama Protestan, sebanyak 20% merupakan warga Muslim, 20% pemeluk agama Katolik Roma, dan 10% sisanya memeluk agama Hindu dan lainnya.

 

#4 Thailand

Cukup dekat dengan negara kita, Thailand juga dianggap masuk dalam sepuluh negara paling religius di dunia. Tercatat sebanyak 95% warga negara Thailand memeluk agama Budha, dan 5% lainnya diketahui memeluk agama Hindu, agama Kristen, dan agama Islam.

Wisata Thailand, Lebih Murah Mana Liburan Sendiri atau Paket Liburan Travel Agent 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mantul! Ini Dia Keuntungan Investasi Hotel. Tertarik??]

 

Jika anda bepergian ke Thailand maka Anda akan menyadari bahwa destinasi wisata disana kebanyakan adalah kuil. Jelas saja, di Thailand telah diketahui berdiri sebanyak 30 ribu lebih kuil.

 

#5 Yaman

Kalau mendengar nama negara ini sudah pasti dan wajar kita langsung menilai negara yang sangat religius. Hampir semua warganya menganut agama Islam, mereka menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa ibu mereka.

Daftar 10 Negara Paling Religius di Dunia 05 Yaman - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Inilah Panduan dan Niat Solat Idul Adha]

 

Meskipun mayoritas beragama Islam, ada juga penduduknya yang menganut agama Hindu dan agama Kristen.

 

#6 Bangladesh

Negara yang terletak di benua Asia bagian selatan ini memiliki bahasa utama berupa bahasa Bengali.

Tercatat sebanyak 88% warganya menganut agama Islam. Adapun 12% sisanya diketahui memeluk agama Budha, agama Kristen, agama Hindu, dan kepercayaan animisme.

Daftar 10 Negara Paling Religius di Dunia 06 Bangladesh - Finansialku

[Baca Juga: Ucapan Idul Adha 10+ Ucapan Selamat Idul Adha yang Kekinian]

 

Agama Islam memang dinilai berpengaruh besar terhadap keseluruhan negara ini, namun perlu dicatat bahwa mereka tetap bisa hidup berdampingan secara harmonis.

 

#7 Armenia

Negara ini merupakan hasil perpecahan negara Republik Soviet yang mana mayoritas penduduknya memeluk agama Kristen.

Negara Armenia telah menerapkan sistem bahwasannya siapa pun boleh memeluk agama apapun, termasuk juga agama Islam, agama Hindu, agama Katolik, dan agama lainnya.

Daftar 10 Negara Paling Religius di Dunia 07 Armenia - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Takut! 7 Tips Makan Daging Saat Idul Adha Supaya Tetap Sehat]

 

Kekuasaan paling tinggi di Armenia merupakan kekuasaan untuk mengatur sistem Gereja Armenia, sedangkan pemimpin tertinggi mereka saat ini adalah Echmiadzin.

 

#8 Maroko

Negara yang letaknya berada di Afrika bagian utara ini menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa utamanya. Sebanyak 99% warga negara Maroko memeluk agama Islam.

Daftar 10 Negara Paling Religius di Dunia 08 Maroko - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Membeli Hewan Kurban, Yuk Ketahui Tips Memilih Hewan Kurban dengan Tepat]

 

Warganya sangat taat melakukan shalat lima kali sehari, saat sampai disana pun Anda juga akan mendengar doa-doa dari masjid lokal yang berada dimana-mana.

 

#9 Georgia

Berbeda dari negara-negara sebelumnya yang terletak di benua Asia dan benua Afrika. Daftar sepuluh negara paling religius di dunia ini juga diisi oleh negara yang berada di Eropa bagian timur, ialah negara Georgia.

Daftar 10 Negara Paling Religius di Dunia 09 Georgia - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Inilah Panduan dan Niat Solat Idul Adha]

 

Negara Georgia memiliki banyak sekali gereja dan tempat spiritual, yang mana warganya mayoritas memeluk agama Kristen Ortodoks.

Hidup rukun dan berdampingan dengan baik, mereka sangat menghormati satu sama lain.

 

#10 Indonesia

Terjawab sudah bahwa Indonesia masuk dalam negara paling religius di dunia.

Sebanyak sekitar 87% warganya memeluk agama Islam, sebanyak 6,9% memeluk agama Kristen, sebanyak 2,9% memeluk agama Katolik, dan sisanya memeluk agama lain seperti agama Hindu, agama Budha, dan lainnya.

Tempat Wisata Bedugul Bali 05 Pura Ulundanu - Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Jurus Ampuh Ini Agar Anda Bisa Kurban Idul Adha Setiap Tahun]

 

Pentingnya Jadi Religius untuk Tingkatkan Keharmonisan Beragama

Itulah sepuluh negara yang dianggap paling religius di dunia.

Kita harus bersyukur bahwa kita telah bermasyarakat dan hidup di salah satu negara tersebut yang mana memberikan kita kesempatan hidup damai dan rukun dengan sesama.

Nah, jika ada kesempatan baik, Anda bisa berkunjung ke 10 negara paling religius di dunia. Hal ini akan membantu dan menambah wawasan serta pengalaman Anda dalam melihat dunia.

Tentunya, untuk mencapai kesana, Anda perlu memiliki uang dan rencana keuangan yang mumpuni. Tapi jangan khawatir, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku lho!

Pakai menu Rencana Keuangan dan klik bagian Dana Liburan. Nah, Anda bisa mengisi bagian-bagian yang diperlukan untuk perhitungan.

Rencana Keuangan Dana Liburan Aplikasi Finansialku 1

 

Jika Anda belum memiliki Aplikasi Finansialku, Anda bisa langsung download di Google Play Store atau klik banner berikut ini.

Jangan lupa juga buat pakai kode voucher POTONG50RIBU supaya Anda mendapatkan potongan harga Rp50.000 jika Anda berlangganan aplikasi premium selama 1 tahun.

 

Karena Indonesia termasuk dalam 10 negara paling religius tersebut, maka sudah sepantasnya kita meningkatkan kesadaran terhadap perbedaan.

So, bagikan inspirasi seputar keharmonisan dalam beragama ini pada sebanyak-banyaknya teman ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Hanum Putri Anjani. 22 Mei. 10 Negara Paling Religius di Dunia, Indonesia Nomor Berapa? Idntimes.com – https://bit.ly/2onRUay

 

Sumber Gambar:

  • Negara Paling Religius – https://bit.ly/2ItZZlb
  • Sri Lanka – https://bit.ly/35bosVZ
  • Nigeria – https://bit.ly/35cEY8k
  • Malawi – https://bit.ly/35hrbxl
  • Yaman – https://bit.ly/2MiDzEr
  • Bangladesh – https://bit.ly/2APG5N8
  • Armenia – https://bit.ly/2pMRomR
  • Maroko – https://bit.ly/3234E5n
  • Georgia – https://bit.ly/30RZeZp

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang