Apakah kamu salah satu orang yang sangat sibuk karena harus bekerja seharian? Sampai-sampai kamu lupa deh kalau olahraga itu penting banget buat kesehatan! Jika seharian sibuk kerja, kalian bisa mencoba olahraga malam lho!

Tapi, olahraga apa aja sih yang boleh dilakukan di malam hari? Simak ulasannya dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Olahraga Malam Hari

Aktivitas yang padat di kantor membuat waktu kita untuk berolahraga jadi semakin sedikit.

Padahal, paling tidak waktu untuk orang dewasa berolahraga adalah 150 menit dalam lima hari atau sekitar 30 menit sehari. Banyak orang beranggapan olahraga yang paling baik adalah olahraga pagi, karena banyak memberikan tubuh vitamin D.

Selain itu udara di pagi hari juga lebih segar. Tapi, bagaimana kalau tidak ada waktu berolahraga di pagi hari, dan waktu yang kita miliki cuma di malam hari? Tenang, ini dia olahraga yang bisa kamu lakukan di malam hari:

 

#1 Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang pamornya terus menanjak di mata publik dalam beberapa tahun belakangan. Tapi, kamu sudah tau belum gimana sih asal usul olahraga yoga ini?  

Yoga adalah sebuah aktivitas fisik yang melibatkan meditasi dengan teknik peregangan, pernapasan, keseimbangan, dan kelenturan tubuh untuk mencapai keselarasan dan harmoni antara emosi, jiwa, mental, spiritualitas, dan tubuhmu.

Rutin beryoga akan mengasah fokus mental kamu dan membuang racun keluar dari dalam tubuh. Kamu juga bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh, yang tidak hanya bermanfaat untuk kesiapan fisik sebelum berolahraga tapi juga mencegah cedera.

5+ Jenis Olahraga Malam yang BOLEH Kamu Lakukan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Secara Ampuh dan Cepat]

 

Dikarenakan olahraga yoga ini fleksibel dan didalam ruangan, kamu bisa melakukannya pada malam hari!

Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari olahraga yoga:

  • Mengatur berat badan.
  • Membantu mencegah dan mengobati beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung, artritis, asma, dan tekanan darah tinggi.
  • Meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi stres, depresi, dan gangguan tidur.
  • Melancarkan pernapasan.
  • Menguatkan keseimbangan tubuh.
  • Menjaga kebugaran tubuh.
  • Relaksasi dan pemulihan otot setelah olahraga.
  • Meringankan nyeri dan cedera.
  • Membentuk otot.

 

#2 Jalan kaki di malam hari

Siapa yang suka banget jalan-jalan? Jalan kaki di malam hari juga termasuk olahraga yang bisa kamu lakuin loh! Selain mudah dilakukan, ternyata jalan kaki di malam hari juga sangat baik untuk kesehatan.

Apalagi bagi kamu yang sering makan malam, dengan jalan kaki bisa membuat pencernaan menjadi lancar. Berikut manfaat dari jalan kaki:

5+ Jenis Olahraga Malam yang BOLEH Kamu Lakukan! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sehat Ga Harus Mahal! Inilah Olahraga Murah yang Bikin Badan Fresh!]

 

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Jalan kaki sejenak minimal 15 menit setiap habis makan malam bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan. Ini juga mencegah risiko dada terasa sesak setelah makan, sembelit serta penumpukan lemak di perut.

 

2. Bisa Bikin Tidur Makin Nyenyak

Jalan kaki setelah makan akan membuat tubuh terasa lebih fresh dan nyaman. Jika sudah begini, tidur atau istirahat malam pun akan semakin berkualitas, nyenyak dan mengesankan.

 

3. Bakar Kalori & Lemak di Tubuh

Sadar atau tidak, jalan kaki sedikitnya selama 15 menit setiap habis makan malam akan membantu tubuh membakar kalori dan lemak dengan lebih baik. Ini juga bisa bikin tubuh terasa lebih ringan, terhindar dari risiko obesitas atau perut buncit.

 

4. Menstabilkan Gula Darah

Gula darah dan sirkulasi darah dalam tubuh akan jadi lebih stabil ketika kamu memiliki kebiasaan baik jalan kaki usai makan malam. Aktivitas ini juga baik untuk kesehatan jantung, paru-paru serta liver. Otak pun akan semakin rileks dan terhindar dari risiko alzheimer atau pikun.

 

#3 Fitness

Apa yang ada di pikiran kamu ketika mendengar olahraga fitness? Pasti terpikir soal membentuk otot bukan? Padahal, anggapan tersebut sebenarnya tidak terlalu tepat.

Pasalnya, fitnes tak hanya digunakan untuk membentuk otot saja, melainkan juga bisa digunakan untuk manfaat lainnya.

Dilansir dari laman Boldsky, ada beberapa macam manfaat fitness bagi kehidupan seseorang, tak hanya urusan otot saja. Apa saja manfaat tersebut? Berikut diantaranya:

5+ Jenis yang BOLEH Kamu Lakukan! 04 Fitness - Finansialku

[Baca Juga: Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan]

 

1. Mengurangi Risiko Penyakit

Tanpa disadari, ternyata mengikuti latihan fitness juga bisa membuat tubuh kita menjadi lebih kuat dan kebal terhadap berbagai ancaman penyakit.

Hal itu dikarenakan dengan rutin melakukan fitness, seluruh otot akan terus bekerja sehingga fungsi jantung serta peredaran darah menjadi sangat lancar di dalam tubuh.

 

2. Metabolisme dan Detoksifikasi

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuang racun dari dalam tubuh secara alami, salah satunya adalah dengan mengikuti fitness.

Jika kita rutin melakukannya secara baik, maka metabolisme akan meningkat sehingga seluruh racun yang di dalam tubuh akan keluar bersama dengan keringat.

Namun perlu diingat juga, jangan lupa perbanyak konsumsi air putih agar proses detoks dan metabolisme berjalan dengan sangat baik.

 

3. Mengatasi Stres

Dari survei yang telah dilakukan, ditemukan hasil bahwa kegiatan fitness di pusat kebugaran ternyata mampu menurunkan tingkat stres sampai 40 persen. Hal tersebut dikarenakan pada tempat fitnes, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki hobi sama.

Tentu saja, interaksi yang terjadi tersebut bisa mengatasi stres atau masalah yang mengganggu pikiranmu.

 

4. Membakar Lemak

Untuk manfaat yang satu ini memang sudah terkenal dan terbukti. Ya, dengan rutin melakukan fitness, lemak pada tubuh akan diluruhkan secara efektif.

Maka tak heran, jika begitu banyak orang yang sedang diet, melakukan aktivitas fitness dengan alasan agar proses diet cepat mendapatkan hasil.

Meskipun fitness merupakan olahraga yang berbayar dan cukup membuat kantong lemas, tapi gak masalah guys selama kamu udah nge-budget-in itu. Sebelum datang ke tempat olahraga fitness, kamu sebaiknya survei harga dulu lalu sesuaikan dengan budget kamu.

Supaya perencanaan keuangan kamu lebih matang dan lebih baik, kamu bisa beli buku cara mengatur keuangan untuk milenial yang satu ini. Buku ini rekomen banget buat kalian para millennial yang ingin bisa mencapai tujuan-tujuan keuangan kamu.

SAYA INGIN BUKUNYA!

 

#4 Tai Chi

Nah, ini dia olahraga yang bisa kamu lakukan di malam hari juga. Tai-Chi adalah salah satu seni bela diri kuno dari Cina yang dibentuk dari gerakan lembut dan keras dan direfleksikan dari gerakan hewan.

Tai-Chi adalah seni bela diri yang baik digunakan baik untuk olahraga maupun sebagai alat pertahanan. Terdapat berbagai macam keuntungan Tai-Chi untuk kesehatan.

5+ Jenis Olahraga Malam yang BOLEH Kamu Lakukan! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Olahraga Atletik Yang Bisa Buat Badan Bugar!]

 

Untuk melakukan olahraga ini kamu perlu memakai pakaian yang longgar untuk membantu sirkulasi udara di tubuh kamu.

Berikut adalah beberapa manfaat Tai-Chi untuk kesehatan:

  • Melegakan Stres

Saat melakukan Tai-Chi, kamu memfokuskan pada pikiran kamu dan dengan melakukannya kamu bisa sekaligus melepaskan stres di pikiranmu dan menjadi lebih santai. Tai-Chi adalah jenis olahraga yang dapat melatih baik pikiran dan tubuh.

  • Memperkuat Tulang

Tai-Chi dipercaya dapat mempertahankan kepadatan tulang pada wanita yang memasuki masa menopause dan banyak studi dilakukan untuk membuktikannya.

  • Memperkuat Tubuh Bagian Atas

 

Mungkin kamu memang tidak menggunakan beban saat melakukan Tai-Chi tetapi Tai-Chi dapat memperkuat tubuh bagian atas. Hal ini terjadi karena saat melakukan Tai-Chi kamu perlu melatih gerakan tangan tanpa alat pendukung.

 

#5 Wide child pose

Olahraga ini sangat simpel. Lakukan posisi berlutut dengan kedua lutut sedikit melebar. Luruskan tangan ke depan, seakan sedang meraih sesuatu. Pada posisi ini, atur napas sekurangnya tiga tarikan napas panjang atau sekitar 60 detik. 

5+ Jenis Olahraga Malam yang BOLEH Kamu Lakukan! 06 - Finansialku

[Baca Juga: Bye Bye Perut Buncit! Yuk, Bakar Lemak Dengan Olahraga Mengecilkan Perut Ini!]

 

#6 Vertical leg crunch

Nah, olahraga satu ini juga bisa kamu lakukan sebelum tidur. Cara melakukan gerakan ini cukup mudah.

Rebahkan tubuh kamu di atas ranjang tanpa bantal, letakkan tangan sejajar badan, dan angkat kaki menjadi tegak lurus, membentuk sudut 90 derajat. Angkat bahu dan turunkan kembali 10 kali hitungan. Gerakan ini bisa membakar lemak di betis dan perut.

5+ Jenis Olahraga Malam yang BOLEH Kamu Lakukan! 07 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Rekomendasi Olahraga Seru Bagi Para Generasi Milenial]

 

Olahraga untuk Kesehatan Tubuh

Nah itulah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan di malam hari. Meskipun waktu kamu sangat terbatas, setidaknya sempatkanlah olahraga meskipun hanya sebentar, karena olahraga bisa menyehatkan tubuhmu. Semangatt!

 

Btw, diantara jenis olahraga diatas, olahraga mana yang paling kamu sukai? Apakah kamu termasuk orang yang sering melakukan olahraga pada malam hari? Bagikan pengalaman kamu dengan menuliskannya di kolom komentar ya!

Bagikan juga artikel ini kepada teman dan kerabat kamu. Semoga bermanfaat, terima kasih..

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Deswika. Mengenal Jenis-Jenis Yoga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan. Hellosehat.com – http://bit.ly/2kGX001
  • Admin. 14 Desember 2017. Rutin Jalan Kaki Usai Makan Malam, Ini yang Bakal Terjadi Pada Tubuhmu. Fimela.com – http://bit.ly/2koQkDq
  • Admin. Bagi Pemula, Kenali 4 Manfaat Fitnes Bagi Kehidupan Anda. Doktersehat.com – http://bit.ly/2kToVtD
  • Admin. 20 Juni 2018. 6 Manfaat Tai-Chi Untuk Kesehatan. Dokter.id – http://bit.ly/2kKD5xh
  • Irene Wibowo. 20 November 2018. 5 Gerakan Olahraga Malam Sebelum Tidur yang Bisa Ratakan Perut. Womantalk.com – http://bit.ly/2kT78Te

 

Sumber Gambar:

  • Olahraga 1 – http://bit.ly/2m0qvtQ
  • Olahraga 2 – http://bit.ly/2m3g88Q
  • Olahraga 3 – http://bit.ly/2m3g3C4
  • Olahraga 4 – http://bit.ly/2m13Ygv
  • Olahraga 5 – http://bit.ly/2mk2YnN
  • Olahraga 6 – http://bit.ly/2lYt4g8
  • Olahraga 7 – http://bit.ly/2kJRZE1