Jika ditanya, semua orang pasti ingin menjadi orang sukses dalam hal apapun di hidupnya, termasuk dalam karir.

Namun untuk bisa menjadi orang sukses ternyata tidak bisa jika Anda hanya mengandalkan kekuatan diri Anda sendiri saja. Ada orang-orang yang perlu Anda dekati agar bisa meraih sukses karir.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Orang-Orang yang Dapat Membantu Anda Sukses Karir

Meraih kesuksesan memang bukan hal yang mudah. Ada banyak tantangan yang harus dilewati. Sehingga hanya orang-orang tertentu dengan tekad yang kuat saja yang bisa meraih kesuksesan. Termasuk juga dalam karir.

Ada banyak tantangan yang akan Anda hadapi dalam menjalani karir. Namun jika Anda bisa melalui tantangan-tantangan tersebut, bukan mustahil Anda bisa mendapatkan posisi karir yang baik dan bahkan menjadi seorang manajer.

Tapi terkadang ada saja orang yang karirnya masih juga berada di tempat yang sama, tidak maju dan tidak mundur, meskipun telah melewati berbagai tantangan.

Jika Anda mengalami hal ini, bisa jadi ini pertanda bahwa Anda membutuhkan orang lain untuk membantu Anda sukses dalam karir. Lalu siapa saja orang yang bisa membantu Anda meraih kesuksesan?

4 Orang Seperti Ini Bisa Buat Kamu Sukses 02 Karir 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ilmu Dasar Manajemen untuk Karir dan Kesejahteraan Keuangan]

 

#1 Kerabat

Kerabat adalah salah satu pihak yang Anda butuhkan untuk membantu Anda sukses dalam karir. Dan dalam hubungan keluarga, pasti setidaknya Anda memiliki beberapa kerabat yang mungkin dapat membantu Anda.

Adanya dukungan dari keluarga tidak dapat dipungkiri akan memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan diri Anda. Baik secara langsung maupun tidak langsung.

Menjaga hubungan baik dengan kerabat yang Anda miliki dapat memberikan Anda dukungan mental yang bisa jadi Anda perlukan dalam menghadapi tantangan yang Anda dapatkan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Selain itu, bisa jadi Anda juga akan mendapatkan bantuan yang akan berguna pada saat Anda menghadapi kesulitan.

Misalnya saja, ketika Anda membutuhkan barang tertentu yang sulit didapat, bisa jadi salah satu kerabat Anda ternyata memiliki barang tersebut.

Atau bisa saja kerabat Anda mengenal orang-orang yang bisa menjadi supplier barang tersebut.

Selain dapat membantu Anda mendapatkan barang yang Anda cari, dengan bantuan kerabat, Anda juga mungkin bisa mendapat prioritas dalam melakukan pembelian tersebut.

4 Orang Seperti Ini Bisa Buat Kamu Sukses 03 Karir 3 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Kebiasaan Yang Harus Anda Hentikan di Usia 30 an Demi Perjalanan Karir Anda]

 

#2 Rekan Kerja

Pada saat di kantor, jangan habiskan waktu Anda hanya untuk bekerja saja. Cobalah bersosialisasi dan membangun hubungan dengan rekan kerja Anda lainnya.

Banyak orang sukses bisa mendapatkan kesuksesannya sekarang karena mendapat bantuan dari teman-teman yang mereka miliki.

Membangun hubungan baik dengan rekan kerja dapat membantu Anda untuk bisa lebih mudah meminta bantuan jika mengalami kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.

Selain itu, meskipun suatu hari Anda sudah tidak bekerja lagi di tempat tersebut, menjaga hubungan baik tetap dapat memberikan Anda banyak manfaat untuk ke depannya.

Bisa saja suatu hari rekan kerjamu mengajukan resign dan mendapatkan tawaran kerja yang lebih menarik.

Dan tidak mustahil jika ia akan mengajak Anda untuk bergabung dengannya jika suatu hari ia membutuhkan partner kerja yang dapat diandalkan.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#3 Rekan Almamater

Setelah lulus dari bangku pendidikan, jangan lupa untuk menjaga hubungan dengan rekan-rekan satu almamater Anda.

Jangan sampai hubungan Anda terputus begitu saja hanya karena sudah tidak menuntut ilmu di tempat kerja yang sama.

Salah satu cara menjaga komunikasi dengan teman almamater adalah dengan tetap berkomunikasi via media sosial. Cara ini adalah cara yang paling mudah agar tidak kehilangan kontak dengan teman-teman Anda.

10-Kiat-Sukses-Berbisnis-Dengan-Teman-2-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Para Wanita Karir yang Ingin Sukses Di Usia 30 Tahun? Ketahui Rahasianya!]

 

Selain itu, jangan lupa juga untuk menjaga hubungan dengan bertemu muka secara langsung.

Anda bisa membuat agenda untuk pertemuan rutin setiap tahun misalnya dengan merencanakan acara reuni atau kumpul-kumpul biasa sambil bertukar cerita.

Bisa saja melalui pertemuan tersebut Anda mendapatkan tawaran kerja yang menarik atau justru partner bisnis.

Bukan mustahil juga ternyata salah satu klien Anda adalah teman satu almamater, dan hal ini bisa membantu melancarkan urusan pekerjaan Anda.

 

#4 Koneksi

Koneksi bisa dibilang hampir mirip dengan hubungan kerabat, rekan kerja, atau bahkan rekan almamater. Hanya saja, koneksi ini lebih bersifat profesional atau berkaitan dengan bisnis.

Jika Anda mempelajari kisah orang-orang sukses, pasti Anda sering mendengar bagaimana peran koneksi dalam meraih kesuksesan mereka hari ini. Akan tetapi, koneksi tersebut bukan hal yang tiba-tiba mereka dapatkan.

Orang-orang sukses itu biasanya mengikuti berbagai kegiatan untuk bisa menemukan koneksi. Misalnya komunitas, organisasi, workshop, seminar, dan lain sebagainya.

Cara-Mencari-Teman-02-Finansialku

[Baca Juga: Jangan Buru-Buru Resign atau Keluar Kerja, Ketika Karir Sudah Mentok]

 

Saat mereka bergabung dalam suatu kegiatan pun, mereka bukan hanya bergabung saja, tapi juga terlibat secara aktif dengan orang-orang di dalamnya.

Dengan begitu, mereka bisa bertemu dengan banyak orang dan memiliki banyak koneksi yang bisa membantu mereka sukses dalam karirnya.

Selain aktif secara offline, orang sukses biasanya juga cukup aktif secara online. Misalnya dengan menggunakan media sosial seperti LinkedIn yang memang dirancang untuk para profesional.

Kalau Anda belum memiliki LinkedIn, ada baiknya Anda mulai membuatnya sekarang. Ada banyak orang hebat dan profesional yang bisa Anda temukan disana.

 

Menjaga Relasi Membuat Anda Jadi Orang Sukses

Nah, itulah 4 orang yang harus Anda dekati agar bisa meraih sukses dalam karir. Dalam meraih sukses karir, memang tidak bisa jika hanya mengandalkan diri Anda sendiri.

Jagalah relasi Anda dengan orang-orang yang mungkin bisa membantu Anda meraih kesuksesan dalam karir. Terutama 4 orang yang telah disebutkan pada pembahasan di atas.

Sebenarnya, saat Anda mendekati 4 orang ini, bisa saja Anda tidak mendapatkan bantuan langsung pada saat itu juga.

 

Akan tetapi, dengan menjaga hubungan baik dengan orang-orang tersebut, artinya Anda membuka diri terhadap peluang yang mungkin terjadi di masa depan.

Siapa tahu, lewat orang-orang inilah kesuksesan Anda dalam karir akan terbuka baik secara langsung atau tidak langsung.

Karena, dalam meraih kesuksesan seringkali kemampuan saja tidak cukup kalau Anda tidak mampu membaca peluang yang ada.

Mendekati dan menjaga hubungan dengan 4 orang ini dapat membantu Anda memperbesar kemungkinan peluang yang akan Anda temui.

Semakin baik kemampuan Anda menjaga hubungan dengan rekan dan koneksi Anda, maka semakin besar pula kesempatan Anda dalam menemukan peluang untuk sukses.

Orang-orang sukses biasanya mendapatkan titik awal kesuksesan mereka dengan bantuan rekan dan koneksi yang mereka miliki.

Karena itu, jika saat ini Anda masih belum memiliki hubungan yang baik dengan keempat orang tersebut, tidak ada salahnya untuk mulai berhubungan baik dengan mereka dari sekarang daripada tidak sama sekali.

Siapa tahu dari merekalah kesuksesan Anda berawal.

 

Nah, menurut Anda siapakah pihak yang paling berperan dalam membantu kesuksesan Anda?

Dan apakah menurut Anda ada pihak lain yang juga dapat membantu Anda meraih sukses namun belum disebutkan pada artikel ini?

Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar ya! Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, semoga sukses!

 

Sumber Referensi:

  • Boby. 25 September 2018. Dekati 4 Orang Ini Bisa Bantu Kamu Jadi Orang Sukses dalam Karier Lho! Moneysmart.id – https://goo.gl/LfJCk9

 

Sumber Gambar:

  • Karir 1 – https://goo.gl/LjbfPX
  • Karir 2 – https://goo.gl/TR6aTK
  • Karir 3 – https://goo.gl/AnSuqX