Siapa yang tak ingin menjadi orang terkaya? Ini dia 10 orang terkaya Indonesia 2018 Terbaru versi Majalah Forbes yang dapat menginspirasi Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes

Banyak orang bekerja keras siang dan malam untuk menambah kekayaannya, untuk mendapatkan status sosial sebagai orang kaya.

Terkadang bagi karyawan, gaji bulanan tidak dirasa cukup, begitu halnya dengan para pebisnis, apapun caranya, yang penting bisnis terus berkembang.

Tidak ada salahnya Anda memiliki niat untuk menjadi orang kaya, selama hal ini benar-benar Anda kejar dan upayakan dengan sekuat tenaga dan tentu saja dengan cara yang benar.

Menjadi kaya raya tidak bisa ditempuh dengan cara yang instan, ya terkecuali Anda mendapat warisan atau harta karun, hehehe.

Butuh kerja keras selama bertahun-tahun untuk terus mengasah keterampilan pekerjaan dan peluang usaha agar menjadi kaya raya. Untuk menambah motivasi Anda bisa simak 10 nama orang terkaya di Indonesia ini.

Ini Dia 150 Orang Terkaya Di Indonesia, Banyak Yang Masih Muda 01 Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia 150 Orang Terkaya di Indonesia, Banyak yang Masih Muda]

 

Kemarin majalah Forbes kembali merilis jajaran orang terkaya Indonesia 2018.

Dari keterangannya, beberapa nama lama masih menduduki 10 besar jajaran orang terkaya di Indonesia. Berikut adalah daftar 10 besar orang terkaya di Indonesia

 

#10 Prajogo Pangestu: US$3 miliar setara Rp43,5 triliun

Kekayaan Prajogo Pangestu memang tidak sebanyak Hartono bersaudara. Pria yang lahir sebelum Indonesia merdeka ini memiliki total kekayaan US$3 miliar atau setara dengan Rp43,5 triliun.

Namun dengan kekayaan tersebut, Prajogo Pangestu berhasil mengukuhkan dirinya sebagai orang terkaya ke-10 di Indonesia.

Yang lebih membuat saya salut adalah latar belakang dirinya yang bukan berasal dari keluarga konglomerat. Ia mengawali perjalanan kariernya dari titik nadi hingga sukses berada di puncak kejayaan.

Kisah Sukses Prajogo Pangestu, Sopir Angkot yang Menjadi Bos Barito Pacific (BRPT) 01 - Finansialku

Prajogo Pangestu: US$3 miliar setara Rp43,5 triliun

 

Pria dengan nama asli Pang Djoem Phen ini lahir pada tanggal 13 Mei 1944 di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Prajogo hanya bisa mengenyam pendidikan tingkat menengah pertama karena keterbatasan ekonomi keluarganya.

Namun, ia tidak menyerah begitu saja dengan keadaan serba susah tersebut. Prajogo pergi merantau ke Jakarta dengan tekad bulat untuk mengubah nasibnya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#9 Jogi Hendra Atmadja: US$3,1 miliar setara Rp44,9 triliun

Jogi Hendra Atmadja adalah seorang pengusaha sukses di Indonesia yang tidak banyak diketahui.

Ia lahir di Jakarta pada tahun 1946, dan memiliki 3 orang anak bernama Andre Sokendra Atmadja, Wardana Atmadja dan Hendarta Atmadja. Singkat cerita, setelah lulus dari SMA ia melanjutkan pendidikannya di Fakultas Kedokteran, Trisakti.

Orang Terkaya Indonesia 2018 Jogi Hendra Atmadja - Finansialku

Jogi Hendra Atmadja: US$3,1 miliar setara Rp44,9 triliun

 

Setelah itu, Jogi Hendra Atmadja bersama rekannya Drs. Raden Sudigdo serta Darmawan Kurnia mendirikan sebuah perusahaan yang mereka beri nama PT Mayora Indah pada 17 Februari 1977 di Jakarta.

 

#8 Boenjamin Setiawan: US$3,2 miliar setara Rp46,4 triliun

Boenjamin Setiawan, Ph.D. atau dr. Boen adalah seorang dokter dan juga pengusaha terkaya di Indonesia.

Ia merupakan pemilih perusahaan farmasi terkemuka di indonesia yaitu PT Kalbe Farma. Benjamin Setiawan lahir dengan nama Khouw Liep Boen di Tegal, Jawa tengah pada 27 September 1933.

Orang Terkaya Indonesia 2018 Boenjamin Setiawan - Finansialku

Boenjamin Setiawan: US$3,2 miliar setara Rp46,4 triliun

 

Faktor penting suksesnya bisnis Boenjamin Setiawan yaitu pilihan waktu yang tepat.

Saat itu, Orde Baru pimpinan Soeharto dengan mudah memberikan izin pada pabrik-pabrik farmasi asing untuk masuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#7 Chairul Tanjung: US$3,5 miliar setara Rp50,75 triliun

Chairul Tanjung adalah pengusaha sukses di Indonesia. Ia merupakan pengusaha sukses sekaligus CEO utama di CT Corp.

Biografi Chairul Tanjung si Anak Singkong dan Kata-Kata Motivasi 03 - Finansialku

Chairul Tanjung: US$3,5 miliar setara Rp50,75 triliun

 

Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1962.

Ayahnya bernama Abdul Ghafar Tanjung, berasal dari Sibolga, Sumatera Utara, merupakan seorang wartawan pada orde lama yang menerbitkan surat kabar beroplah kecil. Ibunya bernama Halimah, seorang wanita keturunan Cibadak, Jawa Barat.

 

#6 Tahir: US$4,5 miliar setara Rp65,2 triliun

Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir atau biasa akrab dipanggil Tahir lahir di Surabaya pada 26 Maret 1952. Pria terkaya di Indonesia ini memulai kiprah di dunia usaha dengan merintis bisnis garmen.

Dato Sri Tahir Jual Dolar Sebesar Rp2 Triliun Demi Membangkitkan Rupiah 01 - Finansialku

Tahir: US$4,5 miliar setara Rp65,2 triliun

 

Dari garmen lambat laun, Tahir merambah bisnis lain.

Diawali dari Mayapada Group yang didirikannya pada 1986, bisnisnya merambat dari dealer mobil, garmen, perbankan, real estate sampai di bidang kesehatan. Bahkan Tahir juga masuk ke dunia media dengan mendirikan Forbes Indonesia.

Bank Mayapada yang didirikan tahun 1990 menjadi salah satu andalan Tahir untuk mengumpulkan pundi-pundi uang.

 

#5 Anthoni Salim: US$5,3 miliar setara Rp98,05 triliun

Anthony Salim atau Liem Hong Sien adalah salah satu pebisnis Indonesia yang sukses di tengah-tengah persaingan yang ketat. Dia lahir 4 tahun setelah Indonesia merdeka atau tepatnya tanggal 25 Oktober 1949.

Anthoni-Salim

Anthoni Salim: US$5,3 miliar setara Rp98,05 triliun

 

Boleh dibilang Anthony terlahir untuk bisnis, pasalnya sang ayah (Sudono Salim) adalah seorang pebisnis besar (salah satu pimpinan Group Salim).

Dengan kesuksesan saat meneruskan bisnis keluarga ini, membuat Anthony masuk kedalam daftar 10 tokoh bisnis paling berpengaruh di tahun 2005 oleh Warta Ekonomi.

Prestasi ini diraih karena dia mampu membawa Group Salim selamat dari krisis ekonomi tahun 1998.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Sri Prakash Lohia: US$7,5 miliar Rp108,75 triliun

Sri Prakash Lohia lahir di India pada tahun 1956, tapi kemudian pindah dengan keluarganya ke Indonesia pada 1973.

Ayahnya, Mohan Lal Lahia, telah memiliki sebuah bisnis garmen kecil, yang menginspirasi Sri Prakash untuk kemudian memulai sebuah perusahaan baru bernama Indorama Synthetics pada 1976.

Sri-Prakash

Sri Prakash Lohia: US$7,5 miliar Rp108,75 triliun

 

Awalnya, perusahaannya hanya memproduksi benang sintetis, tapi kemudian dia dan saudara laki-lakinya, Anil Prakash, mulai memperluas produk-produk mereka seperti serat poliester dan PET (poliester tingkat botol).

Setelah itu pada tahun 1995, perusahaannya juga memproduksi produk-produk resin, dan keuntungannya mulai mengalir dalam jumlah yang sangat signifikan.

Dari satu perusahaan, bisnis Sri Prakash kemudian diperluas ke Indorama Shebin, ISIN Lanka, dan Indorama IPLIK; seluruh perusahaan tersebut memproduksi produk-produk yang berkaitan dengan serat sintetis, seperti polipropilen, resin PET, polietilen, dan sejenisnya.

Kemudian, dia pun mendirikan Medisa Technologies yang membuat sarung tangan medis.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#3 Eka Tjipta Widjaja: US$8,6 miliar Rp124,7 triliun

Eka Tjipta Widjaja adalah pendiri Sinarmas Group dan seorang konglomerat di Indonesia.

Menurut majalah Globe Asia Edisi bulan Desember 2012, Eka Tjipta Widjaja merupakan orang terkaya pertama di Indonesia dengan memiliki kekayaan mencapai US$8,6 miliar.

Eka Tjipta Widjaja dilahirkan di China dan pada tahun 1932 bersama ibunya melakukan migrasi ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk menyusul ayahnya yang telah terlebih dahulu bermigrasi.

Pada tahun 1980, Eka memutuskan untuk menjadi seorang entrepreneur seperti masa mudanya dahulu. Ia kemudian membeli sebidang kebun sawit dengan luas lahan 10 ribu hektar yang berlokasi di Riau. Ia lalu tak tanggung-tanggung juga membeli mesin dan pabrik yang mampu memuat hingga 60 ribu ton kelapa sawit.

Pengusaha Sukses Lulusan SD 02 Eka Tjipta - Finansialku

Eka Tjipta Widjaja: US$8,6 miliar Rp124,7 triliun

 

Bisnis yang ia bangun berkembang dengan pesat hingga ia kembali memutuskan untuk menambah bisnisnya. Pada tahun 1981 ia kembali membeli perkebunan sekaligus pabrik teh dengan luas mencapai 1000 hektar dan pabrik yang memiliki kapasitas 20 ribu ton teh.

Selain kedua usaha tersebut, Eka kembali mulai merintis bisnis Bank. Ia membeli Bank Internasional Indonesia dengan aset mencapai Rp13 miliar.

Setelah dikelola oleh Eka Tjipta Widjaja, bank tersebut menjadi besar dan memiliki 40 cabang dan cabang pembantu, yang saat ini asetnya mencapai Rp9,2 triliun.

Eka Tjipta Widjaja juga mulai merambah ke bisnis kertas, yaitu dengan membeli PT Indah Kiat yang bisa memproduksi hingga 700 ribu pulp pertahun dan bisa memproduksi kertas hingga 650 ribu pertahun.

Selain itu pemilik dari Sinarmas Group juga membangun ITC Mangga Dua dan Green View Apartemen yang berada di Roxy, serta membangun Ambassador di daerah Kuningan.

 

#2 Susilo Wonowidjojo: US$9,2 miliar setara Rp133,4 triliun

Susilo Wonowidjojo merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara. Ayahnya, Surya Wonowidjojo terlebih dahulu merintis sebuah pabrik rokok di Kediri pada usia 35 tahun tepatnya pada tahun 1958.

Pabrik rokok itu pada awalnya bernama Inghwie namun namanya ia ubah menjadi Tjap Gudang Garam.

Pabrik rokok milik ayah Susilo Wonowidjojo awalnya hanya memproduksi rokok lintingan yang terbuat dari daun jagung. Ayahnya bekerja keras mengembangkan pabrik rokok tersebut. Perlahan-lahan pabrik rokok Tjap Gudang Garam kemudian mulai berkembang.

Susilo-Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo: US$9,2 miliar setara Rp133,4 triliun

 

Sedikit demi sedikit, Pabrik Rokok Gudang Garam milik ayah Susilo Wonowidjojo mulai merekrut karyawan dan mulai membeli perkebunan tembakau. Perkembangan yang pesat membuat Pabrik rokok Gudang Garam mulai menjadi pabrik rokok kretek terbesar pada tahun 1966 di Indonesia.

Konglomerat PT Gudang Garam Surya Wonowidjojo meninggal pada tahun 1985. Ia meninggal pabrik rokok Gudang Garam yang ketika itu sudah sangat besar dan mengusai pasar rokok di Indonesia.

Selanjutnya kepemimpinannya kemudian diambil alih oleh anak tertuanya yaitu Rahman Halim yang juga merupakan kakak Susilo Wonowidjojo.

 

Susilo Wonowidjojo sendiri memulai kariernya di Gudang Garam sebagai Direktur selama 14 tahun dari tahun 1976 hingga 1990. Sejak jauh hari Susilo Wonowidjojo memang sudah dipersiapkan sebagai pewaris dari PT Gudang Garam.

Posisinya sebagai direktur, Susilo banyak membuat terobosan baru misalnya mengembangkan mesin-mesin yang khusus memproduksi rokok kretek.

 

#1 Budi dan Michael Hartono: US$35 miliar setara Rp507,5 triliun

Budi Hartono memiliki nama asli Oei Hwie Tjhong yang merupakan keturunan Tionghoa yang lahir di Kudus, Jawa Tengah pada tahun 1941. Kemudian Bambang Hartono adalah kakaknya yang memiliki nama asli Oei Hwie Siang.

Keduanya adalah anak dari Pendiri Djarum, Oei Wie Gwan.

Kisah sukses kedua bersaudara ini dimulai dari kota kecil Kudus. Pada 1951, Oei Wie Gwan membeli perusahaan rokok kretek kecil bernama Djarum Gramophon. Lalu Oei mengubah namanya menjadi Djarum. Oei memasarkan kretek dengan merek Djarum, dan ternyata sukses.

Orang Terkaya di ASEAN 07 Budi Hartono dan Michael Hartono - Finansialku

Budi dan Michael Hartono: US$35 miliar setara Rp507,5 triliun

 

Namun, pada 1963 terjadi kebakaran yang hampir memusnahkan seluruh usahanya. Robert dan kakaknya menerima warisan ini setelah ayahnya meninggal.

Pada saat itu, pabrik perusahaan Djarum baru saja terbakar dan mengalami kondisi yang tidak stabil. Namun kemudian di tangan dua bersaudara Hartono bisa bertumbuh menjadi perusahaan raksasa.

Di bawah kendali Robert bersaudara, pada tahun 1972 Djarum terus maju dan mulai mengeskpor produk rokoknya ke luar negeri.

Tiga tahun kemudian Djarum memasarkan Djarum Filter, merek pertamanya yang diproduksi menggunakan mesin. Lalu diikuti Djarum Super yang diperkenalkan pada 1981. Kini perusahaan ini telah memiliki lebih dari 75 ribu karyawan.

Budi Hartono dengan Group Djarum yang dipimpinnya pun melebarkan sayap ke banyak sektor antara lain perbankan, properti, agrobisnis, elektronik dan multimedia. Diversifikasi bisnis dan investasi yang dilakukan Group Djarum ini memperkokoh Imperium Bisnisnya yang berawal di tahun 1951.

Pada tahun 2007, Budi Hartono bersama kakaknya, Michael Hartono di bawah bendera Group Djarum melebarkan investasi ke bidang perbankan. Dan menjadi pemegang saham utama, mengendalikan 51 persen saham, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia saat ini.

Berdasarkan data Bank Indonesia pada Desember 2011 nilai aset BCA sebesar Rp380,927 triliun (tiga ratus delapan puluh koma sembilan ratus dua puluh tujuh triliun rupiah).

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Tidak puas dengan bisnis tersebut, kedua bersaudara tersebut melebarkan sayap ke bisnis properti.

Banyak proyek yang dijalankan di bawah kendali CEO Djarum ini, R. Budi Hartono, dan yang paling besar adalah mega proyek Grand Indonesia yang ditangani pada tahun 2004 dan selesai pada tahun 2008.

Proyek ini mencakup hotel (renovasi dari Hotel Indonesia), pusat belanja, gedung perkantoran 57 lantai dan apartemen. Total nilai investasinya Rp1,3 triliun.

Kemudian, di sektor Agribisnis, Robert bersama Michael memiliki perkebunan sawit seluas 65.000 hektar yang terletak di provinsi Kalimantan Barat dari tahun 2008. Mereka bergerak di bawah payung Hartono Plantations Indonesia, salah satu bagian dari Group Djarum.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Mau Punya Kekayaan Seperti Mereka?

Rahasianya kelola dulu harta yang Anda miliki sekarang. Jika Anda bisa mengelola harta dan keuangan saat ini, maka tidak menutup kemungkinan bahwa Anda akan bisa mengatur keuangan yang lebih besar lagi.

Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku sebagai partner Anda dalam mengatur keuangan. Silakan download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Anda bisa akses melalui Aplikasi.Finansialku.com

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Ayo jangan tunggu nanti, lakukan sekarang dan dapatkan tujuan keuangan Anda untuk menjadi orang yang kaya. Tidak ada yang mustahil lho!

 

Apa pendapat dan komentar Anda setelah membaca artikel ini? Yuk, silakan isi pendapat Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman terdekat Anda supaya mereka sama-sama mengetahui informasi berguna ini! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Zulfi Suhendra. 13 Desember 2018. Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Indonesia 2018. Finance.detik.com – https://goo.gl/LuJXPK
  • Redaksi. 6 Maret 2017. Biografi dan Profil Lengkap Eka Tjipta Widjaja – Pengusahan Pendiri Sinarmas Group. Infobiografi.com – https://goo.gl/he7aHw
  • Wink. 22 Maret 2018. Biografi dan Profil Susilo Wonowidjojo – Konglomerat PT Gudang Garam. Biografiku.com – https://goo.gl/ZBFvJr
  • Idris Rusadi Putra. 1 Februari 2014. Kisah Hartono Bersaudara Membangun Kerajaan Bisnis Djarum. Merdeka.com – https://goo.gl/rQ5jYg
  • Redaksi. 22 September 2018. Biografi Sri Prakash Lohia. Indonesiarichest.net – https://goo.gl/DRPR7V
  • Nurul Saputra. 7 Juni 2018. Profil Anthoni Salim, Pengusaha Sukses Pendiri BCA dan Indomie. Rocketmanajemen.com – https://goo.gl/qYb25H
  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 19 September 2014. Ini Dia Profil Konglomerat Tahir, si Penasihat Panglima TNI. Liputan6.com – https://goo.gl/P2oxNh
  • Redaksi. 22 Agustus 2015. Biografi Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Biografipedia.com – https://goo.gl/LT31BE
  • Faria Calista. 8 Juli 2017. Biografi dan Profil Lengkap Boenjamin Setiawan – Dokter Pendiri Kalbe Farma. Infobiografi.com – https://goo.gl/fvAQ2V
  • Redaksi. 26 Februari 2018. Biografi Jogi Hendra Atmadja Seorang yang Sukses Sebagai Pendiri PT Mayora. Biografi.my.id – https://goo.gl/gxfhif

 

Sumber Gambar:

  • Orang Terkaya Indonesia 2018 – https://goo.gl/YHZiNP
  • Boenjamin Setiawan – https://goo.gl/QjnzWX
  • Jogi Hendra Atmadja – https://goo.gl/sWNNDp