Apakah cocok P2P Lending untuk mahasiswa? Bagaimana manfaatnya bagi kaum mahasiswa?

Agar lebih mengenal P2P lending, simak dulu artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengenal P2P Lending untuk Mahasiswa

P2P Lending untuk mahasiswa dapat digunakan sebagai sarana untuk menambah penghasilan. Selain untuk saku, dengan memperoleh uang tambahan tentu bisa digunakan untuk keperluan kuliah lainnya seperti membeli buku atau administrasi.

Dapat mencari penghasilan sendiri saat masih kuliah merupakan kebanggaan tersendiri bukan?

 

Seluk Beluk P2P Lending yang Perlu Diketahui

P2P Lending menjadi salah satu cara paling mudah yang bisa dicoba untuk belajar investasi bagi mahasiswa. Cara ini tidak begitu memberatkan dan sangat mudah. Mengapa demikian? Simak ulasannya berikut ini.

 

#1 Pengertian P2P Lending

P2P adalah singkatan dari Peer to Peer yang merupakan salah satu instrumen investasi berjangka pendek. P2P lending menjadi sebuah tempat pertemuan para pemodal dengan peminjam.

Jadi bisa dibilang P2P lending merupakan perusahaan yang memperbolehkan Anda berinvestasi dan akan memberikan keuntungan pada jangka waktu yang ditentukan.

 

#2 Tujuan P2P Lending

Pertemuan yang terjadi antara pemodal dan peminjam bertujuan untuk mewujudkan transaksi pinjaman. Pinjaman dana yang Anda investasikan ini dipakai sebagai modal usaha para UMKM.

P2P Lending untuk Mahasiswa, Kira-Kira Cocok Nggak Ya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara mulai Berinvestasi di P2P Lending?]

 

#3 Pengguna P2P Lending

Siapapun Anda, apapun pekerjaan Anda, semua bisa terjun dalam investasi melalui P2P lending ini. Tak terkecuali mahasiswa.

Banyaknya kemudahan dan juga dana kecil yang dibutuhkan untuk investasi sangat meringankan bagi pengguna P2P. Jadi investasi ini sangat cocok untuk dilakukan oleh mahasiswa seperti Anda.

 

#4 Keuntungan P2P Lending

Investasi dengan cara ini dapat memberikan laba hingga 25% bagi Anda. Anda bisa memilih tenor antara 14 sampai 90 hari. Pada tanggal jatuh tempo, Anda akan memperoleh uang yang Anda pinjamkan beserta keuntungannya.

 

#5 Manfaat P2P Lending

Memilih berinvestasi di perusahaan P2P lending, sangat bermanfaat untuk Anda. Sebagai mahasiswa tentu cara ini bisa membantu Anda bersikap mandiri.

Selain itu, dengan modal yang Anda pinjamkan maka Anda juga dapat membantu para pelaku UMKM memajukan usahanya. Hal ini berarti Anda juga berperan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

P2P Lending untuk Mahasiswa, Kira-Kira Cocok Nggak Ya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengapa OJK Tidak Mengatur Bunga Pinjaman di P2P Lending?]

 

#6 Koinworks

Koinworks adalah salah satu platform P2P lending yang bisa Anda gunakan untuk meminjamkan dana yang Anda miliki kepada organisasi atau perusahaan manapun yang membutuhkan.

Laba akan Anda terima bersama uang yang dipinjamkan dalam waktu yang ditentukan. Selain itu, di Koinworks juga tersedia risk level dari yang paling aman hingga yang paling berisiko.

Setiap level disediakan simulasi return yang bisa Anda pilih sesuka hati.

 

#7 Modal Rakyat

Modal Rakyat merupakan salah satu perusahaan P2P lending yang bisa Anda pilih sebagai sarana investasi Anda. Bahkan perusahaan ini sudah terdaftar dan juga diawasi oleh badan OJK.

Di Modal Rakyat Anda bisa mulai melakukan investasi mulai dari Rp 25.000 saja, murah bukan?

P2P Lending untuk Mahasiswa, Kira-Kira Cocok Nggak Ya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Alasan Pinjaman P2P Lending Dapat Membuat UMKM Lebih Berkembang]

 

Jadi, Cocokkah P2P Lending untuk Mahasiswa?

Setelah mengetahui seluk beluk dari P2P lending, tentu Anda bisa memilih untuk terjun dalam dunia investasi yang sangat mudah ini.

Banyaknya dampak positif yang didapatkan dari P2P lending, bisa membuat Anda menghasilkan pendapatan dengan cara termudah.

Tak masalah jika Anda hanya seorang mahasiswa yang mempunyai sedikit dana karena di P2P lending tidak membutuhkan dana yang begitu banyak untuk berinvestasi. Jadi investasi ini sangat cocok untuk mahasiswa.

Meskipun masih berstatus mahasiswa dan tidak mempunyai modal yang banyak, bukan berarti Anda tidak bisa terjun dalam dunia investasi.

Cobalah terjun di dunia P2P lending untuk mendapatkan pengalaman terbaik dalam mencari penghasilan.

Tapi jangan biasakan untuk berpuas diri hanya dengan mengenal satu instrumen investasi saja, ya! Bagaimana pun, cocok atau tidaknya suatu instrumen investasi, kembali lagi pada tujuan keuangan kita.

Itu sebabnya, mempelajari instrumen investasi lain tidak kalah penting untuk kita, lho! Anda bisa menambah wawasan soal instrumen investasi lain dengan membaca e-book di bawah ini yang bisa Anda unduh secara GRATIS sekarang!

 

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

 

Selain penjelasan di atas, inilah alasan mengapa P2P Lending cocok para mahasiswa dan milenial. Yuk, simak video ini.

 

Jadi, apakah Anda tertarik untuk berinvestasi P2P lending? Jika ya, yuk bagikan artikel bermanfaat ini pada teman kampus, biar bisa sama-sama berinvestasi, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sharon Faustine. 19 Februari 2020. Investasi Untuk Mahasiswa: Kamu Bisa Mulai Dari 5 Aplikasi Ini! Filemagz.com – https://bit.ly/2WJhvIl
  • Kabrina Rian Ferdiani, 29 Oktober 2019. Pilihan Investasi Jangka Pendek untuk Mahasiswa. Modalrakyat.id – https://bit.ly/3bqnTJM

 

Sumber Gambar:

  • P2P Lending 1 – https://bit.ly/35O60n7
  • P2P Lending 2 – https://bit.ly/2LjrnmJ
  • P2P Lending 3 – https://bit.ly/2LlkrFP