Ketahui Alasan Pinjaman P2P Lending Dapat Membuat UMKM Lebih Berkembang

Tahukah Anda bahwa Pinjaman P2P Lending dapat Anda gunakan untuk membuat UMKM lebih berkembang? Ketahui manfaat dari produk pinjaman P2P Lending melalui ulasan berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Membuat UMKM Lebih Berkembang

Seperti yang kita ketahui bersama, Presiden Jokowi kini semakin memfokuskan arah pemerintahan kepada sektor usaha mikro kecil menengah atau UMKM. Hal ini dikarenakan UMKM diproyeksikan sebagai salah satu motor penggerak perekonomian Indonesia.

Menurut sebuah laporan, diinformasikan bahwa setidaknya jumlah pelaku UMKM di Indonesia sudah mencapai 49 juta dan diprediksi akan menyerap lebih dari 107 juta tenaga kerja.

Kontribusi sektor UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) pun semakin meningkat dalam lima tahun terakhir. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mencatat lonjakan dari 57,84% menjadi 60,34% di tahun 2016.

Ketahui Alasan Pinjaman P2P Lending Dapat Membuat UMKM Lebih Berkembang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Properti, Inilah Alasan Kuat Mengapa Anda Meminjam ke Bank]

 

Di antara UMKM, industri ekonomi kreatif juga tercatat berkembang positif dengan pertumbuhan 5,6% antara 2010-2013. Industri ini menyumbang 7,1% terhadap PDB dan berhasil menyerap sekitar 12 juta tenaga kerja.

Hal ini menjadikan salah satu ranah andalan untuk mendorong peningkatan pendapatan masyarakat serta berperan strategis dalam memerangi pengangguran dan kemiskinan.

Meski menunjukkan pertumbuhan yang positif, sektor UMKM dan industri ekonomi kreatif saat ini menghadapi persaingan yang sangat ketat, terlebih dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Pemerintah menargetkan kontribusi PDB mencapai 7-7,5% hingga tahun 2019.

Dengan melihat fakta yang ada, tentunya adalah tugas masyarakat untuk terus mendorong kemajuan produktivitas para UMKM di masa depan. Akan tetapi, saat ini sejumlah besar UMKM di Indonesia masih menghadapi masalah besar, berupa terbatasnya modal usaha.

Bagaimana Cara Mendapat Penghasilan Pasif (Passive Income) dari Investasi Online P2P Lending 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Calon Pebisnis, Inilah Syarat Pendirian PT – Perseroan Terbatas yang Harus Anda Lengkapi]

 

Jika Anda seorang entrepreneur yang sedang mencari modal usaha tambahan, kenapa tidak coba P2P Lending?

 

Sudahkah Anda memiliki perencanaan yang tepat mengenai usaha atau bisnis Anda? Miliki Perencanaan Keuangan yang tepat dengan men-download secara gratis e-book perencanaan keuangan untuk usia 30-an. 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Pinjaman P2P Lending Solusi Terbaik

Mengapa P2P Lending menjadi solusi yang terbaik. Berikut ini beberapa alasan yang menjawab pertanyaan tersebut.

 

#1 Tanpa Pinjaman

Akses yang terbatas terhadap pinjaman modal kini dihadapi oleh UMKM di Indonesia. hHl ini disebabkan oleh ketidakcocokan antara produk keuangan yang ditawarkan oleh institusi tradisional dan kebutuhan UMKM.

Kebanyakan institusi tradisional mengharuskan peminjam untuk memberikan jaminan sebelum pinjaman dapat dicairkan. Di satu pihak, kebanyakan UMKM cenderung kurang memiliki aset atau jaminan untuk dapat memenuhi persyaratan institusi seperti bank.

Produk pinjaman dari institusi tradisional juga memerlukan proses aplikasi pinjaman yang cukup rumit dan biasanya memerlukan waktu panjang dalam proses pencairan uang.

Hal ini tentunya semakin menyulitkan UKM yang membutuhkan pinjaman cepat untuk memenuhi kebutuhan modal usaha.

Berinvestasi di P2P Lending Bisa dari Rp100 ribuan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

Di sisi lain, pinjaman P2P Lending merupakan pilihan pinjaman yang sesuai untuk UMKM karena tidak memerlukan jaminan. Pinjaman P2P Lending lebih didasarkan pada apakah UMKM dianggap layak atau cukup kredibel untuk dana yang diminta.

Untuk mendapatkan dana dari pinjaman P2P Lending, UMKM perlu mengajukan kebutuhan modal ke platform P2P Lending.

Jika bisnis yang diajukan dianggap layak, perusahaan pinjaman P2P Lending akan mengumpulkan dana yang diminta dari sekelompok investor individual.

Dana yang didapatkan dari investor kemudian secara langsung diberikan sebagai bentuk pinjaman modal bagi UKM yang mengajukan pinjaman.

 

Anda membutuhkan aplikasi untuk menghitung secara akurat setiap kebutuhan sesuai tujuan keuangan Anda? Segera download aplikasi Finansialku di Google Play Store dan gunakan fasilitas free trial-nya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Proses Tidak Rumit

Jika dibandingkan dengan lembaga keuangan lain, misalnya bank, tentu proses peminjaman yang ada di P2P Lending lebih mudah, lebih cepat dan tidak rumit.

Coba bandingkan dengan proses peminjaman di bank yang ada kalanya membutuhkan berbulan-bulan untuk pengajuan peminjaman dan review aplikasi. Setelah disetujui, dana akan turun maksimal 3 bulan setelah aplikasi disetujui.

Lain halnya dengan P2P Lending.

Proses pengajuan sampai keputusan dana disetujui atau tidak dapat dilakukan di bawah seminggu, bahkan beberapa hari. Kemudian, setelah proses pengajuan disetujui, dana juga akan lebih cepat cair.

Mengapa OJK Tidak Mengatur Bunga Pinjaman di P2P Lending 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis UMKM: Masih Ribet Membuat Pembukuan Sederhana? Lupakan Saja, Ini Solusi untuk Anda]

 

#3 Bunga Lebih Rendah

Pinjaman P2P Lending cenderung memberikan bunga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pinjaman lain yang sejenis.

 

#4 Ajukan Kapan Saja dan Di Mana Saja

Seiring dengan kemajuan di bidang Fintech, saat ini semua hal sangat mudah dan mungkin untuk dilakukan. Anda dapat secara mudah mengajukan pinjaman kapan saja, dimana saja.

Hanya dengan mengunjungi website dari platform yang ada, pinjaman yang diajukan akan cair dalam beberapa waktu yang ditentukan.

 

#5 Proses Pencairan Dana Yang Lebih Cepat

Mengajukan pinjaman dana kepada institusi tradisional biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 bulan sebelum uang pinjaman dicairkan.

Saat ini, melalui platform P2P Lending, Anda dapat mempersingkat waktu menunggu Anda menjadi lebih cepat.

Tanpa perlu menunggu lama, jika Anda mampu melengkapi persyaratan yang dibutuhkan biasanya pinjaman akan cair dalam jangka waktu beberapa hari.

Hal ini tentunya dapat terjadi karena pinjaman dana yang Anda ajukan berasal dari ribuan investor yang ada di dalam platform P2P Lending.

Mau Invest P2P Lending Coba Lihat Dulu Peraturannya 2

[Baca Juga: Inilah 5 Cara Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Sampingan Anda]

 

Pinjaman Modal Cepat – P2P Lending Pilihan Tepat

Sudah jelas bukan mengenai manfaat dari P2P Lending yang ada? Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, tentunya Anda dapat membuat jenis pinjaman ini menjadi alternatif yang tepat bagi Anda yang membutuhkan pinjaman.

Semakin cepat dana yang didapat dan dengan bunga yang rendah, maka semakin berkembang juga bisnis yang Anda miliki.

Jadi, jangan ragu lagi untuk mengajukan pinjaman Anda sekarang juga, jika Anda memang sedang membutuhkan pinjaman dana tersebut!

 

Jika Anda merasa artikel tersebut di atas dapat menolong teman atau rekan Anda yang memerlukan informasi tersebut, Anda dapat membagikannya kepada mereka yang membutuhkannya.

 

Sumber Referensi:

  • Adrian Gunadi. 4 April 2017. Potensi Bangkitnya UMKM dan Industri Kreatif melalui “Peer-to-Peer Lending”. Kompas.com – https://goo.gl/kLWPqR
  • Kimberly S. 3 Juli 2017. Bagaimanakah Pinjaman P2P Lending Dapat Membuat UKM di Indonesia Lebih Berkembang. Koinworks.com – https://goo.gl/DHYHUu

 

Sumber Gambar:

  • Membuat UMKM Lebih Berkembang – https://goo.gl/obh7dq
  • Pinjaman Uang – https://goo.gl/4AVoPr

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-10-09T16:18:36+00:00 August 31st, 2017|Categories: Bisnis, P2P Lending|Tags: , , , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download